alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Efek lagu GLOOMY SUNDAY
4.8 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015214924/efek-lagu-gloomy-sunday

Efek lagu GLOOMY SUNDAY

Ada yang tau atau pernah denger lagu Gloomy sunday ??
Mungkin thread ini udah banyak di post. Tapi di sini ane mau sharing nih tentang pengalaman temen ane baru-baru ini sama lagu GLOOMY SUNDAY..
Ini ane beneran dia baru cerita 2 hari yang lalu..
Sebelumnya ane mau kasih info dulu tentang lagu GLOOMY SUNDAY ini..
Lagu yang dalam bahasa Inggrisnya ini berjudul Gloomy Sunday (Minggu Suram) punya misteri tersendiri sebagai lagu yang dapat menghipnotis seseorang untuk bunuh diri. sejaranya lagu Gloomy Sunday ini adalah lagu yang diciptakan oleh seorang Pianist dan composer otodidak Hungaria dari Budhapest yang bernama Rezső Seress tahun 1933 yang awalnya berjudul "Vége a világnak" ("End of the world"). Lalu liriknya ini ditulis oleh László Jávor yaitu seorang pujangga dan diberikan judul "Szomorú vasárnap" (Sad Sunday).

Efek lagu GLOOMY SUNDAY
Rezső Seress

Rezső Seress awalnya ingin sekali menjadi seorang musisi yang terkenal namun keinginannya ini tidak disetujui oleh tunangannya karena tunagannya menginginkan agar Rezso bekerja full time. Pertengkaran hebat pun terjadi dan mengakibatkan putusnya pertunangan mereka.

Efek lagu GLOOMY SUNDAY
Rezső Seress dan tunangannya

Rezső Seress mulai memainkan jari-jarinya di atas piano dan dalam 30 meni terciptalah sebuah alunan melodi yang begitu indah dan mendayu-dayu. Dengan dibantu temannya László Jávor lirik nya pun dilengkapi. Rezső Seress segera mengirimkan karyanya ke beberapa perusahaan rekaman, walaupun sempat beberapa kali ditolak akhirnya lagu tersebut menjadi Hitz. Akhir perjalanan Rezső Seress pun juga diakhiri dengan bunuh diri, setelah lagu itu menjadi terkenal ia meminta kepada mantan tunangannya untuk kembali dan mengajak rujuk dengan menuliskan sebuah surat. tapi setelah beberapa hari surat itu ia sampaikan tungangannya tersebut justru meninggal bunuh diri dengan meminum racun dan sambil menggenggam secarik kertas partitur yang dengan tulisan GLOOMY SUNDAY.Januari 1968, Rezso Seress melakukan percobaan bunuh diri dengan melompat keluar dari jendela di sebuah apartemen di Budapest. Tetapi sayang aksi bunuh dirinya gagal. Lalu dilarikan ke rumah sakit dan di tempat itulah ia akhirnya berhasil melakukan bunuh diri dengan mencekik lehernya sendiri dengan seutas kawat (mungkin semacam kabel). Tepat pada tanggal 11 Januari 1968, tidak terlalu lama setelah ulang tahunnya yang ke-69.Dia juga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya karena setelah lagu itu menjadi terkenal ia selalu gagal untuk menciptakan lagu-lagu berikutnya sehingga ia berpikir bahwa iya tidak akan bisa lagi menciptakan lagu seindah itu untuk kedua kalinya.

Spoiler for partitur Vége a világnak:


Sebentar saja setelah Gloomy Sunday dirilis, mulailah terjadi kejadian-kejadian di luar dugaan.
Di Berlin, ada seorang pemuda yang me-request lagu Gloomy Sunday kepada sebuah band. Setelah lagu tersebut selesai dimainkan, lalu pemuda ini keluar ruangan dan langsung melakukan bunuh diri.

Seminggu kemudian, ada seorang pegawai toko ditemukan gantung diri di kamarnya. Dan ditemukan juga lembar partitur music Gloomy Sunday di kamarnya. Dua hari kemudian, seorang sekretaris muda juga melakukan bunuh diri dengan meracuni diri dengan gas. Dan dalam surat wasiatnya, ia meminta agar lagu Gloomy Sunday dimainkan pada acara pemakamannya. Beberapa minggu kemudian, seorang kakek berumur 82 tahun dari New York, melompat dari jendela lantai tujuh setelah memutar lagu Gloomy Sunday.

Pada tahun 1997 Billy MacKenzy vokalis band The Associates asal Skotlandia (yang meg-cover Billie holiday pada tahun 1982) memutuskan untuk bunuh diri di rumah ayahnya di kota Dundee.

Semenjak awal diciptakannya lagu itu, banyak peristiwa bunuh diri terjadi bagi mereka yang mendengarkan dan juga menyanyikan lagu itu. Dan pada puncaknya yaitu sekitar tahun 1941, seorang musisi asal Inggris yaitu Billie Holiday menyanyikan lagu itu dan menjadi hits di putar di radio2. sehingga akhirnya lagu ini di cap sebagai lagu bunuh diri. ada beberapa vesi dari lysic lagu ini.

