alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014584153/10-macam-tipe-pembeli-yang-bikin-dongkol-seller-fjb-kaskus
10 Macam tipe Pembeli Yang Bikin Dongkol Seller FJB Kaskus!!!

Warning!! :Perhatikan Baik-baik Bagi Buyer FJB...klo bisa di ctr+d / sticky biar sama-sama merasakan kejanggalan ini emoticon-Mewek ...btw Para seller FJB silahkan emoticon-Blue Guy Cendol (L) dulu dong gan


Spoiler for :genit Detecded!!!!:
emoticon-Cape d... (S)

Di era serba internet seperti sekarang pertumbuhan bisnis online juga ikut berkembang pesat, salah satunya adalah bisnis online shop (toko online). Jika memiliki modal cukup maka kita bisa membuat website toko online sendiri, tetapi jika tidak biasanya pemula akan memanfaatkan blog seperti Multiply, Blogspot, atau Wordpress. Kini Facebook lebih banyak dipilih untuk berbisnis toko online karena lebih mudah untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Semua bisnis, besar maupun kecil memiliki resiko. Suka duka pasti ada, salah satunya adalah menghadapi para pembeli yang membuat kesal dan makan hati. Berikut saya tulis 10 tipe pembeli yang bikin kesal dan ribet toko online. Apakah Anda termasuk diantaranya?? :P

1. NAWAR GAK PAKE PERASAAN
Padahal sudah tertulis bahwa harga yang tertera adalah fixed price alias tidak bisa ditawar, tapi tetap aja ada yg nawar. Ya boleh-boleh aja sih nawar, kalo beli lebih dari satu barang masih dipertimbangkan kok, tapi nawarnya pake perasaan ya… Masa beli baju satu biji nawar sampe setengahnya?!


2. MINTA GRATIS / DISKON ONGKOS KIRIM

“Ongkir gratis dong, Sis…!”
Kalau misalnya untung dari penjualan tersebut cuma Rp 15.000 sedangkan ongkir Rp 23.000 apakah toko sudah gila untuk memberi gratis ongkos kirim??
“Lho kok ongkirnya mahal banget?”
“Biasanya aku belanja online ongkir cuma Rp 6.000 !”
Ugh! Ongkos kirim itu dihitung dari beratnya paket dan jarak wilayah antara alamat pengirim ke alamat penerima. Gak mungkin Bali-Surabaya dan Bali-Jakarta akan sama ongkos kirimnya.
Sebenarnya pembeli gak usah curiga, kan bisa cek sendiri ongkos kirim di website pengiriman, misalnya JNE atau POS.


3. MINTA BARANG DIKIRIM DULUAN

Beberapa pembeli meminta barang dikirim duluan baru dia akan melakukan transfer pembayaran. Orang-orang seperti ini mungkin kurang membaca atau apa ya? Di mana pun, semua toko online dalam dan luar negeri hanya akan mengirim barang jika pembayaran telah diterima. Kecuali toko memiliki system COD (Cash on Delivery) yaitu kurir toko pribadi (bukan semacam JNE atau POS) mengantar barang ke alamat dan pembeli membayar barangnya melalui kurir tersebut.


4. TIDAK BERPENDIRIAN alias ABABIL

Pertama bilang order model yg ini, gak lama SMS ganti model yg lain. Gak lama ganti lagi warnanya, dan gak lama minta size beda. Udah capek balesin (apalagi SMS di tengah malam) sampe abis pulsa eh ujung-unjungnya gak jadi.


5. CURIGA

“Ini toko online beneran kan?? Gak boong?”
“Eh, sista kok gak nanya alamat lengkapku sih?? Gimana kirimnya? Gak mau nipu kan??”
Phew! Alamat lengkap baru akan kita minta setelah pembayaran diterima, kalo belum bayar ngapain minta alamat pengiriman?? Bikin penuh inbox aja! Paling kita minta info kota tujuan pengiriman untuk ngecek ongkos kirim. Setelah pembayaran diterima kita akan memberitahu bahwa transfer sudah masuk dan meminta alamat lengkap untuk pengiriman.


6. MEMBANDINGKAN DENGAN TOKO LAIN
“Sista, aku beli di toko itu gratis ongkir lho!!!”
“Ah di toko itu harganya cuma segini…”
Ya udah beli aja di toko lain itu, ngapain juga belanja di toko kita??


