Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015126728/berkendara-tanpa-polusi-quotindonesia-punya-bus-listrik-produksi-lokalquot
Berkendara Tanpa Polusi "Indonesia Punya Bus Listrik Produksi Lokal"
"Berkendara Tanpa Polusi"


Berkendara Tanpa Polusi "Indonesia Punya Bus Listrik Produksi Lokal"

Berkendara Tanpa Polusi "Indonesia Punya Bus Listrik Produksi Lokal"


VIVAnews - Tekad pemerintah memproduksi kendaraan irit bahan bakar bertenaga listrik terus diwujudkan. Rencananya, hari ini Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bakal memperkenankan mobil listrik berbentuk bis.

Dalam keterangan tertulis yang diperoleh VIVAnews, disebutkan bus bertenaga listrik tersebut akan membawa rombongan Menteri Riset dan Teknologi dan rombongan wartawan dari Gedung BPPT menuju Monas dan kembali finish di BPPT.

Perkenalan bus listrik produksi LIPI ini merupakan bagian dari peringatan hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) yang jatuh pada 26 Juni 2011. Pemerintah ingin mengulangi kesuksesan pengembangan teknologi Indonesia yang pernah melaksanakan uji terbang pesawat Gatotkaca N-250 pada Agustus 1995.

Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronika LIPI sebagai tempat produksi bus listrik tersebut mengklaim kendarannya sanggup mengangkut 15 orang penumpang dengan kecepatan maksimal 100 km/jam.

Bus listrik ini mampu berjalan sejauh 150 KM dengan sekali pengisian 500 ampere. Bus tersebut menggunakan baterai Lithium (LifeP04) yang diklaim mampu menurunkan biaya operasional lebih dari 50 persen dan menurunkan biaya perawatan hingga 70 persen.

Seperti diketahui, pemerintahtampaknya serius merealisasikan mobil listrik untuk pasar Indonesia.

Sekitar bulan Mei 2012, Presiden bahkan memanggil Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan, untuk merencanakan diskusi membahas mobil nasional (mobnas). Dahlan diminta menggelar pertemuan dengan pionir mobil listrik. "Empat Putra Petir" yang dijagokan Dahlan untuk mewujudkan konsep mobil listrik direncanakan bertemu Presiden SBY dan Dahlan di Yogyakarta.


Spoiler for FOTO-FOTO:



SUMBER

----------------------

komen : trus berkarya pak dahlan, engkaulah pelita di antara kegelapan yang memberikan secercah harapan terhadap bangsa ini. aku mendukung mu



Spoiler for Alhamdulillah akhirnya jadi HT :



[CENTER]CLICK[/CENTER]
semoga bisa terus berkembangan untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia
Karya yang bagus dari Anak Bangsa.

Keren , bisa bikin mobil tenaga strom.



Vboot kenal strom ya broootthhh
ini baru berita bagus.....
drpd brita laen yg isinya sara mulu di forum bp

semangat terus buat pak DI
woooow... kereeen... semoga bisa diproduksi massal dalam waktu dekat...
Wuih mantep..
Cuma kyknya klo 150km mah belum cukup buat operasi bis kota dalam sehari deh, dan kalau pengisiannya mesti berjam-jam, palingan jadi perlu banyak stok batre kyknya.
semangat Indonesia..
semoga budaya korup bisa dihilangkan demi kualitas barang produk Tanah Air Indonesia...
hati hati aja kalo mobil listrik suara mesin nya gak kedengaran





SOLUSI MENGATASI PANAS KETIKA BERSEPEDA MOTOR
kira2 untuk isi full harus berapa lama y???
daya listriknya berapa?
kl chargernya rusak,gampang g y beli charger diluar(kayak charger hp)?
kl full bisa berapa jauh?
dan banyak pertanyaan lain.....semoga bisa dijawab dengan berjalannya waktu...

yg penting harus di dukung oleh pemerintah!!!
akhirnya selangkah demi selangkah Indonesia berkembang
Quote:Original Posted By JustOnTime
Wuih mantep..
Cuma kyknya klo 150km mah belum cukup buat operasi bis kota dalam sehari deh, dan kalau pengisiannya mesti berjam-jam, palingan jadi perlu banyak stok batre kyknya.


ya semoga stock baterenya segera di produksi masal,gampang digonta ganti dan mudah dibawa kemana mana
mudah2an suplai listriknya nggak byar - pet buat ngecharge baterenya
Gebrak teruuusss....
Salut buat para inovator, maju Indonesia!!!
di tangan pak dahlan semua masalah menjadi beres. untung sby mengangkat dahlan.
Quote:Original Posted By PenipuOnline

...
Bus listrik ini mampu berjalan sejauh 150 KM dengan sekali pengisian 500 ampere. Bus tersebut menggunakan baterai Lithium (LifeP04) yang diklaim mampu menurunkan biaya operasional lebih dari 50 persen dan menurunkan biaya perawatan hingga 70 persen.
...


bisa berjalan 150km kalo masih baru dan jalan tanpa berhenti, ... berapa kali pp bisa dipakai untuk jarak pulogadung-kalideres ? berapa lama charging 500amper, .... belum lagi berapa mahal harga bus itu, ... berapa lifetime baterai, ... berapa harga baterai, ... ujungnya adalah seberapa ekonomis dibandingkan bus konvensional, ...

ternyata pencitraan gaya jokowi laku dan diangkat ke level nasional, ....

i love
mangkin maju ajah bangsa aku nie...
mangkin bangga aku jadinya....
tolong infra struktur untuk menunjang hal ini diperhatikan lebih lanjut...
hebat.. salute... angkat 2 jempol...
Quote:Original Posted By anarsakus
bisa berjalan 150km kalo masih baru dan jalan tanpa berhenti, ... berapa kali pp bisa dipakai untuk jarak pulogadung-kalideres ? berapa lama charging 500amper, .... belum lagi berapa mahal harga bus itu, ... berapa lifetime baterai, ... berapa harga baterai, ... ujungnya adalah seberapa ekonomis dibandingkan bus konvensional, ...

ternyata pencitraan gaya jokowi laku dan diangkat ke level nasional, ....

i love


kalo untuk trayek utama bis listrik berbatere tidak efesien, lebih efesien kereta (monorail/subway) / bus listrik tanpa batere. Nggk perlu beli batere Li yg masih mahal, dan bawa tambahan berat batere.

Kalo untuk trayek kecil, feeder jarak pendek, mungkin bisa kalo terjangkau harganya.
Terus itu ngecasnya berapa jam? Batere bisa kuat untuk berapa tahun? Bagaimana mengenai akselerasi dan top speednya?
Quote:Original Posted By genkigama
Terus itu ngecasnya berapa jam? Batere bisa kuat untuk berapa tahun? Bagaimana mengenai akselerasi dan top speednya?


Yang penting mungkin bukan bicara top speednya gan tapi gimana mengurangi banyak kemacetan. Percuma top speed seperti ferari kalo jakarta macet kayak gini. Bisa2 mogok semua mobil listriknya dijalan raya habis batere.
Quote:Original Posted By b490n9
Yang penting mungkin bukan bicara top speednya gan tapi gimana mengurangi banyak kemacetan. Percuma top speed seperti ferari kalo jakarta macet kayak gini. Bisa2 mogok semua mobil listriknya dijalan raya habis batere.


iya bener napain top speeed kalau macet
ayo apak dahlan maju teruss


Spoiler for ga usah dibuka!!:
×