alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014642786/membangun-blog-yang-seo-friendly-part-2---optimalisasi-setting-blog-dan-plugin-wp
Membangun Blog Yang SEO Friendly (Part-2) - Optimalisasi Setting Blog dan Plugin WP
Mumpung besok libur nih, ane sempatin untuk lanjutin update artikel tentang Seri Membangun Blog Yang SEO Friendly. Kali ini kita akan masuk pada bagian kedua dari seri ini, dimana kita akan membahas "Optimalisasi Setting Blog dan Plugin Wordpress."

Namun sebelum kita membahas optimalisasi setting blog dan plugin wordpress sepertinya kita harus masuk dulu pada bagian awal sebelum blog anda bisa live. Terima kasih buat salah satu member sini yang kemaren nanya tentang hosting. Berkat pertanyaan mas bro, ane jadi teringat bahwa Hosting memegang peranan penting dalam mendukung sukses tidaknya sebuah kampanye SEO. jadi mau tidak mau materi tentang hosting harus kita sisipkan kedalam seri artikel ini.

Tips Memilih Hosting
Pilih Hosting Lokal atau Hosting Luar?

Pada awalnya saya cuma berpikir bahwa karena target pengunjung saya adalah orang Indonesia, akhirnya saya memutuskan untuk mengambil hosting lokal saja. Logikanya sederhana, jika marketnya orang Indonesia maka blognya akan lebih mudah dan lebih cepat jika diakses pengunjung dari Indonesia. Selain saya, banyak juga para pebisnis online yang melakukan hal yang sama. Merekomendasikan hosting lokal untuk blog yang target pengunjungnya orang Indonesia. Setelah beberapa hari blog saya build, saya heran ko tumben2an blog saya susah sekali di Index sama google. Saya coba juga daftarkan ke Google Webmaster Tool, namun selalu gagal, dimana keterangan yang muncul adalah request timeout. hal ini berarti google gagal mengakses blog ane dalam kurun waktu tertentu. Saya coba analisis kenapa hal ini terjadi. Akhirnya saya memutuskan untuk pindah hosting ke perusahaan hosting lokal lainnya. Tapi ternyata tidak menyelesaikan masalah. Google tetap kesulitan mengakses blog ane. Akhirnya ane coba akses blog ane menggunakan proxy luar negeri, damnn..ternyata memang blog ane susah buanget diakses dari luar negeri. Pantesan google ga bisa mengindex blog ane. Akhirnya langsung saja ane pindahin tu blog ke hosting luar, dan dalam 1x24 jam dah langsung di index ma om google. Haaa...

Jadi inti dari cerita ane adalah jika kita mengharapkan blog kita mendapatkan posisi yang bagus disearch engine, kita harus menyiapkan hosting yang bersahabat dengan google. Dengan kata lain, karena robot google berlokasi di US, tentu saja ane lebih menyarankan agan untuk make hosting US saja. Tapi juga kita jangan menyepelekan faktor akses dari pengunjung. Jangan blog ente posisi di search enginenya bagus, tapi begitu pengunjung masuk ke blog ente ternyata blognya ga bisa dibuka...haaa...sama saja...

Jadi kesimpulannya adalah agan harus memilih hosting yang bisa dengan mudah diakses oleh google, tapi cepet juga kalau diakses pengunjung terutama pengunjung dari Indonesia. Berdasarkan pengalaman ane selama ini (yang telah mencoba puluhan perusahaan hosting..hee), hosting yang bagus adalah tentunya yang sebanding dengan harganya. Hosting yang mempunyai kualitas mumpuni tapi dengan harga yang lumayan tinggi adalah:

1. Bluehost.
Shared hosting terbaik yang pernah ane pakai. Dengan kemampuan server yang mumpuni, trafik tertinggi blog ane yang pernah dihandle oleh host ini adalah sekitar 25.000 visitor/day. Akses dari pengunjung di Indonesia juga cukup cepat. Selama ane make host ini belum pernah sekalipun down, walaupun blog ane saat itu membutuhkan resource yang besar. Untuk order hosting bluehost Silahkan menuju kesini