7. MENCEMARKAN NAMA BAIK TOKO
“Sista, toko itu masa begini… … …”
“Aku gak suka ama toko itu, sis…”
Entah dengan maksud apa ada orang-orang yang suka menjelek-jelekan sebuah toko kepada orang lain. Wah jangan-jangan nanti dia bakal jelek-jelekin toko kita juga… Pasti dalam kehidupan sehari-hari juga sering menjelekan sesamanya.


8. BAWEL SOAL PENGIRIMAN
Baru juga transfer udah tanya no resi. Kita jawab tunggu ya, nanti di SMS. Eh malah dibilang nipu! Lho, toko kan juga perlu waktu untuk mempersiapkan pesanan, seperti ambil barang ke gudang, packing, dan perlu waktu untuk membawa ke kantor pengiriman. Kalau sudah dikirim nanti juga akan di SMS kok no resinya.
“Sis, barangku kapan datang ya?”
“Kok barangku gak datang-datang juga sih? Gimana nih??”
Ya kita juga gak bisa banyak bantu, kita cuma bisa menanyakan ke kantor pengiriman atau mengecek lewat website. Masalah keterlambatan paket diterima itu diluar kuasa kita, karena tanggung jawab sudah beralih ke kantor pengiriman. Kewajiban toko hanya sampai pada mengiriman paket.


9. BOOKING & DISAPPEAR

“Sis, simpenin yg ini ya!”
“Sis, aku mau yg ini, yg itu, sama yg tadi juga…”
“Sis, aku booking ya, minggu depan dibayar…”
Setelah sampai waktu yg dijanjikan: “Blep!” Menghilang!
Di SMS jawabnya, “Iya nanti ditransfer”.
Di SMS ke-2 kali jawabannya “ok” doang.
Di SMS ke-3 kali menanyakan kapan akan bayar gak ada balasan! emoticon-Frown
Kadang toko harus menolak orang-orang yang serius mau membeli hanya karena barang tersebut sudah dibooking. Akhirnya toko jadi rugi karena kehilangan penjualan. Tipe seperti ini biasa disebut dengan “hit & run buyer”.


10. DEAL & DISAPPEAR

Mirip dengan tipe di atas (hit & run buyer) tapi ini adalah pembeli yang sudah sepakat dengan harga dan ongkos kirim tanpa booking dan berjanji akan transfer secepatnya, misalnya nanti sore. Tapi ditunggu dari sore, malam, sampai hari ke hari gak transfer juga. Di SMS pun tiada jawaban. Padahal toko sudah memesan barang orderannya ke supplier dan itu tidak bisa dibatalkan!

Dalam hal ini point nomer 9 dan 10 adalah tipe pembeli yang paling mengesalkan! Bagaimana tidak, kita sudah menyimpankan barang sesuai dengan bookingan dia sekian lama, akhirnya tidak ada kabar. Apalagi jika sudah deal order, barangpun telah kita ambil dari pusat/supplier dan telah kita bayar lunas. Pembeli tipe ini tidak sedikit. Mungkin mereka adalah orang-orang yang tidak ada kerjaan, cuma bisa mempermainkan orang. Bisa juga tidak punya dana untuk berbelanja tapi sangat bernafsu untuk membeli.

Setelah menjalankan bisnis toko online saya baru tahu bahwa orang-orang diluar sana ternyata tidak sama dengan saya! Maksudnya, sebelum punya toko online sendiri saya sering berbelanja online (sampai sekarang) dan saya tidak pernah melakukan hal-hal seperti yang saya tulis di atas!

Yah, itulah suka duka berbisnis toko online. Walaupun ada pepatah mengatakan “Pembeli adalah Raja” tapi bukan berarti kita bisa diperlakukan seenaknya oleh pembeli. Pembeli juga harus memiliki etika agar kita sama-sama enak. Setuju?

APAKAH Masi musim.. Pembeli adalah Raja... :hmmm
emoticon-Genit

nyolong di sini
wew afgan ternyata perokok ya ?? baru tahu ane emoticon-No Hope

wah agan penjual FJB juga ya ?? bener nih si agan banyakan buyer juga gitu ckckckckck emoticon-Cape d...


