Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015030919/ada-jurusan-sastra-indonesia-di-kampus-polandia
Ada Jurusan Sastra Indonesia di Kampus Polandia
Ada Jurusan Sastra Indonesia di Kampus Polandia

Dua pekan lalu Tribun mengunjungi Kota Krakov dan Poznan. Dua kota ini terkenal sebagai kota pelajarnya Polandia. Saat berada di dua kota yang jaraknya berjauhan itu, Tribun banyak menemukan para pelajar terutama mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi.

Ada yang menarik dari pengamatan selama berada di dua kota tersebut terutama ketika di Poznan. Di Poznan ternyata ada sebuah perguruan tinggi yang membuka jurusan Sastra Bahasa Indonesia. Tribun mengetahui ini setelah berbincang dengan salah seorang mahasiswi bernama Malta.

Penasaran akan keberadaannya akhirnya kami memutuskan mencari perguruan tinggi tersebut. Sayangnya sesampai di lokasi ternyata kegiatan belajar mengajar sedang libur, dan pengelolanya sedang liburan juga di Belanda.

Tidak putus asa dengan penelusuran tersebut, saat kembali ke Warsawa, Tribun akhirnya menanyakan keberadaan Perguruan Tinggi itu ke beberapa staf lokal Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Polandia. Benar saja, ternyata di Poznan memang ada dibuka jurusan Sastra Indonesia.

Dari keterangan staff KBRI, animo pelajar Polandia untuk menimba ilmu di Indonesia terbilang tinggi. Ini bisa dilihat dari banyaknya pelajar yang tertarik untuk belajar Bahasa Indonesia.

Bahkan saat KBRI membuka pendaftaran beasiswa untuk program pertukaran pelajar ke Indonesia pesertanya sempat membludak. Biasanya program ini tidak melalui tes tapi setelah dilihat jumlahnya banyak, maka tes pun dilakukan.

Ada sekitar 40-an pelajar yang saat ini akan jadi calon pelajar di beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia. Kebalikannya, jumlah pelajar Indonesia yang belajar di Polandia ternyata masih minim.

Selama berada di Polandia Tribun menemui tidak lebih dari 10 mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Negeri Lech Walesa ini.

Laporan Wartawan Tribun, Husein Sanusi dari Polandia

sumber: http://www.tribunnews.com/2012/06/19...ampus-polandia

komen: keren gan. proud to be indonesian
mantap gan.. semakin terlihat bahwa Indonesia semakin terkenal di luar..
wow keren nih sastra indonesia dipelajari orang luar

penasaran ame negara polandia...

jadi bangga nih moyang ane punye bahase,

ikut baca dulu gan, bismillah...

jd begini gan setelah ane nanya2 om wiki ane cuman nemuin ini ..

Quote:
Spoiler for lukisan sejarah polandia:


Quote:Dalam Sejarah Polandia, teritori Polandia telah dikuasai oleh berbagai negara. Seperti pada abad ke-16, Persemakmuran Polandia-Lituania, merupakan negara terbesar di Eropa, sebelum Rusia. Polandia memperoleh kemerdekaannya tahun 1918, setelah selama lebih dari seabad dikuasai oleh tetangganya, tetapi perbatasannya berubah setelah Perang Dunia Kedua.


bagi agan2 yg koneksi internetnya bagus, boleh laah dicarikan info taambahan ttg negara polandia ini
wow truthfully im also proud being an indonesian
ga nyangka ada jurusan sastra indonesia di luar negeri
Ane gak heran gan, Indonesia itu bangsa yang besar. Penduduk yang banyak. Wlaupun tidak seimbang dengan Moralnya.

Selain kita bangga, dan terus memelihara bahas kita ini, kita harus juga mewaspadai jg. Bisa jadi Negara Seperti Australia mempelajari Bahasa Indonesia untuk mencari kelemahan Indonesia. Karena perkembangan dan kemajuan Indonesia merupakan ancaman bagi negaranya.

