alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014710756/basarnas-serahkan-fdr-sukhoi-ke-knkt
Basarnas Serahkan FDR Sukhoi ke KNKT
Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) menyerahkan penemuan rekaman data penerbangan atau Flight Data Recorder (FDR) pesawat Sukhoi Superjet 100. Perangkat itu merekam data terkait kecelakaan jatuhnya pesawat asal Rusia itu di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, pada 9 Mei 2012.

Kepala Basarnas Marsekal Madya Daryatmo menyerahkan langsung perangkat tersebut kepada Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (31/5). Serah terima disaksikan langsung utusan Sukhoi dan Danrem 061 Suryakancana Kol Inf AM Putranto yang memimpin evakuasi di lokasi kejadian.

Tatang mengakui FDR penting dalam penyelidikan kecelakaan pesawat. Sebelumnya, tim evakuasi menemukan rekaman suara kokpit atau cockpit voice recorder (CVR). FDR dan CVR merupakan bagian dari kotak hitam (black box). Dengan FDR, pembacaan data mengenai penyebab kecelakaan bisa dilakukan dengan mudah. Meski demikian, pengumuman hasil penyelidikan bisa dilakukan paling lambat 12 bulan setelah dua perangkat itu ditemukan.

Ia mengakui sulit menemukan FDR di darat. Bila di laut, sinyal dari pemancar FDR akan terus berbunyi selama satu bulan penuh, sehingga posisi FDR dapat dipastikan. Tapi sinyal tersebut tak berfungsi bila kecelakaan terjadi di darat.

Hal senada disampaikan Danrem 061 Suryakancana Kol Inf AM Putranto. Itu terbukti FDR ditemukan 21 hari setelah kecelakaan yang menewaskan 45 penumpang dan kru pesawat tersebut. Warga yang tergabung dalam tim evakuasi menemukan FDR sekitar 30 meter di bawah reruntuhan ekor pesawat.

Posisinya, kata Putranto, setengah terbalik. Tim lalu melakukan penggalian dan mencocokkan bentuk temuan tersebut dengan foto. Hasilnya cocok. Tim langsung menyerahkan perangkat tersebut ke Basarnas.

Kepala Basarnas Daryatmo mengucapkan terimakasih kepada anggota dan warga yang melakukan proses evakuasi. Kini proses evakuasi selesai. "Kita fokus pada korban. FDR dan CVR pun sudah ditemukan. Jadi evakuasi selesai," kata Daryatmo.

Sumber : http://www.metrotvnews.com/read/news...Sukhoi-ke-KNKT

DPR Percaya KNKT Bisa Kuak Penyebab Kecelakaan Sukhoi

Flight Data Recorder (FDR) pesawat Sukhoi Superjet 100 telah diserahkan Basarnas kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi. Wakil Ketua DPR RI Pramono Anung menyatakan, Komisi V bisa segera memanggil kembali pihak-pihak terkait.

"Kalau FDR sudah ketemu, black Box memang lama. Maka Komisi V punya hak memanggil pihak untuk menjelaskan masalah ini," kata Pramono Anung di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (31/5).

Pramono mengatakan, kecelakaan Sukhoi sudah menjadi komsumsi dunia. Karena itu perlu diketahui apakah pesawat yang jatuh di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, terjadi akibat kesalahan manusia, teknik atau soal komunikasi.

Sementara itu, anggota Komisi V DPR Teguh Juwarno mengapresiasi penemuan FDR. Dengan begitu lengkap sudah bahan KNKT untuk menguak tabir penyebab musibah Sukhoi SSJ 100.

"Sekarang tinggal KNKT kita kawal untuk bekerja secara independen, profesional tanpa tekanan dari pihak manapun, baik dari dalam maupun luar negeri," kata Teguh. Politikus Partai Amanat Nasional itu percaya KNKT bekerja profesional untuk Indonesia.

"Kta tidak perlu mengembangkan analisis yang spekulatif tanpa data yang valid. Karena justru akan menimbulkan distorsi dan kebinguangan masyarakat," kata Teguh

Sumber : http://www.metrotvnews.com/read/news...akaan-Sukhoi/3
semoga cepat terungkap penyebab kecelakaan pesawat ini...

