Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014533752/pidato-di-slovenia-megawati-bicara-peran-soekarno-dalam-gerakan-non-blok
Breaking News! Pidato di Slovenia, Megawati Bicara Peran Soekarno dalam Gerakan Non Blok
Spoiler for Megawati:

Jakarta Presiden Kelima Republik Indonesia (RI) Megawati Soekarnoputri diundang ke Slovenia untuk berbicara mengenai gerakan non blok (GNB). Dalam pidatonya, Megawati mengingatkan peran ayahnya Soekarno sebagai presiden RI pertama dalam terbentuknya GNB saat itu.

"Saya ingin menegaskan bahwa apa yang telah diperjuangkan oleh para pemrakarsa GNB tidak pernah lekang oleh sejarah. Bahkan bagi Bung Karno sendiri, spirit tersebut menjadi energi penggerak yang tidak pernah berhenti, meskipun pada akhirnya dihadapkan pada pilihan yang sulit," kata Megawati dalam salinan pidato yang diterima detikcom, Jumat (18/5/2012).

Megawati mengatakan Bung Karno sungguh menyadari satunya kata dan perbuatan, yang disertai dedication of life tanpa batas kepada rakyat dan bangsanya. Megawati meyakini bahwa ide, gagasan, pemikiran dan perjuangan Bung Karno, termasuk ikut memprakarsai lahirnya GNB, dan penggalangan the new emerging forces, pada dasarnya adalah perjuangan untuk membebaskan manusia dari hisapan kapitalisme dan imperialisme.

"Inilah yang oleh negara yang sudah established merupakan ancaman sehingga Soekarno pun disingkirkan. Saya tidak akan pernah berhenti di dalam menyuarakan hal ini, khususnya kepada generasi muda Indonesia, dan warga bangsa pada umumnya, yang ikut digerakkan oleh cita-cita yang sama: mewujudkan tatanan dunia baru yang lebih berkeadilan," tegas Ketua Umum PDIP ini.

Megawati bercerita mengenai teringat memorinya pada 51 tahun silam. Saat itu dirinya baru berusia 14 tahun dan menjadi delegasi termuda pada KTT Non Blok 1 di Belgrade pada tahun 1961. Megawati teringat saat dirinya mendampingi ayahnya berdiskusi dengan pemimpin-pemimpin penting di dunia pada saat itu seperti Presiden Yugoslavia Josip Broz Tito, Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser, Perdana Menteri Jawaharlal Nehru, Presiden Ghana Kwame Nkrumah dan banyak pemimpin dari Negara peserta KTT 1 Non Blok.

"Kenangan yang indah dan melekat begitu kuat. Sebuah pengalaman yang menjadi guru maha penting dalam perjalanan hidup dan karir saya sebagai politisi," tuturnya.

Menurut Megawati, dari sisi wadahnya, memang GNB mengalami pasang naik dan pasang surut. Namun spirit kelahirannya yang menyatu dengan 'spirit pembebasan' setiap bangsa terjajah untuk merdeka, adalah spirit yang selalu abadi sepanjang masa.

"Atas dasar spirit ini pulalah, seharusnya kita berani merumuskan kembali visi gerakan ini menghadapi abad 21. Saya mengusulkan agar GNB dapat dengan tegas merumuskan visinya sebagai gerakan solidaritas perjuangan kemandirian ekonomi dan Kepribadian Sosial Budaya," ungkap istri Ketua MPR Taufiq Kiemas ini.

Gerakan kemandirian ekonomi ini, lanjut Megawati, harus dijabarkan dalam kerjasama eknomi yang sejajar antara Negara GNB. Hal yang tidak kalah pentingnya, GNB perlu secara bersama dan fokus menyuarakan perombakan struktur ekonomi global yang didominasi oleh nilai-nilai ekonomi pasar fundamentalis menjadi ekonomi yang lebih berkeadilan sosial.

