alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Manfaat Dengerin Musik Untuk Tubuh
4.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015188756/manfaat-dengerin-musik-untuk-tubuh

Manfaat Dengerin Musik Untuk Tubuh

Sebuah studi menunjukkan, mendengarkan lagu dapat memberikan efek pada beberapa bagian otak, yang bertanggung jawab terkait memori dan pengelihatan.

"Sebagai contoh, sebuah penelitian terbaru di Kanada menunjukkan bahwa ada hubungan kausal antara musik dan bagian inti dari otak yang bereaksi terhadap rangsangan (makanan, cahaya, seks)," kata Dr Victoria Williamson, dosen psikologi dari Goldsmith College London.

Manfaat Dengerin Musik Untuk Tubuh


Lantas apa saja manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat dengan mendengarkan musik?

1. Meningkatkan suasana hati (Mood)
Reaksi orang ketika mendengarkan musik umumnya berbeda-beda. Tetapi, apapun pilihan musik Anda, sebuah penelitian 2011 di Kanada, yang diterbitkan jurnal Nature Neuroscience menunjukkan bahwa mendengar musik favorit Anda dapat membantu mencairkan suasana hati yang buruk.

Penelitian di McGill University Montreal menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat memicu pelepasan hormon dopamin.

"Otak sangat rumit - ada banyak unsur yang terlibat dalam menciptakan perasaan senang - tidak mengherankan jika ada penelitian yang menunjukkan bahwa pelepasan dopamin berhubungan dengan perasaan senang," kata Bridget O'Connell, kepala informasi dari Mental Health Charity Mind.

2. Fokus
Ini memang sedikit aneh, tetapi bukti menunjukkan bahwa mendenggarkan musik dapat membantu Anda untuk berkonsentrasi. Sebuah alat 'digital tonic' yang biasa disebut Ubrain, mengklaim dapat membantu pikiran fokus serta rileks.

Aplikasi ini didasarkan pada binaural beats (yang dapat merangsang aktivitas tertentu di otak) sehingga membantu Anda untuk meningkatkan energi, pikiran dan meningkatkan mood saat mendengarkan musik favorit.

"Dengan membantu korteks otak menghasilkan gelombang tertentu, kita dapat menginduksi beberapa bagian pada otak tetap terjaga, tergantung pada tujuan yang ingin kita lakukan," jelas Paris psikolog klinis dari Brigitte Forgeot.

3. Tingkatkan daya tahan tubuh
Mendengarkan musik tertentu sebenarnya bisa membantu Anda berlari lebih cepat. Sebuah studi di Brunel University, London Barat telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2 persen.

Sebaiknya, pilihlah lagu yang sesuai dengan tempo olahraga Anda. Mendengarkan musik sambil olahraga akan memberikan efek metronomik pada tubuh, sehingga memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih lama.

4. Kesehatan mental lebih baik
Musik dapat menjadi pengobatan yang efektif dan positif bagi orang-orang berurusan dengan kondisi kesehatan mental.

"Ada dua cara berbeda yang digunakan dalam terapi musik: baik sebagai sarana komunikasi dan ekspresi diri atau untuk kualitas inheren restoratif atau penyembuhan," kata Bridget O'Connell.

5. Redakan stres
Riset tahun 2011 dari lembaga sosial kesehatan mental menunjukkan, hampir sepertiga orang mendengarkan musik untuk memberikan semangat ketika sedang bekerja. Dan satu dari empat orang mengaku bahwa mereka mendengarkan musik saat perjalanan ke tempat kerja untuk membantu mengatasi stres.

6. Perawatan pasien
Musik benar-benar dapat memiliki dampak positif yang signifikan pada pasien dengan penyakit jangka panjang, seperti penyakit jantung, kanker dan kondisi pernapasan.

Banyak percobaan telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu menurunkan detak jantung, tekanan darah dan membantu meredakan rasa sakit, kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

"Musik dapat sangat berguna bagi seseorang yang berada dalam situasi di mana mereka telah kehilangan kontrol dari lingkungan eksternal mereka," kata dr Williamson.

Sumber : http://www.jelajahunik.us/2012/04/ma...#ixzz1z86F1aFK
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
bener banget ente gan, apalagi yang redakan stress, ane biasanya kalo lagi penat, hiburan ane cuman dengerin musik emoticon-Malu
iya gan dengerin musik bisa ngurangin stres emoticon-Big Grin
ane biasanya kalo ngaskus sambil dengerin musik gan biar gak bosen emoticon-Malu (S)
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 03
wah, like this,, ane suka ngedengerin musik juga gan emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
Ah... Ga juga gan... Nih dulu ane dulu pas jaman sekolahan gan...dengerin musik di angkot malah jadi stresss banget gan...
Mana diputer kenceng banget lagu dangdutnya..ama tuh abang angkot...dah kaya ada acara kondangan keliling ajaemoticon-Cape d... (S)
Biikin malu ... emoticon-Ngakak pas berenti di sekolahan pada meratiin semua temen2 ane... Jadinya antara malu ama naik angkot apa ama tu angkot yg berisik banget....
tergantung musiknya gann...
kalo musik ga sesuai selera malah jadi puyeng ntar... emoticon-Big Grin
Manfaat Dengerin Musik Untuk Tubuh
wah ane sendiri ga bisa hidup tanpa music gan.. setres ilang kalo dah ngedengerin iwak peyek emoticon-Big Grin
nice info gans emoticon-thumbsup



Posted with kaskusBetaQR
emoticon-Cool
bener banget gan.. kalo lagi ada masalah sm cewe' ane... ada masalah kuliah... kalo lagi penat.. pasti MUSIK gan...
sambil nyanyi2 gan... emoticon-Ngakak
sedikit menghilangkan stress gan emoticon-Smilie
Post ini telah di hapus oleh
Quote:


3 hal di atas ane ngalami gan..
ane suka ndengerin musi pas kerja..


emoticon-thumbsup
keep posting ya gan...


Kunjungi thread ane gan...
Spoiler for "thread ane ":
Wow mantap emoticon-Matabelo
betul gan,,,,
bisa juga untuk menanamkan sesuatu pikiran ke alam bawah sadar gan,,
karena ketika dengerin musik, kita relaks,
ketika relaks pintu alam bawah sadar terbuka lebar, nah disitulah kita berkesempatan memasukan sugesti positif :
contoh
ane semakin hari semakin sehat
ane selalu yakin menemukan solusi ketika bertemu masalah,

gitu gan kurang lebihnya,
emoticon-Sorry klo belepotan

emoticon-Shakehand2 buat agan TS,


emoticon-I Love Indonesia
emoticon-I Love Kaskus
setuju banget gan,, ane tiap hari dengerin musik,, apa lagi pas pergi naek motor,, selalu dengerin musik biar gak ngantuk dan konsen emoticon-Big Grin
Post ini telah di hapus oleh
setuju gan.. ane suka lebih fokus kalo sambil dengerin musik..
pokoknya jangan lagu keras gan, soalnya otak kita butuh istirahat gan, klw lagu tenang buat nenangin pikiran sih itu juga termaksud terapi gan.. bagus juga buat si baby, dan ga lagu juga gan, dengerin lantunan al - quran bisa membawa suasa tenang gan... dan berpahal lagi gan
bener gan..ane suka dengerin musik kalo belajar ato lagi kerja ato lg beresin rumah..kalo dengerin musik jadi lebih konsen dan suasana hati lebih tenang emoticon-Smilie
ane ijin nyimak dolo yaa emoticon-Malu
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di