alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014515785/legenda-unik-yang-jadi-objek-wisata-bumi-minangkabau
~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~
Quote:~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~
More Fresh Every Day of By Doing Go Green emoticon-I Love Kaskus (S)


Quote:~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~

Quote:~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~

~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~
emoticon-army: Please No Junk, No Sara No Flame emoticon-army:
emoticon-Cendol (S) Budayakan komentar Yang Bijak & Baca Dulu Sebelum Berkomentar emoticon-Cendol (S)

~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~


Quote:Quote:emoticon-raining Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau emoticon-raining

Quote:
Bumi Minangkabau tidak hanya indah dengan panorama pegunungan dan pantai, namun juga sarat legenda dan cerita rakyat yang menarik emoticon-BeloLegenda ini kemudian dijadikan kawasan wisata.
Sumatera Barat ternyata menyimpan banyak sejarah dan legenda menarik yang menjadikannya salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia emoticon-Thinking Apa saja kawasan wisata legenda yang ada di Bumi Minangkabau ini?

Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip buku Informasi Pariwisata Nusantara dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia emoticon-Thinking


Quote:Batu Angkek-angkek

~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~


Batu Angkek-angkek merupakan salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi, baik oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Konon, batu ini dapat meramal keinginan seseorang. Jika keinginannya tercapai maka batunya mudah diangkat, tetapi sebaliknya jika tidak, maka batunya akan sulit untuk diangkat.

Sebelum mengangkat batu dan mengucapkan keinginan, wisatawan diminta untuk bersuci terlebih dahulu. Batu ini berada di Nagari Tanjung, Kabupaten Tanah Datar.


Quote:Jam Gadang

~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~


Jam gadang dibangun pada 1926, sebagai hadiah dari Ratu Belanda kepada Sekretaris Kota Bukittinggi. Hal ini menjadikan Jam Gadang simbol khas Bukittinggi dan Sumatra Barat.

Cerita jam ini cukup unik. Pada masa Belanda, ornamen jam ini berbentuk bulat dan di atasnya berdiri patung ayam jantan. Namun pada masa penjajahan Jepang, jam ini berubah jadi klenteng. Barulah ketika masa kemerdekaan, bentuk ornamennya berubah lagi menjadi berbentuk gonjong ala Minangkabau.

Keunikannya juga dapat dilihat dari angka empat yang ada di jam ini. Angka empat pada angka Romawi harusnya tertulis IV, namun di Jam Gadang tertulis dengan IIII. Dari Jam Gadang ini, Anda dapat melihat keindahan panorama pegununungan Kota Bukittinggi.


Quote:Benteng Fort de Kock

~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~


Benteng ini didirikan oleh Kapten Bouer pada 1825, tepatnya masa Baron Hendrik Merkus de Kock sewaktu menjadi Komandan Der Troepen dan Wakil Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Karenanya, benteng ini terkenal dengan nama Benteng Fort De Kock.

Benteng yang terletak di atas Bukit Jirek ini digunakan oleh Tentara Belanda sebagai kubu pertahanan dari gempuran rakyat Minangkabau, terutama sejak meletusnya Perang Paderi pada 1821-1837. Di sekitar benteng masih terdapat meriam-meriam kuno periode abad ke-19.

Sejak direnovasi pada 2002 oleh Pemerintah Daerah Sumatera Barat, Fort de Kock, kawasan Benteng Fort de Kock kini berubah menjadi Taman Kota Bukittinggi (Bukittinggi City Park) dan Taman Burung Tropis (Tropical Bird Park). Hingga saat ini, Benteng Fort de Kock masih ada sebagai bangunan bercat putih-hijau setinggi 20 m.

Benteng Fort de Kock dilengkapi dengan meriam kecil di keempat sudutnya. Kawasan sekitar benteng sudah dipugar oleh Pemda Sumatera Barat menjadi sebuah taman dengan banyak pepohonan rindang dan mainan anak-anak.