[URL="http://secure.hostgator.com/~affiliat/cgi-bin/affiliates/clickthru.cgi?id=jo3pr1"][B]2. Hostgator[/B][/URL]
Shared hosting paling populer saat ini, dengan jumlah pengguna paling banyak. Sayangnya, pengalaman ane menggunakan hosting ini kurang menyenangkan, karena beberapa kali blog ane kena suspend sama si buaya, padahal trafik paling tinggi baru tembus 5000 visitor/day. Tapi ane salut sama kecepatan aksesnya, bener2 cepat. Order langsung [URL="http://secure.hostgator.com/~affiliat/cgi-bin/affiliates/clickthru.cgi?id=jo3pr1"][B]disini[/B][/URL]

Kedua hosting diatas termasuk hosting premium, karena harga perbulannya yang cukup lumayan. Bluehost $6.95/month dengan minimum berlangganan 1 tahun, sedangkan hostgator paket baby harga perbulannya $7,96/month.

Jika anda menginginkan hosting dengan harga yang lebih murah saya sarankan menggunakan Ipage.com. Hosting ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap dengan harga yang cukup murah. Harga normal perbulannya adalah $7,95. Namun saat ini mereka sedang mengadakan promo besar2an, sehingga harga perbulannya hanya $2,95/month dengan minimum kontrak 1 tahun. Udah gitu dapat domain gratis pula. Sayangnya harga promo ini hanya berlaku sampai besok tanggal 31 Mei 2012, setelah itu harga akan kembali naik sesuai harga normal. Pengalaman saya menggunakan hosting ini cukup baik, akses cukup cepat, dengan semua fitur unlimited. Bahkan saya mempunyai 2 akun di hosting ini (kebetulan 22nya belinya pas lagi promo..hee). Jika anda ingin merasakan kecepatan akses hosting ini, silahkan sekali lagi anda buka halaman ini http://bloggerfulltime.com. Kebetulan web itu hostingnya di iPage. emoticon-Big Grin. Jika anda tidak ingin ketinggalan harga diskonnya, silahkan order langsung ipage disini

(Note: ketiga link web hosting diatas menggunakan link referal ane, artinya ane bakalan dapet komisi jika agan beli hosting melalui link diatas. Silahkan agan order melalui link refferal ane jika agan ikhlas ane dapat komisi, sebagai imbalan atas informasi yang ane berikan ke agan. Tapi kalau agan ga ikhlas silahkan saja order langsung diwebnya masing2, no problemo buat ane. Toh mau pake refferal ane atau ga, harga yang anda bayarkan ke perusahaan hosting jumlahnya tetap sama emoticon-Smilie. Oh iya bagi yang order melalui link refferal ane, silahkan kontak ane ya, tar tak kasih bonus special...heee )

=======================================================

Install Blog Wordpress - WWW atau tanpa WWW ?

Pada intinya tidak ada perbedaan hasil peringkat di search engine jika blog anda menggunakan www atau tanpa www. Jika menggunakan www anda harus mengetikkan lengkap [url]www.namadomain.com[/url] untuk membuka blog anda. Namun jika anda memilih untuk menginstall blog tanpa menggunakan www, anda bisa membuka blog anda baik dengan mengetikan namadomain.com langsung atau mengetikan [url]www.namadomain.com[/url]. Sudah tahu perbedaanya kan? Keputusan menggunakan www atau tidak murni ditangan anda, tapi untuk alasan fleksibilitas ane sarankan untuk tidak menggunakan www.

=======================================================

Setting Blog Wordpress

Tidak semua menu pengaturan di wordpress berhubungan dengan search engine. Setting yang harus anda perhatikan pada menu setting standar wordpress adalah pada menu Setting>>Writing dan Setting>>Permalinks. Selain kedua setting tersebut, silahkan agan atur sesuai selera dan kebutuhan.

1. Setting>>Writing.
Pada setting ini anda cukup memasukan daftar ping service kedalam blog anda. Fungsi dari setting ini adalah setiap anda mempublish artikel baru diblog anda, maka blog anda akan secara otomatis mengirimkan ping ke berbagai web directory atau search engine, yang pada akhirnya postingan anda akan cepat terindex di search engine. Cara settingnya cukup mudah, cari kolom "Update Service" dibagian bawah, kemudian masukan daftar web berikut ini:

http://rpc.pingomatic.com
http://rpc.twingly.com
http://api.feedster.com/ping
http://api.moreover.com/RPC2
http://api.moreover.com/ping
http://www.blogdigger.com/RPC2
http://www.blogshares.com/rpc.php
http://www.blogsnow.com/ping
http://www.blogstreet.com/xrbin/xmlrpc.cgi
http://bulkfeeds.net/rpc
http://www.newsisfree.com/xmlrpctest.php
http://ping.blo.gs/
http://ping.feedburner.com
http://ping.syndic8.com/xmlrpc.php
http://ping.weblogalot.com/rpc.php
http://rpc.blogrolling.com/pinger/
http://rpc.technorati.com/rpc/ping
http://rpc.weblogs.com/RPC2
http://www.feedsubmitter.com
http://blo.gs/ping.php
http://www.pingerati.net
http://www.pingmyblog.com
http://geourl.org/ping
http://ipings.com
http://www.weblogalot.com/ping


Contoh lihat pada gambar dibawah ini (klik untuk memperbesar):

Membangun Blog Yang SEO Friendly (Part-2) - Optimalisasi Setting Blog dan Plugin WP


2. Setting>>Permalinks
Permalinks adalah settingan untuk mengatur url dari blog anda, terutama untuk halaman posting. Silahkan lihat gambar dibawah untuk settingan yang ane rekomendasikan.

Membangun Blog Yang SEO Friendly (Part-2) - Optimalisasi Setting Blog dan Plugin WP

BERSAMBUNG....

[Share] Min. 1300$/bln dari Google Adsense hanya menggunakan blog berbahasa Indonesia

1300$/bln dari Google Adsense >>> Dapatkan themenya disini

1. [Share] Membangun Blog yang SEO Friendly - Bagian 1 (Riset Keyword)

Membangun Blog Yang SEO Friendly (Part-2) - Optimalisasi Setting Blog dan Plugin WP
UPDATE MEI 2013

INSTALASI DAN SETTING PLUGIN WORDPRESS

Langsung saja berikut ini daftar plugin yang saya pakai di beberapa blog saya. Beberapa plugin sebenarnya sudah tidak begitu ampuh kinerjanya karena beberapa kali update algoritma google, khususnya plugin STT2, karena google membenci sesuatu yang berbau otomatis. Apabila anda bermain adsense, saya sarankan untuk tidak menggunakan plugin ini, karena blog anda bisa dibanned oleh adsense. Jika blog anda non adsense, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan plugin in. Jujur saya sendiri sekarang sudah jarang menggunakan plugin ini, tetapi saya lihat masih banyak blog-blog indonesia yang memakai plugin STT2 dan mendapat limpahan trefik yang lumayan. Jadi keputusan untuk memakai plugin ini atau tidak saya kembalikan sepenuhnya kepada anda.

klik untuk memperbesar gambar

Membangun Blog Yang SEO Friendly (Part-2) - Optimalisasi Setting Blog dan Plugin WP

Fungsi dan setting dari masing-2 plugin adalah sebagai berikut:
1. Akismet
Khusus plugin ini tidak akan saya jelaskan panjang lebar, karena secara default plugin ini akan otomatis terinstall saat anda menginstall blog pertama kali. Secara garis besar plugin ini berfungsi untuk mencegah comment spam masuk ke blog anda.

2. All in One SEO Pack
Plugin paling vital yang harus anda install untuk mendukung kesuksesan SEO blog anda. Plugin ini berfungsi merewrite Title blog/postingan anda, menciptakan Meta Description dan Meta Keyword di blog anda. Ketiga item diatas mutlak diperlukan oleh search engine untuk meranking website anda.
Saat mensetting plugin ini jangan lupa untuk memasukan keyword yang anda targetkan kedalam kolom Title, Meta Description dan Meta Keyword. Usahakan keyword diletakkan diawal kalimat.

3. Contact Us
Plugin ini berfungsi untuk menciptakan halaman kontak di blog anda. Cara pemasangannya cukup buat "page" baru, rubah tampilan menjadi mode text, kemudian masukan kode ini [contact_us type="form"] lalu save.

