alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014592727/help-me-gan-haruskah-ane-cerai
help me gan, haruskah ane cerai?
Malam gan, ane butuh bgt masukan agan2 smua..apakah harus ane cerai istri ane?
Maaf klo ane salah forum, tp ane ga tau lagi harus discus ama siapa.
Ane crita dl sdikit ttg kluarga ane..
Umur ane 1bln lg genap 30th, sudah menikah kurang lebih 5th dan alhamdulillah ane udah punya. anak cewe yang cantik & pinter, bentar lg 3th gan. Istri ane bentar lg 27th.
Sebelum menikah, ane pacaran cukup lama skitar 6th dr istri ane SMA sampe lulus kuliah tp hub jarak jauh krn ane kuliah diluar kota, ktemu paling 1x staun wkt libur lebaran.
Singkat crita, akhirnya kami menikah walaupun sbenernya sifat asli atopun kebiasaan2 kita sbenernya ga tau.
Ane ama istri ane sama2 anak pertama, jadi kynya emang sama2 punya watak keras. Ane sadari itu, dan ktika ane sadar kdang ane jg ga bs salahin krn kita dr kecilnya hidup dengan asuhan yg berbeda dr ortu kita..jadi salah atau benar, boleh n ga boleh mungkin kita punya pendirian masing2. Selama +/- 5th ini kita sering ribut, bahkan ane pernah beberapa kali sampe ninggalin rumah karna ane dah ga tahan dengan sikap istri ane. Beberapa kali ane coba konsultasi ama ortu ane, tmen dsb, melarang ane utk cerai krn pertimbangan anak jg. Ya..ksian emang sm anak ane, tp klo ribut terus ane jg ga tahan gan..istri ane tiap dikasi tau ngelawan. Ane ga tau lg harus bersikap, ngomong sm dia, krn ane pikir yg namanya sifat or sikap dia ga kan pernah berubah smpe kapanpun. Ane takutnya nanti klo terjadi apa2 pasti ane sebagai laki2 yg disalahin.
Belakangan ane jg baru tau, ternyata ortu istri ane jg udah cerai. Ane jd bner2 yakin saat ini ane harus berani ambil keputusan..ane harus cerai sm istri ane.
Tp ane sayang bgt sm anak ane gan, ane takut nanti jiwa anak ane jd rusak, & ane ga bisa pantau perkembangan jiwa anak ane apalagi dengan sifat n klakuan istri ane.
Ffuuuh..kdang ane kpikiran jg utk bunuh diri aja, bner2 ga tahan ane ama sikap istri ane.
Tolong ksi masukan ane gan, ane tau cerai itu merupakan sesuatu yg dibenci sm Allah..tp kalau diterusin ane pikir malah nantinya akan jadi tambah rusak gan. Ane bner2 ngrasa sendiri gan
Quote:Original Posted By DagingJepit
Dulu ane pernah baca cerita tentang serang istri pengen liat suaminya
berubah karna sifat mereka saling keras dan si istri ini ngedatengin seorang dukun
buat merubah sikap suaminya tapi malah si dukun ini ngasih daging dan nyuruh si istri ini
ngasih daging tersebut ke harimau yg di tengah hutan,awalnya takut ga berani dan punya fikirian
gabakalan mungkin lah seekor harimau buas di kasih makan sendiri yg ada tar dia di makan juga
tapi karna ketelitian perempuan ini dari hari ke hari doi ngasih makan harimau tersebut
hairmau itu malah nnurut sama permpuan ini (kira kira gitu ceritanya)

ane ambil poitnya aja ya gan

harimau aja yg buas bisa nurut sama kita kalo kita mengenalkan diri kita perlahan
dan tentunya dengan cara yg lembut nah
seseorang juga pasti punya sifat lembut asal bagaimana kita menyikapinya dan bagaimana
kita menangapi orang tersebut


