alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014791494/penderita-cidera-lutut-acl-pcl-dsb-masuk-sini
Penderita Cidera Lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk Sini
Halo Agan2...

Perkenalkan saya Jun Aguero... Saya seorang penderita cidera lutut. Hasil MRI dan diagnosis Dokter mengatakan bahwa saya mengalami apa yang disebut Anterior Cruciate Ligament (ACL) tear. Thread ini saya buat untuk saya dan agan2 sekalian yang mengalami masalah yang sama untuk saling bertukar pengalaman dan informasi yang mudah2an dapat membantu kita semua..

baik saya mulai duluan.

* Untuk MRI saya di RS CIkini Jakarta Pusat. Biaya 2 juta rupiah
* Operasi saya di Rumah Sakit Pondok Indah. Biaya kurang lebih 50 juta rupiah. ditangani langsung oleh dokter Andre Pontoh yang cukup terkenal (Googling aja sendiri, Gan). Kamar kelas 3.
* Hasil Operasi? masih proses rehabilitasi, Gan... tapi byk pasien yang sukses operasi dengan Dokter Andre Pontoh, dan beliau sudah sukses operasi 400 pasien lebih yang mengalami gangguan di lutut. saya juga melihat beliau mendapat penghargaan MURI dalam hal operasi terbanyak (Tahunnya saya lupa)


bagi Agan yang pernah mengalami hal yang serupa (Cidera Lutut) silakan menceritakan pengalamannya dan kondisi Agan sekarang (membaik atau tidak. hehe). Saya merasa ini penting karena saya tidak menemukan sebuah forum di mana penderita cidera lutut dapat saling berbagi..

Oh iya, Agan2 bisa jg saling berbagi informasi dokter mn saja yg pny reputasi baik. Saya mulai:
1. Andre Pontoh (Googling sndr gan.. hehehe.. Dokter ane jg.. di RSPI, Pondok Indah)
2. dr. Bobby Nelwan (Dokter yang berhasil mengoperasi Boaz Salossa, Striker tim sepakbola Persipura. Praktek di RS Omni Internasional Jakarta)

Threat ini pasti jauh dari kata sempurna, oleh krn itu, kedepannya akan terus ane tambah dan perbaiki ya.. Mohon bantuannya.. untuk kita dan tmn2 yang memiliki masalah yang sama dan butuh informasi dan berbagi pengalaman..

Terima kasih...
hi gan,
ane juga sobek di bagian ACL sejak setahun lalu akibat kecelakaan motor

tapi ane mutusin untuk tidak operasi
bukan masalah apa, tapi ane udah nanya ke banyak ortho baik yang cuma punya satu gelar ataupun bergelar-gelar di namanya.
mereka semua bilang, operasi pun gak bakal bisa ngembalikan 100%

sekarang ane sudah bisa jalan normal (3 bulan setelah kecelakaan sudah bisa sih meski tidak secepat biasanya tapi sekarang sudah bisa) dengan bantuan rehab medik dan fisioterapis.
kendala ane cuma untuk lari sama jongkok.
jongkok gak bisa full
lari masih agak nyeret..
sujud buat sholat pun masih sakit

sebulan lalu ane kecelakaan lagi
kali ini penyembuhan lebih cepat
dengan bantuan rehab medik dan fisioterapis, 2minggu ane bisa jalan normal
sebulan ane dah bisa kembali ke kondisi sebelum kecelakaan ke dua
kecuali bahu kiri ane yang terkadang suka gak mau diluruskan tiba-tiba (waktu kecelakaan kedua pundak ane nahan stang motor)

saat ini keluhan ane terkait lutut sih paling kalo kecapekan, kaki tidak bisa diluruskan dan jadi agak goyang (jadi kalo jalan gak bisa cepet2)
ngilu kalo udara dingin (karena memang ada tulang yang patah di bagian sendi lutut).

ya itu aja sih,
yang terpenting memang memperhatikan kondisi badan kita 'mengeluh' kalau kita habis atau sedang melakukan aktivitas apa
karena bagaimanapun yang paling tahu kondisi tubuh kita ya kita sendiri..

