Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014963539/denda-kartu-kredit-maksimal-rp-150-ribu
Denda Kartu Kredit Maksimal Rp 150 Ribu
TEMPO.CO , Jakarta - Aturan Bank Indonesia mengenai penyelenggaraan alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) menyebutkan denda keterlambatan pembayaran tagihan kartu kredit maksimal tiga persen dari total tagihan.

"Dan tidak boleh melebihi Rp 150 ribu," kata Deputi BI Pengaturan Sistem Pembayaran, Ida Nuryanti, ketika ditemui Jumat, 15 Juni 2012. Jika hasil perhitungan denda tiga persen melebihi Rp 150 ribu, maka nilai denda yang dapat dikenakan paling banyak sejumlah Rp 150 ribu.

Denda keterlambatan pembayaran dikenakan oleh penerbit kartu kredit jika nasabah tidak melakukan pembayaran setelah tanggal jatuh tempo. Denda keterlambatan dilarang dikenakan jika tanggal jatuh tempo bertepatan dengan hari libur.

Denda juga hanya dibebankan kepada keterlambatan kartu kredit utama. Bahkan, jika sudah mengalami kredit macet, tidak akan diberlakukan denda dan diblokir permanen oleh penerbit kartu kredit. "Masak yang utama tidak bisa bayar tetap dikenai denda," ujar Ida.

Denda yang dikenakan juga tidak boleh melebihi batas maksimum suku bunga kartu kredit yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Sebelumnya, Bank Indonesia baru saja menerbitkan Surat Edaran Bank Indonesia No 14/ 17 /DASP perihal Perubahan atas Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/10/DASP perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu. Aturan ini mulai berlaku sejak 7 Juni 2012.

http://www.wokeey.com/comments/index...f20619000000/2

tetep adja utang is utang....
Yang jelas, orang harus tahu diri.
Kalo emang nggak punya income, ya kontrol expenditure dong.
Jangan berani ngutang, tapi nggak punya jaminan buat ngebayarinnya.
Quote:Original Posted By WackyLoony
Yang jelas, orang harus tahu diri.
Kalo emang nggak punya income, ya kontrol expenditure dong.
Jangan berani ngutang, tapi nggak punya jaminan buat ngebayarinnya.


Yang Punya Income biasanya juga sukak Khilaf kalo lagi belanja...

Akhirnya terjebak oleh pepatah Aborigin yg mengatakan..."Besar Paha daripada Celana" dan "Gali Lubang Tutup Sumur"...
ini namanya kredit baik biayain kredit buruk.....

dgn adanya max denda berarti bunga credit card harus naek ato biaya tahunannya harus naek untuk nutupin credit yg buruk,,,,,

yg buat aturan ini ga ngerti gmn prinsip kerja kredit, mo buat aturan ga jelas
kartu kredit ada sisi baik dan buruk nya,tergantyung kita menggunakannnya
Di atur lah baeknya
Jangan sampai besar pasak dari pada tiang
Memang sekarang semua di permudah
Tetapi anda yang harus bisa memutuskan dan mengontrolnya
ane kira peraturan ini masuk akal,
karena seringkali nasabah dirugikan karena denda yang dikenakan besar,
padahal bisa juga kesalahan ada pada bank penerbit kartu kredit, seperti tagihan tidak sampai atau tidak terkirim
sangsi kalau tidak bayar kartu akan di-blokir juga sangat baik untuk menghindari kredit macet
banyak positifnya kok KK ini.
klo pun ngerugiin ya salah yg gunainnya g bisa dikontrol
Quote:Original Posted By WackyLoony
Yang jelas, orang harus tahu diri.
Kalo emang nggak punya income, ya kontrol expenditure dong.
Jangan berani ngutang, tapi nggak punya jaminan buat ngebayarinnya.


BI kan udah keluarkan DP 30% gan. Udah itu BI memperingatkan bank dan lembaga keuangan ...maksimal 3 hari untuk pengurusan permohonan berhenti Kartu Kredit.

Kartu kredit disini BERENGSEK karena perbankan dan operator seperti MAFIOSO!!!!
gile kalo utang nya jutanaaan masa denda cuman 150rb
paling mentok juga buat gestun.........:
gestun selalu jadi idola buat pemegang kartu kredit, asal disiplin & 'diet' ketat saja, tidak lapar mata melulu lihat barang konsumsi yang bagus-2 dan menggoda
ini namanya kredit baik biayain kredit buruk.....
Quote:Original Posted By cavaliers
BI kan udah keluarkan DP 30% gan. Udah itu BI memperingatkan bank dan lembaga keuangan ...maksimal 3 hari untuk pengurusan permohonan berhenti Kartu Kredit.

Kartu kredit disini BERENGSEK karena perbankan dan operator seperti MAFIOSO!!!!


Diluar itu yang make juga banyak ga bener juga bang...pake kartunya mau, bayarnya ga mau...

sering dicurhatin juga ane ama collection-collection yang rata-rata nanganin nasabah2 bandel
diganti sistem seperti kk syariah saja
palingan cuma jadi macan kertas
la wong surcharge 3 % aja sampe sekarang masih ada kok meski katanya udah ga boleh lagi :tapee deh
mau denda bagaimana pun , semoga ane bisa bertahan gak buat kartu kredit . godaan konsumtif banyak amat
Quote:Original Posted By cavaliers
BI kan udah keluarkan DP 30% gan. Udah itu BI memperingatkan bank dan lembaga keuangan ...maksimal 3 hari untuk pengurusan permohonan berhenti Kartu Kredit.

Kartu kredit disini BERENGSEK karena perbankan dan operator seperti MAFIOSO!!!!


Bener gan, ane setuju ada oknum yang mengimingimingkan untuk berhutang trus kita dikejar-kejar. yah mudah-mudahan ada yang berani merubah sistem ini
ada bukunya juga gan..judulnya..kaya raya dengan kartu kredit...keren...
hanya orang bego yg mau punya kartu kredit banyak2. kartu kredit tuh sebaiknya maksimal punya 2 biji aja lah
×