maaf kalo kata kata ane berantakan emoticon-Smilie


kata2 ente memang berantakan gan emoticon-Ngakak cuman passs buat kasih sedikit saran buat TS

emoticon-Request ane dah ngalamin perceraian gan dan sakit rasanya setelah menerima putusan emoticon-Turut Berduka
jangan ditiru yak
Jangan gan...Batin anak akan lebih tersiksa dibanding batin agan sama istri...emoticon-Matabelo

moga cepet diberi jalan keluar yang baik gan...emoticon-Malu (S)
kasian anak ente gan emoticon-Ngacir
Kasihan anak gan...batin anak akan lebih tersiksa dibanding agan dan istri...emoticon-Matabelo

moga diberi jalan keluar yang terbaik gan..emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By andhikasukma
semua manusia bisa berubah...semua sifat pasti bisa luluh..perceraian hanya akan menambah beban anda..silahkan perbaikin dari pada mengakhirin

inget aja 1 hal bahwa perceraian bakal bikin anak ente sengsara


ane setuju sama agan ini, emoticon-Recommended Seller

kalo di agama ane melarang keras adanya perceraian gan,

jadi sebisa mungkin jangan lakukan itu,

Quote:Original Posted By andhikasukma
semua manusia bisa berubah...semua sifat pasti bisa luluh..perceraian hanya akan menambah beban anda..silahkan perbaikin dari pada mengakhirin

inget aja 1 hal bahwa perceraian bakal bikin anak ente sengsara


ane setuju sama agan ini, emoticon-Recommended Seller

kalo di agama ane melarang keras adanya perceraian gan,

jadi sebisa mungkin jangan lakukan itu,
ane ambil dari kutipan dari felem.....
begini kutipanya..
"kalian sudah sama-sama dewasa, tidak ada masalah yang tidak dapat kalian bicarakan"
simpel tapi sungguh dalem maknanya gan..disini kita di tuntut harus dewasa gan..
memang kita sebagai laki2 menjadi kepala rumah tangga..
terkadang kita juga harus mengalah untuk mempertahankan apa yang kita impikan dan kita sayangi..dalam kasus agan mungkin sibuah hati...kasian anak ente gan....
terserah dah dengan istri ente gan...
yang harus ente tekanin ente memberi nafkah halal dan memberi payung buat keluarga ente...semangat terus gan..!! ane doakan semoga tentram..
ane sebenarnya kasusnya mirip sama ente gan..emoticon-Big Grin
diperbaiki lagi ajha gan, dibicarain baik2 dari hatio ke hati..

inssyAllah bisa diselesaikan, ksian anak kalo ente cerei emoticon-Berduka (S)
hal yg paling takut pas ane berumah tangga yaitu mendapat persoalan seperti agan ini, itu yg slalu jadi bayang" ane klo brumah tangga nanti...
dewasa dan mengalah emank sangat di tuntut gan sebagai laki"... untuk skrg aja ane harus ekstra sabar dan super mengalah untuk mnghadapi cwe ane yg cukup keras yg kbetulan juga anak prtama...
slalu brdoa dan sholat tahajjud gan, pasti allah memberikan kemudahan...

tenangkan diri, introspeksi diri dulu bro

saya mau kasih masukan, mudah2an ga terkesan menggurui.
Tenangkan diri dulu bro, introspeksi diri, masalah di pernikahan bukan hanya disebabkan 1 orang. tapi pasti dari keduanya.
ini ada beberapa saran yang bisa dilakukan.

1. jangan pernah terpikir bunuh diri. ini penting. kuatkan diri dengan mendekatkan ke Alllah SWT (kalau anda Islam). perbanyak ibadah, mohon ampun. bunuh diri tak pernah selesain masalah. Hidup ini masih lebih indah dibanding masalah yang kita hadapi bro. hadapi aja masalahnya. berani menikah, berani selesain masalah. turunkan ego kamu juga ya.