Quote:Batu Basurek

~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~


Batu Basurek atau batu tulis merupakan prasasti peninggalan Kerajaan Pagaruyung semasa pemerintahan Raja Adityawarman. Batu Basurek ini terdapat, antara lain di daerah Kubu Rajo Nagari Lima Kecamatan Lima Kaum serta di daerah Koto Tangah Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas.

Prasasti ini ditulis menggunakan huruf Jawa kuno dalam bahasa Sanskerta. Isinya bercerita tentang Raja Adityawarman sebagai penguasa negeri emas yang murah hati dan penuh belas kasih. Diperkirakan prasasti ini ditulis pada 1300-an Masehi.


Quote:Ikan Larangan

~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~


Ikan Larangan adalah sebuah sungai yang sangat indah pemandangannya dan menarik. Di Sungai Ikan Larangan ini terdapat ikan yang tidak boleh dipancing bahkan dimakan karena diyakini akan menimbulkan sakit yang tidak bisa diobati, bahkan mengakibatkan kematian. Obyek wisata ini terletak di Kabupaten Padang Pariaman.


Quote:Masjid Ganting

~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~


Masjid Raya Ganting adalah salah satu masjid tertua di Indonesia yang terletak di Kota Padang, Sumatera Barat. Masjid ini didirikan pada 1805 dan selesai pada 1810, sehingga menjadi masjid tertua di Kota Padang. Masjid Raya Ganting termasuk bangunan yang selamat dari hantaman gelombang tsunami akibat gempa bumi Sumatera pada 1833.

Arsitektur Masjid Raya Ganting merupakan perpaduan dari berbagai corak arsitektur sebab pengerjaannya melibatkan beragam etnik, seperti Persia, Timur Tengah, China, dan Minangkabau. Saat ini, selain digunakan sebagai aktivitas ibadah umat Islam, masjid satu lantai ini juga digunakan sebagai sarana pendidikan agama dan pesantren kilat bagi pelajar. Bahkan telah menjadi salah satu daya tarik wisata yang terkenal di Kota Padang.


Quote:Taman Siti Nurbaya

~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~


Taman ini merupakan salah satu kawasan wisata yang terletak di sebelah barat Kota Padang yang dapat dicapai dengan menempuh perjalanan sekira 30 menit dari Kota Padang. Taman Siti Nurbaya merupakan puncak bukit yang disebut Gunung Padang. Sesampainya di sini, Anda bisa menikmati pemandangan Kota Padang dengan lanskap pemandangan laut yang membentang.

Di taman ini Anda juga dapat melihat Makam Siti Nurbaya yang terletak di balik bebatuan besar dengan diameter sekitar tiga meter yang membentuk celah kecil sebagai pintu masuk. Sesampainya di kawasan makam ini, pengunjung dilarang berfoto-foto atau mengabadikan bentuk makam. Konon katanya, aktivitas tersebut dapat berakibat buruk bagi si pengunjung. Menurut keterangan masyarakat setempat, konon sekitar 10 meter di tebing di bawah makam Siti Nurbaya terletak makam Samsul Bahri. Selain berziarah ke makam Siti Nurbaya, Anda juga dapat menikmati sebuah taman yang sangat indah dengan pepohonan yang rindang dan bangku dari semen yang terdapat di pintu keluar pemakaman.


~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~


~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~
Quote:Ngarai Sianok

~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~


Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi, di kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Lembah ini memanjang dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan ngarai Koto Gadang sampai ke nagari Sianok Anam Suku, dan berakhir di kecamatan Palupuh. Ngarai Sianok memiliki pemandangan yang sangat indah dan juga menjadi salah satu objek wisata andalan provinsi.
Ngarai Sianok yang dalam jurangnya sekitar 100 m ini, membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m, dan merupakan bagian dari patahan yang memisahkan pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang (patahan Semangko). Patahan ini membentuk dinding yang curam, bahkan tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau—hasil dari gerakan turun kulit bumi (sinklinal)—yang dialiri Batang Sianok (batang berarti sungai, dalam bahasa Minangkabau) yang airnya jernih. Di zaman kolonial Belanda, jurang ini disebut juga sebagai kerbau sanget, karena banyaknya kerbau liar yang hidup bebas di dasar ngarai ini.
Batang Sianok kini bisa diarungi dengan menggunakan kano dan kayak yang disaranai oleh suatu organisasi olahraga air "Qurays". Rute yang ditempuh adalah dari nagari Lambah sampai jorong Sitingkai nagari Palupuh selama kira-kira 3,5 jam. Di tepiannya masih banyak dijumpai tumbuhan langka seperti rafflesia dan tumbuhan obat-obatan. Fauna yang dijumpai misalnya monyet ekor panjang, siamang, simpai, rusa, babi hutan, macan tutul, dan juga tapir.