kalau boleh tahu, agan operasi kapan?
Quote:Original Posted By nggacantik
hi gan,
ane juga sobek di bagian ACL sejak setahun lalu akibat kecelakaan motor

tapi ane mutusin untuk tidak operasi
bukan masalah apa, tapi ane udah nanya ke banyak ortho baik yang cuma punya satu gelar ataupun bergelar-gelar di namanya.
mereka semua bilang, operasi pun gak bakal bisa ngembalikan 100%

sekarang ane sudah bisa jalan normal (3 bulan setelah kecelakaan sudah bisa sih meski tidak secepat biasanya tapi sekarang sudah bisa) dengan bantuan rehab medik dan fisioterapis.
kendala ane cuma untuk lari sama jongkok.
jongkok gak bisa full
lari masih agak nyeret..
sujud buat sholat pun masih sakit

sebulan lalu ane kecelakaan lagi
kali ini penyembuhan lebih cepat
dengan bantuan rehab medik dan fisioterapis, 2minggu ane bisa jalan normal
sebulan ane dah bisa kembali ke kondisi sebelum kecelakaan ke dua
kecuali bahu kiri ane yang terkadang suka gak mau diluruskan tiba-tiba (waktu kecelakaan kedua pundak ane nahan stang motor)

saat ini keluhan ane terkait lutut sih paling kalo kecapekan, kaki tidak bisa diluruskan dan jadi agak goyang (jadi kalo jalan gak bisa cepet2)
ngilu kalo udara dingin (karena memang ada tulang yang patah di bagian sendi lutut).

ya itu aja sih,
yang terpenting memang memperhatikan kondisi badan kita 'mengeluh' kalau kita habis atau sedang melakukan aktivitas apa
karena bagaimanapun yang paling tahu kondisi tubuh kita ya kita sendiri..

kalau boleh tahu, agan operasi kapan?


Agan Cewe atau Cowo? ane operasi Tanggal 4 November 2011.. tetapi ane kemaren kecelakaan motor... Harusnya sekitar 6-9 Ane udah bisa kembali menggeluti high impact sport. namun, karena kecelakaan motor itu bikin ane harus kembali MRI dan Operasi lagi... emoticon-Frown

Kalau aja gak suka olahraga, mungkin ane gak operasi... Kasihan Ortu keluar duit byk mulu... Tp olahraga adalah kegiatan favorit ane... hehehe...
Quote:Original Posted By jun aguero
Agan Cewe atau Cowo? ane operasi Tanggal 4 November 2011.. tetapi ane kemaren kecelakaan motor... Harusnya sekitar 6-9 Ane udah bisa kembali menggeluti high impact sport. namun, karena kecelakaan motor itu bikin ane harus kembali MRI dan Operasi lagi... emoticon-Frown

Kalau aja gak suka olahraga, mungkin ane gak operasi... Kasihan Ortu keluar duit byk mulu... Tp olahraga adalah kegiatan favorit ane... hehehe...


ane cewek..
ane sih doyan banget olahraga, malah jadi alternatif mata pencaharian ane tiap sabtu-minggu di luar jam kerja ane yang utama..
dulunya ane pendaki gunung.

tapi ya udahlah,
lagian rasanya ane ikhtiar udah sampe se-Asia Pasifik #sedikit alay gpp kan? emoticon-Smilie)
semua jawabannya beda-beda..
berhubung fifty-fifty.. belon lagi resiko yang ane denger dan ane liat sendiri
akhirnya ane batalin niat ane..

insya Allah, kalo emang semua dokter yang ane datengin positif bilang operasi
ane bakalan operasi..
itu juga yang bikin ane belain nempuh jarak ratusan bahkan ribuan kilo hanya tuk nyari dokter yang 'katanya' bagus..
baik itu menurut masyarakat awam ataupun yang menurut sesama dokter itu sendiri..
asuransi ane+rejeki bokap ane sih insya Allah lebih dari cukup kalo untuk operasi.

tapi enggaklah,
tokh kayak gini ane juga bisa hidup normal
sejak kecelakaan pertama ane cuma ngambil cuti seminggu dari kegiatan ane..
selebihnya ane tetep kegiatan dengan alat bantu sampe ane bener2 bisa jalan secara kualitas bukan kuantitas
selama itu juga alhamdulillah performance kerja ane gak menurun
sampe sekarang banyak orang gak 'ngeh' kalo ane dulunya sempet gak bisa jalan
apalagi sampe ngerti kalo ada tulang yang "nyempil" diantara kedua tulang ane
soalnya ya itu tadi
ane bisa kerja (8jam sehari, selayaknya orang normal) ama kuliah (sekitar 5jam sehari, demi gelar profesi ma s2 ane).
semua itu ane lakuin pake motor ane sendiri (ogah naek mobil biar ada mobil nganggur di rumah juga.. macetnya bikin stres), gak ngrepotin orang lain.
ane juga naek turun tangga tiap harinya berlante2..

