alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014536204/mengenal-komunitas-parkour-indonesia-dan-beberapa-pendirinya
Mengenal Komunitas Parkour Indonesia dan Beberapa Pendirinya
Mengenal Komunitas Parkour Indonesia dan Beberapa Pendirinya

Mengenal Komunitas Parkour Indonesia dan Beberapa Pendirinya

emoticon-I Love Kaskus (S) Alhamdulillah HT Kelimax ane emoticon-I Love Kaskus (S)

Spoiler for HT Kelimax / 21 Mei 2012:


Quote:emoticon-Smilie pertama-tama bantu rate dulu yah semuanya emoticon-Smilie
Mengenal Komunitas Parkour Indonesia dan Beberapa Pendirinya



Mengenal Komunitas Parkour Indonesia dan Beberapa Pendirinya
emoticon-Cendol (S) Mengenal Komunitas Parkour Indonesia dan Beberapa Pendirinya emoticon-Hammer (S)
Mengenal Komunitas Parkour Indonesia dan Beberapa Pendirinya

Quote:Definis Parkour
Quote:Sejarah Parkour
Parkour mempunyai arti bergerak atau berpindah tempat dari point A ke point B seefisien dan secepat mungkin yang menggunakan prinsip dari Parkour dengan mengedepankan keindahan bergerak sekaligus diimbangi oleh kemampuan dari tubuh manusia itu sendiri.
Sebenarnya Parkour sudah ada sejak dulu sebelum manusia mengenal kata “Parkour” itu sendiri. Tapi Parkour dideskripsikan dan dikenalkan ke seluruh dunia oleh seorang pria berkebangsaan Perancis yang dikenal dengan nama David Belle. Dialah yang telah memperkenalkan olahraga ini ke seluruh dunia yang awalnya hanya berkembang di Perancis. Sehingga akhirnya berkembang ke seluruh daratan Eropa dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia.
Namun jauh sebelum itu, ada seorang pelaut Prancis pada abad 19 bernama Georges Hebert yang mengembangkan metode latihan yang mampu mengeluarkan energi manusia yang tersembunyi dalam tubuhnya. Hebert terinspirasi oleh suku di Afrika yang memiliki kemampuan atletik dan gimnastik. Ternyata, yang bisa membuat suku tersebut kuat adalah lingkungan sekitarnya yang telah melatih mereka dengan sendirinya selama bertahun-tahun.
Akhirnya, Hebert menciptakan sebuah latihan yang diberi nama methode naturalle yang terkenal dengan moto ‘etre fort pour etre utile’ atau ‘to be strong, to be useful’.
Latihan ini meliputi sepuluh gerakan dasar yaitu walking, running, jumping, swinging, quapedral movement, balancing, throwing, lifting, climbing, dan swimming. Metode itulah yang akhirnya dipakai para tentara Prancis di perang Vietnam. Salah satu yang mendalami latihan itu adalah Raymond Belle, ayah David Belle itu sendiri.
Terinspirasi dari ayahnya, Raymond Belle seorang tentara Perancis yang akhirnya bergabung dengan sapeurs-pompiers ( pemadam kebakaran militer). Lahir di tengah keluarga pemadam kebakaran membuat David terinspirasi dengan cerita-cerita tentang kepahlawanan. Saat berumur 16 tahun, David memutuskan untuk meninggalkan sekolah untuk mencari kecintaannya akan kebebasan, aksi, dan untuk mengembangkan kekuatan dan ketangkasan yang dimilikinya agar berguna dalam kehidupannya, seperti yang selalu dinasehatkan oleh ayahnya.
Raymond memperkenalkan pada anaknya tentang sebuah latihan halang rintang dan metode natural yang akhirnya dikenal dengan nama Parkour. Sejak saat itu ,setiap David sepulang sekolah ia mulai memainkan skenario sendiri bagaimana dia bisa meloloskan diri dari situasi yang sulit. Menurut David, Parkour dapat berguna sebagai self-defense dalam keadaan tidak terduga. Saat martial art bisa disebut sebagai sebuah bentuk latihan untuk fight (bertarung), parkour merupakan suatu bentuk latihan untuk flight (kabur).
Sejak Usia 15 tahun, David Belle pindah ke Lisses (salah satu kota di Perancis). Pada waktu itu, dia bertemu dengan para remaja di sana yang tertarik dengan apa yang dilakukan oleh David. Disinilah cikal bakal dari lahirnya sebuah grup Parkour yang dikenal dengan nama Yamakasi. Bersama teman masa kecilnya, Sebastian Foucan beserta beberapa pemuda lainnya mulai mengembangkan Yamakasi sebagai tim Parkour yang dikenal di Perancis. Namun karena perbedaan prinsip, David dan Sebastian berpisah dan meninggalkan Yamakasi. Sehingga saat film Yamakasi yang dibuat pada tahun 2001 harus tetap berjalan tanpa kehadiran mereka berdua.
David tetap memegang prinsip Parkour yang tetap mengedepankan tentang keefektifan dan efisiensi yang menampilkan kesederhanaan dan memiliki filosofi melewati rintangan dengan cepat dan efisient. Sedangkan Sebastian lebih memilih untuk membuat gerakan-gerakan dari parkour terlihat lebih indah yang dapat membuat orang yang melihatnya menjadi tertarik. Sehingga akhirnya ia menambahkan gerakan acrobat seperti flip atau salto dikombinasi dengan gerakan “pacours du combatant” yang akhirnya menjadi Freerunning. Hal tersebut yang membuat David Belle berbeda pandangan dengan Sebastian Foucan. Karena menurut David Belle, gerakan acrobat atau salto sangat tidak efisien dan sangat bertolak belakang dengan originalitas Parkour. Selain itu, keinginan untuk melakukan gerakan hanya untuk dilihat orang lain tanpa keinginan untuk melakukan gerakan itu dari diri sendiri, merupakan hal yang bertolak belakang dengan parkour.
Saat ini David Belle memulai tur dunia dengan asosiasi yang dia dirikan (PAWA) bersama tim Parkour yang dulu dia dirikan. Dan ini hanyalah sebuah awal

