alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014634235/infografik--wajah-lain-para-perempuan-perkasa-indonesia
Thumbs up 
Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..
Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..
Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..

:rose: Thread by Toxz2710 :rose:
Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..

Please No Junk No Spam
Baca Dulu Sebelum Berkomentar
Mari Budayakan Komentar Yang Baik dan Bijak Setelah Membaca Trit Ini

emoticon-Kiss (S) Terima Kasih emoticon-Kiss (S)


Quote:Quote:Para Perempuan Perkasa, Indonesia emoticon-rose

Quote:
Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..
Simak Ulasannya Berikut Ini emoticon-Angkat Beer

Quote:Quote:Quote:Suyanti, Pergulatan di Balik Kemudi Bus Malam

Quote:Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..
Quote:Quote:Menggeluti profesi di lahan yang didominasi pria jelas penuh tantangan. Cibiran tak hanya datang dari lingkungan kerjanya, tapi juga dari penumpang. Banyak penumpang yang merasa was-was begitu melihat sopirnya seorang wanita.
Yanti tak ambil pusing. Dia terima cibiran itu sebagai pelecut semangat, untuk membuktikan diri mampu bersaing dengan pria. “Jangan salah, saya juga bisa menyaingi para sopir pria. Kecepatan bus bisa sekitar 100 km/jam. Yang penting kan kehati-hatian,“ ucapnya, sambil tersenyum. "Lambat laun, mereka yang sudah terbiasa ikut saya malah bilang merasa nyaman dan bisa tidur pulas jika saya yang menyetir.“
Penyakit gawat bahkan tak sanggup mempensiunkannya dari kemudi. Mengidap tumor rahim stadium awal, tiga tahun lalu, dia mengaku hanya beristirahat enam bulan untuk menjalani kemoterapi, sebelum kemudian melaju kembali di jalanan.
Quote:Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..
“Bagi saya, menjadi sopir bus itu sama saja membawa banyak nyawa. Keselamatan mereka juga menjadi bagian tanggung jawab saya,“ katanya.
Kecelakaan juga tak membuatnya jerih. Suatu waktu, di Semarang, sebuah mobil menabrak bus yang dikemudikannya. Untung, tak sampai ada korban jiwa. “Ternyata mobil bagian depan gepeng, ringsek. Saya tidak trauma, tapi teringat terus. Yang saya sayangkan, yang menabrak tersebut mabuk,” dia mengenang.
Sadar profesinya berisiko tinggi, dia tak pernah memaksakan kondisi. Jika mengantuk, dia segera meminta sopir cadangan memegang kendali. Dia mengharamkan doping. “Yang penting, kalau berangkat perut kenyang dan untuk mengusir jenuh, saya bawa camilan marning.”


Quote:Quote:Quote:Setiasih, Perempuan Pemadam Api

Quote:Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..
Quote:Quote:Dan bukan hanya berhadapan dengan api. Wanita kelahiran 10 Februari 1962 ini juga hadir di hampir setiap bencana di ibukota Jakarta. Dari banjir bandang, baliho rubuh, mengangkut jenazah yang remuk karena bunuh diri, hingga menandu jasad dari sumur.
Ini memang dunia lelaki. Tapi Setiasih sudah melewati tapal batas dua dunia itu. Laki-laki dan perempuan. Kesulitan menyesuaikan diri, katanya, hanya datang di permulaan. Dia mengaku sempat dilecehkan. “Omongan-omongan yang tidak enak di belakang tentu ada. Apalagi di lingkungan lelaki itu, kadang menyangsikan kemampuan kami sebagai perempuan,” keluhnya.
Tapi kesangsian para lelaki itu bisa dipadamkan. Setiasih memberi bukti. Cepat dan cekatan. “Alhamdulilah mereka sekarang berharap bantuan kami," kata Asih.
Dari pekerjaan bertaruh nyawa itu dapur bisa ngebul. Gaji, kata Setiasih, sama dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ditambah dana kesejahteraan dari Pemda. Dia sudah jatuh cinta dengan pekerjaan ini.
Quote:Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..
Bertaruh hidup di pemadam kebakaran sungguh mahal harganya. Keselamatan juga waktu sebab kebakaran tak bisa diramal. Harus siap sedia 24 jam. Jarang pulang ke rumah, bahkan kerap kali pergi malam hari.
Namun Setiasih harus tetap menjadi ibu yang siaga untuk anak-anaknya. Harus tetap memasak. Akhir pekan biasanya waktu untuk keluarga. “Tapi kalau tiba-tiba ada panggilan lantaran banjir, pohon tumbang tetap harus berangkat,” katanya.
Setiasih mengaku punya cara meredam protes anak-anaknya. Sesekali dia mengajak si bungsu ke lokasi banjir. Biar dia tahu apa pekerjaan ibunya. Setelah melihat pekerjaan sang ibu, anaknya pernah menulis status di Facebook, “mama wonder woman.” “Saya sangat terharu,” katanya. emoticon-Belo


