alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015203022/catatan-perjalanan-dan-panduan-ke-toraja-dari-kacamata-pekerja-non-wisatawan
Catatan Perjalanan dan Panduan Ke Toraja dari kacamata pekerja (non wisatawan)
Catatan perjalanan TS ke Toraja, selamat membaca dan semoga berguna

Warning : Dijamin no repost karena ini ane ketik sendiri dan foto-fotonya ane Jepret sendiri.

Quote:
Hai agan-agan. Sudah pernahkah agan ke Toraja? Mungkin yang ada di Toraja di benak agan-agan adalah sebuah tempat wisata yang banyak sekali situs2 kuburan, megalitikum, dsb. Tapi sebenarnya bukan hanya itu saja. Ada banyak hal-hal yang unik di Toraja.
Nama ane dika dari Jakarta, biasanya ane aktif di FJB kamera. Tapi karena measa ada hal yang perlu dibagi jadi ane putuskan untuk sedikit berbagi. Ane sendiri sudah beberapa kali ke Toraja untuk urusan bisnis. Tapi di tengah kesibukan bisnis ane selalu sempatkan diri untuk mengunjungi daerah wisata yang ada meskipun kadang ketika ke toraja tidak berwisata sama sekali. Catatan perjalan ini merupakan rangkuman dari kunjungan2 ane ke Toraja jadi ada beberapa tempat yang belum ditulis karena ane ke Toraja sendiri bukan untuk jalan-jalan tujuannya.

Cara ke Toraja
Quote:
Ada banyak jalan menuju Toraja. Yang terpenting agan sampai dulu di Makassar. Nanti di Makassar bisa naik bus ataupun sewa mobil. Kalau agan mau cepat bisa dari Balikpapan naik pesawat berbaling-baling dan mendarat di lapangan udara pongtiku, Dari situ sudah dekat ke pusat kota Toraja Utara.
Kalau ane sendiri kesana biasanya naik pesawat menuju Makassar. Setelah tiba di Makassar ane melanjutkan dengan taksi ke pool bus bintang prima. Ada baiknya bila pada musim liburan, agan pesan di hari sebelumnya. Namun bila tidak sempat dan ketika sampai sana sudah habis tidak usah khawatir karena di sekitar pool bus bintang prima ada bus2 yang lain seperti Manggala Trans, Metro Permai, Ataupun Bintang Timur. Bus-bus ini umumnya berangkat pukul 9.30 malam. Kalau pun tidak dapat bus juga bisa ke terminal atau kalau malas bisa pesan untuk keberangkatan jam 9 pagi dan menginap di hotel Paradiso (tarif kamar:200-300 ribu)
Tarif bus umumnya :
Eksekutif : 80 ribu
Air Suspension : 100 ribu
Scania : 120 ribu
Untuk Manggala Trans tarifnya sedikit berbeda karena busnya menggunakan Mercedes Bens Jetbus OH 1830 emoticon-Belo


Penginapan
Quote:
Penginapan di Toraja Utara tidak terlalu sulit. Bila ingin hemat bisa menginap di wisma-wisma yang banyak berada di rantepao. Namun bila ingin merogoh kocek lebih dalam, agan bisa menginap di Lutha Hotel, Toraja Misilliana, Hotel Novotel, Hotel Indra, dsb. Kalau ane sendiri seringnya menginap di Hotel Indra karena klien ane kenal dengan pemiliknya.
Tempat makan
Ane gak tau banyak untuk tempat makan. Ane biasanya makan di Rumah makan mambo di sebelah hotel lutha, sari laut (sea food) yang banyak ditemui, mitra padma yaitu rumah makan muslim dekat masjid, atau pesan dari hotel. Kalau mau menu khas Toraja banyak terdapat di Rumah makan mambo. Ada pamarasam (masak bumbu hitam), Piong (masak bamboo) dan minumnya bisa coba tamarella (terong belanda).