Quote:Lobang Jepang, Bukittinggi

~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~


Lubang Jepang Bukittinggi adalah salah satu objek wisata sejarah yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Lubang Jepang merupakan sebuah terowongan (bunker) perlindungan yang dibangun tentara pendudukan Jepang sekitar tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan.

Sebelumnya, Lubang Jepang dibangun sebagai tempat penyimpanan perbekalan dan peralatan perang tentara Jepang, dengan panjang terowongan yang mencapai 1400 m dan berkelok-kelok serta memiliki lebar sekitar 2 meter. Sejumlah ruangan khusus terdapat di terowongan ini, di antaranya adalah ruang pengintaian, ruang penyergapan, penjara, dan gudang senjata.
Selain lokasinya yang strategis di kota yang dahulunya merupakan pusat pemerintahan Sumatera Tengah, tanah yang menjadi dinding terowongan ini merupakan jenis tanah yang jika bercampur air akan semakin kokoh. Bahkan gempa yang mengguncang Sumatera Barat tahun 2009 lalu tidak banyak merusak struktur terowongan.
Diperkirakan puluhan sampai ratusan ribu tenaga kerja paksa atau romusha dikerahkan dari pulau Jawa, Sulawesi dan Kalimantan untuk menggali terowongan ini. Pemilihan tenaga kerja dari luar daerah ini merupakan strategi kolonial Jepang untuk menjaga kerahasiaan megaproyek ini. Tenaga kerja dari Bukittinggi sendiri dikerahkan di antaranya untuk mengerjakan terowongan pertahanan di Bandung dan Pulau Biak.
Objek Wisata

Lubang Jepang mulai dikelola menjadi objek wisata sejarah di tahun 1984, oleh pemerintah kota Bukittinggi Beberapa pintu masuk ke Lubang Jepang ini diantaranya terletak pada kawasan Ngarai Sianok, Taman Panorama, di samping Istana Bung Hatta dan di Kebun Binatang Bukittinggi.


Quote:Pantai Caroline

~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~


Merupakan obyek wisata pantai yang dilengkapi dengan fasilitas penginapan, cottage, restoran, panggung kesenian, dan taman bermain yang cukup luas. Terletak di Teluk Bungus, 25 km di selatan Kota Padang, dapat dicapai dengan taxi atau angkot jurusan Bungus. Dari Pantai ini wisatawan juga dapat menyewa motor boat atau perahu nelayan untuk pergi ke pulau-pulau karang yang berada di depannya.

Cuaca cerah membuat suasana pantai makin menggoda untuk dicumbui. Pasir putih dan ombak biru merayu siapa saja yang berkunjung siang itu ke Pantai Caroline—arah selatan Kota Padang. Pecahan ombak yang menyisir hingga tepian menyisakan buih-buih putih dan menyapu pasir pantai berwarna putih kecoklatan.

Pantai nan landai dan rindangnya pepohonan menjadi daya tarik bagi setiap pengunjung. Keinginan untuk segera mencumbui airnya dan berlari di pasirnya nan halus kian tak tertahankan. Kawasan Caroline terbilang masih menyimpan potensi laut yang lebih baik ketimbang kawasan lain di sepanjang Pantai Padang.

Kondisi hutan mangrove-nya masih sedikit terjaga. Alam bawah lautnya pun masih menarik untuk diselami. Tak jarang, para penyelam pemula masih sering memanfaatkan Pantai Caroline sebagai ajang sarana latihan snorkeling. Untuk scuba, para penyelam bisa melakukannya di beberapa pulau yang ada di kawasan Bungus.