Terminology

Parkour berasal dari kata parcours du combatant yang berarti pelatihan halang rintang untuk sesi militer. Kata Parcours “c” diganti menjadi “k” dan “s”nya dipakai untuk menjelaskan filosofi Parkour itu sendiri. “Parkour’s philosophy about efficiency” .
Sedangkan istilah Traceur adalah sebuah sebutan untuk para praktisi Parkour. Seseorang bisa dikatakan traceur jika orang tersebut sudah memahami arti, basic, dan filosofi dari Parkour itu sendiri. Traceur berasal dari kata “tracer” yang berarti cepat, mempercepat (to trace/ to go fast).
Filosofi dan nilai moral dalam Parkour.
Definisi dari Parkour sendiri adalah seni berpindah tempat melewati beberapa obstacle dari point A menuju point B. Seni ini adalah cara baru untuk beradaptasi lingkungan atau melewati segala macam bentuk obstacles yang ada di sekitar kita hanya dengan mengandalkan kekuatan tubuh manusia seutuhnya.
Tujuan dan inti dari Parkour itu sendiri adalah mampu menghadapi semua rintangan atau obstacles di sepanjang track yang kita lalui, baik itu di lingkungan alam maupun di lingkungan perkotaan, dengan mengunakan beberapa gerakan yang istimewa dan indah dengan cara mengkombinasikan beberapa gerakan yang mengalir dan control yang penuh.
Parkour juga mengandung pembelajaran yang positif untuk diri sendiri, yaitu manjawab tantangan untuk melawan semua rasa takut dari dalam diri kita sendiri. Karena kadangkala setiap rintangan dan obstacles yang akan kita lalui tidak seperti yang pernah kita bayangkan.

Nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam Parkour

1. Seni untuk melewati semua masalah dalam track kehidupan.
Saat kita menjalankan track kehidupan, terdapat banyak rintangan dan masalah hidup yang terlihat seperti obstacles dalam hidup. Semua orang pasti mempunyai tjuan akhir. Tapi saat kita bergerak ke tujuan akhir, banyak rintangan (obstacles) yang menghadang. Dengan memakai prinsip dari Parkour, kita akan berusaha melewati rintangan obstacles tersebut dengan indah dan penuh control. Memecahkan masalah yang kita hadapi dengan efektif dan efisien. Semua manusia pasti mempunyai track kehidupannya masing-masing.

2. Melawan Rasa takut.
Seseorang yang takut untuk mencoba, tidak akan berbuat apa-apa dan tidak akan menjadi siapa-siapa. Semua manusia pasti melewati proses seperti ini. Kalau kita tidak bisa melawan rasa takut, ngga akan ada kemajuan dalam kehidupan. Kita bisa naik motor, sukses dalam bisnis, menang tender dan sebagainya adalah buah dari keberanian kita melawan rasa takut.
Tapi ingat ukur ketakutan dan keberanianmu dengan meteran nyali. Kalau kita terlalu berani, kita akan bertindak bodoh, ceroboh bahkan celaka. Tapi kalo terlalu takut, maka kita tidak akan berbuat apa-apa. Jadi antara rasa takut dan berani harus seimbang.

3. Bangkit dari kegagalan.
Saat kita mencoba suatu gerakan di Parkour, kita akan selalu mengalami kegagalan atau jatuh. Tapi kalo kita terus bangkit berdiri dan mencoba lagi, kita pasti akan bisa menguasai salah satu gerakan tersebut. Begitu pula dalam kehidupan. Intinya berani gagal alias berani jatuh. Coba lagi dan pelajari supaya tidak gagal dan jatuh lagi.

4. Flexibilitas dan fluiditas.
Berlatih Parkour akan membuat diri kita flexible dan semangat kita terus mengalir. Begitu pula dalam kehidupan. Saat kita berada dalam lingkungan baru, kita berpikir untuk tetap flexible dan mampu beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Walaupun lingkungan tersebut awalnya tidak membuat diri kita nyaman. Sedangkan fluiditas akan membuat diri kita mempunyai semangat yang terus mengalir untuk menjalani kehidupan walaupun mempunyai masalah yang berat.

5. Kreatifitas dan kebebasan.
Dalam Parkour kita bisa berkreasi untuk menciptakan gerakan atau menggabungkan beberapa gerakan dasar menjadi gerakan baru tergantung kreatifitas kita. Hidup pun begitu, kita harus kreatif sehingga bisa berguna dan bermanfaat dalam kehidupan. Selain itu, Parkour juga mengajarkan kita untuk bergerak bebas menuju kebebasan tanpa melawan aturan.
kl ane sejarah parkour udah sering denger gan. pengen ikutan, tp perut ane buncitemoticon-Ngakak takut pas loncat kepleset.

btw kasih picnya dong gan, ane bantu emoticon-Rate 5 Star gan





Will Work for Bandwidth emoticon-afro
Quote:Parkour menentang kompetisi.

Sebuah kampanye datang dari beberapa praktisi Parkour tentang menentang keras adanya kompetisi dan rival di dalam Parkour. Kompetisi tidak sesuai dengan filosofi dan nilai moral dari parkour yang mengutamakan kebebasan. Kompetisi hanya akan mendorong seseorang untuk mengalahkan orang lain yang disaksikan oleh penonton atau hanya akan menambah keuntungan oleh beberapa corporasi yang hanya mengambil keuntungan dari Parkour.
Latihan Parkour bukan ditujukan untuk melawan atau mengalahkan orang lain. Parkour ditujukan untuk membantu orang lain sehingga manusia mempunyai cara berpikir moderasi (sederhana) dan memiliki ketahanan fisik yang lama.

Parkour Bukan Olah Raga Ekstrem.