Lanjut di bawah
Tempat-tempat yang unik di toraja

Quote:
Sebenarnya bicara soal Toraja itu adalah istilah yang ambigu karena Toraja itu sendiri wilayahnya bukan satu seperti dulu. Dulu hanya ada Tana Toraja namun sekarang terjadi pemekaran sehingga terbagi menjadi Tana Toraja dengan pusatnya di Makale dan Toraja Utara dengan Pusatnya di Rantepao. Tempat wisatanya sendiri yang paling banyak terdapat di Toraja Utara. Oleh karena itu jangan heran kalau di Rantepao banyak bule-bule berlalu lalang. Namun untuk memudahkan penulisan biar ane gak capek jadi ane nulisnya cukup Toraja saja emoticon-Big Grin
Dalam mengunjungi tempat-tempat wisata di Toraja sebenarnya tidak membutuhkan waktu sampai berhari-hari kalau benar2 dipakai efektif satu hari full untuk jalan-jalan. Ane mungkin bukan termasuk yang seperti ini karena seringkali hanya tersisa waktu luang beberapa jam untuk jalan-jalan. Masih banyak situs wisata di Toraja yang belum ane kunjungi. Dari yang ane kunjungi ada beberapa yang ane lupa namanya. Maklum jarak antar kunjungan cukup lama. Yuk langsung saja


Quote:
1.\tLonda
Kalau belum ke Toraja belum lengkap rasanya kalau belum ke londa, di dalam londa sendiri ada gua yang di dalamnya dijadikan tempat menaruh mayat. Kalau ingin masuk ke dalam bisa menyewa pelampu, yaitu guide yang membawa petromak. Yang mengejutkan di balik penampilannya mereka bisa bahasa inggris, spanyol, prancis. emoticon-Belo
Di dekat pintu masuk londa juga terdapat took cenderamata dan ada juga tempat pembuatan patung tao-tao yaitu patung khas toraja yang merepresentatifkan orang yang meninggal. Jadi dia dibuat persis seperti orang yang meninggal :serem:

Galeri londa, sumber : koleksi pribadi

Spoiler for londa:




Quote:
2.\tKete Kesu
Tempat selanjutnya yang ane pernah kunjungi adalah kete kesu. Dalam Kete Kesu ini lumayan lengkap isinya. Disamping ada tongkonan, alang, ada juga tempat kuburnya yang berupa patane (rumah tempat menaruh jenazah) dan juga yang ditaruh di bukit.

Galeri Kete Kesu, sumber : koleksi prbadi

Spoiler for kete kesu:



Quote:
3.\tLemo
Di lemo ada makam yang dipahat di bukit batu. Bukit batu itu dipahat sampai dalam, kemudian mayat-mayat yang ada di dalam peti itu dimasukkan di dalamnya. Di bagian luar di atas bukit terdapat patung tao-taonya. Disekitar lemo kita akan disuguhi pemandangan sawah yang cukup indah.

Galeri lemo sumber pribadi

Spoiler for lemo:



Quote:
4.\tTo’ Barana
DIsini terdapat penenunan kain tenun khas toraja yaitu kain todi. Kain-kain tersebut dirajut secara manual oleh penenun yang sudah berumur. Untungnya ada generasi penerus yang siap meneruskan tradisi menenun. Sayang lupa minta nomor hape emoticon-Hammer harga kain disini sepintas cukup mahal namun menurut ane itu sepadan karena pembuatannya sendiri manual dan butuh waktu lama. Worth it

Spoiler for galeri to barana, sumber pribadi:



Quote:
5.\tPasar Bolu
Meskipun ini berupa pasar namun banyak hal unik yang bisa di dapat di pasar ini. Pasar ini menjual hewan yang umumnya digunakan untuk perayaan-perayaan di Toraja. Umumnya masyarakat Toraja menggunakan Kerbau untuk perayaan kedukaan (rambu solo) dan babi untuk perayaan yang gembira (rambu tuka). Tentu saja hewan itu nanti akan dipotong. Hewan-hewan itu nanti akan dipotong. Dan tentunya untuk rambu solo kerbau yang dipotong bisa sampai berpuluh-puluh ekor. Kerbaunya sendiri ada yang berharga ratusan juta terutama kerbau belang yaitu berwarna albino dengan corak hitam sedikit. Apalagi kalau punya tanduk yang bengkok ke depan dan belang hitam di punggungnya.

