alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014489891/jalan2-ke-pusat-pengatur-lalu-lintas-udara-terbesar-di-indonesia-matsc
Poll: Apakah sebelum membaca ini agan tau tentang ATC?

This poll is closed - 1,163 Voters

View Poll
Tau banget lah gan.. 13.84% (161 votes)
Tau gan, lumayan lah.. 22.70% (264 votes)
Pernah denger sih 19.69% (229 votes)
Gak tau gan, baru baca 43.77% (509 votes)
Jalan2 Ke Pusat Pengatur Lalu Lintas Udara Terbesar Di Indonesia (MATSC)
Sebelumnya saya nyataken trit ini telah diamanken daripada yang namanya
emoticon-Repost


Terimakasih mimin dan momod sudah masang tulisan ini di depan alias HotTrit..
Jalan2 Ke Pusat Pengatur Lalu Lintas Udara Terbesar Di Indonesia (MATSC)


This thread dedicated to:

Jalan2 Ke Pusat Pengatur Lalu Lintas Udara Terbesar Di Indonesia (MATSC)

=> all ATC in the country
=> all ATC service users
=> all ATC supporters

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

UPDATE Full Pic dibawah Gan emoticon-Angkat Beer

Assalamualaikum agan dan aganwati sekalian. Ane mau mengajak jalan-jalan nengok Pusat Pengatur Lalu Lintas Udara terbesar di Indonesia yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan. Namanya Makassar Air Traffic Service Center (MATSC). Mengapa ane sebut terbesar? Bukan karena kantornya besar ya gan, tapi karena wilayah udara yang diatur adalah kurang lebih dua pertiga bagian dari ruang udara Indonesia gan. Penjelasan detailnya dibawah ya, baca aja terus.

Pembukaan
Quote:Original Posted By whiz

Moda transportasi udara sudah bukan lagi moda yang sulit dijangkau masyarakat Indonesia saat ini. Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah pernah merasakan yang namanya naik pesawat (CMIIW). Hal ini tidak terlepas dari semakin terjangkaunya harga tiket pesawat. Bagaimana bisa menjadi semakin terjankau (murah)? Hal tersebut karena semakin efisiennya penerbangan modern. Salah satu faktor efisiensi proses penerbangan adalah keteraturan dan kelancaran lalu lintas udara. Layaknya di darat, di udara juga terjadi hingar bingar lalu lintas. Jika di darat lalu lintas diatur oleh polisi, siapakah yang mengatur lalu lintas di udara? Ya, mereka adalah Pengatur Lalu Lintas Udara atau bahasa jawanya Air Traffic Controller (ATC).

ATC, sesuai ketentuan organisasi penerbangan sipil internasional (ICAO), memiliki 5 tugas utama yaitu:
1. Mencegah Tabrakan antar pesawat.
2. Mencegah Tabrakan antar pesawat di area pergerakan rintangan di area tersebut.
3. Mempercepat dan mempertahankan pergerakan Lalu Lintas udara.
4. Memberikan saran dan informasi yang berguna untuk keselamatan dan efisiensi pengaturan lalu lintas udara.
5. Memberitahukan kepada organisasi yang berwenang dalam pencarian pesawat yang memerlukan pencarian dan pertolongan sesuai dengan organisasi yang di persyaratkan.

Secara garis besar, air traffic control terbagi menjadi unit-unit yang memiliki karakteristik pekerjaan yang berbeda, yaitu:

o Aerodrome Control Tower
o Approach Control Office
o Area Control Center

Aerodrome Control Tower (ADC) melakukan pengaturan terhadap pesawat (traffic) yang akan berangkat dan telah landing. Unit ADC bekerja secara visual mengatur traffic dan memantau area tanggung jawabnya disekitar bandara yakni; manoevring area dan movement area seperti apron (tempat parkir pesawat), taxiway, runway (landasan) dan sekitarnya. Unit ADC seringkali dianggap bagian ATC service yang paling populer, karena unit ADC bekerja di tower yang merupakan landmark bagi sebuah bandara.

Approach Control Office (APP) memandu pesawat yang lepas landas dan akan mendarat pada suatu bandara. Di unit ini traffic departure dan arrival dikelola secara berkesinambungan dan simultan sehingga landasan dapat digunakan secara efisien. Unit ini juga bertugas menentukan urutan pesawat yang akan landing (sequence). Pada bandara sibuk, untuk dapat meng-handle traffic yang banyak dengan baik, unit APP biasanya bekerja dengan teknologi radar.