Banyak orang awam yang melihat video-video Parkour mulai beranggapan bahwa Parkour adalah olah raga ekstrem dan menggolongkannya dengan olahraga seperti skate board, bmx dan lainnya. Sehingga banyak orang yang nekat melakukan gerakan-gerakan berbahaya yang akhirnya berakibat pada cedera serius.
Parkour tidak hanya berhubungan dengan nyali saja, tapi sangat berhubungan erat dengan pikiran matang, latihan fisik dan dan teknik yang terus menerus dilakukan. Gerakan-gerakan yang kita lihat melalui video seperti yang dilakukan David Belle dan anggota Yamakasi merupakan hasil dari sebuah latihan panjang selama belasan tahun.

Mengembangkan dan menyebarkan Parkour

Saat ini Parkour mulai dikenal di seluruh dunia termasuk di Indonesia sendiri. Perlahan-lahan beberapa traceur yang mengerti akan filosofi dan teknik dalam Parkour mulai bertambah. Berkat pembelajaran dari beberapa informasi yang benar mengenai originalitas tentang parkour dari sumber-sumber terpercaya, lambat laun Parkour menjadi sebuah kebutuhan dan disiplin dalam setiap traceur yang memiliki pemahaman dalam jiwanya masing-masing. Pengetahuan seperti inilah yang harus disebarkan ke masyarakat luar dan memberikan edukasi yang benar tentang Parkour mulai dari sejarah dan filosofi yang terkait di dalamnya.
Intinya adalah, Parkour bukan hanya melatih fisik saja. Parkour juga mencerminkan sebuah filosofi moral dengan nilai-nilai tersendiri. Bukan hanya sekedar sebuah olah raga, tapi juga sebuah seni. Dan yang paling penting Parkour adalah sebuah filosofi yang selalu dipakai semua orang setiap hari.

Quote:Para Pendiri Parkour Indonesia.
Quote:Tidak semua orang tahu sejarah awal terbentuknya Forum PKID. Perlu diketahui, awalnya forum Parkour Indonesia itu berdiri melalui hasil obrolan terselubung anak-anak Indonesia yang tergabung dalam forum Parkour.net. Forum parkour yang terpercaya saat itu, mungkin sampai saat ini. Karena parkour.net terdiri dari orang-orang yang masih memgang prinsip dan filosofi parkour sesungguhnya yang diajarkan oleh David Belle, bahkan David Belle sendiri banyak menyumbang hasil wawancara berupa artikel di forum itu.

Siapa aja orang-orang dibalik itu? Disini hasil penelusuran ane terhadap mereka. Sebagian masih ada yang tetap berlatih, sebagian lagi ada yang sudah lama menghilang.


Quote:Agus Purwanto
Mengenal Komunitas Parkour Indonesia dan Beberapa Pendirinya

Quote:Nama : Agus Purwanto
ID Forum : Play On (parkour.net), Brex (PKID)
Asal : Malang
Gabung Forum Parkour.net : 24 Juni 2006
Gabung Forum PKID : 1 Agustus 2007
Status Latihan : Masih latihan.

Keterangan : Dialah yang pertama kali membuat thread “Anyone in Indonesia” di forum parkour.net. Pria asal Lamongan ini dikenal dengan rambutnya grondong kribo dan tingkahnya yang kayak cacing kepanasan. Pertama kali ngelihat dia, dia cocokan jadi pelawak daripada jadi praktisi parkour. Masih inget video parkour Malang yang jadul nggak?. Kalo ngga salah judulnya “Brex In Action”. Kalo ngelihat video itu gue sempet gue mikir, ini kalo mau buat parkour comedy yang orisinil, ya ini orang jagonya.


Quote:Josua Leonard Sihombing
Mengenal Komunitas Parkour Indonesia dan Beberapa Pendirinya

Quote:ID Forum : Jls2k5 (Parkour.net), Grenseal Gravity (PKID)
Asal : Bandung
Gabung Forum Parkour.net : 1 Maret 2006
Gabung Forum PKID : 15 Agustus 2007
Status Latihan : Kadang Latihan, Kadang nggak.
Keterangan : Orang Indonesia pertama yang bergabung di forum parkour.net. Bahkan kabarnya udah mulai latihan dari tahun 2006, sebelum Parkour Bandung resmi berdiri. Dia juga terkenal dengan editan videonya yang ciamik dan memiliki cita rasa dan seni.