kalo ane ya itu tadi
ya dinikmatin aja tiap rasa sakit yang ada
disyukuri masih diberikan rasa sakit, karena berarti syarafnya masih berfungsi *ane sempet ngerasain gak bisa ngerasain kaki ane sampe tiga bulan lo pas kecelakaan pertama, tapi bisa digerakin dikit2 meski sakit*

ho? 6-9 itu maksudnya tanggal 6 atau 6 bulan?
kecelakaan lagi? oalahhh.. kok ya doyan
get well soon
sekarang bagaimana perkembangan kesehatannya? emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By nggacantik


ane cewek..
ane sih doyan banget olahraga, malah jadi alternatif mata pencaharian ane tiap sabtu-minggu di luar jam kerja ane yang utama..
dulunya ane pendaki gunung.

tapi ya udahlah,
lagian rasanya ane ikhtiar udah sampe se-Asia Pasifik #sedikit alay gpp kan? emoticon-Smilie)
semua jawabannya beda-beda..
berhubung fifty-fifty.. belon lagi resiko yang ane denger dan ane liat sendiri
akhirnya ane batalin niat ane..

insya Allah, kalo emang semua dokter yang ane datengin positif bilang operasi
ane bakalan operasi..
itu juga yang bikin ane belain nempuh jarak ratusan bahkan ribuan kilo hanya tuk nyari dokter yang 'katanya' bagus..
baik itu menurut masyarakat awam ataupun yang menurut sesama dokter itu sendiri..
asuransi ane+rejeki bokap ane sih insya Allah lebih dari cukup kalo untuk operasi.

tapi enggaklah,
tokh kayak gini ane juga bisa hidup normal
sejak kecelakaan pertama ane cuma ngambil cuti seminggu dari kegiatan ane..
selebihnya ane tetep kegiatan dengan alat bantu sampe ane bener2 bisa jalan secara kualitas bukan kuantitas
selama itu juga alhamdulillah performance kerja ane gak menurun
sampe sekarang banyak orang gak 'ngeh' kalo ane dulunya sempet gak bisa jalan
apalagi sampe ngerti kalo ada tulang yang "nyempil" diantara kedua tulang ane
soalnya ya itu tadi
ane bisa kerja (8jam sehari, selayaknya orang normal) ama kuliah (sekitar 5jam sehari, demi gelar profesi ma s2 ane).
semua itu ane lakuin pake motor ane sendiri (ogah naek mobil biar ada mobil nganggur di rumah juga.. macetnya bikin stres), gak ngrepotin orang lain.
ane juga naek turun tangga tiap harinya berlante2..

kalo ane ya itu tadi
ya dinikmatin aja tiap rasa sakit yang ada
disyukuri masih diberikan rasa sakit, karena berarti syarafnya masih berfungsi *ane sempet ngerasain gak bisa ngerasain kaki ane sampe tiga bulan lo pas kecelakaan pertama, tapi bisa digerakin dikit2 meski sakit*

ho? 6-9 itu maksudnya tanggal 6 atau 6 bulan?
kecelakaan lagi? oalahhh.. kok ya doyan
get well soon
sekarang bagaimana perkembangan kesehatannya? emoticon-Smilie


6 bulan... Operasi dong sis... Hehehe.. Kmrn sih kata dokter ACL gue putus lg.. Tp blon MRI lg.. Takut MA hasil MRI... Krn kata dokter selain ACL ada ligament lain yg putus... Diagnosa awal sih... Tp ngeri juga... Hahaha...
Quote:Original Posted By jun aguero
6 bulan... Operasi dong sis... Hehehe.. Kmrn sih kata dokter ACL gue putus lg.. Tp blon MRI lg.. Takut MA hasil MRI... Krn kata dokter selain ACL ada ligament lain yg putus... Diagnosa awal sih... Tp ngeri juga... Hahaha...


Hummm..
Operasi? Nggak deh kayaknya. Males latihan lagi dari 0. Hahahaha
Soalnya kalo operasi itu berarti saya harus mengulang lagi program fisio dari awal.
Nggak lah, cukup..
Tokh dengan begini kualitas hidup saya tidak terganggu..
Lagipula resikonya kalau operasi itu ada perlengketan jaringan yang justru malah membuat lutut semakin kaku.
Jujur saya jadi enggan kalau memikirkan itu..
Kalau boleh tahu, agan kecelakaan kapan dan sampai dengan saat ini usaha apa yang udah agan lakukan pasca kecelakaan kedua?
Sampai saat ini progres sudah sejauh mana?
share pengalaman aje nih, waktu smp kelas 1, ane pernah didiagnosa lutut kiri ane tempurungnya kegeser, setelah dilihat dari foto ronsen. awalnya ane ga ngerasain sakit, cuma pegel2 aja lututnya. tu tempurung bisa digeser dkit lho.. emoticon-Najis
kenapaa bisa kegeser, maen bola di atas lantai, lutut bertumpu terus2an di lante. belom kalo jadi kiper.
penyembuhannya? tanpa operasi, diminumin obat asam mefenamat n natrium diklofenak selama beberapa bulan n ane off maen bola. beberapa bulan kemudian lanjut lagi maennya. cuma setelah itu ya tiap lutut nekuk (kalo sujud), kadang2 (jaraaang bgt) kaya kecantol kalo mau dilurusin. akhirnya kalo mau bisa dilurusin mesti nekuk lututnya lagi, baru deh bisa dilurusin.
ampe sekarang juga ane dah ga begitu berani nendang bola pake power kalo pake kaki kiri.
Quote:Original Posted By nggacantik