Spoiler for lyric ver 1-Vége a világnak:


Spoiler for ver 2 - Szomorú vasárnap:


Spoiler for Lirik Lagu Gloomy Sunday Versi Billie Holiday:


Nah balik kecerita temen ane, dia X hampir melakukan bunuh diri 2 hari yang lalu dengan rencana minum pil dan udah berencana buat tulis surat perpisahan ke bebrapa orang karena mendengar lagu ini. Memang gw tau belakangan temen gw ini terlihat aneh seperti orang depresi dan ternyata memang benar-benar dia lagi depresi. Dia cerita kalau udah 1 minggu ini dia berencana mau akhiri hidupnya, sampai akhirnya dia temuin lagu GLOOMY SUNDAY..
2 hari dia hayatin lyricnya, awalnya dia hanya hayati lirik yang vesi Billie Holiday katanya itu belum ada efek apa-apa sampai akhirnya dia donlot versi piano instrumentalnya dan dia cari yang versi SZOMORU VASARNAP.

Dia bilang, lyric yang versi Szomoru Vasarnap dia pahami dan hayati selama 2 hari dan dia paham dan dia merasa terhipnotis dengan lyricnya terutama lyrisc pda bait ke dua.
Spoiler for terjemahan bhs Indonesia bait ke dua Szomorú vasárnap:

kata dia lyricnya bener-bener merasuk ke hatinya dan otaknya, sampai-sampai dia merencanakan untuk mengakhiri hidupnya. Memang gw gak tau sebab dia mau bunuh diri karena apa, abis dia gak mau cerita.. hehe..
Ini beneran gan cuma ane gak mau nanya banyak-banyak ane cuma dengerin aja cerita dia, masalahnya temen ane lagi depresi bgt, walaupun katanya sekarang sih udah gak begitu..

Makanya buat agan-agan hati-hati dah kalo lagi depresi terus dengerin lagu GLOOMY SUNDAY dan menghayati lyricnya.. emoticon-Takutemoticon-Takut
Beberapa motis juga bilang kalo dengerin musik ini hanya instrumentalnya saja bisa membuat kita ter tidur lelap dan mimpi buruk..

Hati-hati gan.. jangan lupa di rate ya gan hehehe emoticon-Rate 5 Star
TERIMAKASIH
Halaman 1 dari 10

Pertamax gannnn

ogah denger lagunya emoticon-Cool Bawah ane yakin mo dengerin? emoticon-Takut

Efek lagu GLOOMY SUNDAY
wanjiirrr serem gitu ni lagu emoticon-Takut (S)
ntar ane coba googling dolo mo dengarnya gan emoticon-Malu (S)
tapi jangan sampe ane yg bunuh diri emoticon-Hammer (S)
Quote:

Quote:

Quote:


Quote:
udah pernah dengar gan
tapi
nice info deh
Post ini telah dihapus oleh celanaman
ane ga ngerti bhs inggris gimana dong emoticon-Frown
makanya serem gan... untung ane gak sampe kaya temen ane yang niat buat bunuh diri.. emoticon-Takutemoticon-Takut
yakin tuh bs menghipnotis yg dengerin lagunyeemoticon-Belo
ane udah denger lagunya gak ada efek apa2 emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung
sering gw dgr lagu ini,.dan gw msh idup tu ampe skrang...
cuma yg labil aja yg nekat ampe bunuh diri...
Quote:


ane sih gak tau mungkin karena dia lagi galau dan bener-bener menghayati jadi sampe bagitu gan. Itu mungkin balik lagi sama pribadi masing-masing bisa ngaruh atau ngaknya sih.. hehehe...
Gloomy sunday = minggu kelabu
males ah gan dngerin lagu gajelas
Ane udah pernah denger gan,kayanya ada di ane. Tapi menurut ane,mereka yang galau2 itu, denger lagu yang mendayu-dayu kaya gini,mungkin bakal mikir ke hal yang aneh2, palagi sugesti lagu ini udah mendunia.
Kalau di ane gak mempan emoticon-Cool
coba dengerin di yutube ah emoticon-Big Grin
ayo siapa yg mau denger emoticon-Takut
ngedenger ceritanya aja udah serem, apalagi langung lagunya emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut
emoticon-Army (S) emoticon-Cool ane udah denger n ane jadiin ringtone tuh lagu gan tapi tetep nggak papa tuh gan emoticon-Cape d... (S) emoticon-Shutup (S)emoticon-Shutup (S)emoticon-Shutup (S)emoticon-Shutup (S)
haduhh...
kok horor gitu gan emoticon-Takut (S)
wedeeww...serem bgt gan
seram ah gan, mending dengar lagu yang lain aj!!!
Halaman 1 dari 10


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di