alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014683985/31-mei-hari-tanpa-tembakau-sedunia-stop-tobacco-industry-interference
Peringatan! 
31 Mei: Hari Tanpa Tembakau Sedunia: "Stop Tobacco Industry Interference!"
Quote:31 Mei, Hari Tanpa Tembakau Sedunia:
Stop Tobacco Industry Interference!

Hot Thread Pertamax Ane,
Thx Buat Kaskus, Banner Iklan Rokok Juga Tidak Terlihat Hari Ini


31 Mei: Hari Tanpa Tembakau Sedunia: Stop Tobacco Industry Interference!

Quote:Sebagai Pembuka
Video: Sex Lies & Cigarettes: Vanguard Sneak Peek

Spoiler for Sex Lies & Cigarettes: Vanguard Sneak Peek:

Quote:
Christof Putzel, jurnalis video untuk Vanguard, terhenyak melihat video Aldi Rizal Suganda, 3,5 tahun, di YouTube yang menjadi perokok berat. Dari kasus itulah ia terilhami untuk membuat video dokumenter Sex, Lies & Cigarettes.

Fakta mengenai Industri dan bisnis Rokok di Indonesia, Penetrasi dan Upaya Perusahaan Rokok untuk masuk ke dalam generasi muda Indonesia. Dalam Konferensi Dunia untuk Tembakau 2010 Koresponden Christof Putzel pergi menyelinap dan melakukan pembicaraan dengan karyawan perusahaan tembakau. Ia juga melakukan wawancara dan investigasi langsung mengenai bocah perokok terkecil di Dunia serta memaparkan mengenai fakta-fakta cengkraman bisnis tembakau global dan Indonesia.




Quote:
Quote:Sampai Kapan Indonesia akan Menyayangi Rokok?

Quote:Jika para perokok menganggap rokok adalah hak azasi, maka harus dipastikan agar hak orang lain untuk menghirup udara segar tidak terusik. Indonesia dianggap kurang tegas melindungi hak atas udara segar dan lebih sayang pada rokok.

Di berbagai forum internasional yang membahas bahaya rokok dan tembakau, Indonesia sering dikucilkan karena tidak menyepakati Framework Convention on Tobacco Control (FTCT) atau Kesepakatan Internasional tentang Pengendalian Tembakau. Lebih menyakitkan lagi, INDONESIA sebagai satu-satunya negara ASEAN dan ASIA PASIFIK yang tidak meratifikasi FCTC juga sering disindir. (Negara lain yang belum menandatangani, antara lain: Andora, Eritrea, Monako, Somalia, Turkmenistan, dan Zimbabwe).

Seperti yang terjadi dalam 15th World Conference on Tobacco or Health (WCTOH) di Singapura, sindiran datang dari Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan. Meski tidak terang-terangan menyebut Indonesia, namun sindiran itu disambut tawa riuh ribuan peserta konferensi.

"Seluruh negara ASEAN saya kira sudah sepakat soal pengendalian tembakau, kecuali.. Ah, saya tidak mau sebut namanya," kata Surin yang sehari-hari berkantor di sekretariat ASEAN di Jakarta.

Sebenarnya apa dosa Indonesia dengan tidak meratifikasi FCTC, sampai harus di-bully di setiap pertemuan internasional tentang tembakau?

Berbagai penelitian ilmiah telah membuktikan, rokok bertanggung jawab terhadap bermacam-macam kanker dan penyakit kronis seperti diabetes dan gangguan jantung. Dampak yang paling banyak ditemukan adalah gangguan pernapasan, mulai dari infeksi tuberculosis (TB) hingga kanker paru-paru.

Sebuah buku berjudul The Tobacco Atlas 4th Edition yang baru saja dirilis mengungkap, korban tewas akibat penyakit yang berhubungan dengan rokok telah mencapai 100 juta orang sepanjang abad ke-20. Diperkirakan pada abad ke-21, angkanya akan melonjak hingga 1 miliar orang!

Bukan hanya para perokok dewasa yang menjadi korban, anak-anak yang belum mengenal rokok juga ikut merasakan dampaknya sebagai perokok pasif atau second hand smoker. Dari seluruh populasi anak-anak di seluruh dunia, diperkirakan 40 persen ikut menghirup asap rokok.

