alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014658588/menjelajahi-kekayaan-wisata-budaya-banten
Thumbs up 
Menjelajahi Kekayaan Wisata Budaya Banten
Menjelajahi Kekayaan Wisata Budaya Banten
Menjelajahi Kekayaan Wisata Budaya Banten

:rose: Thread by Toxz2710 :rose:
Menjelajahi Kekayaan Wisata Budaya Banten

Please No Junk No Spam
Baca Dulu Sebelum Berkomentar
Mari Budayakan Komentar Yang Baik dan Bijak Setelah Membaca Trit Ini

emoticon-Kiss (S) Terima Kasih emoticon-Kiss (S)


Quote:Quote:Kekayaan Wisata Budaya Banten

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia Quote:Quote:Menjelajahi Kekayaan Wisata Budaya Banten
Quote:Quote:
Wilayah Banten memiliki pesona yang dapat dilihat pada destinasi wisata pantainya. Jangan salah, Banten juga menyimpan kekayaan budaya yang patut diselami.

Saat liburan sekolah, saatnya anak-anak menikmati masa bersenang-senang. Selama bermain, mereka juga bisa belajar. Nah, Banten menawarkan banyak tempat belajar budaya, seperti diulas buku Informasi Pariwisata Nusantara dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia:
Berikut penjelasannya emoticon-Angkat Beer


Quote:Quote:Quote:Debus

Quote:Menjelajahi Kekayaan Wisata Budaya Banten
Quote:Quote:Kesenian debus Banten menggunakan dan memfokuskan pada kekebalan seseorang pemain terhadap serangan benda tajam dan semacam senjata tajam. Atraksi kekebalan badan ini merupakan variasi lain yang ada dipertunjukan debus. Antara lain, menusuk perut dengan benda tajam atau tombak, mengiris tubuh dengan golok sampai terluka maupun tanpa luka, makan bara api, memasukkan jarum yang panjang ke lidah, kulit, juga pipi sampai tembus, dan tidak terluka.

Dalam melakukan atraksi ini, setiap pemain mempunyai syarat-syarat yang berat. Sebelum pentas, mereka melakukan ritual-ritual yang diberikan oleh guru, biasanya dilakukan 1-2 pekan sebelum ritual. Selain itu, mereka juga dituntut mempunyai iman yang kuat dan harus yakin dengan ajaran Islam. Pantangan bagi pemain debus adalah tidak boleh minum minuman keras, main judi, bermain wanita, atau mencuri.

Apabila ingin melihat atraksi itu, Anda bisa langsung menuju lokasi Desa Walantaka, Kecamatan Walantaka, Kabupaten Serang. Untuk aksesnya, dari Jakarta Anda dapat menggunakan kendaraan roda empat dengan waktu tempuh sekira tiga jam


Quote:Quote:Quote:Suku Baduy

Quote:Menjelajahi Kekayaan Wisata Budaya Banten
Quote:Quote:Suku Baduy yang berada di Banten mempunyai daya tarik tersendiri. Suku ini bermukim di areal seluas 5.101 hektare di Kanekes, Leiuwidamar atau sekira 38 kilometer dari Rangkasbitung, Lebak. Suku baduy terbagi menjadi dua bagian, yaitu Baduy dalam dan Baduy luar.

Baduy dalam bermukim di tiga kampung Cikeusik, Cikertawarna, Cibeo sedangkan Baduy luar bermukim di ketiga kampung di luar kampung-kampung tersebut. Dengan total 53 kampung, masyakarat Baduy memiliki hukum adat yang kuat dengan sistem pemerintahan sendiri, yaitu pemerintahan adat Baduy dengan kepala pemerintahan disebut Puun, terdiri dari Puun Cikeusik, Cikertawarna, dan Cibeo. Para Puun ini dibantu oleh para Jaro sebanyak delapan orang yang mempunyai fungsi dan tugas masing-masing.

Untuk dapat melihat dan menyelami kehidupan Suku Baduy, Anda dapat mendatang Kabupaten Lebak, Banten. Agar bisa sampai di kawasan itu, Anda dapat menggunakan mobil dengan jarak tempuh 1,5 jam dari Rangkasbitung ke Ciboleger, pintu gerbang Kanekes.


Quote:Quote:Quote:Istana Surosowan

Quote:Menjelajahi Kekayaan Wisata Budaya Banten
Quote:Quote:Istana Surosowan dibangun pada 1526 di bawah pimpinan Maulana Hasanuddin dan Pangeran Fatahilah. Istana ini berbentuk segi empat dan mempunyai luas sekira tiga hektare. Bangunannya hampir nyaris rata dengan tanah. Yang paling dikenal dari Keraton Surosowan adalah pemandian Rara Denok.

Kolam Rara Denok berbentuk persegi empat dengan panjang sekira 30 meter dan lebar 14 meter. Sementara itu, kedalaman kolam mencapai 4,5 meter. Yang cukup unik, di bagian tengah kola mini terdapat kolam yang ukurannya lebih kecil dan tempat istirahat bernama Bale Kambang.

Sejarah keraton ini mengalami beberapa kali kehancuran. Hal yang menarik lainnya adalah pancuran emasnya. Pancuran yang sebenarnya terbuat dari tembaga dan bukan emas ini dahulu digunakan untuk pemandian para pejabat dan abdi kerajaan.

