Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015335900/penyebab-indonesia-tak-punya-banyak-wirausaha
Penyebab Indonesia Tak Punya Banyak Wirausaha
Penyebab Indonesia Tak Punya Banyak Wirausaha

VIVAnews - Pakar bisnis Rhenald Kasali menilai metode pendidikan di Indonesia saat ini tidak membangun pola pikir berjiwa wirausaha. Pemerintah harus bisa mematahkan mitos bahwa orang Indonesia tak bisa berbisnis.

Dia menjelaskan sekolah sebenarnya tempat memperbaiki cara berpikir, namun sayangnya sekolah di Indonesia masih mengajar dengan cara menghafal. Seharusnya sekolah mengajarkan bagaimana cara berpikir kreatif dan kritis.

"Siswa harusnya diajarkan berargumentasi, sayangnya di sini saat belajar tangannya dilipat dan percaya apa yang dikatakan guru itu benar," katanya dalam acara Talkshow dan Launching Buku "kracking Entrepreneurship" karya Rhenald di Jakarta, Kamis 5 Juli 2012.

Dengan sistem pendidikan seperti sekarang ini membuat masyarakat tidak mempunyai kemandirian yang akhirnya timbul mitos orang Indonesia tak bisa berbisnis. Padahal seorang yang berjiwa entreprenuership harus memiliki jiwa yang kritis dan kreatif.

Sayangnya pendidikan karakter di Indonesia masih belum menemukan kejelasan dan masih sekadar pendidikan kognitif, belum mendidik orang menjadi kreatif.

Ia menjelaskan kenapa kebanyakan pengusaha di Indonesia merupakan warga pendatang, seperti Arab, China, maupun yang lainnya. Hal ini karena mereka semua merantau ke negeri orang, dengan merantau timbul rasa kemandirian.

"Kita ini menggunakan sistem keluarga besar, usia 25 bahkan 40 masih tinggal sama orangtua dengan jaminan sosial keluarga besar," katanya. (umi)




Quote:Original Posted By S3R6U
infonya bagus banget... gimana kita mau berwirausaha?
baru input >>> sudah bayar pajak usaha,reklame,pajak preman,pajak dispenda,dan
tidak ada perlindungan.sehingga beban produksi tinggi.
sehingga output yang di hasilkan harus menjual dengan harga tinggi.
sehingga tidak bisa bersaing dengan demand indonesia yang lebih
suka harga terjangkau dan cepat tertipu IKLAN yang tak bermoral,
tak beretika, dan tidak sebenarnya.
Bukan persoalan pendidikan karakter aja..
di indonesia terlalu banyak pungli..


mau jadi pegawai atau jadi wirausaha itu soal kesekian.
naluri manusia itu ya bisa bertahan hidup dulu.
masih bingung besok mau makan apa kok ditambahi bingung lagi ama teori konsep wirausaha.
MASIH KONSEP PULA!
Ada sawah yang perlu gw cangkulin gak pak? dan kalo gw cangkulin bapak bayar saya berapa? itu dah..
sekarang sih yg lagi ngetrend jadi pengusaha fentung n bisnis sweeping
Quote:Original Posted By Green3apple
Bukan persoalan pendidikan karakter aja..
di indonesia terlalu banyak pungli..


this.



belum ditambah keamanan yg tidak terjamin
emangnya kebanyakan pengusaha lahir dari pendidikan yah? bukannya rata2 STTSD atau DO dari sekolah yah? atau bahkan sekolah aja ga pernah

jadi pengusaha itu tergantung iklim bisnis dan usaha, serta niat dan keinginan untuk mandiri...bukannya pendidikan...soal pengetahuan cuma modal baca buku di perpus atau internet sekarang udah bisa..ga usa masuk sekolah lagi buat belajar caranya bisnis itu gimana

satu lagi...OMDO ITU GAMPANG! LAKSANAINNYA SUSAHHHHHHH
ga di sekolah atau di lingkungan rumah udah dicekokin jadi pnshit atau keparat negara adalah pekerjaan yang mulia & menjanjikan

coba aja kalau keparat2x & pnshit di-outsource & pensiun dihapus, pasti pengusaha akan semakin banyak
saat ini PNS tetap jadi pilihan utama sebagian besar sarjana. kl gua sih mengalir aja..
sekarang kan jaman nya ud canggih,ga ada yg ga mungkin... jamannya bisnis online,, pemerintah tinggal edukasi masyarakat aja yang belum bisa (belum tau) mengakses internet. enak bgt yg namanya bisnis online, no pungli,no sewa sewa tempat, & no yg lain lain dahh
yg bikin org berlomba2 menjadi PNS, bukan karena untuk dedikasinya.. tp untuk jaminan2nya... sekali bisa masuk PNS udah pasti ada jaminan kesehatan, anak istri, beras, etc..... ampe pensiun pun masih dpt jaminan hari tua. Pdhl kerjanya cuma nongkrong, pungli, birokrasi diperlambat, cari objekan, peras org yg lg butuh tenaganya, sering telat masuk ga akan di PHK lgs ama "boss".. etc