Menurut buku yang disusun oleh Michael Eriksen, Judith Mackay dan Hana Ross tersebut, kondisi di Indonesia termasuk buruk. Persentase anak-anak yang terpapar asap rokok mencapai 64,7 persen, bahkan media asing beberapa kali memberitakan anak Indonesia kecanduan rokok seperti yang terjadi di Sukabumi belum lama ini tentang seorang bocah bernama Adi Ilham yang berumur 8 tahun tapi sudah merokok.

Kondisinya juga tidak lebih baik ketika dilihat jumlah rokok yang dikonsumsi. Jika konsumsi rokok di seluruh dunia mencapai 6 juta batang rokok tiap tahun, satu keluarga di Indonesia bisa menghabiskan rata-rata 1.058 batang rokok setiap tahun.

Soal harga, rokok di Indonesia termasuk paling murah dengan rata-rata US$ 1,4 atau sekitar Rp 12.000 tiap bungkus dan itupun masih bisa dibeli secara eceran. The Tobacco Atlas menyebut, orang Indonesia hanya perlu bekerja selama 4 menit untuk mendapatkan 1 batang rokok.

Padahal di banyak negara, rokok dikenai pajak yang lumayan tinggi sehingga harganya tidak terjangkau oleh kalangan ekonomi menengah ke bawah. Di USA misalnya, harga rokok mencapai US$ 12 atau sekitar Rp 110.000 tiap bungkus. Di Mesir, merokok pakai shisha kena pajak 100 persen dan rokok biasa dikenai pajak sebesar 75 persen.

Belum lagi masalah pencantuman peringatan bergambar. Alih-alih memenuhi rekomendasi 15th WCTOH yakni seluas 75 persen dari kemasan rokok, pemerintah baru bisa mewajibkan pencantuman peringatan tertulis yang kadang-kadang tidak tertangkap maksudnya oleh anak-anak dan kelompok buta huruf.

Menurut Bloomberg Philantropies, saat ini tercatat sudah ada 174 negara yang menyepakati FCTC untuk melindungi hak yang lebih azasi daripada merokok, yakni untuk menghirup udara segar. Sesuai rekomendasi 15th WCOTH, diharapkan pada tahun 2015 semua negara sudah meratifikasi FCTC.

Sumber: AN Uyung Pramudiarja – detikHealth



Quote:
Kami mendesak Presiden dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia segera meratifikasi FCTC dan membuat Undang-Undang Pengendalian Dampak Tembakau untuk melindungi rakyat Indonesia, khususnya generasi muda!
31 Mei: Hari Tanpa Tembakau Sedunia: Stop Tobacco Industry Interference!
31 Mei: Hari Tanpa Tembakau Sedunia: Stop Tobacco Industry Interference! 31 Mei: Hari Tanpa Tembakau Sedunia: Stop Tobacco Industry Interference!



Mohon di Rate Gan
Cendol Juga Boleh

emoticon-2 Jempolemoticon-Rate 5 Star:emoticon-Toastemoticon-Rate 5 Staremoticon-2 Jempol
kenapa ga ttiap hari ?

Quote: Ingin punya tubuh Tinggi? Belilah Paket peninggi Badan super!!


31 Mei: Hari Tanpa Tembakau Sedunia: Stop Tobacco Industry Interference!

Cool 

Quote:
MITOS DAN FAKTA SEPUTAR ROKOK

Banyak sekali mitos yang berkembang di masyarakat yang justru merugikan masyarakat sendiri, dan terus dihembus-hembuskan oleh industri tembakau untuk menghalangi perlindungan kesehatan masyarakat. Beberapa mitos yang sering dipergunakan adalah sebagai berikut:

1.\tAsap rokok orang lain tidak membahayakan kesehatan
Spoiler for fakta:

2.\tTidak diperlukan undang undang (perda). Kebijakan yang bersifat sukarela sudah cukup
Spoiler for fakta:

3.\tSistem ventilasi akan mengatasi masalah asap rokok orang lain
Spoiler for fakta:

4.\tUndang undang (perda) kawasan tanpa rokok melanggar hak azasi. Perokok harus diizinkan mengisap produk legal dan perusahaan harus bisa menentukan akan menerapkan kawasan tanpa rokok atau tidak
Spoiler for fakta:

5.\tUndang undang (perda) lingkungan bebas asap rokok tidak populer. Masyarakat pada umumnya tidak menginginkannya\t
Spoiler for fakta:

6.\tUndang undang (perda) yang melarang orang merokok pada waktu santai tidak bisa diterapkan
Spoiler for fakta:

7.\tKebijakan kawasan tanpa rokok tidak tepat untuk negeri ini
Spoiler for fakta:


8.\tKalau orang tidak dibolehkan merokok di tempat umum, mereka akan lebih banyak merokok di rumah masing-masing dan risiko paparan pada anak-anak akan lebih besar
Spoiler for fakta:

9.\tKalau undang undang (perda) kawasan tanpa rokok diterapkan, industri jasa dan industri pariwisata akan merugi
Spoiler for fakta:

10.\tPeraturan kawasan tanpa rokok tidak penting karena akan meningkat kan masalah sosial termasuk kekerasan dan keributan di jalanan
Spoiler for fakta:

Ane dukung deh gan
kalo bisa malah tiap hari emoticon-Big Grin

Cool 
Komen-Komen Berkualitas

Quote:Quote:Original Posted By mynameismichell
OKE,ane ngerokoknya stop ditempat umum dulu gan..ngerokok di rumah dulu aja..menghormati yang gak ngerokok..pekerjaan ane jenuh tapi mengasyikan buat ane dan untuk ngilangin kejenuhan ane udah terbiasa ngerokok gan..tapi jgn ditiru ya kebiasaan ane..mengingat efek dari merokok itu berbahaya..dan ane sedang berusaha mengurangi rokok..intinya..saling menghormati gan..


Kalo bisa selamanya gan buat ga ngerokok ditempat umum, kita menghormati kok hak orang-orang buat ngerokok, tapi hormati kita juga yang punya hak buat ngehirup udara bebas asap rokok, intinya memang harus menghormati, emoticon-Cendol (S)

Intinya tekad dan kemauan Gan, Ane yakin pasti semua yang ngerokok itu tahu dampak rokok sebenarnya, dan Ayah ane juga dulu pecandu, sampe 3 bungkus sehari, tapi sekarang dah berhenti emoticon-Cendol (S)

salam,

Quote:Quote:Original Posted By xlynd
mudah ngomong gan,
terus kalo gak ada rokok mau dibuang kemana tuh karyawan djarum, gudang garam ama yang lainnya emoticon-Cape d... (S)


Selama ini, industri rokok disebut-sebut sebagai lapangan pekerjaan yang menyerap hingga puluhan juta tenaga kerja. Namun anggapan itu ternyata hanya mitos.

"Meski dikatakan ada 10 juta tenaga kerja yang terlibat industri ini, faktanya hanya 250 ribu tenaga kerja yang bekerja di pabrik dan 684 ribu petani tembakau," kata Peneliti Lembaga Demografi FEUI Abdillah Ahsan.

udah ada hasil penelitiannya gan, nanti ane coba lampirin emoticon-Cendol (S)

Inti FCTC itu bukan menutup Industri rokok, tapi membatasi penggunaan rokok yang sangat membahayakan kesehatan, dan secara bertahap, memang tugas pemerintah buat nyediain industri alternatif pengganti tembakau emoticon-Cendol (S)

salam,


Quote:Quote:Original Posted By CaoJr
tembakau salah 1 penghasilan terbesar d negara ini gan ,,
susah jg buat setopin nya 31 Mei: Hari Tanpa Tembakau Sedunia: Stop Tobacco Industry Interference!


Secara historis, menaikkan harga tembakau tidak pernah menyebabkan penurunan pendapatan pemerintah manapun di dunia. (search aja gan pengalaman negara lain menaikkan cukai tembakau)

Pajak yang tinggi memang menyebabkan penurunan jumlah rokok yang terjual. Namun pajak per bungkus yang tinggi menghasilkan pendapatan negara yang lebih besar. Peningkatan pajak tembakau yang tinggi akan mengurangi konsumsi sekaligus meningkatkan pemasukan pemerintah.emoticon-Cendol (S)