Hummm..
Operasi? Nggak deh kayaknya. Males latihan lagi dari 0. Hahahaha
Soalnya kalo operasi itu berarti saya harus mengulang lagi program fisio dari awal.
Nggak lah, cukup..
Tokh dengan begini kualitas hidup saya tidak terganggu..
Lagipula resikonya kalau operasi itu ada perlengketan jaringan yang justru malah membuat lutut semakin kaku.
Jujur saya jadi enggan kalau memikirkan itu..
Kalau boleh tahu, agan kecelakaan kapan dan sampai dengan saat ini usaha apa yang udah agan lakukan pasca kecelakaan kedua?
Sampai saat ini progres sudah sejauh mana?


Bulan Mei Kmrn deh kayaknya... Baru makan obat.. Belum operasi lagi... Knp sis? Mau bareng? Hehehe

Quote:Original Posted By mantoyleboy
share pengalaman aje nih, waktu smp kelas 1, ane pernah didiagnosa lutut kiri ane tempurungnya kegeser, setelah dilihat dari foto ronsen. awalnya ane ga ngerasain sakit, cuma pegel2 aja lututnya. tu tempurung bisa digeser dkit lho.. emoticon-Najis
kenapaa bisa kegeser, maen bola di atas lantai, lutut bertumpu terus2an di lante. belom kalo jadi kiper.
penyembuhannya? tanpa operasi, diminumin obat asam mefenamat n natrium diklofenak selama beberapa bulan n ane off maen bola. beberapa bulan kemudian lanjut lagi maennya. cuma setelah itu ya tiap lutut nekuk (kalo sujud), kadang2 (jaraaang bgt) kaya kecantol kalo mau dilurusin. akhirnya kalo mau bisa dilurusin mesti nekuk lututnya lagi, baru deh bisa dilurusin.
ampe sekarang juga ane dah ga begitu berani nendang bola pake power kalo pake kaki kiri.

Pernah konsul ke Dokter spesialis gak Bro? Hati2 loh... Jgn anggap enteng.. Bahaya
kalo saya sih diistirahatkan aja gan...kalo ga sembuh2 baru dipijat emoticon-Big Grin

ane MCL gan

nemu juga thread ttg lutut .. ternyata saya tidak sendiri emoticon-Matabelo


kl ane sech MCL lutut kanan ane gan yg pernah kena, gak ampe putus sech mcl nya emoticon-Matabelo

jatuh waktu maen futsal skitar 3,5 tahun yg lalu emoticon-Sorry

penyembuhannya sech cuma fisioterapi aja ama ampir 1tahun lbh gk maen futsal (barengan ama sibuknya2 skripsi) emoticon-Berduka (S)

skrg udh mulai futsal lagi sejak setahunan kemarin, tp ya gitu tiap futsal ane pake knee support utk cegah hal2 yg gak di inginkan, trus minggu kemarin kambuh lg emoticon-Hammer2
untung cuma nyeri aja .... .. hehehe

Thumbs up 
Cidera Ligamen - Badminton

Pagi Agan-agan,

Ane juga mengalami cidera di Lutut sebelah kanan. 1 Bulan yang lalu.
Kejadiannya pun dikarenakan keteledoran saya. Yang biasanya sebelum main badminton pemanasan dulu +- 15 menit.

Ane baru dateng ke lapangan, tiba2 ada pasangan ganda putra kurang satu orang, ane langsung buru-buru main. Singkat cerita , sambil lari dan memukul shuttlekok ke arah lawan. Tiba-tiba , terdengar suara "krek" sampai ngilu. dan tergeletak. emoticon-No Hope

Pertolongan pertama, diurut sama lawan tanding ane. Dan saat itu juga jalan sedikit pincang , perut mual , kepala pusing, dan pandangan mata kabur. emoticon-Cape d... (S)

Pulangnya ane langsung panggil tukang urut keseleo, reaksi dari urut dengkul bengkak dan sulit ditekuk.

