Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015009352/17-agustus-2012-deklarasi-mobil-esemka-sebagai-mobil-karya-anak-bangsa
Breaking News! [17 Agustus 2012] Deklarasi Mobil Esemka Sebagai Mobil Karya Anak Bangsa
Quote:

[17 Agustus 2012] Deklarasi Mobil Esemka Sebagai Mobil Karya Anak Bangsa

ESEMKA: 17 Agustus, Esemka Bakal Dideklarasikan Sebagai Mobil Karya Anak Bangsa

Peringatan Hari Kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2012 mendatang, ditarget dapat menjadi momentum pendeklarasian mobil Esemka sebagai mobil karya anak bangsa.

Hal itu ditegaskan Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, saat ditemui seusai mengikuti upacara peringatan HUT ke-66 Pemerintah Kota (Pemkot) Solo di Stadion Maladi

“Saya target, tanggal 17 Agustus nanti, sudah dideklarasikan. Saya, Pak Wali (Walikota Solo, Joko Widodo-red) dan Pak Sekda (Sekretaris Daerah, Budi Suharto-red) pakai Esemka,” kata Rudy, sapaan akrabnya.

Rudy mengakui optimistis kali ini, mobil Esemka yang saat ini masih berada di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP), Tangerang, bakal lulus uji emisi. Hal itu menurut Rudy, berdasarkan grafik hasil prauji emisi yang dijalani mobil Esemka beberapa waktu lalu, yang dinilai cukup menggembirakan.

Walaupun saat pra-uji emisi tersebut, mobil Esemka masih menggunakan body hand made seberat 2,4 ton, sehingga tetap berpengaruh terhadap tingginya emisi gas buang. Bobot bodi mobil yang cukup berat itulah yang menjadi salah satu catatan. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang mendampingi produksi mobil Esemka juga merekomendasikan pengurangan bobot mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut.

”Kemarin dengan bobot 2,4 ton, sudah dicoba untuk dinaikkan CO-nya satu koma sekian, HC-NOX-nya juga sudah bisa mencapai batas limit. Artinya jika bobot bodi mobil diperingan, dengan menaikkan CO-nya, tentunya HC-NOX-nya juga akan lebih kecil dari itu,” terang Rudy.

Menyiasati permasalahan berat bobot bodi mobil tersebut, Rudy mangatakan PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK) telah menyiapkan body mobil full press dengan bobot yang jauh lebih ringan untuk dipasang saat mobil Esemka menjalani uji emisi. Dikatakannya, bobot mobil dengan body full press tersebut hanya sekitar 1,2 ton. “Jadi kalau bobot bodi mobil lebih ringan, diharapkan emisi gas buang yang dihasilkan juga bisa lebih ditekan,” imbuh dia.


http://www.solopos.com/2012/solo/ese...-bangsa-194232


Sudah Sekian Lama Kita Haus menantikan Prestasi Nyata Anak Indonesia
Saatnya Anak Esemka Berjaya dalam menciptakan Mobil Nasional karya Anak Bangsa






[17 Agustus 2012] Deklarasi Mobil Esemka Sebagai Mobil Karya Anak Bangsa

Para Kaskuser
Di Tunggu Kehadirannya pada 17 Agustus 2012




Quote:

Quote:

THREAD SERBA GOCENG




Quote:
[B]THREAD SERBA SERBI



waaah, bakelan mantap bnget ni
uji emisi lulus, kalo bisa langsung dideklarasikan oleh Pak Jokowi
ada yang bisa jelasin makna mobil karya anak bangsa ga?


wow mobil karya anak bangsa
saya pesen satu dong






ane mau beli ah kalo harganya ga mahal
Khoontol sukak Putra Bangsa yang kreatip ,

Sukak sekali,
Very very sukak dech.

Moga deklarasinya sukses ya.
mobil karya anak bangsa, semoga mesinnya juga 100% karya anak bangsa, gak sekedar merakit mesin kiriman luar...
ane selalu mendukung mobil esemka.. semoga awal kebangkitan industri otomotif mobil nasional... amin

Ngakak 

semoga kelak menjadi mobil dinas para pejabat dan anggota DPR tentunya...
adohh... kita tunggu aje dah tanggal mainnye
Quote:Original Posted By nabi.suci.bpln
mobil karya anak bangsa, semoga mesinnya juga 100% karya anak bangsa, gak sekedar merakit mesin kiriman luar...

untuk awal-awal pake onderdil luar dikit-dikit boleh lah gan..
tapi jangan keterusan ya..
Quote:Original Posted By mupengx
ada yang bisa jelasin makna mobil karya anak bangsa ga?


maknanya luas gan, walau cuman rakitan bisa juga di bilang karya anak bangsa.
Quote:Original Posted By nabi.suci.bpln
mobil karya anak bangsa, semoga mesinnya juga 100% karya anak bangsa, gak sekedar merakit mesin kiriman luar...


bendera merah putih. banyak juga yg bahan kain nya kiriman dari china ???

kok gak ada yg komplen yah ??
kasian amat jokowi .. bikin blunder dgn esemka a.k.a timor v.2

Quote:Original Posted By EkstraPedaz

untuk awal-awal pake onderdil luar dikit-dikit boleh lah gan..
tapi jangan keterusan ya..


Khan nggak apa2 gan sementara juga IMPORT mesin untuk dipelajari dan selanjutnya diproduksi lokal ( Kalau Pemerintah membatu .. ?? ). Lihat aja Produksi Mobil bikinan Malingsia juga nggak 100% rata2 mesin dari Mitsubishi yg terakhir dari Lotus ...


Quote:Original Posted By LastDragunnaire
kasian amat jokowi .. bikin blunder dgn esemka a.k.a timor v.2


kasihan ente gan. gak bisa bedain sedan vs SUV
kasihan banget tuh jokowi ampe ga bisa bedain antara merakit dan membuat. apa yg mau di banggain kalo cmn ngerakit??

eh jok ini tamiya gw baru beli kemarin tolong dong minta anak SMKnya buat ngerakitnya...
Quote:Original Posted By japrajapri
maknanya luas gan, walau cuman rakitan bisa juga di bilang karya anak bangsa.


onderdil sih boleh2 aja import dari sana import dari sini
yang penting dirakit sama anak indonesia

laptop zyrek juga hasil rakitan anak indonesia
jadi bisa dibilang zyrek itu laptop karya anak bangsa

komputer2 rakitan juga adalah karya anak bangsa
karena yang ngerakit adalah teknisi2 komputer dari indonesia
Quote:Original Posted By mupengx
ada yang bisa jelasin makna mobil karya anak bangsa ga?


Mobil yang bisa bikin penumpangnya jadi gubernur DKI...

Itu yang paling tepat gan....
Quote:Original Posted By laresundoro

kasihan ente gan. gak bisa bedain sedan vs SUV



kasian banget lo tod .. cuma bisa liat dari bentuknya aja
×