salam,


Quote:
Quote:Original Posted By maletomic
mau berkomentar boleh ya..
kebetulan ane pernah kerja di salah satu perusahaan roko terbesar di Indonesia. sebenernya pemerintah Indonesia tuh mau aja ikut perjanjian itu dan sebenernya gampang aja ikut kesepakatan FCTC. tp yg jadi pertimbangan adalah perusahaan rokok yg blom siap untuk itu. pemerintah jg udah coba terus menekan perusahaan rokok untuk mengurangi jumlah produksinya & mengurangi jumlah promosi. perlahan tapi pasti usaha itu lumayan berhasil. mulai dari cukai roko yg diitung bungkus & batang (kena pajak 2x), perusahaan roko ga boleh ngesponsorin acara yg berhubungan dgn institusi pendidikan (sekolah & kampus), pajak iklan yg tinggi (mulai dari tv sampe flyer kecil yg diproduksi diproduksi perusahaan), materi iklan yg ga ngebolehin ngeliatin produk rokonya, sampe jumlah iklan yg beredar di publik. coba deh perhatiin iklan roko di tv skr iklan roko boleh tayang setelah jam 10 malem. 1-2 bulan lalu mulai 9.30 malem.

kesepakatan FCTC kan sebenernya bukan menutup perusahaan rokok, melainkan mengurangi jumlah rokok yg beredar di pasaran. bayangin aja perusahaan rokok yg sampai saat ini omset penjualan perminggunya 2 Milyar tiba" harus berkurang drastis krn mengikuti kesepakatan ini. pemerintah jg ga mau gegabah utk ambil keputusan ini krn banyak warga Indonesia yg bergantung hidupnya di perusahaan rokok. makanya dgn adanya penekanan dari pemerintah ttg promosi rokok maka konsumen sedikit demi sedikit melupakan rokok sbg barang konsumsi. dampaknya adalah produsen mengalami penurunan penjualan yg berdampak pula penurunan jumlah produksi. bahkan nantinya pemerintah bakal ngelarang toko/warung pajang rokok di etalase & tulisan merk roko juga bakal dilarang

gimana dgn orang yg udah kecanduan?? gimana carinya??
coba liat deh iklan" rokok di tv, media cetak atau dimanapun. secara ga langsung produsen mulai mensosialisasikan logo untuk produknya. contoh surya promild dgn logo lingkarannya, dunhill dgn huruf D, Amild dgn huruf A romawi, dji sam soe dgn angka 234, dsb. sehingga nantinya walaupun pemerintah melarang produsen promosi melalui iklan berbentuk tulisan yg mencirikan bahwa itu adalah iklan roko, orang" pecandu roko udah tau klo beli roko harus di toko / warung yg ada logo roko yg mreka minati

*ane kerja di perusahaan roko dan ternyata karyawannya banyak jg ko yg ga ngeroko.
krn orang" jaman skr udah pada pinter masalah kesehatan & keuangan emoticon-Big Grin

komen dari karyawan yang kerja di Industri rokok emoticon-Cendol (S)


Quote:
Quote:Original Posted By the_jakwire
Hari ini divonis dokter ane kena bronchitis.....
sudah dua minggu brenti ngerokok....
hari ini ane putusin brenti ngerokok....
Insyaallah....

Semangat gan ane yakin ente bisa berhenti emoticon-Cendol (S)
Semoga cepat sembuh!
salam,

Quote:
Quote:Original Posted By SunXia
kalo indonesia berenti ngerokok banyak sekali dampak buruknya:
1 Pengangguran berlebih yang dapat menambah angka kemiskinan
2 Hutang Negara bertambah karena tiadanya cukai bakau lagi
3 ISL (Indonesia Super League) mau dikemanain?
4 Sosial event yang biasa diadakan Vendor Rokok gak akan ada.
5 Band-band indie yang sponsornya rokok gak akan maju


Untuk poin 1 dan 2 sd terjawab ya ganemoticon-Cendol (S)
poin 3,4 olahraga yang disponsorin rokok? hanya ada di indonesia!emoticon-Berduka (S)
saya rasa, masih banyak kok perusahaan-perusahaan yang mau jadi sponsor, mungkin karena mereka kalah bersaing dengan "sumbangan" industri rokok, makanya jarang yang kelihatan, emoticon-Cendol (S)
untuk poin 5, itu adalah strategi pemasaran perusahaan rokok gan untuk menjerat generasi muda emoticon-Cendol (S)

salam,


Quote:
Quote:Original Posted By yoharyo
Harusnya tiap hari jadi hari bebas tembakau. Saya setuju kalo di Indonesia diterapin secara tegas, karena para perokoknya sering atau selalu tidak menghargai hak-hak orang yang tidak merokok buat menghirup udara segar. Seenaknya aja merokok dimana saja seperti cuma mereka yang punya hak.

