alexa-tracking

Semua Info tentang Mobil listrik buatan Insinyur Indonesia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014833238/semua-info-tentang-mobil-listrik-buatan-insinyur-indonesia
Semua Info tentang Mobil listrik buatan Insinyur Indonesia
Mobil Listrik Nasional Dirancang Insinyur Indonesia
Jakarta - Masyarakat Indonesia sebentar lagi akan memiliki mobil listrik nasional. Mobil kebanggaan Indonesia itu diakui bakal bersaing dengan mobil listrik buatan Toyota, Nissan dan produsen tersohor lainnya di dunia.

Nah, tahukah Anda siapa insinyur dibalik mobil listrik yang lahir di Bogor tersebut. Pemilik PT Sarimas Ahmadi Pratama (SAP), Dasep Ahmadi mengatakan desainer bodi hingga insinyur mesin listriknya adalah asli orang Indonesia.

"Tidak ada orang luar yang mengerjakannya. Teknisi dari mana saja? banyak yang dari lokal. Dari ITB, ada juga dari beberapa politeknik di Indonesia. Semua dari Indonesia. Pokoknya lokal," tegas Dasep kepada detikOto.

Ia mengutarakan alasan hanya merekrut orang Indonesia karena menyesuaikan tema dari awal yakni buatan Indonesia. Ia pun menjunjung tinggi slogan tersebut hingga hanya melibatkan anak bangsa yang kreatif dan semangat melahirkan mobil nasional.

"Pada dasarnya mobil tersebut adalah asli buatan Indonesia, semuanya orang lokal," cetus Dasep.

Mobil listrik nasional bisa menampung 4 penumpang. Mobil tersebut diperkuat baterai lithium ion sebanyak 36 buah dengan kapasitas baterai yang mencapai 21 kWh yang mampu berjalan hingga sejauh 130 kilometer dengan sekali isi.

Mobil listrik nasional tersebut sangat fleksibel dan bisa melakukan pengisian di rumah dengan tegangan 220 V dan hanya membutuhkan waktu 4-5 jam hingga baterai tersisi penuh. Sementara dengan cara sistem cepat hanya membutuhkan waktu 30 menit pada tegangan 220 V.

[URL="http://oto.detik..com/read/2012/06/08/142949/1936358/1207/mobil-listrik-nasional-dirancang-insinyur-indonesia?hlutama"]Sumber[/URL]
Pic Mobil listriknya
Semua Info tentang Mobil listrik buatan Insinyur Indonesia

kalau bisa kesampaian pasti bagus nih,penggunaan BBM bakal lebih sedikit dan polusi udara pun akan berkurang karena asap mobil

yuk kaskuser kita bahas lebih mendalam tentang mobil listrik ini

komen kaskuser yang layak masuk page one


Quote:


Quote:
Berita-Berita yang berhubungan dengan Mobil Listrik

Garap Mobil Listrik, Dahlan Iskan Panggil Pulang WNI dari Jepang

Quote:


Komponen Mobil Listrik Nasional Diambil dari 4 Negara
Quote:


FTUI Ragukan Mobil Listrik
Quote:


Mobil Listrik Nasional Dirilis Akhir 2012
Quote:


Biaya pemakaian mobil listrik dan mobil tradisional(BBM) dari awal s/d akhir

Semua Info tentang Mobil listrik buatan Insinyur Indonesia
Apakah nanti cara salah satu cara isi baterenya seperti beli aqua galon sekarang? dimana batere kosong ditukar dengan batere sudah yang terisi?
Setahuku kapasitas baterai satuannya Ah (Ampere hour).

Bisa juga kWh dengan asumsi tegangan 12V. Berarti baterai nya kapasitasnya
21.000 / 12 = 1.750 Ah? Gaban kali...

CMIIW
Quote:

pakai charger gan kalau baca dari berita

Quote:


emang gede banget ya gan baterenya ?
Quote:


Kalau mau efisien harusnya begitu. Ongkos baterai sudah masuk ke biaya produksi. Paling masalahnya nanti di pemalsuan baterai .... lagi-lagi...