Quote:Quote:Quote:Menuk, Buruh Gendong Tulang Punggung

Quote:Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..
Quote:Quote:Menuk memang harus bekerja keras, agar keluarganya bisa hidup. Sang suami, Rubijo, 44 tahun, bekerja sebagai buruh tani di kampung. Rubijo tak punya penghasilan tetap, lantaran bekerja sebagai buruh tani bersifat musiman. Alhasil, Menuk menjadi tulang punggung.
Menuk dan Rubijo menikah pada 1987 lalu, mereka dikaruniai dua anak perempuan. Putri pertama Menuk, Eka, 24 tahun, lulusan SMP dan telah berkeluarga. Sementara si bungsu, Ayu, 13 tahun, tengah menempuh pendidikan di Sekolah Luar Biasa (SLB) kelas 1 atau setingkat SMP.
Ayu yang tunga rungu adalah penyemangat Menuk untuk tetap bekerja keras. Dengan bangga, Menuk bercerita putri keduanya itu seorang siswi berprestasi. Ayu pernah meraih juara II lomba Peragawati Tingkat SD se-DIY mewakili Kabupaten Kulonprogo dan menjuarai berbagai lomba lainnya. Menuk pun menyimpan harapan besar, yakni Ayu bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.
Quote:Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..
“Saya ingin anak saya yang bungsu sekolah sampai SMA. Anak saya Ayu yang bungsu tuna rungu sejak kecil. Walaupun berpikirnya lemah di SD karena sekolah umum, tapi di SLB dia berprestasi,” kata Menuk yang buta huruf.
Menuk menyadari penghasilannya sebagai kuli panggul tak menentu. Pendapatan sedikit, otomatis belanja untuk makan dikurangi. Bagi keluarga Menuk, kerupuk dan mie adalah makanan mewah yang hanya bisa dinikmati ketika ada uang berlebih.
Meski harus hidup pas-pasan, Menuk mengaku tak akan meninggalkan profesinya sebagai kuli panggul. Lelah dan pegal yang datang mendera tak membuat semangat Menuk surut. “Saya merasa tidak ada dukanya jadi buruh gendong,” ujarnya. Ia akan terus menjalani profesinya ini hingga tua. Menurut dia, pekerjaan buruh gendong, yang sudah ia jalani puluhan tahun itu, tak ada bedanya antara laki-laki dan perempuan.
Dengan segala keterbatasan, dia rupanya menikmati pekerjaan kasar itu. “Saya tidak akan berpindah ke pekerjaan lain,” ujarnya

Quote:Quote:Quote:Marina, Sopir Pesilat Burung Biru

Quote:Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..
Quote:Quote:Melakoni hidup sebagai sopir taksi, bagi Marina, adalah pilihan kepepet. Pada 1982, dia berhenti jadi atlit silat setelah menikah dengan Rainer Nurdin. Mereka dikarunia dua orang putri. "Seiring perjalanan ternyata jodoh saya tidak panjang, saya cerai," katanya.

Sejak berpisah dari suaminya pada 1988, perempuan berdarah Jerman-Jawa itu harus menghidupi sendiri dua anaknya. Tapi sejak awal pun dia sudah jadi dinamo bagi keluarga. Suaminya tak bekerja, dan Marina pun banting tulang. Dia pernah berdagang sembako, dan menjual aneka makanan.

Sepanjang 1984-1989, dengan pengalaman menjadi pesilat, Marina menjajal dunia layar perak. Dia menjadi pemain figuran untuk sejumlah film silat Indonesia. Dia misalnya, pernah ikut bermain di film 'Pendekar Naga Emas', 'Pendekar Tapak Sakti', dan 'Warisan Ilmu Karang'.

Tapi setelah itu, dia banting stir jadi sopir. Awalnya, dia mendengar ada cerita soal sopir bus wanita jurusan Surabaya-Bali. Terilhami oleh itu, Marina melamar menjadi sopir taksi di Blue Bird Group. Dia berkisah usaha itu tak mudah. Dia sempat ditolak ketika melamar, karena Blue Bird hanya menerima pengemudi pria. Setelah memohon, akhirnya dia diperbolehkan mengikuti tes, dan lulus.
Quote:Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..
"Saya pengemudi Blue Bird perempuan pertama. Pool-nya di Condet," ujarnya. Awalnya berat. Tapi dia pasrah. Dia butuh uang.

Pada 1993, warga Bintara, Bekasi ini mengundurkan diri. Dia hendak mencari peruntungan lain, menggarap live music di hotel Sulawesi Tenggara. Dia bekerja tiga tahun di sana. Tapi, ketika ibunya sakit, Marina harus kembali. Jatuh bangun ia mencari nafkah. "Saya kembali berdagang, membuat rumah makan. Tapi peruntungan saya bukan di situ”.

Lalu, pada Januari 2011, dia kembali ke Blue Bird.

Rutinitas itu pun dimulai lagi. Saat orang masih terlelap, dia berburu penumpang. Pukul lima pagi berangkat, dan pulang pukul sepuluh malam. Jika rezeki belum cukup, dia merayap sampai pukul 11. Sesekali anaknya protes, tak suka ibunya pulang larut malam. Dia bekerja sistem shift. Dua hari masuk, dan satu hari libur.