Quote:Prabowo Sri Hayuningrat
Mengenal Komunitas Parkour Indonesia dan Beberapa Pendirinya

Quote:ID Forum : Bowo (parkour.net & PKID)
Asal : Jakarta
Gabung Forum Parkour.net : 4 September 2006
Gabung Forum PKID : 15 Agustus 2007
Status Latihan : Kadang Latihan, Kadang nggak.

Keterangan : Yup, pertama kali ngelihat nich orang, salah satu orang yang powernya paling gede. Salah satu praktisi parkour yang kritis dan terbilang “idealis” parkour-nya.


Quote:Lutfi Rifa’i Ardiyan
Mengenal Komunitas Parkour Indonesia dan Beberapa Pendirinya

Quote:ID Forum : Radd (parkour.net & PKID)
Asal : Surabaya
Gabung Forum Parkour.net : 19 September 2006
Gabung Forum PKID : 17 Juli 2007
Status Latihan : Hanya Ngefans Parkour.

Keterangan : Ini orang yang buat web dan forum Parkour Indonesia ([url]www.parkourindonesia.web.id[/url]). Bertugas sebagai admin. Makanya di forum id-nya warnanya merah. Sampai saat ini gue belum ngelihat mukanya. Belum pernah ketemu. Sayang, dia hanya seorang fans parkour yang memahami parkour dengan baik, tapi tidak turun dan terjun ikut latihan.


Quote:Aditya Tirto
Mengenal Komunitas Parkour Indonesia dan Beberapa Pendirinya

Quote:ID Forum : Deedzt (parkour.net), Roar (PKID)
Asal : Jakarta
Gabung Forum Parkour.net : 13 Maret 2007
Gabung Forum PKID : 26 Juli 2007
Status Latihan : Masih latihan.

Keterangan : Adit Master Chef. Siapa yang nggak kenal sama dia. Orang ini adalah orang pertama yang gunain bahasa Indonesia di thread yang dibuat ama Brex di Parkour.net. Dulu waktu PKID berdiri, bisa dibilang dia moderator yang paling aktif di forum PKID. Aktif juga untuk buat-buatin beberapa thread yang ada di forum PKID. Biasanya dia sering balas postingan-postingan pedas di forum dan rajin berantem lewat kata-kata di forum.


Quote:Ais Syarif
Mengenal Komunitas Parkour Indonesia dan Beberapa Pendirinya

Quote:ID Forum : Bandung Beginner (parkour.net & PKID)
Asal : Bandung
Gabung Forum Parkour.net : 19 Juni 2007
Gabung Forum PKID : 30 Juli 2007
Status Latihan : Masih Latihan.

Keterangan : Tetap humble. Itu yang bisa gue baca dari lulusan ITB yang satu ini. Salah satu traceur parkour yang konsisten. Setiap ketemu dia, selalu menggunakan trainingnya berwarna biru. Apa pun bajunya, training selalu warna biru itu. Sempet vakum latihan karena sempat cedera waktu latihan. Tapi sekarang dia kembali lagi dan latihan lagi.


Quote:Fikri Yuda Adam
Mengenal Komunitas Parkour Indonesia dan Beberapa Pendirinya

Quote:ID Forum : Adamson (parkour.net & PKID)
Asal : Jogjakarta
Gabung Forum Parkour.net : 12 Juni 2007
Gabung Forum PKID : 2 Agustus 2007
Status Latihan : Sudah lama tidak latihan.

Keterangan : Salah satu praktisi lama di Parkour Jogja (waktu namanya udah Jumpalitan atau belum yee? Kurang tau). Ketemu pertama kali di Urban Fest di Jakarta tahun Juli 2008. Dia menghilang sudah cukup lama dari parkour mungkin karena kesibukannya kuliah dan banyak aktifitas lainnya.