Indonesia gak ratifikasi FTCT pasti ada kepentingan politik antara pengusaha tembakau dengan para penguasa. Atau ada tekanan dari para pejabat di pemerintahan dan para penguasa yang memiliki usaha di bidang pengolahan tembakau yang menekan pemerintah.

Harusnya harga rokok dinaikkan saja, jadi memang hanya orang-orang yang mampu beli yang merokok. Karena perokok di Indonesia juga banyak dari kalangan tidak mampu, yang dimana mereka lebih sering milih buat beli rokok daripada buat makan. Tapi yang saya bingung pada saat mereka kelaparan pemerintah lagi yang disalahkan. Kalau bisa merokok berarti orang mampu kan? Bisa bakar rokok berarti ya bakar uang berarti harusnya kalau bisa bakar uang mampu beli makan dan sekarang sedihnya lagi anak-anak kecil juga mulai merokok. Hal ini harus dihentikan agar generasi penerus bangsa tidak rusak.

emoticon-Cendol (S)

Quote:
Quote:Original Posted By blankmotion
buat yang perokok: apa alasan agan merokok ?

memang benar indonesia tidak meratifikasi fctc, coba lihat di webnya http://www.fctc.org/index.php?option...d=19&itemid=13

nih ts ane punya data dari riskesdas "ane merahin yang paling besar pesentasenya gan"
Spoiler for data perokok berdasarkan karakteristik:


tambahan lg gan,..
Seharusnya uu ini sudah disahkan sejak tahun 2010 tetapi..... Sekarang udah belum yah,.. emoticon-Stick Out Tongueeace:
Spoiler for uu no 36 thn 2009 ttg kesehatan:

pejwan jg gpp gan emoticon-Malu (S)

thx tambahannya ganemoticon-Cendol (S)
salam,

Quote:Quote:Original Posted By adityafudmanto
Entah mengapa ada istilah "ROKOK diberikan kepada orang yang tidak bisa membaca". Mengapa demikian? Karena tertulis "MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN."
Sudah tertulis seperti itu masih banyak juga perokok di Indonesia ini emoticon-Cape deeehh
OKE,ane ngerokoknya stop ditempat umum dulu gan..ngerokok di rumah dulu aja..menghormati yang gak ngerokok..pekerjaan ane jenuh tapi mengasyikan buat ane dan untuk ngilangin kejenuhan ane udah terbiasa ngerokok gan..tapi jgn ditiru ya kebiasaan ane..mengingat efek dari merokok itu berbahaya..dan ane sedang berusaha mengurangi rokok..intinya..saling menghormati gan..
harus nya tiap hari gan...emoticon-thumbsup
jadi kita ngerayain nya dengan ngerorok rame2 ya gan emoticon-Hammer
bukan maen dah ni trid emoticon-Ngakak

MaMpiR JuRaGaNSS
emoticon-RequestQuote:[center]-Komik Kocak-
Kata NGAKAK aja ga cukup buat ngungkapin ny Gan!! :ngakaks :ngakaks :ngakaks

31 Mei: Hari Tanpa Tembakau Sedunia: Stop Tobacco Industry Interference!

Komik Kocak bikin Ngakak Gan!! :ngakak :ngakak :ngakak[/center]
ane juga pengen ngerti ngudud gan emoticon-Mewek
kalo semua berenti ngroko, kasian nnti perusahaan roko pada tutup ganemoticon-Big Grin
Kalau udh kecanduan akut mau gemana pun diberi peringatan ttp jalan ngeroko ny gan .
mudah ngomong gan,
terus kalo gak ada rokok mau dibuang kemana tuh karyawan djarum, gudang garam ama yang lainnya emoticon-Cape d... (S)

Quote:Quote:Original Posted By Zakora
Kalau udh kecanduan akut mau gemana pun diberi peringatan ttp jalan ngeroko ny gan .


oleh karena itu kita cegah generasi muda untuk tidak merokok, dan menghindari kecanduanemoticon-Cendol (S)

Quote:
Quote:Original Posted By ideotlogi
Pemerintah wajib ratifikasi FCTC secepat mungkin, ga perlu survey atau observasi kerugian yg bakal ditimbulin.
Kerugian sakit menahun akibat rokok gue yakin lebih menyengsarakan daripada harus membatasi produksi rokok itu sendiri.
Kalo pun harus PHK buruh pabrik rokok, masih banyak kan mata pencaharian lain yg lebih "sehat"? Rejeki bukan ditangan pemilik pabrik guys emoticon-Blue Guy Peace