Galeri Pasar Bolu, sumber pribadi

Spoiler for pasar bolu:



Quote:
6.\tBatu Tumonga
Tempat ini menurut ane special, karena perjalannya jauh sekali dan sepanjang perjalanan ke sana akan banyak pemandangan yang indah, patane-patane, kubur batu pokoknya melewati berbagai tempat wisata sekaligus. Batu Tumonga itu sendiri adalah suatu wilayah yang terletak ketinggian, jaraknya sekitar 23 km dari rantepao untuk sampai ke puncaknya itu. Jalannya, luar biasa. Tempat ini cukup sejuk udaranya, sunyi sekaligus mistis :serem:

Galeri Batu Tumonga

Spoiler for Batu Tumonga:



Untuk mengunjungi tempat tersebut cukup mudah, bisa dengan ikut tour travel, sewa motor atau kalau gak mau capek bisa nego dengan tukang ojek untuk keliling seharian. Ane sendiri karena ikut klien jadi gratis semuanya emoticon-Big Grin

Penutup
Quote:
Yak ane rasa itu yang ane inget dan foto publikasinya ane sempat ane upload di facebook. Foto-foto yang lain masih ada di hardisk laptop yang lama dan laptopnya di Jakarta sementara ane di Toraja sekarang. Masih banyak beberapa tempat yang ane kunjungi yang belum ane tulis disana. Mungkin agan-agan yang baru sekali kesana tetapi sudah mengunjungi tempat-tempat tersebut


Diharapkan

emoticon-Toastemoticon-Blue Guy Cendol (L) Cendol segarnya kalau merasa trit ini berguna atau rate lima emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

Tambahan-tambahan, komentar bermutu atau mungkin ralat dari agan-agan sekalian karena ane bikin trit ini tanpa bantuan om gugel bener2 dari pengalaman dan daya ingat yang terbatas.

Kalau ada kaskuser yang ada di Toraja sekarang mungkin bisa PM ane atau telp ane (nomornya ada di lapak fjb ane ya emoticon-Big Grin)

emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller

Bonus
Spoiler for narsis:


emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir

UPDATE di POST ketiga

mantab gan cuma seremmmmm

Mengendarai Kesabaran Tanpa Batas
Wisata Alternatif di Bandung
HOT MAMA
Patung Macan di Tagog Apu [HOT]


emoticon-Kiss emoticon-Angel emoticon-thumbsup

Catatan Perjalanan dan Panduan Ke Toraja dari kacamata pekerja (non wisatawan)
wuih kebetulan gan, tanggal 20 juli ini ane berencana ke Tanah Toraja. Ane terbantu banget sma pembahasnnya. Rencanya ane disana 2 minggu gan .emoticon-Cendol (S)
update

Quote:
7. Singki' (Secret Place)

tempat ini belom terlalu akrab di telinga para traveller karena tempat ini tersembunyi di bukit belakang hotel lutha, rantepao. Selain itu tempat ini belum secara resmi dijadikan objek wisata. Beruntung bagi yang baca tulisan ini emoticon-Blue Guy Cendol (L): Di tempat ini nantinya akan dijadikan objek wisata karena ketika saya memasuki tempat ini terdapat tulisan "mohon maaf ada perbaikan jalan, akan dijadikan opbjek wisata" begitu kira-kira tulisannya. Singkat cerita langsung ke gambar saja.