Area Control Center (ACC) memandu pesawat terbang lintas (overflying) dari satu bandara ke bandara lain pada ketinggian diatas 24.500 kaki. Pada negara yang memiliki wilayah udara yang luas, seperti Indonesia, Unit ACC dibagi menjadi beberapa sektor untuk mengefisiensikan ruang udara dan menurunkan beban kerja controller.


Sejarah
Quote:Original Posted By whiz

Air Traffic Control Pertama Di Dunia (taken from Wikipedia Indonesia - credit to original writers, agan Syllar)

Bila ditarik kebelakang, sejarah air traffic control mungkin dimulai 2 dekade setelah Wright bersaudara menemukan pesawat pada tahun 1903. Tidak lama setelah perang dunia pertama (PD I) berakhir orang mulai menyadari bahwa pesawat terbang memiliki potensi keuntungan dan komersil. Pada saat inilah beberapa perusahaan penerbangan komersial terbentuk. Pada akhir tahun 1920, telah terdapat beberapa perusahaan penerbangan komersial di Eropa seperti KLM di Belanda, 2 perusahaan penerbangan Perancis, 1 di Belgia dan 8 di Inggris.

Tahun 1922 setelah terjadi minor collision di Bandara Croydon, London, pihak DGCA Inggris mengeluarkan Notam 62/1922 yang isinya memberitahukan kepada Pilot yang akan berangkat untuk mendapat urutan keberangkatan dan sinyal sebagai izin take off dari ‘controller’. Sinyal ini adalah lambaian bendera merah. Segera setelah ditemukan bahwa bendera ini tidak dapat terlihat pada beberapa tempat Croydon karena memiliki slope miring pada satu sisi, posisi bendera ini dipindahkan ke salah satu balkon pada gedung tertinggi. Pada bulan Juli 1922 di Croydon dibangun sebuah tempat observasi yang sekelilingnya bermaterial kaca. Bangunan ini sebenarnya dimaksudkan untuk menguji arah peralatan komunikasi wireless. Selanjutnya, ‘tower’ ini menjadi pusat komunikasi bagi seluruh penerbangan di bandara Croydon. Sang operator menusukkan pin pada peta yang tersedia tidak lama setelah menerima laporan posisi pesawat, dan berdasarkan perhitungannya sendiri, menjalankan pin tersebut sesuai dengan rute pesawat yang bersangkutan.

Apabila diperkirakan 2 pesawat akan saling melewati, sang operator akan menginformasikan hal tersebut kepada pilot. Inilah lahirnya ‘Advisory Service’ yang pertama. Selanjutnya pada Notam 109/1924 mengenai peraturan untuk take off berbunyi “When the aircraft is visible from the control tower, permission to depart will be given from the tower…”. Inilah pertama kali terminologi control tower dipakai. Pada tahun 1926 sistem pengendalian lalu lintas udara mendapat nama baru yaitu Wireless Traffic Control dan petugasnya disebut Control Officers. Mulai saat itu terminologi ‘control’ secara resmi digunakan, tetapi hubungan Pilot/Controller masih berupa gentlements agreements. Hal ini berubah pada tahun 1927 dimana disepakati bahwa controller tidak hanya menginfo pilot mengenai keberadaan traffic lain, tetapi berhak memberikan arah terbang (direction) untuk menghindari traffic lawan. Jadi siapakah air traffic controller pertama di dunia?

Jika melihat pada salah satu prinsip tugas air traffic control yaitu menjaga keselamatan pesawat terbang di bandara dan sekitarnya, sekiranya sah-sah saja jika menyebut Wilbur Wright sebagai air traffic controller pertama dunia. Dan Orville Wright menjadi yang kedua. Karena sementara Orville Wright melakukan 12 detik penerbangan pertama dalam sejarah manusia pada tanggal 17 Desember 1903 di Kitty Hawk, California, Wilbur Wright melakukan apa yang mungkin saat ini kita sebut sebagai ‘operational watch’. Untuk dapat take off pada kecepatan 20 mil/jam, Wilbur berlari mengikuti pesawat terbang pertama dunia itu sambil memegang wingtips-nya dan menyeimbangkan pesawat tersebut sampai airborne. Kemudian Wilbur memperhatikan dengan sangat seksama penerbangan tersebut sampai akhirnya Orville mendarat kurang lebih 120 feet didepannya. Selanjutnya saat Wilbur bertindak sebagai pilot, dan terbang selama 59 detik, giliran Orville Wright yang memperhatikan penerbangan yang dilakukan saudaranya dengan seksama sampai akhirnya mendarat 852 feet didepannya!