Quote:Original Posted By PertamaX Evolution
emoticon-Ngacir "Kami bukan penyergap,kami juga bukan sang ahli mengejar pertamax!!
"tapi Kami hanyalah pasukan pembasmi Junker and bot kaskus
"
emoticon-Ngacir10 Macam tipe Pembeli Yang Bikin Dongkol Seller FJB Kaskus!!!
"klik banner untuk mengunjungi mabes PXE"






posted by : juniorseller10 Macam tipe Pembeli Yang Bikin Dongkol Seller FJB Kaskus!!!
kl ane liat kebanyakan point 4 dan 9 ganemoticon-Matabelo






Will Work for Bandwidth emoticon-afro
heheh afghanis tan
silah kan ribut



koleksi trit
Spoiler for Trit Paling Miris BB+ 21 Kebawah:

Kesel 

Buset deh Pertamax Jun ker masang BALIHO SEGEDE GAban!!!!!!!

yang boneng aje lo gan... KOK DAH KEPEDEAN BGT MACAM AFGAn aje lo!!

Sisi NegatiF Adat Jawa
Cewek Goblok
Hiiii .. Penyakit Misterius
Dunia Malam dan Telanjang..
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Bnyk tuh yg sering ane temuin tipenya.

1 lg gan yg kurang. Tipe buyer yg mesennya banyak tp bayarnya nyicil alesannya belum di transfer dr buyer mereka.

kalo ane punya sistem sendiri gan :

1. No booked, pesanan diproses setelah pembayaran masuk. klo ada yg komplain knp dikirimnya lama pdhal dah booked dr beberapa hari sebelum ? ane jwb ya knapa transfer baru skrng gan?
2. COD ane kenain DP 50rb ajah biar kagak kabur buyernya
3. klo ada pertanyaan, ini beneran mas ? ga nipu kan ? -> selalu ane jawab, ane jual barang dan kepercayaan gan. klo ga percaya silahkan ke toko sebelah.


And its work gan
ahaha namanya juga pembeli gan sifatnya macem2 begitu jg penjual emoticon-Peace
Quote:[CENTER]Lihat di sini untuk info promo, event, traffic, diskon, dll[/CENTER]
yah gimane lagi namanya juga manusia
gak ada yang sama gan
klo istilahnya 'pembeli adalah raja' emoticon-Big Grin

calon pembeli juga gak mau ketepu emoticon-Blue Guy Peace

tpi gak menampik, banyak juga calon pembeli yg seperti diatas emoticon-Blue Guy Peace
Kalo ane biasanya, calon buyernya uda nanya puanjang lebar, kadang pertanyaan sama diulang2, udah nego harga dan uda deal, sekitar 10 menitan calon buyernya delcont bbm ane emoticon-Nohope
pembeli bukan raja
tapi pembeli pastinya penting untuk seller

gw sendiri jg ada bbrp kali ketemu apa yang ditulis TS
tapi semua itu bukannya memang ada negosiasi?
meski udah tulis nett sekalipun, tetep hak pembeli untuk mengajukan penawaran

kalo sistim ane,
nawar afgan di tret = thx untuk sundulan
nawar afgan di SMS = tidak dibalas

kita sebagai seller juga kalo udah pengalaman akan
gampang bedain antara calon yang serius ama yang cm sekedar iseng2
banyak calon pembeli yang kayak dibilang di atas..
Tapi juga banyak seller yang gak beneran alias nipu jadi banyak buyer yang juga waspada jadinya
udah sering gan ane alamin ampe sekarang tu kayak gtu
emoticon-Ngakak

sabr' aja gan
sama sama Gila juangan ada transaksi'
KONSEkwensi PENJUAL ya gitu gan
biasa itu gan.. manusia kan, macem2 sifatnya he3.. emoticon-Blue Guy Peace
Menghadapi gituan mah udah resiko jadi kl seller FJB kaskus Om TS.... emoticon-Big Grin

Makanya seller juga harus jelas bikin aturan di lapaknya.. emoticon-Big Grin
macam mana kau
yaa gak semua intinya pembeli itu raja sistt...biarin ajaaa kalo yg neko2 kita tetep layanin....
ga pernah kasih testi gan emoticon-Frown
×