alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014480140/prosedur-standart-touring-motor-ltkonvoigt
icon-hot-thread
Prosedur standart touring motor <konvoi>
Quote:MAAF KALO TERNYATA THREAD ANE REPOST
emoticon-Blue Repost emoticon-Purple Repost emoticon-Repost emoticon-Hammer2 emoticon-I Love Kaskus
Spoiler for "Moga2 ga Repost":


PROSEDUR STANDART TOURING MOTOR


Quote:Agan2 and sista2 yang hobi touring pake motor..ane ada sedikit info wat dishare neh..
Touring pake motor emang lebih menarik dari pada jalan2 sendiri, tapi Touring rombongan harus diperhatikan dari pada naek motor sendirian..kita harus bisa menjaga kondisi dijalanan, harus kompak juga..slaen itu juga harus memperhatikan kondisi motor..
mungkin ga banyak inpo yang ane bagi, tapi moga aja bisa bantu agan2/sista2 yang mau touring bareng2 pake motor..baik deket maupun jarak jauh..
Secara ane juga hobi touring..walopun ga ikutan klub motor, tapi ane punya komunitas jaman kuliah dulu, bahkan ampe sekarang..
Touring pake prosedur lebih asik gan, dan lebih nyaman tentunya dalam jalan2.
Ingat..Keselamatan tetep prioritas utama dijalanan..!!!!


Pertama kali kita harus pilih petugas untuk memimpin jalannya Touring untuk memudahkan koordinasi saat rombongan dijalan. Petugas dalam Touring yang sering digunakan tersebut antara lain :
Quote:-- PETUGAS TOURING --
Quote:GROUP LEADER (GL) : pemimpin kelompok yang memiliki tanggung jawab dan wewenang tertinggi atas seluruh anggota kelompok selama touring. Bertanggung jawab untuk ketertiban, keteraturan, administrasi, akomodasi, dan kordinasi dari kelompok selama Touring berlangsung.
Quote:ROAD CAPTAIN (RC) : pemimpin perjalanan, bertanggung jawab terhadap teknis perjalanan. KEPUTUSAN selama perjalanan diberikan oleh RC.
Quote:SAFETY OFFICER (SO) : petugas touring pembuka jalan, selama konvoi berada di paling depan barisan. (Additional/biasanya bekerja sama dengan petugas dari kepolisian)
Quote:VOORIJDER (VJ) : pemimpin barisan, mengatur irama barisan dan mengatur formasi barisan. Posisi berada paling depan barisan saat dijalan.
Quote:TECHNICAL OFFICER (TO) : peserta touring yang ditunjuk oleh captain sebagai petugas yang mengkoordinasi apabila ada kerusakan teknis pada motor peserta.
Quote:SWEEPER (SW) : berfungsi untuk menutup barisan belakang dan membantu VJ mengatur barisan, membantu kendaraan lain yang bermaksud untuk mendahului. SW diusahakan tidak terlalu sering bolak balik sepanjang barisan, berbahaya dan mengganggu konsentrasi peserta. Klakson diperbolehkan sesekali, mengingatkan peserta yang mengantuk atau lelah. Posisi SW berada dipaling belakang barisan saat dijalan.


Setelah pemilihan petugas selesai, tahap berikutnya adalah PERSIAPAN.
Quote:-- PERSIAPAN --

Quote:KONDISI FISIK PESERTA

1. Diharapkan seluruh peserta turing dalam kondisi SEHAT.
2. Dianjurkan sudah melakukan PEMANASAN tubuh sebelum mengendarai motornya.
3. Dianjurkan CUKUP ISTIRAHAT sebelum keberangkatan turing .
4. Dianjurkan untuk makan YANG CUKUP jangan berlebihan agar tidak ngantuk dijalan dan demi menjaga kondisi tetap prima pada saat perjalanan.

