alexa-tracking

Pencipta Kincir Angin Pertama Kali

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015111603/pencipta-kincir-angin-pertama-kali
Pencipta Kincir Angin Pertama Kali
Spoiler for Bukti No repsol:


Kincir angin merupakan salah satu teknologi terbarukan yang sumbernya selalu ada. selain bisa menghasilkan listrik, kincir angin juga digunakan untuk mempercepat pengolahan produk pertanian. Kincir angin juga bisa mengurangi emisi. Menurut Soeripno dari LAPAN, sebuah unit turbin angin 10 kW biasanya dapat menghasilkan energi listrik kurang lebih 27 ribu kWh per tahun.emoticon-Matabelo Berdasarkan rata-rata energi di Amerika Serikat, untuk setiap kWh terbangkitkan akan menimbulkan emisi 670 gram C02, 3,74 gram SO2, dan 1,78 gram Nox. Hal ini berarti bahwa sebuah unit turbin angin 10 kW dapat mencegah emisi 27 ribu kWh x 0,7 kg Co2/kWh atau sama dengan 18.700 Kgs C02 atau 18 ton Co2 per tahun. emoticon-Bingung

Tahukah aganz bahwa teknologi kincir angin merupakan produk ilmuwan muslim? emoticon-thumbsup

Air dan angin menjadi sumber energi utama yang digunakan pada era kekhalifahan. Dengan kedua sumber energi itulah, pabrik-pabrik penggilingan bahan pangan beroperasi. Pemanfaatan kedua sumber energi itu didukung dengan teknologi yang beragam. Salah satunya adalah penggunaan angin sebagai sumber energi. Melihat potensi angin yang sedemikian kencang di daerah timur tengah, maka para ilmuwan muslim memanfaatkaanya untuk produksi bahan pangan.

Kincir angin pertama kali digunakan di Provinsi Sistan, Iran Timur sebagaimana tercatat oleh geografer Istakhri pada abad ke-19 M. Jadi masuk akal bila sejarawan Joseph Nedham menulis, “ Sejarah kincir angin benar-benar diawali oleh kebudayaan Islam” (Joseph Nedham,1986. Science and Civilization in China: Volume 4, Physics and Physical Technology,prt 2, Mechanical Engineering. Taipe: Caves Books Ltd. Vol 4). Selain itu Pengembangan teknologi kincir angin dimuat jelas dalam kitab al-hiyal karya Abu Musa Bersaudara. Adanya kincir angin di Taragona, Spanyol selama masa pemerintahan Islam juga dituliskan oleh para penulis muslim, misalnya dalam Kitab al-Rwd al Mi’tar (Kitab Taman yang Haram) karya al-Himyari pada tahun 661 h/ 1262 M.

Spoiler for Gambar Kincir Angin Pertama kali:


Kincir angin pertama memiliki sumbu vertikal dan terdiri dari enam hingga duabelas layar yang terbuat dari textil dan dipakai untuk menggiling biji-bijian dan menaikan air, dan bentuknya agak berbeda dari yang belakangan yang dipakai di Eropa. Deskripsi rinci alat ini terdapat dalam kitab nukhbat al-Dahr karya Al-Dimasyqi, ditulis sekitr 700 H/ 1300 M. Dari sini dapat diketahui bahwa pada saat itu sudah terdapat kincir angin bersumbu horizontal yang dikelilingan dinding-dinding penahan angin keculi pada satu sisi. Kincir angin ini mulai dipakai di Mesir untuk menggiling tebu dan akhirnya dipakai meluas di seluruh wilayah negara Islam pada abad ke-12 M dan mencapai Eropa melalui Spanyol(Kaveh Frrokh, 2006, Shadows in the Desert, Osprey Publishing). Sementara itu instalasi pabrik penggilingan telah berkembang sejak abad ke-9 M. Para insinyur Muslim mendirikan pabrik penggilingan hampir di setiap kota yang tersebar di dunia Islam. Pabrik penggilingan ini digerakkan oleh tenaga air melalui kincir-kincir air. Salah satunya untuk menggiling gandum. Penggilingan gandum banyak berdiri di Baghdad, Suriah, Iran, dan Mesir. Ada beragam teknik penggilingan sehingga tepung yang dihasilkannya pun bermacam- macam.
Salah satu bentuk kincir angin yang digunakan masyarakat Muslim di era keemasan adalah kincir jembatan. Ini adalah jenis kincir air yang unik. Sebab, kincir air ini menjadi bagian superstruktur sebuah jembatan. Kincir jembatan paling awal berdiri di Cordoba, Spanyol, pada abad ke-12 M.