1.b. kalau kecewa dengan istri, and merasa putus asa, yakinlah masih ada orang yang menyukai and mencintai kamu spt ibu, bapak, anak kamu, saudara2 kandung, dll. mereka itu masih mengharapkan kamu ada disampingnya.

2. minta nasehat sama orang yang bijak, yang punya pengalaman pernikahan yang lama. biasanya mereka punya nasehat2 yang baik untuk menghadapi masalah pernikahan.

3. diskusikan masalah sama istri. bicarakan komitmen utk nyelesain masalah. buat komitmen utk masing2 perbaiki diri kalau mau bertahan dengan pernikahannya.

4. Bila perlu, hadirkan orang ke3 (penengah) utk menengahi dan kira2 bisa ngasih nasehat yang kalian mau denger and mau dilakukan oleh kalian berdua. mungkin orangtua istri atau ustadz/ustadzah yg disegani istri dan kamu.

5. kalau memang masih bermasalah, bisa konsul ke konselor pernikahan. salah satu yg bisa sy rekomen adalah pak noveldy dan istrinya wita. mereka pernah dalam posisi yang kamu rasain skrg, namun berhasil melewatinya. mereka baik banget dan pasti mau bantu kamu. mereka pengen share sama semua orang yang udah menikah utk tips2 mengatasi masalah dan meningkatkan kualitas pernikahan. bisa follow pak noveldy di twitter: @noveldy dan istrinya @bundawita

6. moga membantu. tetep semangat, introspeksi diri, tenangkan diri, ibadah yang banyak. deketin Allah (Tuhan).

Salam,
ane masih sma gan
belum terlalu paham beginian
ane cuma bisa bantu doa yang terbaik buat agan

Smile 
terima kasih semua

Maaf, ane baru ngaskus lagi..n bnyak sekali masukan dari agan2 semua, ane terimakasih bgt emoticon-I Love Kaskus.
Ane msih terus lanjutin hub ane, sesuai saran agan2 semua..ane sayang bgt sama anak ane soalnya. Ane pikir, mungkin ini salah satu pengorbanan juga buat anak ane.
Ane doain ketentraman juga buat agan semua, skali lagi trimakasih.
emoticon-I Love Kaskus

Wassalam
coba agan pikirin anak-anaknya gan kasianemoticon-Mewek cerai tidak mengeluarkan dari masalah pasti ada jalan yang terbaikemoticon-2 Jempol
daripada ente cerai atau bunuh diri, mending ente poligami aja gan
Quote:Original Posted By singgon
Maaf, ane baru ngaskus lagi..n bnyak sekali masukan dari agan2 semua, ane terimakasih bgt emoticon-I Love Kaskus.
Ane msih terus lanjutin hub ane, sesuai saran agan2 semua..ane sayang bgt sama anak ane soalnya. Ane pikir, mungkin ini salah satu pengorbanan juga buat anak ane.
Ane doain ketentraman juga buat agan semua, skali lagi trimakasih.
emoticon-I Love Kaskus

Wassalam


jangan cuma anak doang yang disayang gan, ente juga harus sayang sama istri biar hubungan kedepannya jadi lebih baik
ente juga harus tanggung jawab gan masa nikah cuma mau sayang sama anak doang istrinya gak disayang masa
ane gak bisa komen banyak" gan emoticon-Smilie
soalnya ane belum nikah emoticon-Big Grin

"MENGALAH UNTUK MENANG"

tapi agan harus belajar mengalah untuk diri sendiri... baru untuk orang lain emoticon-Smilie
ane kaga tau ,, ane aje blom nikah emoticon-Shakehand2
pikirkan masa depan anak gan...dah itu aja emoticon-Kiss
Mempertrahankan rumah tangga perlu perjuangan gan, tidak gampang menyatukan satu visi bagi dua hati, introspeksi diri dulu apakah istri agan yang salah atau agan yang keras kepala, atau dua2nya keras kepala, merubah sikap akan lebih baik...

emoticon-I Love Indonesia (S)