Quote:PERBEKALAN DIRI

1. Pakaian dan peralatan pribadi
2. Baju hangat/sweater.
3. Kaos kaki cadangan.
4. Peralatan MCK (handuk, sabun, sikat gigi, pasta, dll.) Kalo mau menginap.
5. Makanan kecil/snack/roti.
6. Air mineral/suplemen.
7. Kantong plastik secukupnya
8. Tali secukupnya
9.Solatip/lagban
10.Pisau cutter.
11.Surat-surat kendaraan
- SIM
- STNK
- KTP

Quote:PERLENGKAPAN PENGENDARA

a. Helm (Half/Full Face)
b. Sepatu menutupi mata kaki.
c. Jaket touring.
d. Sarung tangan (dianjurkan yg full finger)
e. Jas hujan (bukan ponco)
f. Rompi/Body protector
g. Balac/Kupluk/kethu (bhs jawa emoticon-Blue Guy Peace ) (Additional)
h. Arm & Knee Protector (Additional)

Spoiler for "pict":

Quote:PERSIAPAN KENDARAAN

Quote:A. Fungsi STANDAR kelengkapan motor harus tetap terpasang dan berfungsi.

1. Kaca spion kanan – kiri.
2. Klakson.
3. Lampu Depan, lampu sein, lampu rem
4. Spatbor
5. Ban kumplit emoticon-Hammer (S) tidak gundul.
6. Speedo meter, indikator bensin, dll.


Quote:B. Motor sudah di SERVIS, minimal seminggu sebelum keberangkatan touring.

1. Stel klep.
2. Setting dan Clean Karburator + saringan.
3. Ganti oli.
4. Cek busi.
5. Cek lampu
6. Cek rantai.
7. Periksa air ACCU.
8. Cek kanvas REM.
9. Minyak rem (untuk rem cakram).
10.Cek tekan angin pada BAN dan kelayakannya.
11.Cek Sekering.
12.Cek dan kencangkan semua BAUT yg terpasang pd motor.

Quote:PERALATAN PENUNJANG (Tool Kits)

a. Kunci pas/ring.
b. Kunci Busi.
c. Tang.
d. Obeng plus/min.
e. Kunci inggris.
f. Baut, mur, ring (cadangan).
g. Bola lampu (cadangan)
h. Sekering (cadangan min. 2 buah).
i. Busi (cadangan).
j. Tali kopling (cadangan).
k. Kabel (cadangan).
l. Lap/kain.


Setelah persiapan selesai, hendaknya saat briefing dijelaskan kembali ketentuan2 saat berkendara dijalan,agar lancar dan selamat sampai tujuan tanpa mengganggu pengguna jalan yang lain.
Quote:-- KETENTUAN UMUM --

1. Datang On Time, minimal satu jam sebelum berangkat untuk persiapan dan briefing.

2. Menempatkan para pemula dan peserta yang berboncengan di barisan depan.

3. Wajib mengenali peserta lainnya terutama di depan dan belakang kita berikut petugas rombongan.

4. Hafalkan rute atau peta serta pemberhentian yang telah dijadwalkan.

5. Tidak dalam pengaruh alkohol, obat-obatan terlarang yang dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

6. Konvoi selalu diusahakan di jalur kiri jalan.

7. Kecepatan disesuaikan dengan kondisi jalan.

8. Mengikuti semua perintah petugas yang bertugas baik lisan maupun dalam bentuk kode isyarat.

9. Tidak turut mengatur perjalanan touring kecuali petugas.

10. Dilarang mengintimidasi pengguna jalan lain (memukul, menendang, meludahi, atau bentuk lainnya).

11. Memberikan kesempatan kepada pengendara lain yang secara terpaksa karena kondisi lalu lintas harus masuk dalam barisan konvoi.

12. Tidak menggunakan klakson secara berlebihan, kecuali kondisi emergency.

13. Memberikan salam penghormatan kepada petugas polisi, atau pengendara lain dengan mengacungkan ibu jari.

14. Memberikan isyarat yang sopan saat meminta jalan kepada pengguna jalan lainnya, dan mengucapkan terima kasih dengan mengacungkan ibu jari.

15. Patuhi aturan lalu lintas, Tetap menjaga aturan berlalu lintas yang baik. Jangan mentang-mentang rombongan banyak lalu melanggar rambu rambu lalu lintas dengan seenaknya.