Pulau-pulau kecil yang terletak di kawasan Teluk Bunguih dan Perairan Kota Padang seperti Pulau Pisang Ketek, Pulau Pisang Gadang, Pulau Kasiak, Pulau Talena, Pulau Pasumpahan dan Pulau Sirandah, masih menjanjikan keindahan alam bawah laut.


Quote:Pantai Carocok, Painan

~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~


Dipantai Kota Painan inilah terdapat sebuah objek wisata yang sudah berskala nasional yakni Objek Wisata Pantai Carocok. Pantai ini memiliki pasir yang sangat bersih dan putih, memiliki tepi pantai yang landai sehingga bisa untuk berenang bagi anak anak dan juga orang dewasa, airnya sangat jernih sekali. Kawasan ini berhadapan dengan 2 buah pulau yaitu pulau kereta dan pulau cingkuak. Dari kejauhan juga nampak pulau semangki dengan pemandangan yang indah dan airnya yang sangat bersih.

Pulau cingkuak merupakan pulau yang sangat bersejerah bagi Indonesia, karena dipulau inilah tempat pertama kali Belanda mendarat di pulau Sumatera. Kita bisa menemukan benteng Belanda yang sampai sekarang masih ada.

Adapun kegiatan yang bisa dilakukan dikawasan ini adalah seperti berenang, menyelam bagi penikmat olah raga surfing untuk melihat keindahan terumbu karang.

Selain itu kita juga bisa menaiki bukit sambil berolah raga yakni di Bukik Langkisau, dari puncak bukit ini kita akan dapat menyaksikan pemandangan yang sangat menakjubkan, sekarang ini Olah Raga Paralayang dari puncak bukik langkisau juga sudah menjadi agenda nasional.

Dilokasi Pantai Carocok ini biasanya juga ada jadwal pertunjukkan organ tunggal, karena disini juga ada sebuah lapangan terbuka yang cukup asyik untuk kita gunakan sambil tidur tidur ditikar dengan sepoian angin laut yang menyejukkan. Malam harinya terutama bagi anak muda penyuka kemping, disini juga bisa dilakukan.


~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~


Quote::cendols Source 1 :cendols
:cendols Source 2 :cendols
:cendols Source 3 :cendols

:cendols Source 4 :cendols
:cendols Source 5 :cendols
:cendols Source 6 :cendols


Source Images
emoticon-flower Google Images emoticon-flower
emoticon-flower Flickr emoticon-flower


Supported by:

~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~


emoticon-exclamation Klik Banner! untuk berkunjung ke markas kami emoticon-exclamation

~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~


~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~
InSmileJoker Was Here ..
Ijin nyimak gan..

emoticon-cystg
Quote:Original Posted By Voldavone
Ijin nyimak gan..

emoticon-cystg


Silahkan gan emoticon-Smilie alangkah baiknya agan beri komentar emoticon-2 Jempol
ikan larangan itu bner yaa gan?? kok serem bgt yaa kepercayaannyaa

btw nice thread gan, keep postingg emoticon-armyemoticon-armyemoticon-army
klo ikan larangan di makan gimana yah,
ada akibatnya ga yah emoticon-Takut (S)
nice info gan ... emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By gamersjati 
ikan larangan itu bner yaa gan?? kok serem bgt yaa kepercayaannyaa

btw nice thread gan, keep postingg ~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~



Quote:Original Posted By loocmhanz 
klo ikan larangan di makan gimana yah,
ada akibatnya ga yah ~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~


Maybe gan emoticon-Takut (S) ane belum pernah coba emoticon-Ngakak (S)



~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~
InSmileJoker Was Here ..
Quote:Original Posted By lucky.benz
nice info gan ... emoticon-2 Jempol