Soal pajak rokok yg besar bisa lah diakal2in supaya bisa dapat pajak yg lebih besar dr sumber lain. Sepak bola atau kendaraan pribadi misalnya emoticon-Big Grin

Gue ngomong gini karena kesel sama org2 sini yg -suka- berlagak keren kalo ngerokok emoticon-Berbusa (S) gue nasehatin jgn ngerokok di angot malah sewot, di sekolahan juga gitu & masih banyak lg tempat yg bisa gue sebutin yg sebenarnya ga layak untuk dijadikan tempat ngerokok

Selamat hari bebas tembakau gan emoticon-I Love Indonesia (S)

emoticon-Cendol (S)

Quote:
Quote:Original Posted By chivazregal
Seharusnya pemerintah lebih tegas emoticon-Hammer

Minimal aturan penjualan rokok diperketat, jadi gak semua kalangan bisa beli emoticon-Nohope

emoticon-Cendol (S)

Quote:Quote:Original Posted By kbbo
akhir januari 2012 ane berenti rokok gan, setelah nonton video Sex, Lies, and Cigarrette. keputusan ane berenti bukan semata mata karena nonton video ntu, ane juga ada pertimbangan ekonomis pada diri ane terkait konsumsi rokok.

eh ntu ada nyang nmnyebut industri musik indie akan terganggu dengan disepakatinya peraturan pengaturan rokok di indonesia yah? yaampun gan, konsep pernyataan ente salah kaprah. nyang disebut indie (independent) setau ane yah, ntu movement dari band untuk jalan sesuai cara sendiri. mulai dari penyiptaan lagu, rekording, mixing, pemasaran, tour, dsb. sponsorship for indie movement? holly molly! keberlangsungan band indie tergantung dari sponsor (rokok)? buka wikipedia deh gan.
salam, emoticon-Cendol (S)


Quote:Quote:Original Posted By vasquez220189
menurut ane bukan masalah merokok atau tidak merokok gan, tp lebih ke arah hak azasi. maksud'a yang perokok dan bukan perokok harus saling menghargai dan menghormati kebutuhan masing".

klo masalah perusahaan rokok ini merupakan penyumbang terbesar untuk pendapatan negara, ane sangat setuju.
bgmn mau kampanye antirokok jk royalti tambang saja baru hny 12 Triliun, kalah dgn cukai rokok yg 66 T?. buat sumber googling aja yak emoticon-Big Grin
sekalipun cukai'a dinaekin, yg ada produksi'a menurun, malah bisa jadi bukan naek malah turun. krn produksi'a sedikit. jadi menurut ane memang pemerintah gak mau gegabah langsung setuju dengan FCTC tersebut, krn memang telat jg, klo dari awal lgsg setuju, mgkn gak seperti ini keadaan'a.

"Meski dikatakan ada 10 juta tenaga kerja yang terlibat industri ini, faktanya hanya 250 ribu tenaga kerja yang bekerja di pabrik dan 684 ribu petani tembakau," kata Peneliti Lembaga Demografi FEUI Abdillah Ahsan.
komen buat pernyataan ente diatas, ane kurang setuju, mungkin penelitian ini hanya pada beberapa perusahaan rokok besar aja. klo agan mgkn pernah tau rokok buatan kampung agan yg nama'a gak terkenal atw mgkn cm ada di daerah agan, itu termasuk dalam penelitian gak? mslh'a hampir setiap daerah di Indonesia terutama pulau Jawa, itu banyak industri kecil yg bergerak dibidang rokok. jadi menurut ane yah memang rokok ini banyak menyerap tenaga kerja dan gak cuman 250rb aja. belum lagi produksi rokok lintingan yg pake kertas papir itu lho.


ane bukan perokok yah gan, hanya sedikit memberi pernyataan ane aja dan sebener'a setuju dengan udara segar tanpa asap rokok emoticon-Malu (S)


sekalipun cukai'a dinaekin, yg ada produksi'a menurun, malah bisa jadi bukan naek malah turun. krn produksi'a sedikit.

