alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014555977/makassar-beraroma-jakarta-kandidat-ibukota-negara-mungkingji
Makassar Beraroma Jakarta, Kandidat Ibukota Negara, Mungkingji?
Hawa modern sangat kental terasa saat menginjakkan kaki di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, serasa sedang berada di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Lepas dari bandara, mobil langsung melaju menuju pusat kota Makassar, lewat tol tentunya. Maklum lagi musim hujan, jadi banyak genangan air dimana-mana, ini yang agak berbeda, tidak sampai banjir kayak Jakarta pastinya. Disini juga ada riuh rendah musik band dan keramaian anak muda Makassar di Fort Rotterdam, food court khas anak muda, live music, yah mirip-mirip tongkrongan muda-mudi di seputaran Kemang. Gedung pencakar langit juga ada, mall, perkantoran, wahana rekreasi, dsb. Multietnis, multireligi, multibudaya juga bisa dijumpai di kota ini. Apa kurangnya coba?

Makassar
Makassar Beraroma Jakarta, Kandidat Ibukota Negara, Mungkingji?
Jakarta
Makassar Beraroma Jakarta, Kandidat Ibukota Negara, Mungkingji?

Jakarta sebagai ibukota negara, kini dirundung banyak masalah. Kemacetan, tata ruang kota dan banyak berdirinya mall-mall besar membuat Jakarta sudah menjadi sentra bisnis bukan lagi sentral pemerintahan. Kondisi ini dinilai membuat Jakarta sudah tidak kondusif lagi sebagai ibukota negara. Kota yang dulu bernama Batavia ini juga terancam macet total akibat makin padatnya kendaraan dan pertumbuhan jumlah penduduk yang tak sebanding dengan ruang yang ada. Solusinya pindahin aja tuh ibukota, ke Makassaarmo, hehehe.
Wacana ini pun terus menggelinding, kontroversial, juga menarik perhatian sejumlah pihak. Makassar merupakan kota yang cocok karena berada di tengah-tengah Indonesia, tambahan lagi karena Makassar merupakan salah satu kota metropolitan di tanah air yang terus membenahi diri. Telah dibangun kawasan super megah sebagai pusat bisnis, wisata dan pendidikan yang dibangun di kawasan dengan luas total 600 hektar. Dengan sejumlah bangunan-bangunan menjulang tinggi, pusat bisnis dan pemerintahan, kawasan hiburan, hotel-hotel kelas dunia yang dilengkapi dengan lapangan golf dengan view ke laut lepas dan pemandangan menakjubkan ke pulau-pulau di Teluk Makassar. Di kawasan ini juga akan dibangun Istana kepresidenan yang selama ini hanya berada di Jawa dan Bali.

Lagipula sejak abad ke-16 telah menjadi pusat perdagangan yang dominan di Indonesia Timur. Kala itu, raja-raja Makassar menerapkan kebijakan perdagangan bebas yang ketat, dimana seluruh bangsa yang berkunjung ke Makassar berhak melakukan perniagaan dan menolak upaya VOC (Belanda) untuk memperoleh hak monopoli. Kondisi ini kemudian menjadikan Makassar salah satu kota terbesar di Asia Tenggara.

Mungking (okkots) juga yah kalo Makassar jadi ibukota negara Indonesia.
tp banyak kok kandidat nya gan .. yg paling kuat bnyak dri kalimantan ..
klo ane siy denger2 banyak pihak yang menjagokan PALANGKARAYA-Kalimantan Tengah, karena kota ini (dulu) oleh Presiden Soekarno sudah direncanakan sebagai ibu kota RI, cuma rencana itu mandeg setelah peristiwa 30 september 1965. salah satu buktinya adalah tata kota Palangkaraya yang memiliki blueprint ibu kota modern, kemudia JALAN RUSIA (coba maen ke thread agan retro.martico ini http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=9706849).

ane sebagai warga negara RI sangat mendukung klo ibu kota dipindahkan dari Jakarta, biarlah jakarta jadi semacam propinsi atau otorita tersendiri yang sebaiknya fokus pada SATU bidang misalnya bidang industri atau IT saja.
makassar sudah macet tuh..
apalagi kalo dah jadi ibukota.
bagusan ibukota negara agak ke tengah daratan, and kandidatnya mgkn kalimantan,,kalteng maybe,,,hehe. ane bukan org kalteng cm lebih cocok keknya daerah itu,,emoticon-Matabelo
bisa aja gan, tapi sepertinya bukan dalam waktu dekat ini..
tunggu saja mega proyek Center Of Indonesia
klo proyek ini udah jadi..mass transport juga sdh tertata, walopun bukan jadi ibukota negara tapi setidaknya Makassar bisa jadi percontohan...
investasi di Makassar lagi menguntungkan gan dalam 5 tahun terakhir..
ane kesana 2008 dulu jalanan klo jam 10 malam udah sepi, Kemarin ane kesana jam 1 malam keluar, kotanya masih ramai..
yang penting di benahin aja kotanya..
wah gmn rasanya gan
semoga jakarta menjadi lbh baik gan
Makasar mahasiswa nya aja kyk gitu. gimana mo jd ibukota.emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By Vlenx
Makasar mahasiswa nya aja kyk gitu. gimana mo jd ibukota.emoticon-Cape d...


Oknum gan...
keren fotonya kaya miami emoticon-Big Grin
wah ane kurang faham soal ginian
ijin mantau aja
Kayaknya klo gak Makassar yah pasti salah satu kota dari kalimantan gan emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By robanwoods
keren fotonya kaya miami emoticon-Big Grin


Setnya di Pantai Losari gan, keren memang kalo lagi malem disono...
Kalau gue malah berharap kota BALIKPAPAN yang bakalan jadi Ibukota RI, soalnya itu kotanya bersih dan sejuk, bebas macet, dan pemandangannya juga bagus.

Gue pernah ke Makassar, kotanya juga bagus tapi apa ngak terlalu dipinggir laut ? nanti kalau ada Tsunami bisa parah emoticon-Takut (S)
Banyak gan skg kota yang seperti makassar gan emoticon-Cool



Spoiler for BUAT YG MAU KURUSAN,JANGAN DIET KETAT:

itu photo pantai losari ya gan?
ribet banget gan klo ibukota pindah







Kaos Distro Keren
Makassar Beraroma Jakarta, Kandidat Ibukota Negara, Mungkingji?
saya tinggal di makassar, menurut ane ndak cocok, soalnya kotanya sudah jadi, sehingga susah kalo mau dikembangkan lagi. menurut ane palangkara jauh lebih cocok.

Belum lagi tingkah laku mahasiswa yang katanya oknum itu (oknum kok dimana2, heheh) tidak beretika kalau berdemo.

Kalau ane lebih setuju makassar dijadikan pusat bisnis indonesia timur aja deh, tp kayaknya itu sudah berjalan ya

ewako makassar
wah kalo bener d makasar bisa tiap hari ricuh gara2 mahasiswa pada demo gan..
Makassar jadi ibukota RI?.. emoticon-Cape d... (S)

- konsep tata kota yg ga jelas dr rukun tetangga smp propinsi
- sampah di mana2, cari tong sampah aja susah bgt trmasuk di gedung mewah bertingkat exclusive di jantung kota Makassar yg sewanya 100ribu/m²/tahun
- lebih mudah cari toko handphone daripada toko fotokopian ato toko buku
- tingkat kekerasan yg lumayan tinggi di mana2 trutama di jalan yg mental pengendaranya tidak punya etika berkendara hanya siapa kuat dia yg menang.. emoticon-Berduka (S)

perbaiki dulu lah..