KNKT: FDR Sukhoi masih Baik, Perlu Setahun Menganalisa

Flight Data Recorder (FDR) atau rekaman data penerbangan/FDR) pesawat Sukhoi Superjet 100 yang jatuh di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, ditemukan dalam kondisi baik. Ini berbeda dengan bagian kotak hitam yang sudah ditemukan terlebih dulu, perekam suara kokpit atau Cockpit Voice Recorder (CVR) yang hangus terbakar.

"Saya yakin FDR ini dalam kondisi bagus, karena CVR yang kita temukan kemarin meskipun hangus terbakar, datanya masih bisa dibaca," kata Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (31/5).

FDR itu ditemukan oleh warga tertimbun tanah cukup dalam, sekitar 20 meter dari ekor pesawat. Benda berwarna oranye masih dikenali karena tidak rusak. Sukhoi Superjet 100 jatuh pada 9 Mei lalu di kawasan Gunung Salak saat joyflight dengan membawa 45 penumpang dan awak. Semuanya meninggal.

"Kita punya alatnya untuk membaca data FDR," kata Tatang. Tatang menjelaskan, FDR merekam semua data penerbangan, seperti kecepatan pesawat dan ketinggian. FDR, kata Tatang, bisa dibuka dalam waktu tiga hingga empat jam. Akan tetapi membutuhkan waktu lama untuk menganalisis datanya. Ia memperkirakan memakan waktu setahun.

Chief Desainer Sukhoi Vladimir N Lavrov memastikan benda tersebut memang benar-benar FDR. "Benar ini FDR," kata Vladimir. Ia mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik dengan seluruh tim gabungan. Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya Daryatmo mengatakan, FDR ditemukan kemarin pukul 12.00 WIB oleh masyarakat.

Sumber : http://www.metrotvnews.com/read/news...Menganalisa/14
WAUUUU SIP GAN
Mantap dah tuh, semoga bisa diselidiki segera emoticon-army:
semoga cepet beres ni kasus,soalnya bisa bikin ribut ama rusia,,


Quote:
mampir ke lapak ane gan

#Stiker keyboard korea

#Kopi Luwak asli Pagar Alam SUMSEL (luwak liar bukan ternak)

#tinta refill bisa buat art paper kualitas mantap

#Mukena Batik Lukis Exclusive asli pekalongan

#DVD atau VCD murottal terjemah al-Qur'an

#Happy Call Asli Korea Murah
Semoga tragedi yang menyedihkan ini segera terungkap ya gan,
Quote:Original Posted By adianazone72
semoga cepat terungkap penyebab kecelakaan pesawat ini...


Quote:Original Posted By Ardhyoneille
Mantap dah tuh, semoga bisa diselidiki segera emoticon-army:


Quote:Original Posted By raa33
Semoga tragedi yang menyedihkan ini segera terungkap ya gan,


Amin ya Allah emoticon-Matabelo makasih support nya teman teman emoticon-Kiss
Quote:Original Posted By indrapramanar
WAUUUU SIP GAN


mkasih sudah mampir di trit aku emoticon-Kiss
Semoga bisa di selidiki lebih lanjut... penyebabnya....
Akhirnya ketemu juga FDRnya.
Mudah2an bisa segera dianalisa data2 dalam FDR itu.
Quote:Original Posted By xioqiu
Semoga bisa di selidiki lebih lanjut... penyebabnya....


sip setuju emoticon-Cool makasih ya emoticon-Kiss
Quote:Original Posted By HollowMoon
Akhirnya ketemu juga FDRnya.
Mudah2an bisa segera dianalisa data2 dalam FDR itu.


semoga emoticon-Matabelo amin ya Rabb emoticon-Kiss
biar pihak rusia saja yang mengurus, SDM indonesia mana bisa mengurus FDR yang canggih seperti itu
kita tunggu satu tahun, baru ketemu jawaban e emoticon-Thinking
hebat nih basarnas
bagus lah ketemu