Video
Quote:Original Posted By whiz

Video Penjelasan "Awam" Tentang ATC - IATCA Makassar Official (credit to video maker, agan didik_atc)
Really worthed streaming 16 minutes streaming gan.. Resolusi 320p biar ringan.. emoticon-Angkat Beer
Spoiler for Part1:


Spoiler for Part2:


Quote:Original Posted By whiz

Ini lagi gan
Spoiler for yang lain:



Nah, kalo sudah tau apa itu ATC baru kita bisa lanjutin jalan jalan.

Makassar Air Traffic Service Center = MATSC

MATSC berada di lingkungan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar yaitu bandara terbesar dan terpadat di Indonesia wilayah timur. Gedung MATSC berada di kawasan sisi udara (airside) dan termasuk area vital sehingga hanya orang yang memiliki ID card khusus atau yang sudah mendapat ijin khusus yang bisa masuk.

Pengatur Lalu Lintas Udara (ATC) di MATSC bertugas memberikan pelayanan lalu lintas udara di dua pertiga ruang udara Indonesia. Wilayah udaranya bisa dilihat pada gambar spoiler.
Spoiler for wilayah udara:


Percaya kan kalo wilayahnya luas banget? Jumlah lalu lintas yang dilayani dalam sehari mencapai kurang lebih dari 1300 pesawat per hari termasuk rute Jakarta ke Surabaya yang menjadi rute terpadat ke 4 di dunia.

Baidewie.. Saat ini masih banyak dibutuhkan tenaga ATC karena tenaga ATC yang ada saat ini masih jauh dari jumlah ideal. Apakah agan tertarik untuk menjadi ATC? Disini ni sekolahnya...
STPI Curug
ATKP Makassar
ATKP Medan
ATKP Surabaya

Jangan lupa emoticon-Rate 5 Star dan emoticon-Toast nya ya gan

Spoiler for Jangan ditimpuk kek gini gan:
Pertamax Pertama Ane
Jalan2 Ke Pusat Pengatur Lalu Lintas Udara Terbesar Di Indonesia (MATSC)
UPDATE

Ini dia bandaranya gan, Sultan Hasanuddin Int'l Airport
Spoiler for Klik =>:


Ini gerbang masuk MATSC (awas securitinya galak emoticon-Big Grin)
Spoiler for Klik =>:


Ini ruang controlnya gan atau yang biasa disebut OpsRoom
Disini dingin gan, full AC, gak boleh merokok, no food n baverage, dan gak boleh berisik.
Spoiler for Klik =>:


ATC on duty
Spoiler for Klik =>:


Ini yang mereka pelototin gan (layar radar & kondisi traffic*)
Spoiler for Klik =>:


Ini salah satu pemisahan (menghindarkan tabrakan) yang dilakukan ATC gan
Spoiler for Klik =>:


Ini towernya gan
Spoiler for Klik =>:


Ini dalem tower (180 degrees view)
Spoiler for Klik =>:


Ini catetannya ATC buat memandu (manual strips)
Spoiler for Klik =>:


Ini yang electronic strips
Spoiler for Klik =>:


Biar gak stress, MATSC juga dilengkapi ruang band gan
Spoiler for Klik =>:


Lounge
Spoiler for Klik =>:


Coffee Room (smoking room)
Spoiler for Klik =>:


Karaoke Room
Spoiler for Klik =>:


Antennas, untuk komunikasi suara dan data gan..
Spoiler for Klik =>:


Radar Head
Spoiler for Klik =>:


Tambahan gan, film tentang ATC yang pernah ane liat
Pushing Tin
Spoiler for Klik =>:


JET / Ground Control
Spoiler for Klik =>:


QUOTES FROM READERS
Spoiler for Klik =>:
ijin nyimak gan.... emoticon-Ngacir2
tiap bandara juga ada ATC nya gan
transportasi udara kalo ga diatur bisa tabrakan pesawat emoticon-Takut (S)
masih bingung ane gan...emoticon-Bingung



