Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014901174/ini-nih-alasan-pemerintah-menutup-praktik-tukang-gigi
Ini nih alasan pemerintah menutup praktik tukang gigi
WELCOME TO MY THREAD
Jangan lupa ya Gan
Ini nih alasan pemerintah menutup praktik tukang gigi


Ini nih alasan pemerintah menutup praktik tukang gigi

Jakarta, Rencana pemerintah menutup praktik para tukang gigi mendapat reaksi keras. Dalam sidang uji materi yang diajukan tukang gigi di Mahkamah Konstitusi (MK), pemerintah berdalih penutupan ini supaya masyarakat mendapat layanan kesehatan maksimal.

Dalam persidangan tersebut pemerintah menyatakan keberadaan UU Praktik Kesehatan memang bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat.

"Kedua pasal yang diuji bertujuan memberikan perlindungan umum kepada setiap orang dari dari praktik dokter atau dokter gigi yang tidak berkualitas dan cakap dalam menggunakan alat, metode atau cara lain dalam memberikan layanan kesehatan," kata Staf Ahli Menteri Kesehatan (Menkes), Agus Purwadianto, dalam sidang pleno di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (12/06/2012).

Agus menambahkan, pekerjaan kedokteran gigi merupakan pekerjaan yang berisiko sehingga hanya boleh dilakukan oleh tenaga yang berkompeten dan berwenang. Menurutnya, kewenangan tersebut harus dimuat dalam bentuk UU.

"Jadi, pekerjaan kedokteran gigi di luar yang ditentukan UU tidak diperbolehkan karena masyarakat berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dari tenaga kesehatan bermutu yang memiliki pendidikan formal, surat registrasi, dan surat izin praktik. Aturan itu bentuk tanggung jawab pemerintah menjamin perlindungan kesehatan masyarakat sesuai pasal 28H ayat (1) UUD 1945," beber Agus.

Berbeda dengan keterangan dari pemerintah, saksi dari pemohon yang juga tukang gigi M Jufri mengatakan profesinya selama ini sebagai tukang gigi aman-aman saja. Belum pernah ada pasien yang komplain. Menurutnya keahlian tukang gigi malah sangat dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat

"Ada konsumen yang setelah masang gigi tiruan bilang, ‘berkat Anda saya tampil percaya diri kembali dan bisa makan enak'. Banyak konsumen yang merasa senang setelah memasang gigi tiruan buatan saya," ujar Jufri.

Oleh sebab itu, Jufri meminta agar pemerintah tidak melarang keberadaan tukang gigi di tengah-tengah masyarakat dan membina tukang gigi agar bisa menjadi profesi yang profesional dan bisa dipertanggungjawabkan.

"Saya berharap profesi tukang gigi dibina, diawasi untuk menjadi mitra pemerintah dalam membantu pemerataan akan kebutuhan masyarakat golongan kurang mampu terhadap layanan gigi tiruan. Misalnya, memperbanyak pelatihan, adanya sertifikasi izin praktik. Jadi, tidak adil jika profesi ini dilarang sesuai Permenkes No.1871/Menkes/Per/X/2011," tutur Jufri.

Seperti diketahui, pemerintah mengeluarkan peraturan teknis dari UU Praktik Kedokteran dengan membuat Peraturan Menteri Kesehatan RI No.1871/MENKES/PER/IX/2011, yang Pencabutan Permenkes No 339/MENKES/PER/V/1989 tentang Pekerjaan Tukang Gigi.

Adapun Pasal 73 ayat 2 UU Praktik Kedokteran berbunyi 'Setiap orang dilarang menggunakan alat, metode atau cara lain dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menimbulkan kesan seolah olah yang bersangkutan adalah dokter atau dokter gigi yang telah memiliki surat tanda registrasi dan/atau surat izin praktik'. Para tukang gigi menolak keras kebijakan ini dengan melakukan uji materi ke MK.