1 minggu berselang, ane ke Dokter ahli saraf diagnosanya ada perubahan struktur urat saraf lalu dirujuk untuk X-Ray. Alhamdulillah, Hasilnya tidak ada pergeseran tulang. Dan dokter merekomendasikan ke MRI, cuma saya ga mau. Menyangkal nantinya ujung-ujung nya operasi. emoticon-Takut (S)

Sekarang Alhamdulillah, bengkak sudah rada kempes. Cuma kalau ditekuk ada sedikit tonjolan di pojok kanan dengkul (kalau dipencet-pencet , kayak urat). Dan aktifitas beribadah (sholat) juga udah normal. Hanya terkadang masih ngilu dan nyeri.

Dan sepertinya belum boleh olah raga yang berat-berat.

Mau tanya dong, kepada Agan-agan. Kira-kira perlu medis lagi ga ya? dan berapa lama ya untuk beraktifitas seperti biasanya lagi? (saya hobi Badminton, dan Futsal) mohon pencerahannya. Tku...emoticon-I Love Indonesia (S)
ane baru aja kelar operasi ACL di RS.Pondok Indah dengan Dr.Andre Pontoh..so far so good..cideranya uda lama banget kira2 taon 2002 tapi dulu ga diapa2in cuma istirahat maen basket selama 6 bulan dan aktif lagi dengan menggunakan decker lutut.tapi lama kelamaan ane ngerasa kondisi lututnya tambah parah akhirnya ane mutusin operasi.mudah2an setelah operasi ane bisa basket lagi..amin...liat2 dari forum luar masa recovery pasca operasi acl bisa memakan waktu 6-8 bulan ada yang bisa kasih masukkan untuk mempercepat proses penyembuhan?
Quote:Original Posted By nggacantik
hi gan,
ane juga sobek di bagian ACL sejak setahun lalu akibat kecelakaan motor

tapi ane mutusin untuk tidak operasi
bukan masalah apa, tapi ane udah nanya ke banyak ortho baik yang cuma punya satu gelar ataupun bergelar-gelar di namanya.
mereka semua bilang, operasi pun gak bakal bisa ngembalikan 100%

sekarang ane sudah bisa jalan normal (3 bulan setelah kecelakaan sudah bisa sih meski tidak secepat biasanya tapi sekarang sudah bisa) dengan bantuan rehab medik dan fisioterapis.
kendala ane cuma untuk lari sama jongkok.
jongkok gak bisa full
lari masih agak nyeret..
sujud buat sholat pun masih sakit

sebulan lalu ane kecelakaan lagi
kali ini penyembuhan lebih cepat
dengan bantuan rehab medik dan fisioterapis, 2minggu ane bisa jalan normal
sebulan ane dah bisa kembali ke kondisi sebelum kecelakaan ke dua
kecuali bahu kiri ane yang terkadang suka gak mau diluruskan tiba-tiba (waktu kecelakaan kedua pundak ane nahan stang motor)

saat ini keluhan ane terkait lutut sih paling kalo kecapekan, kaki tidak bisa diluruskan dan jadi agak goyang (jadi kalo jalan gak bisa cepet2)
ngilu kalo udara dingin (karena memang ada tulang yang patah di bagian sendi lutut).

ya itu aja sih,
yang terpenting memang memperhatikan kondisi badan kita 'mengeluh' kalau kita habis atau sedang melakukan aktivitas apa
karena bagaimanapun yang paling tahu kondisi tubuh kita ya kita sendiri..

kalau boleh tahu, agan operasi kapan?

Hmm... ane juga kecelakaan motor 22 juni kemarin. Pertama dikasih tahu dr. Roy kalo putus. dr.nya oke sih kalo Roy, tapi harganya di Mitra Kemayoran itu yang mencekik leher. Rumah sakit minta 50 juta, dan itu belum MRI ane. MRI 2.6 juta di Mitra Kemayoran. Kalo mau berobat jangan ke Mitra de kalo ga butuh dokternya.. Harganya amit amit jabang belang. Kalo dokter sama service Mitra sih ok, tapi harganya itu yang amit amit.

