alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014869667/8-makanan-khas-melayu-riau
8 Makanan Khas Melayu Riau
8 Makanan Khas Melayu Riau
Visit Riau
Sebagai warga riau, ane bangga dengan kebudayaannya.. Riau kaya dengan budayanya apalagi makanan Khas. Inilah makanan Khas melayu Riau.
Quote:
1. Bolu Kemojo
Spoiler for gambar:
Bolu Kemojo adalah makanan khas Pekanbaru, yang dipopulerkan kembali oleh ibu Dinawati yaitu pada tahun 1998. Kue Bolu ini sebelumnya hanya dibuat untuk sekedar konsumsi dalam keluarga saja, dan tidak dijual secara komersial apalagi dijual sebagai makanan oleh-oleh kota pekanbaru. Tapi dengan tekad yang kuat untuk menjadikan kue bolu ini sebagi makanan khas riau, dan kemudian beliau merintis membuka gerai pertamanya yang berkantor di Jalan Pelajar, yang sekarang jalan tersebut berubah menjadi Jalan KH.

2. Roti Jala & Roti Canai
Spoiler for gambar:
Roti jala & Roti Canai adalah makanan yang berasal dari India dan di adopsi oleh Indonesia. Biasanya makanan ini disuguhkan bersama kare.

3. Asidah
Spoiler for gambar:
Kue ini namanya Asidah, teksturnya lembut dan rasanya manis perpaduan rempah spt cengkeh, kayu manis dan daun pandan. yg anehnya kue ini dimakan pake bawang goreng. kue ini bisa dibentuk sesuka hati.

4. Kue Bangkit
Spoiler for gambar:
Kue kering ini berbahan dasar tepung rasanya manis,renyah dan enak. Rasanya manis legit dengan rasa lembut dilidah, juga gurih.

5. Cencalok
Spoiler for gambar:
Cencaluk ialah sejenis lauk dalam hidangan tradisional melayu. makanan ini dibuat dari udang halus, cencaluk mengandungi kandungan protein yang tinggi.

6. Lempuk Durian
Spoiler for gambar:
Lempuk Durian adalah salah satu Jenis Makanan Khas dari Riau yang terbuat dari Durian, lempuk ini berbentuk seperti dodol. Selain di Riau,lempuk juga dapat dijumpai di daerah lain di Sumatera. Siapa yang tak kenal dengan lempuk durian, "Makanan Khas Riau" ini berasal dari Kabupaten Bengkalis, bahkan lempuk sudai menjadi ikon Bengkalis, jika kita berkunjung ke Bengkalis kurang lengkapnya jikanya tidak membeli buah tangan Lempuk Durian.

7. Laksamana Mengamuk
Spoiler for gambar:
Es Laksamana Mengamuk merupakan minuman dingin yang menggunakan buah kuini sebagai bahan utama. Konon, keberadaan minuman ini berawal dari mengamuknya seorang laksamana di kebun kuini. Laksamana tersebut mengamuk lantaran istrinya dibawa lari oleh pemilik kebun kuini tersebut. Sang laksamana menebas-nebaskan pedangnya ke seluruh penjuru, hingga puluhan buah kuini hancur karena kemarahannya ini. Usai sang laksamana menuntaskan kemarahannya dan pulang, orang-orang di sekitar kebun kuini mengambil puluhan buah kuini yang sudah tercincang dan terhampar di rumput. Pada awalnya, orang-orang tersebut bingung, akan diapakan buah kuini yang telah terpotong-potong tersebut. Hingga salah seorang wantia, mencampurkan potongan-potongan buah kuini itu dengan air santan dan gula merah. Jadilah minuman segar, yang pada waktu itu, langsung dinikmati oleh orang sekampung.

8. Air Mata Pengantin
Spoiler for gambar:
Es air mata pengantin terdiri dari bermacam agar-agar berwarna-warni. Es ini sekaligus dilengkapi biji selasih, nata de coco, dan blewah serta serutan es batu.

Masih banyak lagi Makanan khas riau yang lainnya. semoga Makanan khas ini tidak hilang di zaman modern ini. Takkan Melayu Hilang Di Bumi
Pertamax Diamankan

Ngakak 

ada satu lagi tuhh...



CAPCIN.....

capucino cincau...

emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By yandhi_gila'
ada satu lagi tuhh...



CAPCIN.....

capucino cincau...

emoticon-Big Grin


Minuman Baru.... yg Nge Hits 2012 emoticon-Ngakak (S)
suka sama Roti Jala & Roti Canai emoticon-Genit:
Quote:Original Posted By SyuKroN
suka sama Roti Jala & Roti Canai emoticon-Genit:
Apalagi klo dikasih kari ayam.... duh sedapnya.... jadi pengen emoticon-Ngakak (S)
baru tau gan kalo air mata pengantin asli dari riau

nitip yaa gan
emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller

<< Enjoy Stay in Batu, Selamat Datang di Kota Wisata Batu >>


Spoiler for Jejaring Wisata Kota Batu:
Quote:Original Posted By ajungpangi
baru tau gan kalo air mata pengantin asli dari riau

nitip yaa gan


ni malaysia malah ada air mata kucing ............

emoticon-Big Grin
emoticon-Genit:

wow enak-enak banget tuh keknya gan .. emoticon-thumbsup:
aw... jadi pengen cobain dah makanannya emoticon-Ngacir
Ane tinggal di Pekanbaru gan emoticon-I Love Indonesia
Bolu kemojo, roti canai&jala;, lempuk durian mantap gan emoticon-Peace emoticon-I Love Kaskus
:lapar :lapar :lapar

Indonesia's Tourism Oficial Website:
8 Makanan Khas Melayu Riau
Quote:Original Posted By ind.travel
:lapar :lapar :lapar

Indonesia's Tourism Oficial Website:
8 Makanan Khas Melayu Riau
hahahaha... iya nih jd lapar...
yg jarang didengar tuh makanan ma minumannya, Asidah & Laksamana Mengamuk
Nais inpoh

Mumpung lg di Pekanbaru. Mari cari lempuk durian n bolu ahhh emoticon-I Love Indonesia
wah, jdi kpengen ui
susah buat ank perantau cari mkanan khas ini emoticon-Cape d... (S), pdahal ane sring mkna roti jala pakai kare kalau balik dari perantauwan emoticon-Sorry
wah harus dicobain semuanya ni hehe
roti canai sama lempuk durian ane udh pernah nyobain
ngeliatnya jadi bikin ngiler emoticon-Belo
wah cukup menggoda juga makanannya emoticon-Matabelo
lempuk durian gan?emoticon-Matabelo
roti canai emoticon-Frown