Spoiler for galeri singki' sumber foto pribadi:


8. Loko'mata'
Loko'mata' itu sendiri adalah tempat beradanya pemakaman khas Toraja dimana mayat-mayat ditaruh lubang di batu besar. Lubang tersebut tidak terjadi secara alami seperti di londa namun dipahat dan dilubangi sendiri. meskipun dari luar terlihat seperti sebuah lubang kecil tapi dalamnya cukup besar. Banyak kisah mistis di seputar area loko'mata ini. Misalnya saja bila pintu lubang terbuka sendiri menandakan akan ada yang meninggal dari kerabat. Atau peti mati yang tidak bisa dimasukkan ke dalam lubang yang menandakan ada persyaratan yang belum dipenuhi

Spoiler for loko'mata' awas BWK:


9.Bori'
Bori' adalah tempat situs megalitikum berupa semacam batu menhir yang disusun dalam susunan tertentu. Menhir-menhir tersebut disusun bukan tanpa tujuan. Setiap batu menhir yang disusun menandakan bahwa pernah terjadi pesta pemakaman besar yang dilakukan oleh bangsawan. PEsata tersebut demikian besarnya karena minimal harus menyembelih 24 kerbau. Pada kenyataannya yang disembelih bisa mencapai 100 kerbau.

Spoiler for galeri bori':




reserve for update
Quote:Original Posted By qorianisme
wuih kebetulan gan, tanggal 20 juli ini ane berencana ke Tanah Toraja. Ane terbantu banget sma pembahasnnya. Rencanya ane disana 2 minggu gan .emoticon-Cendol (S)


Wah mantab sekali gan. Di Daerah mana gan rencananya? Ane ikut seneng kalau agan terbantu.
mantap nih . tapi toraja jauh dari surabaya
Quote:Original Posted By thowilafif
mantap nih . tapi toraja jauh dari surabaya


tahnks gan emoticon-Blue Guy Cendol (L) dari surabaya ke makassar dulu. bisa naik pesawat atau kapal laut. dari makassar bisa ke terminal atau ke pool bus2 yang jurusan ke Toraja. Nanti rencananya mau dibangun bandara internasional di Mengkendek jadi jarak tempuh ke Toraja bisa lebih singkat
wah sayang, ane ke makassar bolak balik tahun lalu gak sempet2 ke toraja.. semoga bisa di lain waktu, amin
Quote:Original Posted By prasetya wibowo
wah sayang, ane ke makassar bolak balik tahun lalu gak sempet2 ke toraja.. semoga bisa di lain waktu, amin


Yup ane doain kesampaian gan. amiin.
Wah kebetulan bgt saya mau kesana tgl 17-20 Ags ini. Boleh minta info apakah ada Tour guide yg cukup handal untuk menemani perjalanan di toraja? kemudian untuk Hotel Indra harga permalamnya brp ya Pak? Thx bgt TS buat share nya, ini bermanfaat banget untuk saya..
klo ada updateannya monggo di lanjut gan... emoticon-Angkat Beer

cek kulkas emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By seCTe86
klo ada updateannya monggo di lanjut gan... emoticon-Angkat Beer

cek kulkas emoticon-Big Grin


Makasih gan lumayan buat buka puasa emoticon-shakehand: gan sudah diupdate kok
Quote:Original Posted By im_jealousy
Wah kebetulan bgt saya mau kesana tgl 17-20 Ags ini. Boleh minta info apakah ada Tour guide yg cukup handal untuk menemani perjalanan di toraja? kemudian untuk Hotel Indra harga permalamnya brp ya Pak? Thx bgt TS buat share nya, ini bermanfaat banget untuk saya..


Sewa kamar ratenya saya sebenarnya kurang tahu karena selama ini kan yang bayar klien. Tapi saya pernah lihat sepintas sekitar 350an permalam. Untuk tour guide bisa didapat juga dari hotel Indranya. Mereka bisa bantu carikan tour guide. Atau PM ke id kaskus babytoraja doi kaskuser Toraja yang siap membantu siapa saja.
Nice share gan... beberapa kali ke sulawesi tapi belum sempat ke toraja
Numpang nanya, kalo ke Toraja bagusnya bulan apa ya?

Kalo yang banyak festival atau upacara itu biasanya bulan apa?

Terima kasih emoticon-I Love Indonesia (S)
ikut nyimak gan
April 2013 ane mau kesana gan....
Sangat terbantu dengan trit ini
Hehehe
Thanks share-nya gan.. saya rencana minggu ini berangkat ke Makassar. semoga bisa mampir ke Tanah Toraja emoticon-Big Grin