16. Nyalakan lampu utama meskipun jalan di siang hari, agar kendaran lain yang di depan atau dari arah berlawanan dapat dengan cepat mengetahui keberadaan motor kita.

17. Jangan saling menyalip kawan di depannya kecuali diperintah petugas.

18. Jaga jarak aman antar kendaraan, posisi motor dengan yang depan agak bersilangan (zig-zag), sehingga bisa mengantisipasi bila motor/kendaraan didepan tiba tiba melakukan manuver/rem mendadak.

19. Selalu waspada dalam berkendara. Bila ngantuk berat atau terjadi masalah, segera beritahu petugas dengan keluar dari barisan sambil mengacungkan tangan dan membunyikan klakson panjang.

20. Tidak meninggalkan peserta yang mengalami masalah (trouble) dijalan.

Pada saat dijalan pun kita harus sesuai dengan tata cara jika terjadi atau ingin melakukan sesuatu. Berikut tata caranya :
Quote:-- TATA CARA --

TATA CARA DI LAMPU LALU LINTAS ATAU DI PERSIMPANGANQuote:# RC mengurangi kecepatan terutama saat lampu menyala kuning untuk menghindari putusnya konvoi
# tetap dalam konvoi kecuali ditentukan lain oleh RC
# tidak menerobos lampu merah sekalipun konvoi harus terputus

TATA CARA KONVOI TERPUTUSQuote:# SW memberikan pesan horn code (kode klakson)
# RC mengurangi kecepatan
# setelah bebas dari hambatan, peserta yang terputus bersama SW mengejar konvoi dalam kecepatan aman.
# setelah semua bergabung kembali SW kembali memberikan klakson

TATA CARA MENGHALAU PENYUSUPQuote:# maksimalkan jarak motor dengan motor didepannya sesuai kecepatan
# berikan tanda dan berikan jalan untuk mendahului kepada calon dan penyusup
# SW berusaha mengeluarkan penyusup dengan cara-cara yang baik

TATA CARA PESERTA MENGALAMI MASALAHQuote:# peserta berikan tanda darurat mohon berhenti jika memungkinkan
# RC memberhentikan konvoi
# SW advice RC bila tidak mengetahui
# tidak meninggalkan peserta dijalan dalam situasi apapun

BILA TERJADI KECELAKAANQuote:# SW memberikan tanda kepada RC untuk berhenti.
# parkir semua motor di lokasi aman (ditunggui salah satu peserta bila perlu)
# korban dirawat sementara atau bawa korban ke balai pengobatan terdekat bila perlu
# semua peserta mengamankan TKP dan atur lalin
# evakuasi dipimpin langsung oleh RC

BILA TERJADI MOGOK Quote:# SW memberikan tanda kepada RC untuk berhenti.
# ditangani oleh peserta yang mengerti
# RC cari bengkel terdekat bila tidak bisa ditangani peserta
# antar dan kawal motor ke bengkel terdekat



Lanjut ke hal #2 emoticon-Blue Guy Peace

Prosedur standart touring motor <konvoi> #Part 2

Quote:Salah satu hal terpenting dalam touring adalah komunikasi. Bisa melalui Rakom (Radio Komunikasi) jika tersedia, bisa juga menggunakan Hand Signal atau isyarat tangan.
Kode Isyarat tangan/kaki wajib dikuasai petugas touring dan dapat di mengerti oleh peserta rombongan touring.
Kemudian kode isyarat yang diberikan oleh RC/VJ harus diikuti oleh peserta secara berurutan mulai dari peserta nomor 2 & terus ke belakang.
Pada prakteknya beberapa isyarat mempunya arti dan makna yang berbeda atau TIDAK BAKU. Hal ini karena disesuaikan dengan gaya dan riding style dari setiap komunitas, jenis motor yang dipakai, maupun sikap dari pengendara itu sendiri.

Spoiler for " HAND SIGNAL":

Quote:!!!! INGAT GAN !!!!