Jadi ane cari cari alternatif. Udah sempet ada yang bilang dipijit aja atau diurut aja, tapi logika ane bilang kalo otot putus mana bisa dipijat. Akhirnya ane hubungi teman teman yang lain. Nah, ternyata setelah sebar sebar mata mata, semua kembali dengan hasil sama. Hanya ada 2 dokter yang bagus di Jakarta, yang pertama adalah Andre Pontoh yang katanya memang nomor satu dan biasa menangani atlet. Semua atlet yang ditangani dia dalam 6 bulan udah bisa kembali turun ke lapangan. Tekniknya pake double bundle yang katanya lebih kuat. Ane dalam 3 bulan katanya udah boleh renang lagi. Yang kedua adalah Muki Partono di RS Puri.

Incaran pertama jelas Andre Pontoh. 5 orang teman ane sudah sukses semua pulih 100%. Sedangkan yang satu baru selesai operasi seminggu sebelum ane, dan dia juga recommend Andre Pontoh. Jadi ane langsung book konsultasi di Andre Pontoh. Dasar sial, ane dapet tanggal 3 Juli baru bisa ketemu dokternya. Antri bookkk... Itu pun ane book melalui dosen dr Andre, dr. Ifran Saleh di Carolus. Jadi kalau memang dengan dr. Andre terlalu mahal, mungkin bisa operasi dengan dosennya di Carolus. Tapi dijanjikan kalau ada yang batal ane langsung dapet prioritas untuk isi.

Berhubung dr. Andre lama, ane udah book ingin konsul dengan dr. Muki keesokan harinya. Tetapi pagi pagi jam 8 ane terima telpon dari teman ane di carolus, kalau dr. Andre ada yang batal. Jadi ane langsung meluncur tgl 26 Juli ke pondok indah. Disana juga ternyata ketemu teman ane yang baru selesai operasi. Andre Pontoh juga. Dia sudah bisa jalan jalan bok. Wakakaka... Ane masih pake tongkat. dr. Andre juga bilang, kalau ane bisa pulih 100%. Tenang saja katanya.. olah raga apa? Ane bilang renang.. dia bilang kalo renang gampang.. belum 6 bulan juga udah bisa lagi. Bagus de.. secara hobi ane nyebur.. Terus ane udah siap tuh kalo masuk hari itu juga operasi besok udah siap. Eeeehhh.. lagi lagi antri.. Kacau dah... Dia bisa antri 3 minggu katanya.. Akhirnya cari punya cari ke susternya, tanggal 5 ada slot kosong.. ane langsung ambil, dan confirm.

Berikutnya soal biaya. ane pikir kalo si Mitra minta 50, yang ini kalo 55 masih ane pilih ini karena faktor dokter dan fasilitas.. eeeehhh.. dia cuman minta 50 juta. Dan bill rumah sakit setelah ane pulang cuman 45 lebih dikit include kamar. Tutup mata, ane langsung book kamar 5 agustus. Ane hari kedua masih belum berani turun. Kaki kiri belakang masih sakit kalo digerakkan. Tapi hari ketiga udah bisa lancar jalan pake tongkat, hanya ga boleh ditekuk. Setelah itu, dalam 2 minggu perban ane dibuka semua, dan ane udah boleh nekuk. Awal Agustus kemarin ane mulai fisioterapi dengan dr. Carmen. Ini dokter katanya baru pulang ngurusin olympic, makanya ane minggu sebelumnya yang mestinya dijadwalin ketemu ga bisa karena dia masih di london. Fisioterapi so far ga berat sih.. tiap hari angkat kaki sekitar 200 kali. 5 x 40, terus diukur sama dia. Jadi kalo males ketauan emoticon-Ngakak (S). Tapi setelah ketemu dia, tempurung lutut ane dibenahin, dalam 2 hari ane bisa jalan normal, naik turun tangga normal, ga kaku sama sekali. Saat ini ane udah berani bilang 80% pulih, hanya masih kaku. Dan ini baru 2 bulan setelah operasi. 6 bulan dokternya bilang 100% pulih.

Quote:Original Posted By nggacantik


Hummm..
Operasi? Nggak deh kayaknya. Males latihan lagi dari 0. Hahahaha
Soalnya kalo operasi itu berarti saya harus mengulang lagi program fisio dari awal.
Nggak lah, cukup..
Tokh dengan begini kualitas hidup saya tidak terganggu..
Lagipula resikonya kalau operasi itu ada perlengketan jaringan yang justru malah membuat lutut semakin kaku.
Jujur saya jadi enggan kalau memikirkan itu..
Kalau boleh tahu, agan kecelakaan kapan dan sampai dengan saat ini usaha apa yang udah agan lakukan pasca kecelakaan kedua?
Sampai saat ini progres sudah sejauh mana?