[URL="http://news.detik*.com/read/2012/06/12/191845/1939678/10/ini-alasan-pemerintah-menutup-praktik-tukang-gigi?9911012"]SUMBER[/URL]

NB: Jangan lupa gan tanda * (%2A), dihapus dulu.
alasanya banyak dokter gigi yang udah sekolah mahal mahal dapat saingan ama tukang gigi yang bukan dokter...
apakabar dengan bidan tradisional ya.....







MangAjay
Quote:Original Posted By BanMoge2nd
alasanya banyak dokter gigi yang udah sekolah mahal mahal dapat saingan ama tukang gigi yang bukan dokter...


setuju gan. biaya di dokter gigi juga kalah bersaing ama tukang gigi. Makanya banyak dokter gigi yang khawatir kalo ladangnya gagal panen alias kagak ada pasiennya
Quote:Original Posted By surajayaNETcell
apakabar dengan bidan tradisional ya.....







MangAjay


kayaknya udah tenggelem gan, kagak ada generasi penerusnya
Quote:Original Posted By ajichristian
kayaknya udah tenggelem gan, kagak ada generasi penerusnya


kayanya di kampung" masi banyak tu gan
malahan masarakat kampung itu lebih percaya bidan tradisional daripada bidan beneran


MangAjay
alasannya sangat manis, "biar masyarakat mendapatkan pelayanan yang maksimal" tentu saja dengan biaya yang maksimal juga
kynya proyek pasang behelny berkurang gan,,bnyk dicatut dokter aspal pinggir jalan,,secara alay jaman sekarang pda pke pger semua,,,
Gue dari kecil tuh penasaran deh, tukang gigi itu kerjaannya apa sih ? bukannya cuman bikin gigi palsu doang ya ?
Quote:Original Posted By surajayaNETcell
apakabar dengan bidan tradisional ya.....







MangAjay


sama gan
apakabarnya juga sama dukun beranak yg ada didaerah terpencil
Quote:Original Posted By supremacist
Gue dari kecil tuh penasaran deh, tukang gigi itu kerjaannya apa sih ? bukannya cuman bikin gigi palsu doang ya ?


kalo itu mah dulu gan. Dulu kan cuma satu kerjaan tukang gigi yaitu buat gigi palsu (akrilik dan bongkar pasang). Tapi kalo sekarang dah banyak yang pinter gan, bahkan bisa pasang bekhel sampai pemasangan akar gigi. Ternyata sekarang selain tukang gigi yang nakal, distributor peralatan gigi juga nakal, karena sudah ladangnya sudah merambah ke tukang gigi.
aduh ngeri deh kalo pergi ke tukang gigi

soalnya kalo bukan dari dokter lulusan pendidikan yg bener suka gak sesuai standar kalo mau melakukan sesuatu. mending jangan deh
Quote:Original Posted By Dhika4
aduh ngeri deh kalo pergi ke tukang gigi

soalnya kalo bukan dari dokter lulusan pendidikan yg bener suka gak sesuai standar kalo mau melakukan sesuatu. mending jangan deh


Kalo itu mah tergantung budget gan....Banyak pasien yg lebih milih ke tukang gigi karna biayanya jauh lebih murah daripada di dokter gigi. Sedikit sharing aja gan, kemarin (3 minggu lalu) ane pasang 3 gigi palsu (akrilik paten) di dokter gigi, abis 2 juta gan
mungkin bukan praktiknya yang seharusnya dilarang, tapi penyaringan dokternya yang harus ditingkatkan
Quote:Original Posted By ajichristian
Kalo itu mah tergantung budget gan....Banyak pasien yg lebih milih ke tukang gigi karna biayanya jauh lebih murah daripada di dokter gigi. Sedikit sharing aja gan, kemarin (3 minggu lalu) ane pasang 3 gigi palsu (akrilik paten) di dokter gigi, abis 2 juta gan


emang mahal kalo di dokter gigi tapi kan kualitasnya loh
hmmm.... ud sering ane dapet pasien 'korban' tukang gigi.

macem2 kasusnya, kebanyakan sih yang mengalami infeksi gusi berat, bahkan sampai jaringan gusinya mati (nekrosis). Jadi tukang gigi (yang gak ada sekolahnya itu) membuat gigi palsu lepasan dari bahan "self-curing acrylic" yang langsung ditempelkan permanen di gusi.