Maka dari itu kita jangan lantas berpuas diri dengan bahas yang kita lestarikan ini. Selayaknya jg kita harus menguasai bahasa Inggris, begitu pula Bahasa Arab dan Bahasa China, Karena dua bangsa ini paling berpengaruh di dunia..
semakin dikenal di dunia
merdeka indonesiaku
masih menyangka indonesia negara miskin,lemah? faktanya memang iya.tapi itu dikarenakan ketidak becusan penanganannya.bayangin saja hebatnya indonesia,dengan penanganan yang masih 'meragukan' saja indonesia hampir akan menjadi macan asia waktu zaman suharto.apalagi kalo penaganannya kaya malaysia ato singapura.wah....dahsyat sekali kekuatan indonesia.
weh bangga jg yak, sesuatu.... btw bendera polandia putih merah ya?

Spoiler for GAK CINTA INDONESIA, GAK BOLEH BUKA:
Di Polandia ada jurusan bahasa Malayshi#t gak ya?

Kalo para Malon baca artikel ini, pasti pada sewottt mereka hahaha..

ternyata bahasa indonesia juga dipelajari di polandia gan
Quote:Original Posted By d.banditz
wow truthfully im also proud being an indonesian
ga nyangka ada jurusan sastra indonesia di luar negeri

Banyak kok perguruan tinggi luar yang belajar tentang Indonesi, dari sejarah budaya sampe bahasa. Orang sini aja banyak yang keluar buat belajar tentang indonesia.
Quote:Original Posted By Zettardy
Ane gak heran gan, Indonesia itu bangsa yang besar. Penduduk yang banyak. Wlaupun tidak seimbang dengan Moralnya.

Selain kita bangga, dan terus memelihara bahas kita ini, kita harus juga mewaspadai jg. Bisa jadi Negara Seperti Australia mempelajari Bahasa Indonesia untuk mencari kelemahan Indonesia. Karena perkembangan dan kemajuan Indonesia merupakan ancaman bagi negaranya.
Apakah orang indonesia belajar sastra jepang, korea, cina, inggris, jerman, prancis, itu karena mau mencari kelemahannya? Nggak juga lah. Kalo yang namanya ilmuan mau belajar, tujuan utamanya pengen belajar aja. Tentang ilmu itu dipake buat apa, ane yakin itu bukan tujuan dari lembaga pendidikannya.
wah........ada Sastra Indonesia dipelajari di luar sana :

mantab bung



kapan2 coba maen kesana ah



Indonesia emang top
wow keren sampai di polandia ada jurusan sastra indonesia...di sini termasuk sedikti peminatnya ya...
Quote:Original Posted By ** SENSOR **SENSOR
Di Polandia ada jurusan bahasa Malayshi#t gak ya?

Kalo para Malon baca artikel ini, pasti pada sewottt mereka hahaha..


langsung ngeklaim gak yah kalo bahasa Indonesia itu dari malon?
wuiih indonesia makin dikenal dunia ,,
keren
Quote:Dari keterangan staff KBRI, animo pelajar Polandia untuk menimba ilmu di Indonesia terbilang tinggi. Ini bisa dilihat dari banyaknya pelajar yang tertarik untuk belajar Bahasa Indonesia.
jangan deh ntar ketularan sifat jelek orang indonesia
INDONESIA merupakan salah satu negara yang banyak penduduk nya dan penuturnya pun termasuk terbanyak didunia,ini wajar bila saja bnyak yg mau belajar bahasa nya..dan lagi karena bhsa Indonesia terbilang sangat mudah dipelajari oleh orang asing mana saja...

sebaliknya bila org Indonesia belajar bahasa asing,ane kira lbh sulit dibandingkan org asing belajar melafalkan bhsa Indonesia

ini mengindikasikan,bisa jadi bahasa indonesia jadi bahasa Indonesia semoga saja ya....


wahh baru tau ane gan, moga makin banyak yg belajar bhs indonesia....
keep posting gan.
×