Yang perlu diberi catatan adalah bahwa dampak yang ditimbulkan oleh rokok lebih besar daripada pendapatannya. Tahun 2005, penerimaan negara dari cukai hanya sebesar Rp. 32,6 triliun, sedangkan pengeluaran akibat penyakitnya sebesar Rp. 167 triliun. kasarnya gini, emang mau kesehatan masyarakat ditukar dengan pendapatan negara?? emoticon-Cendol (S)

sumbangan cukai rokok pada penerimaan negara hanya sekitar 6-7%, angka ini berada jauh dibawah penerimaan negara yang bersumber dari PBB (pajak bumi dan bangunan) dan PPh (pajak penghasilan). Bila cukai dinaikkan, penerimaan akan naik karena konsumsi rokok bersifat adiktif dan harganya in-elastis. Jika cukai rokok naik 10%, maka volume penjualan berkurang 0,9-3%, dan penerimaan cukai akan bertambah sekitar Rp. 29-59 triliun. Penerimaan cukai 2008 mencapai Rp.47 triliun, 2,7% lebih tinggi dari taget APBN-P yang hanya sebesar Rp. 45,7 triliun, dan meningkat 5,1% dari tahun 2007. Peningkatan tersebut secara umum didukung oleh penerapan kebijakan tarif cukai tembakau. Cara paling efisien untuk meningkatkan penerimaan pemerintah adalah dengan menaikkan cukai tembakau, bukan dengan menaikkan konsumsi pada segmen potensial yakni perempuan dan anak-anak, karena 63% laki-laki dewasa di Indonesia sudah merokok.

dan yang paling penting diberi catatan adalah yang membayar cukai rokok adalah konsumen atau perokok, bukan industri rokok.


jadi menurut ane yah memang rokok ini banyak menyerap tenaga kerja dan gak cuman 250rb aja.


Peringkat intustri dan pertanian tembakau tahun 2010 ada di antara 66 sektor tidak di urutan atas : Industri Rokok → Produksi di urutan 34, tenaga kerja di urutan 30, dan upah di urutan 37. Pertanian tembakau → Produksi di urutan 62, tenaga kerja di urutan 48, dan upah di urutan 60.

Okelah kalau jumlah masih bisa diperdebatkan,

Seperti industri rokok, pengendalian konsumsi rokok atak akan mematikan petani tembakau. Bila kebutuhan industri rokok akan tembakau berkurang, yang terkena dampaknya adalah importir tembakau.
Di negara maju, tak ada industri rokok yang tutup karena kebijakan pengendalian konsumsi rokok. Di Indonesia, belum ada peraturan pengendalian tembakau, namun sudah ada industri rokok yang bangkrut karena tak mampu menyaingi industri rokok yang lebih besar dan multinasional. emoticon-Cendol (S)

Salam,emoticon-Cendol (S)
Rokok udh merugikan kesehatan, juga merugikan kantong gans. hehe emoticon-Big Grin
wah iya nh gan hrs distop emoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By Uetoaya
wah iya nh gan hrs distop emoticon-Cendol (S)


wwaaahh g bsa gt juga gan,
kita juga harus mikirin nasip buruh yang kerja di pabrik rokok gan,
jagan asa stop aje gan..

31 Mei: Hari Tanpa Tembakau Sedunia: Stop Tobacco Industry Interference!

btw gan emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By KomikKocak
jadi kita ngerayain nya dengan ngerorok rame2 ya gan emoticon-Hammer

MaMpiR JuRaGaNSS
emoticon-Request

Komik Kocak bikin Ngakak Gan!! :ngakak :ngakak :ngakak[/center]


komiknya kocak,, wakakakakakakakakaka,
MAHO banget tuh
Quote:

Quote:Original Posted By nanankajadeh
Wah jawaban ni buat para petani tembako ..

Ini Sumbernya Gan.. Muhammadiyah Link

Beritanya ini gan
Spoiler for Keren:


thx tambahannya ganemoticon-Cendol (S)
Quote:Quote:Original Posted By 2ndPLayeR.us
Ane dukung deh gan
kalo bisa malah tiap hari emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By Gentlechef
Rokok udh merugikan kesehatan, juga merugikan kantong gans. hehe emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By Uetoaya
wah iya nh gan hrs distop emoticon-Cendol (S)


Thx dah mendukung ganemoticon-Cendol (S)
ayo ikut kampanyekan, mulai dari keluarga dan teman terdekat

salam,
31 Mei: Hari Tanpa Tembakau Sedunia: Stop Tobacco Industry Interference!
alhamdulilah dah 2minggu bebas dari asap rokok!!