Komeng yg bermutu dong om emoticon-Malu (S)
baru tau ane ternyata jam gadang ornamen awalnya bulat & ada kepala ayam nya yak emoticon-Belo
sebelum akhirnya berbentuk gonjong sperti skrg emoticon-Amazed
brarti udh berkali2 ganti ornamen donk emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

threadnya sangat informatif & menambah wawasan bgt emoticon-thumbsup
makasih infonya gan emoticon-Angkat Beer
berbau HT niih emoticon-Rate 5 Star

nais info gan emoticon-thumbsup:
Quote:Original Posted By SonOfGod88
baru tau ane ternyata jam gadang ornamen awalnya bulat & ada kepala ayam nya yak emoticon-Belo
sebelum akhirnya berbentuk gonjong sperti skrg emoticon-Amazed
brarti udh berkali2 ganti ornamen donk emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

threadnya sangat informatif & menambah wawasan bgt emoticon-thumbsup
makasih infonya gan emoticon-Angkat Beer
berbau HT niih emoticon-Rate 5 Star


Iya gan, udah banyak renovasi dari zaman dulu sampe saat sekarang ini emoticon-thumbsup

makasih udah mampir om emoticon-Malu (S)

Wow mengagumkan sekaliemoticon-Belo
Rasanya kurang asik kalo main ke minangkabau ga mampir ke benteng Fort de Kockemoticon-thumbsup:
Yup, adalah benteng bersejarah yang mengandung kenangan masa silam yang penuh pertempuranemoticon-Cool
Btw, sungai ikan larangan unik gan, ane jd ngeri nih kalo coba2 mancing di situemoticon-Peace
sumatra barat emoticon-Matabelo

ane pernah tour pas ane tamat dari SMA sama teman2 k padang gan...juga ke padang panjang di pantai caroline klo gak salah nama nya emoticon-Big Grin
ane pernah nya ke jam gadang sama benteng tuh gan....jadi kepengen juga buat thread daerah ane emoticon-Smilie

knp gak buat thread travelista aj gan emoticon-Big Grin
tambahan gan ... emoticon-Angkat Beer
ini gak masuk yak ?? emoticon-Embarrassment
lobang jepang di daerah ngarai sianok emoticon-Big Grin
Quote:~ Legenda Unik yang Jadi Objek Wisata Bumi Minangkabau ~

bukannya ini juga salah satu object wisata di sumbar emoticon-Big Grin
ane pingin bgt foto dijam gadang nya
Oia batu menangisnya malin kudang ga ada gan..?? emoticon-Smilie
wah minangkabau yah gan keren



Sedang Menuju 2 BAR Cendol
Quote:Original Posted By KetuaKecil
sumatra barat emoticon-Matabelo

ane pernah tour pas ane tamat dari SMA sama teman2 k padang gan...juga ke padang panjang di pantai caroline klo gak salah nama nya emoticon-Big Grin
ane pernah nya ke jam gadang sama benteng tuh gan....jadi kepengen juga buat thread daerah ane emoticon-Smilie

knp gak buat thread travelista aj gan emoticon-Big Grin


Terlalu banyak saingan om emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By KetuaKecil
tambahan gan ... emoticon-Angkat Beer
ini gak masuk yak ?? emoticon-Embarrassment
lobang jepang di daerah ngarai sianok emoticon-Big Grin


bukannya ini juga salah satu object wisata di sumbar emoticon-Big Grin


Wah iya ini letaknya dikampung ane emoticon-Big Grin tepatnya dibukittinggi, besok ane update lagi emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By akbarceria
Oia batu menangisnya malin kudang ga ada gan..?? emoticon-Smilie

Besok ane update ya om emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By si_bapao
Wow mengagumkan sekaliemoticon-Belo
Rasanya kurang asik kalo main ke minangkabau ga mampir ke benteng Fort de Kockemoticon-thumbsup:
Yup, adalah benteng bersejarah yang mengandung kenangan masa silam yang penuh pertempuranemoticon-Cool
Btw, sungai ikan larangan unik gan, ane jd ngeri nih kalo coba2 mancing di situemoticon-Peace


emoticon-Ngakak (S) cobain aja gan, beneran gak mitosnya emoticon-Peace
kota2 di indonesia emang memiliki ciri krekter tertentu

salut buat indonesia