Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015197397/indonesia-miliki-bahasa-terkaya-di-dunia
Thumbs up Indonesia Miliki Bahasa Terkaya di Dunia
Indonesia Miliki Bahasa Terkaya di Dunia

Sepersepuluh bahasa di dunia berada di Indonesia



VIVAnews - Provinsi Bali kembali menjadi tuan rumah perhelatan internasional. Kali ini, Pulau Dewata itu menjadi tuan rumah digelarnya Festival Linguistik Indonesia yang diselenggarakan oleh International Lexical Functional Grammar Assotiation (ILFGA) di Kampus Universitas Udayana.

Wakil Ketua Penyelenggara, I Nyoman Aryawibawa menjelaskan, acara yang bakal diikuti oleh 12 negara itu diharapkan bisa menjadi tonggak penting ilmu linguistik di Indonesia. Alasannya, sepersepuluh lebih dari bahasa-bahasa di dunia ada di Indonesia.

"Ini yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang paling kaya dan beragam kebahasaannya," kata Arya, Kamis 28 Juni 2012.

Dengan pertimbangan kekayaan itu pula, Indonesia menjadi laboratorium alami bagi penelitian kebahasaan. "Ini sangat penting untuk pengembangan dan terobosan teoritis ilmu bahasa dan penerapannya," tutur Arya.

Meski dokumentasi dan penelitian sudah dilakukan banyak kalangan, namun Arya menilai, masih banyak bahasa-bahasa di Nusantara yang belum terdokumentasikan dengan lengkap dan baik.

Lewat perhelatan ini, Arya berharap Indonesia bisa sejajar dengan negara maju dalam keilmuan, termasuk linguistik. Selama ini, Indonesia dianggap cukup ketertinggalan baik dalam kuantitas maupun kualitas sumber daya manusia yang andal.

Untuk itu, dirinya memandang perlunya pendidikan, penelitian dan kegiatan lain yang terkait dengan liguistik. Semua itu dilaksanakan secara intensif, berkelanjutan dan berkualitas tinggi serta berstandar internasional guna mengimbangi persaingan global yang semakin ketat.

Acara itu sendiri terselenggara atas inisiatif Universitas Udayana bekerjasama dengan Australian National University (ANU) dan Max Planx Institute, Jerman serta organisasi Masyarakat Linguistik Indonesia (MLI). (eh)

SUMBER

----------------------------------------------------------

komen : semoga Indonesia bisa sejajar dengan negara maju dalam keilmuan, termasuk linguistik. niceeeee.... amien



Spoiler for ALHAMDULILLAH AKHIRNYA HT:




[CENTER]KLIK DISINI[/CENTER]

thanks kaskusers
jangan bangga dulu kalau belum bisa menguasai bahasa daerah masing masing
thanks kepada inisiatif Universitas Udayana bekerjasama dengan Australian National University (ANU) dan Max Planx Institute, Jerman serta organisasi Masyarakat Linguistik Indonesia (MLI) yang sudah mengadakan acara ini
belum lagi bahasa maho, cuma ada di indo
banyak amat ya bahasa yg ada di kita gan
bahasa alay "kamseupay" termasuk kagak gan

Vbot raja alay
"rich but can't using or taking care those wealth"

if there is anyone said that's not the case..can you tell me how many Indonesian people using their language properly??? heck even i'm not using it properly...

...we're not counting the number of people who using their ancestor language yet...
lagian sebanyak apapun bahasa kita,kita cuma memepelajari bahsa daerah masing masing
Ayoo buruan dipatenkan sebelum diklaim maling sebelah :
yang boneng mana buktinya
Udah jelas itu gan, dari sabang sampe marauke aja udah berapa desa/dusun? tiap desa/dusun biasanya punya kekhasan bahasa masing-masing (walaupun ada juga yang sama). Tapi keragaman budaya Indonesia emang buanyakkk banget gan.

negara kita emang udah paling keren
salah satu trenD terbaru Bahasa Indonesia adalah Bahasa ALAY
wuih emang indonesia memiliki kekayaan yang luar biasa
semoga tidak tergerus oleh kemajuan jaman, jangan sampek semua pada pinter bahasa inggris, perancis, jepang tapi kagak bisa bahasa daerah...
secara gitu indonesia segala punya
wkwk
itulah indonesia ku tercinta
Indonesian language is the best lah pokoknya
hehehe ya wajar sukunya ada banyak eg..
jadi bahasanya dan budayanya juga banyak..
ane malah males gan ngomong bahasa indonesia,ane asli jawa tapi ga bisa krama secara sempurna jadi ane ngomongnya bahasa ngapak gan
×