alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014488159/ibu-pengunggah-foto-palsu-sukhoi-minta-maaf
Ibunda YS (Pengunggah Foto Palsu) Sukhoi Minta Maaf
Lis Anggraini, ibunda YS yang menjadi tersangka penyebaran foto palsu tragedi Sukhoi, meminta maaf kepada masyarakat Indonesia. Lis mengungkapkan, perbuatan anaknya itu tidaklah disengaja.

"Kami serahkan semuanya kepada penyidik," kata Lis. "Saya pribadi meminta maaf kepada masyarakat di seluruh Indonesia. Kepada para korban Sukhoi, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya atas apa yang dilakukan anak saya secara tidak disengaja," katanya di Markas Besar Kepolisian, Selasa malam, 15 Mei 2012.

Lis menyampaikan, gambar itu dia dapat dari teman-temannya. Lalu, dia memberikan gambar itu kepada anaknya dengan maksud agar dia berempati kepada korban. "Anak saya pun tidak ada niat apa-apa," kata Lis.

Pengacara YS, Muhammad Yahya Rasyid, menyampaikan hal senada bahwa kliennya tidak punya kepentingan lain di balik penyebaran foto itu. "Tanpa mengkroscek gambar itu apakah korban Sukhoi atau bukan, langsung saja dia upload di Twitter-nya, karena dia merasa berempati terhadap korban. Dia berpikir itu adalah gambar Sukhoi, tanpa dia cek terlebih dahulu," kata Yahya.

Jika memang ada maksud rekayasa, Yahya menjelaskan, kliennya tentu tidak akan mencantumkan identitas dan gambar mukanya secara jelas. "Kita bisa lihat itikad baik dari YS," katanya.

Selain itu, setelah diunggah sekitar dua jam dan langsung mendapat respons negatif, YS langsung menghapus tweet itu. Namun, setelah itu muncul teror melalui akun Facebook dan emailnya.

"Dia (YS) menyerahkan diri. Dia depresi, ternyata bela sungkawa yang diungkapkannya itu menimbulkan efek negatif. Dalam kesempatan ini, kami menyampaikan permohonan maaf dari YS sekeluarga. Tidak ada maksud lain, hanya untuk menyampaikan rasa empati terhadap korban musibah Sukhoi," kata Yahya.

Mabes Polri telah menetapkan YS sebagai tersangka dalam kasus ini. Mahasiswa asal Lampung itu dikenai tuduhan telah memanipulasi informasi.

"Perbuatan memanipulasi informasi, seolah gambar itu terjadi pada kasus peristiwa jatuhnya pesawat Sukhoi tersebut," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigjen M. Taufik.

Namun, Taufik tidak menyebutkan pasal apa yang dilanggar pengunggah foto itu. Proses pemeriksaan terhadap YS berlangsung baik. "Yang bersangkutan datang dengan penuh kesadaran dan mengakui semua perbuatannya," ucap Taufik.



Quote: Ane tambahin disini, soalnya banyak kaskuser yang mengira adalah ibunya yang menggunggah, yang menggunggah foto tersebut adalah YS, anak dari ibu Lis Anggraini. Jadi bukan ibunya yang mengunggah tuh foto hoax emoticon-Big Grin


SUMBER
hadeh aja aja ada.. mending apload foto2 IGO aja kali Bu.. emoticon-Malu
Berempati dan bersimpati boleh, tapi nggak usah overact juga kali?!
hukum aja yg berat, biar ada efek jera sekalian kepada masyarakat lainya... akibat efek yg kecanduan berlebih twitter atau facebook atau social networking lainnya.....
waduh bisa kena pasal ITE tuh. tp bagus deh klo ngaku n minta maaf
Tapi harus tetap dproses sesuai hukun yang berlaku
lawakan yang tidak tahu situasi dan kondisiemoticon-army
dia juga ga tau kali.. uploader pertama kali dong yang harus kena..
mungkin dia dapet dari BM, karena pengen berbagi langsung aja di share..
polis cari yang gampang nih, yang penting ada tersangka udah cukup kayaknya
terlalu over sih, harusnya di check dulu asli apa nggak emoticon-Ngacir
makanya jangan asal bilang aja itu shukoi
Quote:Original Posted By bukubas
waduh bisa kena pasal ITE tuh. tp bagus deh klo ngaku n minta maaf


Bener gan, udah dikenain pasal ITE kok, kemaren ane liat di tipiwan ada roy sukro juga yang bilang gitu.
namanya juga anak-anak...
gak ada maksud apa-apa.
yang penting mereka suda meminta maaf , mudah2an jadi pelajaran buat yang lain emoticon-Cool

Smile 
Pembelajaran

Kejadian seperti ini menjadi pembelajaran bagi kita semua,agar lebih berhati-hati Lagi...

Buat tersangka, salut karena telah berani menyerahkan diri & bertanggung jawab.
Inilah akibat nyebar info dengan data yang nggak valid. Untung dari awal aye udah sadar kalo gambar yang beredar itu Hoax. emoticon-Cool
pasti kena pasal ITE......
salut juga soalnya langsung minta maaf
Quote:Original Posted By Anitachrist1
terlalu over sih, harusnya di check dulu asli apa nggak emoticon-Ngacir


Bener juga sih gan, untungnya tersangka sudah meminta maaf melalui ibu dan pengacaranya. Btw, agan gak berniat nimpukin ane cendol kah??? emoticon-Big Grin
coba" pas tau masalahnya panjang jadi kapok khan...ciri khas orang yang tak berpikir panjang...
nice inponya gan
apes, niatnya baik tapi caranya salah ga croscek dulu
×