Jadinya tetep pakai SPBU Stasiun Pengecasan Baterai Umum.....
Dengan begitu polusi udara dll bisa lebih dilokalisir di sekitar pembangkit listrik saja. Apalagi kalau pembangkit pakai angin, air, gelombang, panas bumi, dsb...
mantap gan
kita harus menghargai ilmuwan indonesia
kalau tidak, pihak asing akan membajak mereka
emoticon-I Love Indonesia
Quote:


kan pake 36 biji aki, masing² 60 AH kayak aki mobil sekarang. apalagi batere kering ini ukuran sedikit lebh kecil.

kendala terbesar memang di batere dan sistem pengisian ulangnya. tapi kalau sdh diproduksi masal, pasti banyak yg mau riset batere yg lbh tahan lama dan cepat pengisiannya

gak beda kayak batere HP dulu itu lah, dulu kan HP segede balok dan tebal, berat banget. semakin banyak yg diproduksi, sekarang HP semakin kecil baterenya, semakin awet dan chargenya semakin cepet.

yg penting dimulai dulu, kalau nunggu sampai tersedia batere yg ideal ya nggak akan jalan lah proyek ini sampai kapan pun
Quote:


baterai laptop Li ion umumnya antara 3 - 6 Ah.
Baterai HP jenis android layar lebar semisal SE Arc sekitar 1.2 Ah...

Kalikan aja 1000 buah...
Tapi ya agak wajar juga sih.

21.000 W = 28.16 hp.

buat ngangkat 4 orang, kalau mau sekencang misalnya Vario, maka butuh 20 hp.
Tapi kalau mau sedang2 saja, bisa saja dikasih 10 hp aja.

Nah, dari klaim itu bisa buat 130 km. Asumsi kecepatan rata2 40 km/h, maka baterai tahan 3 jam. Buat ngabisin 21.000 W selama 3 jam, berarti masing-masing jam habis 7 kWh.

Nah, 7000 W = 9.4 hp

Masalahnya gimana convert kWh ke hp? emoticon-Big Grin
Quote:


gitu ya bro....ga kepikiran sampai sana
tapi kurang efektif juga kalau pemakaian yang hanya 3 jam chargenya bisa sampai 5 jam kalau dirumah atau 30 menit.

nice info gan emoticon-2 Jempol:
Quote:


Betul juga si.

Asumsi baterainya 12V, berarti 1,750 Ah / 36, masing2 48.6 Ah.
Berat mobil paling banyak di baterai ya.

btw, kenapa di Amrik dulu proyek Electric Car dihentikan ya??
bentukny butuh anak2 desen kayanya
masi ada bau2 jepun n korya tapi gpp lah awalan
depan trios, blakang astos . . .

mudah2an ini bukan barang rakitan, dan bener2 RnD anak negeri yaa ,, ,,
Quote:


kalau komponenya ga semua dari lokal tapi ada yang import masih termasuk barang rakitan atau buatan anak negeri ya gan?
Eniway, asal nantinya harganya terjangkau setara 2x motor lah....
Mungkin banyak peminatnya emoticon-Big Grin

Ane juga mau buat wira wiri ke kantor.

Sekarang kalo ngitung biaya buat charge:
CMIIW gan sebelumnya

Buat listrik 1300 VA, selama ini biaya per kWh (dah termasuk biaya penerangan jalan) Rp 852.

Diketahui:
- Biaya per kWh: Rp 852
- Kapasitas total baterai: 1,750 Ah
- Asumsi tegangan baterai: 12V
- Asumsi efisiensi charging: 75%

> Energi yang dibutuhkan: 1,750 * 12 = 21.000 = 21 kW.
> Buat ngecas dengan rate 1kWh dibutuhkan 21 meter listrik / 0.75 = 28 meter.

> Biaya ngecas = 28 * 852 = Rp 23,856

+ Saat ini, ane pake motor Jupiter MX + BBM Pertamax.
Untuk 130 km, habisnya 2.7 liter = Rp 26,000

Ya masih lebih murah......

CMIIW. Mohon koreksi jika ada kesalahan hitung !
Quote:


ya kalau setara 2x motor ga mungkin lah gan,masa mobil harganya cuma 30-50jt

mobil listrik lagi,tapi kalau bisa mantap banget tuh emoticon-Recommended Seller
Quote:


kalau haganya murah, jalan makin macet gan, orang2 jepang juga bakalan meradang bisa2 cabut investasi dari indonesia dan dipindah ke cina lagi

kalaupun mau dirintis, menurut ane mobnas listrik ga akan terealisasi dalam waktu dekat, infrastrukturnya belum siap
Quote:


Komponennya ada yg import gpp lah. Ntar pelan2 bikin sendiri.
iPhone 4S aja kameranya CMIIW dari Sony yg juga dipake di Arc & Arc S.
Quote:


Kalo ngecasnya di rumah bisa juga tuh... gak perlu Stasiun Penukaran Baterai Umum.

Tapi in your dream kalau mau ngecas aki 1,750 Ah dalam waktu 30 menit penuh....
Butuh listrik kapasitas besuar itu.
Quote:


1 pk skitar 900watt gan ciimw.
Quote:


Nah sekarang harganya berapa gan ? setau saya mobil listrik gini rada mahal dibanding mobil2 biasa.