Meskipun begitu dia tetap bersyukur. Dengan menjadi sopir, dia bisa menyekolahkan anaknya, dan dua putrinya itu kini telah menikah. Dia juga menanggung sekolah dua anak angkatnya, dan ibunya yang renta.


Quote:Quote:Quote:Lisda, si Ahli Forensik

Quote:Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..
Quote:Quote:Lisda Cancer, begitu nama lengkapnya, mungkin menjadi satu-satunya wanita yang paling sering bertemu dengan jasad para tersangka teroris. Dari yang pelaku lapangan sampai kelas kakap. Selain Azhari, dia juga sudah bertemu dengan jasad Noerdin M Top dan yang terakhir adalah Dulmatin.
Menekuni ilmu kedokteran gigi, tapi memilih bekerja menjadi polisi. Pangkatnya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). Kini dia menjabat sebagai Kepala Sub Bidang Dokumentasi Forensik Bidang Kedokteran dan Kesehatan Mabes Polri. Jabatan itulah yang membuatnya berurusan dengan asus-kasus besar.
Selain jasad tiga teroris itu, dia juga ikut mengidentifikasi para korban dalam kasus bom di Kedutaan Besar Australia tahun 2004. Para korban dan pelaku bom hotel JW Marriot dan Rizt Carlton tahun 2009. Beberapa kali pula harus ke luar negeri melakukan tugas yang sama.
Quote:Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..
Selain berurusan dengan korban dan pelaku bom, Lisda juga kerap kali berurusan dengan bencana besar. Tugasnya sama. Identifikasi jenazah. Seperti kasus tenggelamnya kapal, hingga korban jatuhnya pesawat. Dari sejumlah kasus besar itu, katanya, dia mendapat banyak ilmu dan pengalaman berharga.
Dia senang dengan pekerjaan ini, meski harus sedih sebab kerap kali meninggalkan anak-anak berhari-hari. Kasus-kasus forensik, katanya, memang butuh waktu lama. Belum boleh pulang sebelum tuntas. “Bisa dua minggu, bahkan sebulan penuh tak pulang,” katanya. Tapi Lisda sudah menghitung resiko itu.
Soal pendapatan, katanya, juga cukup untuk dapur mengepul terus. Sang suami, Sony Setiawan, juga seorang polisi. Gaji Rp5 juta ditambah remunerasi Rp2,8 juta. Total yang dibawa pulang Rp7,8 juta sebulan. Sang suami juga sama. “Kan pangkat kami sama. Alhamdulillah jumlah itu cukup,” katanya.

Hatinya kian senang, sebab tiga putrinya sangat mendukung pekerjaan itu, meski berhari-hari harus pergi. “Mereka suka cerita kepada teman-teman dan guru-guru dengan bangga,” ujar Lisda penuh rasa haru. emoticon-Belo


[CENTER]Sumber Gan[/CENTER]
Bantu Rate Gan emoticon-Rate 5 Star
nice inpoh gan
wah ane baru tau kalo burung biru punya sopir cwek..
nice info
wogh,, pemadam kebakaran emoticon-Matabelo
ane liat cowok jadi petugas pemadam kebakaran aja dah
ngerasa: keren yaah...

apalagi cewek
umur segitu lagi,, masih aktif... hebat!!! emoticon-Kiss (S)
keren nih, inspiratif juga....emoticon-Matabelo

sebagian ceritanya sedih juga ya gan emoticon-Frown

bikin mewek emoticon-Mewek


Quote:Original Posted By arisenior
Pertamax ???


emoticon-Hammer
Wow hebat bener wanita2 ini ... empat jempol buat mereka emoticon-Big Grin

Thumbs up 

sangat inspiratif.. nice thread gan emoticon-2 Jempol
sundul gan emoticon-Sundul



Posted with kaskusBetaQR
wow pada perkasa semua y perempuannya emoticon-Matabelo
wajah lain perempuan perkasa indonesia yang luar biasa emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By GoldCloting
wow pada perkasa semua y perempuannya emoticon-Matabelo


Quote:Original Posted By KB1LA
wajah lain perempuan perkasa indonesia yang luar biasa emoticon-Matabelo


salut gan emoticon-2 Jempol




emoticon-Matabelo
wah nice info banget nih
emoticon-thumbsup
keren abis
ane rate !!
;matabelo ada yang jadi PMK juga emoticon-Matabelo







Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia.. emot anti copas
emoticon-Sundulemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By Yoong7
wah nice info banget nih
Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..
keren abis
ane rate !!

emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By orgdubai
;matabelo ada yang jadi PMK juga Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..







—Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia.. emot anti copas™


thanks gan emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By andrapay
Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..Infografik : Wajah Lain Para Perempuan Perkasa Indonesia..


emoticon-Bingung



Posted with kaskusBetaQR
maju wanita Indonesia biar makin yahuutt
waaawww untung lah ada emansipasi wanita yah gan, setiap wanita dapat bebas mengekspreksikan apa yang mereka butuhkan & inginkan, emoticon-Matabelo mereka memang hebat" emoticon-Matabelo