Mo dikata apa.... KERJAAN IDAMAN!!!!
parahnya lagi orang sini maunya kerja buat negara tapi minta gaji tinggi

kalau di luar negeri orang jadi pns karena gak punya otak dan skill yg cukup utk sukses di dunia swasta.
paling enggak mereka tahu diri utk gak jadi serakah.
ini ada benarnya... selain faktor Xs lain (x-nya banyak) seperti keamanan berusaha, kejelasan dari dirjen pajak dan lain lain..

kalo jadi pegawai kan ga perlu pikir yang begituan... sudah ada yang ngurus.
Quote:Original Posted By bonjing
parahnya lagi orang sini maunya kerja buat negara tapi minta gaji tinggi

kalau di luar negeri orang jadi pns karena gak punya otak dan skill yg cukup utk sukses di dunia swasta.
paling enggak mereka tahu diri utk gak jadi serakah.


kalau dimari orang ga punya otak & skill ga tau diri serakah merampok duit negara
yah memang seperti itu yg diajarkan didalam dunia pendidikan indonesia
Quote:Original Posted By gendulJR
kalau dimari orang ga punya otak & skill ga tau diri serakah merampok duit negara


udah gitu kalo dikritik dikit pasti langsung main hujat dan keroyokan dan main klaim bahwa mereka yang paling pintar di seantero Indonesia

gak bisa bikin laporan keuangan akuntabel pake prinsip double entry-accrual basis accounting aja belagu minta remun sampe bikin negara bangkrut
Quote:Original Posted By banyubiru77
"Kita ini menggunakan sistem keluarga besar, usia 25 bahkan 40 masih tinggal sama orangtua dengan jaminan sosial keluarga besar," katanya. (umi)



euh... bener banget... banyak nih anak muda yang pola hidupnya begini... bahkan ketika sudah nikah dan punya anak.

Quote:Original Posted By Echi-man
yg bikin org berlomba2 menjadi PNS, bukan karena untuk dedikasinya.. tp untuk jaminan2nya... sekali bisa masuk PNS udah pasti ada jaminan kesehatan, anak istri, beras, etc..... ampe pensiun pun masih dpt jaminan hari tua. Pdhl kerjanya cuma nongkrong, pungli, birokrasi diperlambat, cari objekan, peras org yg lg butuh tenaganya, sering telat masuk ga akan di PHK lgs ama "boss".. etc

Mo dikata apa.... KERJAAN IDAMAN!!!!

sudah pada kodratnya kalo manusia itu ga suka ama hal2 yg ga pasti, manusia tuh sukanya ama yg pasti2

Quote:Original Posted By InRealLife
euh... bener banget... banyak nih anak muda yang pola hidupnya begini... bahkan ketika sudah nikah dan punya anak.

boro boro umur segitu para mahasiswa ababil jaman sekarang baru umur 20 tahun pingin nikah, bayangkan kerja saja belum, kuliah dari ortu, begitu saya menikah sudah siap apa, biaya pernikahan dari mana, biaya menghidupi anak istri,rumah dll mereka menjawab dengan ringannya "KAN ADA ORANG TUA" WHAT THE FUCK?
kali ini ane stuja berat dengan pak Rhenald. Ane sendiri merasakan untuk punya jiwa wirausaha ternyata memang tidak mudah kita dapatkan di bangku sekolahan.

Hayo, agan-agan pada ngaku, waktu kuliah pengennya kerja di kantor ato tempat kerja yang terkenal dan punya gaji gede kan? Mungkin cuman sekitar 1 persen aja dari agan2 yang berpikir kalo udah lulus buka usaha ato wirausaha sendiri. Start from zero.

Soalnya ane pun juga merasakan hal yang sama koq gan. Mangkanya sekarang ane lagi nyobain usaha biar jadi bos atas diri sendiri. Sykur-syukur bisa bayar orang malah.
jadi boss atau jadi jongos itu urusan takdir,
takdir udah diatur
Quote:Original Posted By chemistsafety
kali ini ane stuja berat dengan pak Rhenald. Ane sendiri merasakan untuk punya jiwa wirausaha ternyata memang tidak mudah kita dapatkan di bangku sekolahan.

Hayo, agan-agan pada ngaku, waktu kuliah pengennya kerja di kantor ato tempat kerja yang terkenal dan punya gaji gede kan? Mungkin cuman sekitar 1 persen aja dari agan2 yang berpikir kalo udah lulus buka usaha ato wirausaha sendiri. Start from zero.

Soalnya ane pun juga merasakan hal yang sama koq gan. Mangkanya sekarang ane lagi nyobain usaha biar jadi bos atas diri sendiri. Sykur-syukur bisa bayar orang malah.


Ane Bercita2 jd Entreprenuer gan..

Biar Bsa Menciptakan Lapangan kerja...

Semoga Terealisasi..

×