Quote:Faizal Ardy
Mengenal Komunitas Parkour Indonesia dan Beberapa Pendirinya

Quote:ID Forum : Fizz (parkour.net & PKID)
Asal : Surabaya
Gabung Forum Parkour.net : 16 Desember 2006
Gabung Forum PKID : 28 Juli 2007
Status Latihan : Tidak terdengar kabarnya lagi.

Keterangan : Orangnya kecil dan cukup pendiem. Pendiem banget malah. Apa karena mungkin belum akrab. Sekarang, sudah ngga kedengaran lagi kabarnya.


emoticon-Smilie sekian informasi dari ane kurang lebihnya mohon dimaafkan,
karena ane hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan emoticon-Smilie


Quote:Sumber
Sumber



Quote:emoticon-exclamation Supported By emoticon-exclamation

[URL=http://livebeta.kaskus.co.id/group/18993]Mengenal Komunitas Parkour Indonesia dan Beberapa Pendirinya
[/URL]

emoticon-Smilie Klik banner dan Silahkan Berkunjung emoticon-Smilie

Quote:emoticon-Smilie Kunjungi juga yah gan emoticon-Smilie
Mengenal Komunitas Parkour Indonesia dan Beberapa Pendirinya
emoticon-army P.A.S emoticon-army
emoticon-army Pasukan Anak Serpong emoticon-army

emoticon-Smilie Klik banner dan Silahkan Berkunjung emoticon-Smilie
wuih ts anak park our ,,dulu juga pernah maen ginian nih emoticon-Recommended Seller
mantab nih gan emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By JustTheOne
wuih ts anak park our ,,dulu juga pernah maen ginian nih emoticon-Recommended Seller


bukan kok gan emoticon-Embarrassment

nampaknya sulit yah gan parkour itu emoticon-Stick Out Tongue

Quote:Original Posted By Boge.Vx
mantab nih gan emoticon-2 Jempol


emoticon-I Love Indonesia
mantap gan..
tambahi pict gan biar tahu emoticon-2 Jempol
panjang bener thread nya emoticon-Matabelo

moga-moga HT gan emoticon-thumbsup
sempat pernah dengar nih gan di TV emoticon-Big Grin
parkour memang mantap gan
ane gendut gan bisa kaga yah main ginian emoticon-Ngakak (S)
wogh..
sesepuh perkour di indonesia y gan.. emoticon-Matabelo..
ekh iy buat ts tuh tulisan di rapiin lagi.. emoticon-Malu
ane belum tau banyak gan emoticon-Hammer (S)

tapi udah pernah dengar sih emoticon-Big Grin
mantepp emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace
asek kali ya jadi parkour emoticon-Big Grin

Mengenal Komunitas Parkour Indonesia dan Beberapa Pendirinya
Quote:Original Posted By asharbadh
mantap gan..
tambahi pict gan biar tahu emoticon-2 Jempol


siap gan emoticon-army

nanti ane update deh emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By CANNONBOLT
panjang bener thread nya emoticon-Matabelo

moga-moga HT gan emoticon-thumbsup


amin gan emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By MissVladmire
sempat pernah dengar nih gan di TV emoticon-Big Grin


ternyata sempat masuk TV juga toh emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By agus7
parkour memang mantap gan


tentunya gan emoticon-thumbsup


woaaa.. ini keren banget, baru tau kalau namanya parkour.. di film jg sering liat..
Quote:Original Posted By adamzz46
wogh..
sesepuh perkour di indonesia y gan.. emoticon-Matabelo..
ekh iy buat ts tuh tulisan di rapiin lagi.. emoticon-Malu


kalo dari old kaskus emang gitu gan emoticon-Big Grin

coba cek di beta pasti beda hasilnya emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By Deztrax
ane belum tau banyak gan emoticon-Hammer (S)

tapi udah pernah dengar sih emoticon-Big Grin


ane juga kok gan emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By laziem
woaaa.. ini keren banget, baru tau kalau namanya parkour.. di film jg sering liat..


iya gan emoticon-thumbsup

bantu emoticon-Rate 5 Star yah emoticon-Smilie
hebat yah gan emoticon-Matabelo

nice thread emoticon-thumbsup