Engkol dan penggilingan biji dengan tenaga angin Penggilingan biji dengan engkol pertama kali diciptakan insinyur Muslim. Penggilingan ini digunakan untuk meng giling jagung dan biji-bijian lainnya untuk membuat bahan makanan. Penggilingan biji-bijian itu digerakkan oleh kincir angin atau kincir air. Teknologi ini muncul pada abad ke-9 M dan 10 M.

Ada juga kincir bendungan yang digunakan sebagai energi tambahan untuk menggerakkan penggilingan bahan pangan. Para insinyur Muslim menyebut kincir bendungan dengan sebutan Puli Bulaiti. Kincir bendungan pertama kali dibangun di Shustar, Sungai Karun, Iran. Setelah itu, bendungan semacam itu juga bermunculan di negeri Islam lainnya. Air didaur dari belakang bendungan dan disalurkan melalui pipa besar untuk menggerakkan kincir angin atau roda air.

Menurut para geografer, kali pertama kincir angin dibangun di Sistan, Afghanistan, pada abad ke-7 M. Namun, ada juga yang menyatakan kincir angin di dunia Muslim pertama kali diciptakan pada era kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab (634 M-644 M). Kincir angin digunakan sebagai salah satu energi untuk menggiling jagung dan tepung. Selain itu, juga di guna kan oleh industri gula pada era kekhalifahan.

Ada dua jenis kincir angin, yakni vertikal dan horizontal. Kincir angin pertama yang vertikal berdiri di Sistan. Sedangkan, kincir angin horizontal dibangun pertama kali pada abad ke-9 M di Pakistan dan Iran. Kincir angin horizontal juga digunakan untuk industri penggilingan bahan pangan serta irigasi. Revolusi pertanian yang terjadi pada era keemasan telah menjadikan dunia Islam memiliki ketahanan pangan yang tangguh. Berdirinya industri pangan juga turut mendorong lahirnya beragam jenis masakan dan hidangan. Karena itu, tak heran jika peradaban Barat meniru industri pangan yang dikembangkan dunia Islam, selain juga mengadopsi aneka jenis hidangan khas Muslim. emoticon-Kaskus Banget
Sumber

Quote:


Quote:


Spoiler for BONUS GANZ !:
Pertamax di traed sendiri emoticon-Ngakak
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
emoticon-Sundul Up
mantap gan ternyata orang muslim pencipta pertamanya...
KASKUS Ads
wah baru tau ane, nice infoemoticon-Ngakak (S)
Quote:


emoticon-Matabelo idem gan, baru tau ane sejarahnya
Quote:


Iya ganz, seandainya orang2 yang ngaku muslim sekarang sadar gak cuman bisa ngandalin otot aja, tapi juga intelegensia kya para pendahulunya...masa muslim cuman terkenal jadi tukang pukul dan rusuh aja (kya ormas2 yang di tipi2 gtu gan).
emoticon-Marah
emoticon-Sundul: nice info gan emoticon-Sundul:
waks mantap yah gan.. walaupun begitu ane salud bisa kreatif dan berguna
woooohhhh ane baru tau gan emoticon-Matabelo ternyata sodara seagama ane emoticon-Matabelo
keren nih gan sejarahnya emoticon-2 Jempol
iya gan, semua ilmu dunia dan akhirat kan ada di Al-Qur'an
banyak koq ilmuwan muslim yang hebat2
nice...







Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
wow

Quote:
nice share gan!
emoticon-thumbsup
subhanallah, ternyata orang muslim yang menciptakan. ane bantu rate dulu ya gan emoticon-Rate 5 Star
Quote:

ane juga bru tahu ganz emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:

Mantabz gan... harus lebih kreatif nih umat muslim jaman sekarang emoticon-army
Quote:

Thanks ganemoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:

iya gan para pendahulu nih emoticon-Matabelo
Quote:

bener sekali ganz, apa sih yg gakda di alqur an, tergantung kita mau mengkajinya lebih jauh atau tidak emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:


Quote:


Quote:

wow
Quote:

Sukron ganz emoticon-Blue Guy Cendol (L)
sepi amat nih tread... up dlu lah
emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
emoticon-Sundul Up
reserved emoticon-rainbow
reserved emoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller
wahhh,ternyata itu gan,baru tau ane