Touring bukan dilihat siapa yang sampai duluan, tapi bagaimana agar semuanya dapat selamat sampai tujuan.
Touring bukan untuk saling menyalip, bukan balapan!, tapi kerapihan, ketertiban berkendara, dan kebersamaan. emoticon-Blue Guy Peace


Quote:Sekian aja gan sharing2 ane tentang persiapan dan tatib turing yg wajib dimengerti dan dipatuhi oleh semua petugas dan peserta Turing..INI BUKAN STANDART BAKU, bisa aja berbeda dengan komunitas lain..tapi moga2 berguna dah..maap kalo tritnya berantakan..ane cuma NUBIETOL yg ingin berbagi.

Quote:Mari kita Kampanye-kan Disiplin Berkendara, Tertib Lalin dan menghormati sesama pengguna jalan.
Mari kita minimalkan resiko kecelakaan yg mungkin terjadi.
Mudah2an semua itu bisa mengangkat citra bikers di masyarakat pada umumnya, juga sesama pengguna jalan pada khususnya.

emoticon-Shakehand2 emoticon-Malu
Spoiler for "SUMBER":


Quote:KALO BERKENAN
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)+emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Quote:TAPI JANGAN TIMPUK ANE
emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)



Quote:Jangan lupa kunjungi trit ane yg lain emoticon-Blue Guy Peace

BASARNAS (Badan SAR Nasional) : Pahlawan Yang Terlupakan
Pemain yang absen di euro 2012
Keindahan Nusakambangan dan Benteng Pendem Cilacap
Prosedur Standart Touring Motor - Konvoi
Biografi Al Khawarizmi - Penemu Aljabar dan Angka Nol
Sekolah Yang Muridnya Bicara dalam 31 Bahasa
Mengintip Madeira : Tempat Lahir Cristiano Ronaldo
Biografi : Karl Ruprecht Kroenen - Musuhnya HELLBOY
Komunitas Fotografi Ponsel <KOFIPON> (+Pict)
[Travelista] Menancapkan Jejak digunung Api Purba Nglanggeran




Komeng
Quote:Original Posted By shelmut
Konvoi motor adalah malakukan perjalanan dengan menggunakan motor secara bersama-sama, dan merupakan salah satu hobi yang sebenarnya siapapun bakal mengidolakan.
tentu saja konvoi yang terorganisir dan anggotanya mengerti benar bagaimana bertindak dan beretika dijalan raya sangat dibutuhkan ya..terutama kesadaran sikap saling menghargai pengguna jalan lainnya. < harus ada trainingnya dulu kali ya emoticon-Ngakak> kalo perlu ditunjuk leadernya yang tegas... berani mentung kalo anggotanya ngawur emoticon-thumbsup

cuma satu gan yang sering jadi masalah buat ane.. saya kurang suka dengan konvoi yang nerobos rambu-rambu sekalipun dengan patwal. dan sepengetahuan ane itu sudah melanggar aturan dijalan raya.
buat saya sih inti dari sesama pengguna jalan baik mobil-motor..pribadi-umum. konvoi grup atau konvoi umum.. adalah kesadaran beretika dilalu lintas dan utamakan safety riding gan.
kadang diri kita sangat berhati-hati dijalan raya, namun bisa apes a.k.a ikut celaka hanya karena orang lain yang kurang berhati-hati.

alat-alat konvoi itu ada jugakan gan? seprti senter untuk malam hari atau bendera. mohon info siapa tau suatu hari ane beneran jd leader \temoticon-Request


emang bener, kadang konvoi ada yg suka mengabaikan rambu. walopun mereka pakai surat jalan atau apapun.
tapi dsini ane ngajarin bagaimana konvoi yg bener, dan tetep harus mematuhi rambu dijalan.
prinsip utama slalu utamakan keselamatan. btw,semuanya udah dibahas semua ditrit ini kok emoticon-Blue Guy Peace
untuk senter saya pikir udah digantikan oleh lampu motor emoticon-Ngakak (S) (ini SOP touring bukan SOP backpacker emoticon-Blue Guy Peace)
bendera akhir2 ini jarang digunakan,dan ada yg menggantinya dengan stick lamp (lampu panjang yg sering dpakai petugas parkir)
Quote:Original Posted By adjiekonk
nah bagus nih ada thread bginian, biar org2 yg suka konvoi tau diri. meskipun gw gak suka touring, gw lebih suka sendiri buat jalan jauh.

