Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014746465/pt-kai-berlakukan-sistem-boarding
PT KAI Berlakukan Sistem Boarding
misi gan pagi pagi buta gini ane mau share berita yang mungkin bermanfaat untuk kita semua, apalagi bagi para kaskuser yang sering berpergian dengan menggunakan kereta api.
berikut ini berita yang terdapat pada kompas.com
http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...istem.Boarding

PT KAI Berlakukan Sistem Boarding

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memberlakukan sistem boarding dalam pembelian tiket kereta api, seperti sistem yang dilakukan bagi penumpang pesawat.

Senior Manager Security PT KAI Akhmad Sujadi, Sabtu (2/6/2012), menjelaskan, sistem boarding ini akan diberlakukan 1 September nanti, pembelian tiket hingga sistem pemberangkatan penumpang kereta api akan menyerupai sistem yang biasa diberlakukan bagi penumpang pesawat.

Sistem boarding ini, lanjut Akhmad Sujadi, diterapkan guna mengurai antrean calon penumpang serta memberantas calo tiket kereta di stasiun.

"Jadi agar antrean terurai, maka kami buat sistem pesawat atau sistem boarding," kata Akhmad Sujadi di Jakarta.

Ia mengatakan, saat ini calon penumpang sudah bisa membeli tiket kereta jurusan daerah Jawa di sejumlah minimarket. Selain itu, bisa juga dibeli secara online atau memesan lewat telepon.

Seusai mendapat tiket sesuai identitas pemesan, calon penumpang harus tiba di stasiun sebelum jam pemberangkatan. "Check in layaknya yang dilakukan calon penumpang pesawat," lanjutnya.

Akhmad menjelaskan, sistem boarding akan mengurai antrean di loket pembelian karcis ataupun di dalam stasiun. Sebab, yang berhak masuk ke dalam peron stasiun pemberangkatan hanya calon penumpang yang ingin check in.

Dengan demikian, pengantar penumpang tidak boleh memasuki stasiun seperti biasanya. "Calon penumpang yang check in juga harus pemegang tiket sesuai identitas KTP, SIM, atau sejenisnya," kata Akhmad.

Akhmad melanjutkan, sistem boarding juga akan sangat membantu dalam pemberantasan calo. Dengan begitu, diharapkan tak ada lagi calon penumpang yang tak kebagian tiket.

Ia mengaku sistem boarding sudah diuji coba di sejumlah stasiun kereta di daerah Jawa. "Sistem uji coba sekaligus sosialisasi itu berlangsung sejak 1 Mei hingga 31 Agustus nanti," ujarnya.

tambahan dari kaskuser
Quote:Original Posted By akromul
ane setuju banget gan.. oiya ada yg di pejwan belom tau klo peron uda sejak lama ga pake bayar2 lg.. ane beberapa bulan ini hampir tiap 2minggu pake kereta dari tegal -gambir n purwokerto - gambir.
sekarang klo mo nunggu kereta plg gasik tu sejam sebelumnya, n klo mo masuk peron kudu nunjukkin tiket kereta kita. n klo ada boarding macem tiket pesawat malah kayaknya lebih bagus lg tuh,, mana di beberapa stasiun klo qt pake kereta eksekutif, si asongan kaga masuk ke gerbong.
n yg jelas ane klo beli tiket di IND*MARET n JANGAN LUPA gan klo beli dsana maksimal beli 1hari sebelom jadwal keberangkatan KA, n plg lambat 30 menit sebelom keberangkatan kita kudu nuker struk bayar IND*MARET biar jadi tiket KA (yg asli). sebage info aja si komenan ane, moga2 ada yg bermanfaat..

*tambahan gan :
klo tiket yg beli di stasiun uda pada abis setau n sepengalaman ane itu bukan calo gan, ane pernah dikasi tau klo tiket mayoritas sudah di posting di agen resmi tiket KA n mini market macem IND*MART n ALF*MART. ane pernah ngalamin pas beli di stasiun uda abis nah akhirnya ane ke minimarket n disana jelas2 keliatan d komputer kasir sisa tiket kereta yg mau ane pake masi ratusan kursi. moga2 mencerahkan agan2 dsini,


bagi yang udah iso boleh dong minta
buat yang belom tolong bantu

thx
pencitraan kah?
padahal kan dah dari dulu ketauan bobroknya sistem tiket kereta api
seharusnya dari dulu diberlakukan seperti ini sistemnya.
sekalian aja dikasih ke swasta pengelolaaanya, biar lebih baik lagi
kalo gitu harus nambah kocek buat bayar boarding pass lagi donk....
kalo nama di tiket waktu beli di peron beda sama nama waktu boarding bisa naik kereta nggak?
kalo bisa ganti nama sama aja melihara calo
mau berantas calo ? GAMPANG BANGET.... tinggal diatur aja supaya nama tiket harus sama dengan nama di kartu identitas penumpang/pemegang tiket dan harus diperiksa dengan bener2 teliti saat penumpang mau masuk ke peron maupun saat pengecekan di atas kereta.


N.B. : itu pun kalau PT KAI benar-benar mau memberantas calo, bukan lip service belaka :
yap... kalo pelaksanaan bisa kontinum salut deh.. kalo ngga ya cuma bisa ngelus dada
masih dalam tahap uji coba ya gan
sistem boarding yang diterapkan ini
mudah-mudahan memberikan kemudahan, bukan membuat galau calon penumpang
dan jg diiringi perhatian untuk keselamatan perjalanan
Apapun itu diharapkan tidak ada calo yang bisa memberatkan penumpang
Semoga semakin baik dan baik lg
semoga berjalan dengan baik...
jadi karcis peron dihapus dong???

tiket kereta lokal apa diperon apa terpisah tempatnya???
langkah ini memang patut didukung

selain itu memang sudah saatnya orang-orang ticketing hasil budaya "kerajaan" dikurangi secara besar-besaran.......

mereka juga termasuk biang keladi percaloan.....

PT KAI Berlakukan Sistem Boarding
yah semoga ajah bisa lebih baik sehingga yang pesimis2 bisa liat hasilnya
kira2 nanti ditambah pajak stasiun gak ya ?
ada checkin juga donk nanti...
Mau Boarding kalau jumlah Kereta ama Gerbong cuma dikit ya sama aja
siap mantau aja lah gan
udah pesimistis lah sama PT KAI..ga pernah bener smuanya..
wah,,takutnya tambah ribet ya..hmm,,dilihat aja ntar..

selamat gan jadi HT..jarang2 mejeng di pekiwan..hehe