Padahal bahan "self-curing acrylic" hanya dipakai untuk membuat peralatan yg bersifat sementara pemakaiannya (misalnya: gigi tiruan sementara atau pun sendok cetak perseorangan).

Karena langsung menjepit gusi, maka aliran darah jaringan gusinya akan terhambat, selain itu sisa makanan akan tertahan dan membusuk di celah antara gigi palsu dan gusi. Akibat lebih lanjut adalah infeksi gusi, dan bahkan jaringan gusinya bisa membusuk dan mati.

Ud sering ane bongkar2in gigi palsu yg kacau setengah mampus buatan tukang gigi.

Tukang gigi sekarang juga semakin berani terang-terangan melakukan tindakan yg jelas2 hanya wewenang dokter gigi. Banyak juga yg sekarang melakukan perawatan ortodontik.
Ya, sama2 pake kawat sih, tapi prosedurnya banyak yg ngaco dan asal2an bgt

Ini ane share foto pasien ane, dia pasang kawat gigi di tukang gigi:

Spoiler for kawat ortodontik ala tukang gigi:


Tukang gigi, gak sekolah, tapi melakukan praktik kedokteran gigi. Tidak ada kompetensinya, jelas melanggar hukum, dan merugikan bagi masyarakat.



Quote:Original Posted By ajichristian
setuju gan. biaya di dokter gigi juga kalah bersaing ama tukang gigi. Makanya banyak dokter gigi yang khawatir kalo ladangnya gagal panen alias kagak ada pasiennya


Gak bisalah dibandingin apple to apple gitu... Yang satu ada sekolahnya (dan gak sebentar), yang satu gak pake sekolah. Yang satu pendekatannya ilmiah, yg satu gak jelas.

Sebagai dokter gigi, gak bakal khawatir gak ada pasien. Gigi tiruan buatan Drg jelas beda jauh bgt dg buatan gigi palsu. Dalam mendesain gigi tiruan Drg mempertimbangkan faktor medis umum pasien, struktur tulang rahang dan gusinya, usia, dan biaya.

Lagi pula, kerjaan Drg bukan cuma bikin gigi tiruan aja. Termasuk dalam cakupan kompetensi Dokter Gigi adalah tindakan promotif & preventif, kuratif, dan rehabilitatif di bidang kesehatan gigi & mulut. Gigi tiruan masuk dalam upaya rehabilitatif.
Quote:Original Posted By .adin
emang mahal kalo di dokter gigi tapi kan kualitasnya loh


emang sih gan...ampe sekarang gigi palsu ane juga kagak ada masalah (misal goyang, dll)
untung aje ane gak pernah sakit gigi
jadi gak akan pernah bisa ketemu dokter gigi



[URL="http://420.tw/19h "]Mainkan Vaginanya Agar Pasangan Anda Puas[/URL]
[URL="http://420.tw/1ag "]inilah Alasan wanita melakukan masturbasi[/URL]
kan tukang gigi dah turun temurun gan. hmmm kasihan loh
baguslah kalau memang tujuannya tuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat (serem juga ane ama tukang gigi yang berani tanem akar gigi palsu bisa mencelakakan masyarakat padahal tuh tukang gigi tidak punya pendidikan formalistas tentang dunia kesehatan), cuma perlu pemerintah pertimbangkan solusi untuk pemasangan gigi palsu yang murah di dokter gigi bagi masyarakat sebagai alternatif pelarangan tukang gigi.
×