gw mau curhat nih, sering klo gw lg jalan jauh trs ketemu rombongan motor konvoi. SERINGNYA mereka jalan seenaknya, nyuruh gw minggir buat ngasih jalan mereka, padahal jalan gw jg cepet (dr segi speed sama). udh gitu anggotanya (bukan leader atw sweeper atw petugas konvoi) sering seenak2nya, motor gw pernah diserempet sm ditendang gara2 gw g mau nyingkir. alhasil gw nyingkir, tp berhubung gw emg cepet naik motornya ya mau ga mau gw salip lg tuh rombongan. padahal emg knp klo gw nyelip dirombongan itu, yg pentng gw bisa ngikutin kecepatannya dan sign (ya kan?)

nih maksudnya apa nih??? para KONVOIERS (para pengendara konvoi) secara hak kita sama bung, gw sm semua org yg pny motor byar pajak, pny SIM. HAK dan KEWAJIBAN kita (pengguna jalan) sama, jngn gitulah klo konvoi. ASAL tau aj ya, klo emg kedepannya gw ngalamin yg sama gw jamin bakal nyelakain tuh rombongan. gw g ragu2 buat serempet smpe jatoh atw apalah supaya rombongan pada kecelakan. karena lu semua yg suka konvoi seenak udel, gak pantes buat kopnvoi kyk gitu.

biasanya yg bgni rombongan motor tiger, megapro, thunder dan sejenis, yg ngerasa motor mereka motor gede yg keren. beda bgt sama anak2 motor tua atau motor besi (istilah motor yg bodi besi bukan plastik kyk motor sekarang) kyk vespa, CB, BSA dan sejenis. gw pernah ketemu sama rombongan dan ketika gw nyelip ditengah konvoi mereka, mereka biasa aj. malah disuruh iktan terus

sorry klo ad yg tersinggung, but this is true story man. and this is forum, right? dan klo emg ngerasa tersinggung silahkan koreksi diri sendiri, sama gw jg bakal koreksi TATA CARA gw berkendara.

emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus

banyak yang mengalami hal seperti agan, termasuk ane. Ane suka touring gan, tp slalu berusaha utk tertib brg temen2 ane.
ane juga kesel ama rombongan konvoi yg ga tertib, mereka suka sok2an kl jalan rombongan. Makanya ane bikin trit ginian biar mereka ngerti kl jalan raya tu ga dipake sendiri. Banyak konvoi yg arogan. Mereka hanyalah oknum2 sok2an yg ga ngerti apa tu konvoi..prinsip mereka mungkin "Asal cepet sampai.."
Mari kita tingkatkan rasa solidaritas antar sesama pengguna jalan. emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By dcendoool
tambah lagi Gan kl berkenan.
Diperkenankan menggunakan Pertamax kalau Touringnya dianggap menggunakan BBM dengan kurang tepat guna (menggunakan BBM bersubsidi tapi untuk main2 saja),
Spoiler for terlebih:

Ini nice idea gan..emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By Fadhliazhiim
Petugas touring itu yang fungsinya geber2 gas kalo ada single rider/pemakai jalan biasa yang ngalangin konvoi ya ??
ane sering tu di geber gitu, emang anak touring gak punya klakson ya ?
kalo gak punya skill nyalip mending gak usah konvoi2 segala lah...jijik masyarakat liatnya

petugas fungsinya untuk memimpin dan memastikan touring berjalan lancar, tp tidak dengan cara geber2 gas yg ganggu pemakai jalan lain..kl ada yg kek gtu, brarti mereka amatiran dan emang org yg arogan..ane gak memprioritaskan menggunakan cara2 yg seperti itu gan emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By cc201
paling sering blagu dijalan...geber2 dan nglakson2 ga jelas...maksa2 pengguna jalan yg lain pd minggir...emang ente ambulan...
kalo pengen ngibrit tanpa halangan kaya ambulan naik ajah ambulan..