Posted with Polulus"BERKUDA = Berburu Kutang Janda"Anti Bot Copas emoticon-fuck
Jalan2 Ke Pusat Pengatur Lalu Lintas Udara Terbesar Di Indonesia (MATSC)
baru tau kemaren-kemaren ane Gan di tv emoticon-Embarrassment
nice thread Gan emoticon-Rate 5 Star



4054100 WAS HERE
salam kenyal gan emoticon-shakehand emoticon-Metal
Quote:Original Posted By hendrasense
tiap bandara juga ada ATC nya gan

Betul gan, kecuali lapangan terbang alias bandara perintis..

Quote:Original Posted By kamil02
ijin nyimak gan.... emoticon-Ngacir2

Silahkan gan emoticon-Angkat Beer

Quote:Original Posted By baggio93
transportasi udara kalo ga diatur bisa tabrakan pesawat emoticon-Takut (S)

Ini yang paling ditakuti gan, ada ATC aja kadang masih terjadi tarakan besar emoticon-Takut (S)

Quote:Original Posted By faridbae
wuuuiihh calon HT nih emoticon-Big Grin
ane bantu emoticon-Rate 5 Star gan
mejeng di page one dulu dah emoticon-Cool

Tq ratenya gan emoticon-Angkat Beer

Quote:Original Posted By Polulus
masih bingung ane gan...emoticon-Bingung

Bingung apanye?
up

up

wa we woooyyyy....

foto band gw di pajang jg dooonggg
masa the Cut Over doang...
The Liquid Brothers jg upload ya Gan..emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By andy.bagong
up

up

wa we woooyyyy....

foto band gw di pajang jg dooonggg
masa the Cut Over doang...
The Liquid Brothers jg upload ya Gan..emoticon-Cape d... (S)


Ntar gan, mata ane pedes nih, nulis sgitu banyak.. emoticon-Ngakak
numpang pejwan emoticon-army:

itu tulisan ane yang diwikiped gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Sylarr
numpang pejwan emoticon-army:

itu tulisan ane yang diwikiped gan emoticon-Big Grin


Beneran gan? Mantab klo gitu.. emoticon-Smilie
Bantu rate ya gan.. emoticon-Big Grin
wuiiih keren gan emoticon-Matabelo
di update lagi dong gambarnya.emoticon-Big Grin
bakal HT nih!
emoticon-Rate 5 Star

Quote:emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown numpang cari makan gan... emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown
Kaos Kaskus HARDCORE SERIES, desain keren!! (no minimal order)
kaos kaskus new beta new design!! (no minimal order)
Quote:Original Posted By munyukalazz
wuiiih keren gan emoticon-Matabelo
di update lagi dong gambarnya.emoticon-Big Grin
bakal HT nih!
emoticon-Rate 5 Star


Ok gan... thx ratenya.. emoticon-Smilie
Nice info gan, emoticon-Shakehand2
calon ht neh... emoticon-2 Jempol
ane dah pernah kesana seh gan, tp baru tw klo disana ada MATSC... emoticon-Sundul
Quote:Original Posted By nugrohododi
Nice info gan, emoticon-Shakehand2
calon ht neh... emoticon-2 Jempol
ane dah pernah kesana seh gan, tp baru tw klo disana ada MATSC... emoticon-Sundul


Tq gan.. bantu emoticon-Rate 5 Star ya..
Bener2 sayang.... gak ada photo ane disitu emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka

Nice trit masgan,semoga membuka mata khalayak tentang kiprah Air Traffic Controller dalam kontribusinya di dunia penerbangan.

Bravo IATCA
Quote:Original Posted By rendraz
Bener2 sayang.... gak ada photo ane disitu emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka

Nice trit masgan,semoga membuka mata khalayak tentang kiprah Air Traffic Controller dalam kontribusinya di dunia penerbangan.

Bravo IATCA


emoticon-Angkat Beer
Ntar ane pajang gan.. Yang gueede.. emoticon-Ngakak
top markotop omm....

sajiannya singkat dan matang... emoticon-Peace
MATSC jadi pengen suatu saat nanti ke sana emoticon-Ngacir makasar 10 years later!

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol