Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015300153/kasihan-ada-493000-sarjana-menganggur-di-indonesia
Kasihan! Ada 493.000 Sarjana Menganggur di Indonesia
Lulus dari perguruan tinggi tak ada jaminan seseorang langsung memperoleh pekerjaan. Kementerian UKM dan Koperasi merilis setidaknya ada 493.000 sarjana lulusan perguruan tinggi yang mengganggur.

"Ada 493 ribu sarjana yang menggangur. Meskipun 6,3 persen jumlah pengganguran kita masih lebih baik dengan Amerika (US)," ungkap Menteri UKM dan Koperasi, Syarif Hasan saat Peluncuran Buku kracking Entrepreneurs di Gedung WTC, Jakarta, Kamis (5/7/2012).

Syarief menjelaskan, untuk mengurangi jumlah pengangguran khususnya mereka yang berpendidikan sarjana. Menurutnya, mereka harus merubah pola pikir tidak hanya menjadi pekerja tetapi menjadi pembuat kerja atau entrepreneur. Syarief juga menjelaskan pemerintah sangat berkomitmen menciptakan entrepreneur baru di Indonesia.

"Sekarang ini entrepreneur itu adalah strategi prioritas untuk menjadi bangsa yang semakin maju," sebutnya.

Syarief menilai, dahulu jumlah penduduk yang memilih menjadi pengusaha dan berhasil sangat rendah. Saat ini menurutnya, jumlah masyarakat yang memilih menjadi pengusaha dan berhasil meningkat menjadi 1,56 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

"Sebanyak 0,18 persen sangat sekali sedikit karena bagitu banyak peluang yang luar biasa. Tidak dalam begitu lama rasionya meningkat 1,56 persen," katanya.

Spoiler for sumber:
Banyak bener pengangguran berpendidikan.

TS gak ada komentar, bentar lagi bakal didelete ini tritnya.
Hmm, slogan semata
Di sisi lain nga ada keberpihakan pemerintah terhadap enterpreneur2 kecil
Kredit micro aja susahnya minta ampun
Siapa coba yang bisa bantu kita enterpreneur ???
Cuma modal nekat dan berani menanggung resiko
Memang gan, jaman sekarang faktor 'luck' berperan besar buat mendapatkan pekerjaan..
yang jadi enteprepeur kebanyakn justru bukan orang sekolahan, karna ngelamar dimana2 ngga diterima, akhirnya jualan deh, siapa sangka malah jadi lebih kaya daripada sang sarjana
Quote:Original Posted By mbia
yang jadi enteprepeur kebanyakn justru bukan orang sekolahan, karna ngelamar dimana2 ngga diterima, akhirnya jualan deh, siapa sangka malah jadi lebih kaya daripada sang sarjana


bener banget tuh gan
Quote:

"Ada 493 ribu sarjana yang menggangur. Meskipun 6,3 persen jumlah pengganguran kita masih lebih baik dengan Amerika (US)," ungkap Menteri UKM dan Koperasi, Syarif Hasan


Orang kok sukanya banding2in....

Yah jangan liat persenan d. Liat aja di jalanan masih banyak yg nganggur apa nda n kriminalitas masih tinggi atau nda.
dikit amat ? ini anggota ormas rusuh diitung penganggur apa bekerja neh
kasian banget. ane pernah nih ngerasain nganggur lama. jadi inget masa lalu.
kurikulum kita masi berorientasi menjadi pekerja, bukan menciptakan lapangan pekerjaan
Quote:Original Posted By yusuf84
Orang kok sukanya banding2in....



udah jadi sifat dasar manusia buat membanding-bandingkan
tpi memang beliau krng tepat membandingkannya
hadeh, pengen negaranya maju dengan banyak entrepeneur sih kudunya birokrasi di tingkat RT/RW, kelurahan, kecamatan, dan lain2 harusnya lebih mudah
tapi apa yang terjadi pada kenyataannya? yang ada duit dprioritaskan, syarat bertele2, kebanyakan alesan, hasilnya memakan waktu lama dan lain2.
kan yang namanya pengusaha sejati itu butuh legalitas dan karena hal semacam ini yang malah dimanfaatkan oleh raja2 kecil di daerah2.
coba aja bayangin kalo birokrasi di negara kita ini simple, murah, praktis dan cepat. seengganya itu bisa membuka jalan untuk calon2 pengusaha.




(pengalaman pribadi)
itu karena pertumbuhan penduduk indonesia yang tidak terkendali coba bayangkan ratusan ribu sarjana baru yang muncul tiap tahunnya

terbayangkan bagaimana para "fresh graduated" itu bersaing mendapat pekerjaan dengan senior senior nya

kalo udah ampe gitu maka para sarjana juga harus pandai melihat sikon
ada yg udah buka lapak di fjb,,, ketika di tanya kerja dimana, bilangnya ngangur...
ada yg buka warung, ketika di tanya kerja dimana, bilangnya ngangur...

lagian nanya kerja dimana,,, coba tanya penghasilannya dari mana... baru jawabannya gak ngangur
gw kira2 ikut dihitung ga yah?
itu sih kira" mahasiswa yg memang males, gk kreatip, dulu wkt kuliah lbih suka demo anarki maupun ikutan nyales MLM drpada blajar, alumni alay-alay yg suka membanggakan duit ortu, ujung-ujungnye ttp ngemis kerjaan hahaha

bukana sok sombong ato yg lain, ane aja masih kuliah juga nyambil kerja sana-sini, alhasil hidup tuh ane, lancar kuliah ane tnp minta duit ortu
Ane turut prihatin dgn jumlah sarjana yang pengangguran di Indonesia. Ya mau gimana lagi, sarjana2 di Indonesia sedikit sekali yang "berani" membuka lapangan pekerjaan. Mereka justru mau yang aman2 aja.

Ane dulu juga dulu takut untuk melakukan usaha, tapi ane sudah mulai merintis usaha. Mudah2an sukses dan bisa membuka lapangan kerja bagi orang byk. Bantu doa ya gan.
Salah mereka juga gan yang terlalu banyak pilih-pilih pekerjaan
Quote:Original Posted By bukaniwanenator
dikit amat ? ini anggota ormas rusuh diitung penganggur apa bekerja neh


ya kerja lah
kerja nya rusuh

×