#yg suka touring semoga nyadar "hargai pengguna jalan yg lain"

makanya ane bikin trit kek gini gan..biar dibaca n dipelajari untuk meruntuhkan aroganisme dalam touring emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Wisedog
Ane kurang setuju sama aba2 tangan dan kaki tuh. Pernah ngasi tanda kaki jalan berlobang, yg ada malah ga karu2an ga bisa ganti gigi dan ngerem blakang blom lg keseimbangan terganggu.
Setiap motor kan udah ada lampu2 penunjuk. Ada sen sama lampu rem. Kal0 ada lobang pasti ngerem terus kasi sen mo belok menghindari. Saya rasa dah cukup. Klakson jg bisa jadi tanda2.
Sekali lg maap kalo tersinggung, ane mau touring naik motor bukan mau aktobat.

Masukan yg bagus gan..untuk standart operasional prosedurnya emang kek gtu..tapi jika agan2 tidak nyaman, boleh kok diganti pake sein ato klakson..asal disosialisasi dl ke anggota yg laen
Quote:Original Posted By insisivus
gan, ane masih bingung mengenai posisi terdepan di barisan.
jadi VJ ama RC berada di baris paling depan gt ?

RC gak harus nyetir motor ndiri gan..dy adl sesorang pengambil keputusan saat touring berjalan..bs aja dy bonceng VJ, ato kl nyetir mtr ndiri, paling efektif dibelakang VJ.
Wah, ada prosedur standarnya juga ya...
Asal menghormati sesama pengguna jalan aja gan. Masih banyak konvoi yg seenaknya sendiri di jalan.
Quote:Original Posted By babhichu
Wah, ada prosedur standarnya juga ya...
Asal menghormati sesama pengguna jalan aja gan. Masih banyak konvoi yg seenaknya sendiri di jalan.


iya gan..banyak yg konvoi tp ga pake prosedur, jadi sering merugikan pengguna jalan yg laen..
makanya ane share..moga2 aja dah berguna emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By IDkita1
heeellloooooo,,,ketentuan umum nomor 12..apa tuh sirine ????!!!!!!!!!!!!!! masih musim pasang gituan ???
katanya taat hukum,,sirine kok dibolehin masang ????

cuma Indonesia dgn modal 60 ribu - 3juta bisa jadi polisi dadakan dijalan !!!!

pasang page one !!!!!!!!!!!

udah gak musim sirine ya gan..hahah..makanya ane tulis disitu JANGAN..dan KECUALI SAAT EMERGENCY..tp emang keknya terlalu berlebihan kl sirine..ane ganti aja dah..makasi masukannya gan emoticon-Salaman
Quote:Original Posted By mamothe1
wah tu udah jadi makan sehari hari ane gan ,apalagi kalau lgi touring ke luar kota harus selalu saeftyridingemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Ada sesepuhnya Touringer..ane jd malu emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By bgoziman
satu lagi gan....
kalo di daerah orang lain jangan se-enak nya nyetir... ya setidaknya kurangi kecepatan lah...

kadang-kadang gak mau ngalah ama orang daerah sono... kagak kulonuwun, permisi asal nyerobot banting kanan..yang dari arah berlawanan kadang2 kesel...yg disebelah nya jadi ikut-ikutan minggir..

sebaiknya ini juga diperhatikan kalo lagi konvoi okay... emoticon-I Love Indonesia (S)

Okey gan..makasih masukannya..cukup penting jg ini biar ada rasa menghargai..
Quote:Original Posted By ryanadriadi
istilah istilah safety ridding ada gak gan?
kaya macam blind spot itu apa...
tolong klo ada d share gan

Blindspot adalah area di sekitar kita yang tidak dapat terlihat pada saat kita mengemudi. Hal ini bisa disebabkan karena batasan pandangan cermin kaca spion maupun karena terhalang oleh pilar konstruksi mobil atau juga karena barang / muatan yang kita bawa.
Kurang lebih seperti itu gan..ne ada linknya--> http://www.saft7.com/bahaya-blind-spot-bagi-motor/
yaah sepi tritnya..hahah emoticon-Hammer2 emoticon-No Hope
emoticon-Sundul: emoticon-Sundul:
yaah sepi tritnya..hahah emoticon-Hammer2 emoticon-No Hope
emoticon-Sundul: emoticon-Sundul:

Breaking News! 
Share Info Aja

Mau Liburan Ke Bali??
Jangan Lupa Follow @LintasBali on Twitter
Kumpulan Berita, Informasi dan Tips Buat Liburan di Bali
(Wisata, Kuliner, Tips, Promo, Event, Berita Menarik, Dll)


Prosedur standart touring motor <konvoi>

Prosedur standart touring motor <konvoi>

Prosedur standart touring motor <konvoi>

Prosedur standart touring motor <konvoi>

Prosedur standart touring motor <konvoi>

Prosedur standart touring motor <konvoi>

Mau Liat Yang Lainnya ??
AYo Follow @LintasBali on Twitter
Selain Berita, Informasi dan Tips
Lintas Bali Juga Share Foto - Foto Panorama dan Budaya


Makasi
Semoga Bisa Menghibur


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


nice share gan,, infonya berguna tuh

mungkin share ke sini aja gan :

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=14167644

Quote:Original Posted By dave_sick


nice share gan,, infonya berguna tuh

mungkin share ke sini aja gan :

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=14167644



udah ane share dikomengnya gan..
cek TKP emoticon-Ngacir
mantapp emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By dikodokngorek
mantapp emoticon-I Love Indonesia (S)


makasi gan..bantu rate duunkz emoticon-Malu
jadi pengen deh jajal konvoi pake motor emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By StarSixy
jadi pengen deh jajal konvoi pake motor emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir



coba cek di room travelers gan, banyak yg ngajakin touring motor kok emoticon-I Love Indonesia (S)

Ngakak 

harus kuat modal gan!
.....
:bayangin dulu: be konvoi leader vs street user ;P

:bayangin dulu: be konvoi leader vs street user ;P

Konvoi motor adalah malakukan perjalanan dengan menggunakan motor secara bersama-sama, dan merupakan salah satu hobi yang sebenarnya siapapun bakal mengidolakan.
tentu saja konvoi yang terorganisir dan anggotanya mengerti benar bagaimana bertindak dan beretika dijalan raya sangat dibutuhkan ya..terutama kesadaran sikap saling menghargai pengguna jalan lainnya. < harus ada trainingnya dulu kali ya emoticon-Ngakak> kalo perlu ditunjuk leadernya yang tegas... berani mentung kalo anggotanya ngawur emoticon-thumbsup

cuma satu gan yang sering jadi masalah buat ane.. saya kurang suka dengan konvoi yang nerobos rambu-rambu sekalipun dengan patwal. dan sepengetahuan ane itu sudah melanggar aturan dijalan raya.
buat saya sih inti dari sesama pengguna jalan baik mobil-motor..pribadi-umum. konvoi grup atau konvoi umum.. adalah kesadaran beretika dilalu lintas dan utamakan safety riding gan.
kadang diri kita sangat berhati-hati dijalan raya, namun bisa apes a.k.a ikut celaka hanya karena orang lain yang kurang berhati-hati.

alat-alat konvoi itu ada jugakan gan? seprti senter untuk malam hari atau bendera. mohon info siapa tau suatu hari ane beneran jd leader \temoticon-Request

Thumbs up 

thread bagus nih. ane bantu rate ya gan emoticon-Smilie
kau anak touring toh emoticon-Belo
jadi inget waktu ikut touring ke Malela sama anak2 BPC Jabotabek emoticon-Ngakak

motor yg ane naikin bablas jalan duluan gara2 tukang ojeg-nya ga sabaran,
sempet nongkrong, makan2, foto2 sambil nungguin rombongan yg di belakang
eh, ga taunya kita yg salah jalan emoticon-Cape d...

tapi krn itu jadi terselamatkan dari razia
fyi, SIM-nya si tukang ojeg udah expired emoticon-Shutup (S)