4. Easy WP SEO
Reserved
mumpung bahas SEO ane mau tanya mengenai SEO offpage aja.. soalnya ane mainnya auto jadi ga bisa benahin SEO onpage.. untuk offpage yg bagus gmn gan.. trus klo pk tool, tool nya apa dan cara pemakaiannya bagaimana?? makasih gan... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By FireGolden
mumpung bahas SEO ane mau tanya mengenai SEO offpage aja.. soalnya ane mainnya auto jadi ga bisa benahin SEO onpage.. untuk offpage yg bagus gmn gan.. trus klo pk tool, tool nya apa dan cara pemakaiannya bagaimana?? makasih gan... emoticon-Big Grin


Pantengin aja artikel berseri lanjutan dari thread ini. Terakhir nanti kita akan bahas tentang SEO Offpage. Mohon maaf ga disampaikan disini biar threadnya ga acak2an dan tercategorise dengan baik.
ijin reserved oom,,,,
buat mantau trit,,,
tritnya bagus oom... ijin buka praktek di tanggung bebas malpraktek
Ijin reserved jg om.
Mau blajar nih bwwt tambah2 dompet emoticon-Stick Out Tongue
semoga rezeki agan bertambah.. ane doain.. karena agan mau berbagi..
Quote:Original Posted By jo3pr1com
Pantengin aja artikel berseri lanjutan dari thread ini. Terakhir nanti kita akan bahas tentang SEO Offpage. Mohon maaf ga disampaikan disini biar threadnya ga acak2an dan tercategorise dengan baik.


sip gan... siap... emoticon-Big Grin
Selesain dong bos tentang tips memilih hostingnya koq dipotonng?? trus hosting apa yg paling baik untuk dipake? kasi alamatnya juga bos emoticon-Smilie
ijin gelar kasur dulu nih gan buat nimba ilmu dimari
gan ditunggu lanjutannya nih emoticon-Big Grin
mejeng di pej one emoticon-Peace
ijin menyimak juragan emoticon-linux2
mudah2an keserempet ilmunya juga
masih blum di update jg ya... hmmm... gelar tiker dlu deh
wah TSnya mana nih di tunggu ilmunya hehehe
TSnya ketiduran jadi lupa update emoticon-Big Grin
Sedikit nangkep perpotong yang disajikan TS.
Jadi gini ya TS.
Persalah kaprahan yang terjadi -> Kita menyajikan blog/web kita untuk target market Indonesia dengan hosting di IIX (lokal). padahal kita perlu di index, di seo in, dll dengan patokan hasil dari Google (usa).
jadi ketika Google ngindex kita, (USA -> IIX) jadi kebanyakan timeout.
begitu ya gan?

Jadi apa kudu host di USA, terus di seo in biar nangkring di page 1 google, tapi kita butuhnya di google.co.id , bukan di google.com gan? emoticon-Bingung

atau hal tersebut tidak berlaku? gimana? tambah emoticon-Bingung
tengkyu gan pertanyaan nubie akhirnya dibikinin tritnya emoticon-Matabelo

kata TS sih hosting pake luar, ntar dikasih tau tempat hosting yg direkomendasiin TS, katanya sih lg ad diskon emoticon-Betty
Haloo agan semua...aduuh mohon maaf ni, ane belum sempat update threadnya. Maaf banget jadi harus nunggu lama. Bukan apa2, dari hari sabtu kemaren lptop ane rusak, chargernya ga bisa idup, jadi laptopnya ga bisa idup juga. Ditambah lagi kaskus ga bisa dibuka dari hari sabtu itu. Ane oon jg sih ga tau klo ternyata bisa dibuka lewat kaskus.com. untung kemaren ada yang ngasih tahu via email. Udah gitu dr hari senin kemaren ane mendadak ditugasin keluar kota ama bos, jd ga bisa ol. Tp hari ini ane dah otw pulang. tar malem ane usahain update threadnya. Skrng ribet euy mau update, coz pake tablet n posisi msh di sukarno hatta. Tunggu ya :-)
Haloo agan semua...aduuh mohon maaf ni, ane belum sempat update threadnya. Maaf banget jadi harus nunggu lama. Bukan apa2, dari hari sabtu kemaren lptop ane rusak, chargernya ga bisa idup, jadi laptopnya ga bisa idup juga. Ditambah lagi kaskus ga bisa dibuka dari hari sabtu itu. Ane oon jg sih ga tau klo ternyata bisa dibuka lewat kaskus.com. untung kemaren ada yang ngasih tahu via email. Udah gitu dr hari senin kemaren ane mendadak ditugasin keluar kota ama bos, jd ga bisa ol. Tp hari ini ane dah otw pulang. tar malem ane usahain update threadnya. Skrng ribet euy mau update, coz pake tablet n posisi msh di sukarno hatta. Tunggu ya :-)
×