Maksudnya tempurung lutut yang lengket? Kemarin ada caranya kok. Diajarin latihan latihan supaya ga lengket.
Ane operasi tgl 5 Juli, dan ane udah bisa idup normal dari awal agustus ini.

Quote:Original Posted By PirantiMan
Pagi Agan-agan,

Ane juga mengalami cidera di Lutut sebelah kanan. 1 Bulan yang lalu.
Kejadiannya pun dikarenakan keteledoran saya. Yang biasanya sebelum main badminton pemanasan dulu +- 15 menit.

Ane baru dateng ke lapangan, tiba2 ada pasangan ganda putra kurang satu orang, ane langsung buru-buru main. Singkat cerita , sambil lari dan memukul shuttlekok ke arah lawan. Tiba-tiba , terdengar suara "krek" sampai ngilu. dan tergeletak. emoticon-No Hope

Pertolongan pertama, diurut sama lawan tanding ane. Dan saat itu juga jalan sedikit pincang , perut mual , kepala pusing, dan pandangan mata kabur. emoticon-Cape d... (S)

Pulangnya ane langsung panggil tukang urut keseleo, reaksi dari urut dengkul bengkak dan sulit ditekuk.

1 minggu berselang, ane ke Dokter ahli saraf diagnosanya ada perubahan struktur urat saraf lalu dirujuk untuk X-Ray. Alhamdulillah, Hasilnya tidak ada pergeseran tulang. Dan dokter merekomendasikan ke MRI, cuma saya ga mau. Menyangkal nantinya ujung-ujung nya operasi. emoticon-Takut (S)

Sekarang Alhamdulillah, bengkak sudah rada kempes. Cuma kalau ditekuk ada sedikit tonjolan di pojok kanan dengkul (kalau dipencet-pencet , kayak urat). Dan aktifitas beribadah (sholat) juga udah normal. Hanya terkadang masih ngilu dan nyeri.

Dan sepertinya belum boleh olah raga yang berat-berat.

Mau tanya dong, kepada Agan-agan. Kira-kira perlu medis lagi ga ya? dan berapa lama ya untuk beraktifitas seperti biasanya lagi? (saya hobi Badminton, dan Futsal) mohon pencerahannya. Tku...emoticon-I Love Indonesia (S)

MRI belum tentu operasi kok gan. Kan itu cuman lihat ada apa dulu. Coba ke dr. Ifran dulu di carolus untuk konsul, atau kalau engga ke Andre Pontoh. Tapi mereka semua minta MRI sih.
gan.. ane jg bekas operasi acl akibat main futsal 2 thn yg lalu... acl ane putus gan.. ane operasi di RS. Hsd Mabes.. di tanganin sama Dr. Hend..
tp setelah 2 thn operasi lutut ane masih krg stabil dan kendur...
pas kemarin ane antar keponakan periksa lutut jg akibat futsal ke Rs. MItra Kemayoran dgn Dr.Roy dinyatakan keponakan ane jg acl sobek.. sekalian ane periksa jg kaki ane.. ternyata kaki ane gagal pas operasi di Rs.Hsd.. ane di saran kan operasi ulang emoticon-Berduka (S).... pdhl ane sdh abis biaya Rp.100jt lbh tp sia"...emoticon-Berduka (S)...
Quote:Original Posted By Delonk
gan.. ane jg bekas operasi acl akibat main futsal 2 thn yg lalu... acl ane putus gan.. ane operasi di RS. Hsd Mabes.. di tanganin sama Dr. Hend..
tp setelah 2 thn operasi lutut ane masih krg stabil dan kendur...
pas kemarin ane antar keponakan periksa lutut jg akibat futsal ke Rs. MItra Kemayoran dgn Dr.Roy dinyatakan keponakan ane jg acl sobek.. sekalian ane periksa jg kaki ane.. ternyata kaki ane gagal pas operasi di Rs.Hsd.. ane di saran kan operasi ulang emoticon-Berduka (S).... pdhl ane sdh abis biaya Rp.100jt lbh tp sia"...emoticon-Berduka (S)...