"Berangkat dari perubahan visi ini, dalam merumuskan misi perjuangannya, saya mengusulkan agar GNB memfokuskan diri untuk mengembalikan fungsi regulasi ekonomi pada Negara sebagai pengatur utama kesejahteraan rakyat. Negara harus mampu mengendalikan pasar demi kesejahteraan rakyat. Demokrasi politik ekonomi dan kerjasama global, seharusnya dibangun di atas dasar kemandirian ekonomi Negara untuk mencapai kesejahteraan masyarakat dunia yang lebih berkeadilan," tutupnya.


(mpr/mpr)

Sumber : detik..com
kenapa kebaikan soekarno aja yang disampaikan?
kebaikan megawati menjual sda murah ke china kok tidak disampaikan?
kasihan sekali orang ini... kemana2 bapaknya yang dibangga2in
Bukan Megawati namanya kalau gak pernah mencatut nama bapaknya pas pidato di muka umum
Quote:"Berangkat dari perubahan visi ini, dalam merumuskan misi perjuangannya, saya mengusulkan agar GNB memfokuskan diri untuk mengembalikan fungsi regulasi ekonomi pada Negara sebagai pengatur utama kesejahteraan rakyat. Negara harus mampu mengendalikan pasar demi kesejahteraan rakyat. Demokrasi politik ekonomi dan kerjasama global, seharusnya dibangun di atas dasar kemandirian ekonomi Negara untuk mencapai kesejahteraan masyarakat dunia yang lebih berkeadilan," tutupnya.


gelagatnya sihh si mbok ini pengen juga jadi kaya bapaknya dulu, pengen jadi 'the history maker' di organisasi sekaliber GNB

tapi apa yang dia ucapin malah jadi kontradiktif sama apa yang telah dia lakukan semasa dia menjadi presiden di Indonesia

IMHO, dari sekian putra-putrinya Soekarno, cuma si Mega yang kayaknya agak overconfidence soal status bapaknya. ntah dia yang kurang PD atau emang cuma itu senjata kampanye dia. soalnya putra-putri yang lainnya kayaknya adem ayem aja tuh..
IBU YANG TERHORMAT,

Kita BUTUH PRESIDENT SEHEBAT SOEKARNO BUKAN YANG MENGAGGUNG2KAN SOEKARNO......
mari kita semua bisa memilih yang terbaik untuk negri ini untuk Indonesia Maju!!!
bah apa apa kok soekarno terussss

mw cari suara dengan mengandalkan nama soekarno yak
Bung Karno adalah Presiden Indonesia terbaik.
Apa gak malu sih yang diomongin itu2 aja..
oalaaaah

dasar bu gembrot
hari gene masih ngemengin sukarno
lha kalo ibu2 kalo crita emang udah jago, pa lagi pas ngrumpi,,hhehehe, just kididng
nah ini contoh presiden yang luar biasa bisa membawa bangs indonesia BERDIKARi berdiri dibawah ketiak bapak sendiri... Sangking bebatnya semua di jual... Kalo ada celana dalam bapaknya di lelang kali sangking hebatnya mencari uang...
kalo ngomongin kehebatan Bung Karno banyak tuh di google ..
lagian gak bosan apa ngomongin masa lalu, mending ngomongin keberhasilan anda menjual aset negara ini
Terus yang bisa dibanggain dari ibu apa?

Sekali kali banggain diri sendiri gpp loh bu
Quote:Original Posted By Bukan.perjaka
Terus yang bisa dibanggain dari ibu apa?

Sekali kali banggain diri sendiri gpp loh bu


bangga lah gan seumur2 indonesia gak pernah beli pesawat ompong, belum lagi sangking pinternya aset perusahaan fital di lelang... Kalo gak pintar gak kaya gt... Sampe2 nyusahin presiden sesudah nya...sampe sekarang gak ketebus
hahahahaahaha hohohohohoho

udah deh...... udah berat banget ngeliat atau ngedengernya juga
beliau memang sangat membanggakan Indonesia
Bisanya si Mega Blo'on kan gitu doang..
Bung Karno : Kalo belom bisa mengelola sendiri ya biarin aja...
Me*atron : Kalo bisa dijual kenapa enggak ?
ini berita taon brp sih?? koq di situ disebutin megawati masi sbg presiden RI
×