Untuk dapat melihat sejarah lokasi ini, Anda bisa mengunjungi Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, sekira 10 kilometer di utara Kota Serang. Agar bisa menuju tempat wisata ini, aksesnya bisa menggunakan angkutan umum dari Kota Serang dengan waktu perjalanan sekira 30 menit.


Quote:Quote:Quote:Wayang Garing

Quote:Menjelajahi Kekayaan Wisata Budaya Banten
Quote:Quote:Wayang kulit tanpa iringan gamelan dan pesinden dinamakan wayang garing. Wayang garing adalah salah satu kesenian wayang yang lahir di Kabupaten Serang, Banten, yang hingga kini sering muncul di pelosok pedesaan.

Dalam hal ini, peran pangrawit dan pesinden dirangkap oleh sang dalang. Oleh karena itu, di samping menyampaikan cerita wayang, narasi maupun dialog tokoh wayang, dalang juga harus mengiringi sendiri dengan gamelan yang dibunyikan lewat mulutnya. Begitu pun tembang yang biasanya dilantunkan pesinden, didendangkan oleh sang dalang. Biasa dibayangkan betapa sibuk mulut sang dalang.

Pementasan wayang garing untuk sebuah lakon wayang rata-rata sekira empat jam, selama itu pula sang dalang harus mengoceh tiada henti. Kecuali, gamelan dan pesinden, seluruh perlengkapan untuk menggelar wayang garing relatif sama dengan pertunjukan wayang kulit dari daerah Jawa.


Quote:Quote:Quote:Rampak Bedug

Quote:Menjelajahi Kekayaan Wisata Budaya Banten
Quote:Quote:Rampak bedug adalah kesenian tradisional masyarakat Pandeglang dan sekitarnya. Perangkat peralatan yang digunakan, meliputi bedug besar sebagai bass. Sementara, melodi hanya berasal dari lantunan shalawat yang dilakukan saat menabuh.


Quote:Quote:Quote:Tari Cokek

Quote:Menjelajahi Kekayaan Wisata Budaya Banten
Quote:Quote:Tarian khas Tangerang ini merupakan perpaduaan budaya etnik China. Tarian ini akan diiringi orkes gambang kromong ala Betawi dengan penari mengenakan kebaya yang disebut cokek. Tarian cokek mirip sintren dari Cirebon atau sejenis ronggeng di Jawa Tengah.

Tarian ini kerap identik dengan keerotisan penari yang dianggap tabu oleh sebagai masyarakat. Alasannya, pria dan wanita menari berpasangan dalam posisi berdempet-dempetan. Cokek sendiri merupakan tradisi lokal masyarakat betawi dan China Benteng, yaitu kelompok etnis China yang nyaris dipinggirkan dan banyak bermukim di China.


[CENTER]Sumber 1[/CENTER][CENTER]Sumber 2[/CENTER]


Mari budayakan kembali penghargaan atas usaha keras TS
dalam membuat trit, menyalurkan ilmunya, & memberikan informasinya

emoticon-Angkat Beer Sekian, Semoga Bermanfaat emoticon-Angkat Beer



This Thread Support by
Menjelajahi Kekayaan Wisata Budaya Banten

emoticon-I Love Kaskus (S) Klik Banner Untuk Berkunjung Ke Markas S.T.K emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-Toast
Dari semua itu cuman debus yang pernah ane liat emoticon-Hammer
Wah keren gan,,,,dipost di Forum CInta Indonesia aja gan,,biar manteb emoticon-2 Jempol
Ane juga dari banten,,dulu,,,sekarang di Solo..
Dah ane emoticon-Rate 5 Star


baduy? pengen kesana gan.
th gan. bisa refrensi perjalanan nih buat bulan depan..
Nice Share gan... ane bantu emoticon-Rate 5 Star
wah keren ni banten..
nice share gan..
Wuuih banten yah gan ..
Kampung halaman tetangga ane niih gan .. emoticon-I Love Indonesia.


---

Mejeng di pejwan dulu ah .. emoticon-Rate 5 Star .. emoticon-linux2 ..
Wuuiih Banten kaya seni budaya juga yaa gan emoticon-I Love Indonesia (S)

Ikut mejeng di pejwan
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
potensi Banten yang perlu dikenalkan lebih luas lagi biar mendunia emoticon-I Love Indonesia
lestarikan seni budayanya, dan juga alam nya yang indah gan emoticon-2 Jempol
keren gan gaya agan menjabarkannya...ane serasa ikut menjelajah ....nais info gan...ane bantuin emoticon-Rate 5 Star gan...mudah2an jadi HTemoticon-Blue Guy Peace
ane gak setuju dengan adanya foto lumbung padi suku baduy, foto tsb sudah melanggar adat,,
jangan bisanya cuma nulis doang tolong dong masuk ke baduy dalam biar paham
keren gan emoticon-Matabelo

Nice Share(nise ser) gan
hehe , keren postingnya emoticon-Stick Out Tongueeace

Nitip lapak ya gan/sist emoticon-PeaceCASEY STONER PENSIUN GAN !
Pencuri kena Perangkapku !
hebat ya kebudayaan di indonesia
debusss,,ngeriiii,,normal apa dibantu Makhluk halus yah
debus amapeku banten bedaya gan?



Posted with kaskusBetaQR
keren nih gan emoticon-2 Jempol


calon HT emoticon-Rate 5 Star
keren gan