Kalau urusan operasi mahal kayak gini jangan yang macem macem de gan.. Kemarin ane juga sempet mua dokter Roy. Kelihatan sih skill ada, tapi harga mahal bukan main. Jadi ane coba cari cari, sebetulnya siapa tahu dapet yang lebih murah.. eeehhh.. ternyata malah dapet referensi Andre Pontoh. Harga memang lebih murah 5 juta, tapi faktor dokter, pengalaman dan fasilitas jauh. Apalagi dibanding Hsd. BTW, nyokap ane meninggal gara gara salah diagnosa di Hsd.
Dan kalau agan abis 100 juta, ane cuman abis total 50 juta, di 2 rumah sakit. 5 juta Dokter Roy di Mitra Kemayoran, dan 45 juta di Pondok Indah. Sekarang ane udah bisa lompat dikit dikit kalo turun tangga. Karena kalo turun nekuknya rada susah jadi ane lompat dikit. Naik udah lancar, tak tok tak tok.. Kalau di pondok indah ambil kelas 3 aja gan. Fasilitas oke banget kok disana.
Mantap gan! Thanks for sharing...
Ane minggu ke3 setelah operasi dgn Dr.Andre Pontoh.siang ini rencana ke rspi untuk fisio terapi pertama dgn Dr.Carmen. agan uda fisio brp kali? So far progress ane lumayan lah lutut uda bisa nekuk hampir rapet naik tangga uda lancar walau agak nyeri...tapi ane berasa lutut masi blom stabil, pas pertemuanke2 ane info ke Dr.Andre dan dicek beliau katanya lutut ane uda bagus hasil operasinya,mungkin masi baru kali ya...jadi masi berasa goyang...
Quote:Original Posted By jamrud_ijo
Mantap gan! Thanks for sharing...
Ane minggu ke3 setelah operasi dgn Dr.Andre Pontoh.siang ini rencana ke rspi untuk fisio terapi pertama dgn Dr.Carmen. agan uda fisio brp kali? So far progress ane lumayan lah lutut uda bisa nekuk hampir rapet naik tangga uda lancar walau agak nyeri...tapi ane berasa lutut masi blom stabil, pas pertemuanke2 ane info ke Dr.Andre dan dicek beliau katanya lutut ane uda bagus hasil operasinya,mungkin masi baru kali ya...jadi masi berasa goyang...


Ane sih baru fisio 2 kali. Tapi ane rada telat soalnya pas itu dr. Carmen lagi tugas ngurus olympic di london. Tapi abis dibenahin dia dalam 2 hari ane bisa nekuk jauh. Kalau awal awal bukannya masih ga boleh terlalu banyak naik turun tangga? Sekarang sih lutut stabil banget sih. Kaki sempet kepeleset tadi pas ujan ujan ga kenapa napa. Masih bisa menyesuaikan.

Ask

mau share sekaligus nanya nih gan

kira-kira 5 hari yang lalu ane olahraga (badminton)...dg waktu pemanasan yang sebentar, ane langsung masuk tuh kelapangan...setelah main kira-kira 3 game, di game ke 3 ane ngerasa ada yang aneh sama lutut ane. pada saat itu sama sekali ga berasa sakit. setelah game ke 3 mau selesai, tiba-tiba kaki sebelah kiri ane berasa lemes dan ga bisa buat digerakin, dibuat jalan pun agak sedikit pincang dan saat itu masih ga terasa sakit..hanya terasa seperti pegal-pegal.

ane berenti main..aneliat lutut ane, ternyata udah bengkak gede banget dan ga bisa ditekuk. sampai saat itu juga ga terasa sakit, cuma kaya pegel-pegel aja.
saat itu juga langsung ane bawa ke tukang urut..dan tukang urutnya bilang tulang lutut ane geser. setelah beberapa kali di urut..bengkaknya udah lumayan kempes dan perlahan-lahan udah bisa ditekuk walaupun belum bisa sampe full.
sekarang sih udah bisa jalan normal walaupun kadang masih suka timbul rasa pegel, dan masih blm bisa full ditekuk. emoticon-Sorry

klo dari pengelaman agan2 sekalian..untuk kasus kaya ane..kira-kira masa penyembuhannya lama ga ya??



Quote:Original Posted By prd0000


Ane sih baru fisio 2 kali. Tapi ane rada telat soalnya pas itu dr. Carmen lagi tugas ngurus olympic di london. Tapi abis dibenahin dia dalam 2 hari ane bisa nekuk jauh. Kalau awal awal bukannya masih ga boleh terlalu banyak naik turun tangga? Sekarang sih lutut stabil banget sih. Kaki sempet kepeleset tadi pas ujan ujan ga kenapa napa. Masih bisa menyesuaikan.


Baru balik fisio nih sama Dr.Carmen..Dia juga kaget ane uda bisa lipet lutut ahaha...tapi menurut Dr.Carmen paha ane beda jauh besarnya antara yang operasi dan yang ngga...jadi kudu dilatih agar besarnya sama..perkiraan bisa mane basket lagi 8 bulan...hiks..ga sabar banget nunggunya...

Agan bantu terapi di tempat fitness ga? Ane rencana mau ikiut fitness deket rumah biar cepet recoverynya...