alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014455521/pesona-batik-dugong-ikan-duyung-khas-bintan-kepulauan-riau
Pesona Batik Dugong (Ikan duyung) Khas Bintan, Kepulauan Riau
Batik Dugong Khas Bintan Diluncurkan

Pesona Batik Dugong (Ikan duyung) Khas Bintan, Kepulauan RiauPesona Batik Dugong (Ikan duyung) Khas Bintan, Kepulauan Riau

Quote:Original Posted By tribunnews

BINTAN - Siapa sangka binatang laut yang nyaris punah ini, bisa dikreasikan menjadi motif batik.

Batik Dugong Bintan, demikian namanya akan diperkenalkan secara resmi pada ajang Musyabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (15/5/2012) mendatang.

Sebelumnya batik yang sengaja menggunakan ikon dari Bintan ini, sudah diperkenalkan sejak 12 April lalu. Termasuk pada pameran Batam Expo 2012.

“Responnya cukup baik. Malah banyak yang minat,” ujar Oni Kay, Pemilik Butik Selaras, Minggu (15/5/2012).

Batik Dugong Bintan ini adalah kreasi lain dari Efiyar M Amin, yang merupakan designer Batik Gonggong. Lahirnya Batik Dugong Bintan ini awalnya secara tak sengaja. Berawal dari obrolan ringan antara Butik Lawana dan Bupati Bintan, Ansar Ahmad.

Ansar bercanda mengusulkan agar dibuatkan batik dengan corak khas Bintan. Tertapi candaan itu ditanggapi serius oleh Butik Lawana. Setelah mengalami beberapa kali perubahan, akhirnya lahir Batik Dugong Bintan dengan berbagai motif.

Diantaranya motif dugong bintan, dugong untai , dugong sepasang , dugong hias , dugong empat dan beberapa motif lainnya.

Motif dugong ini juga dipadukan dengan ornamen gelombang , rumput laut lamun dan tidak lupa lancangkuning yang menjadi ciri khas Bintan.

Tak hanya tersedia dalam bentuk bahan kain, juga tersedia kemeja dan blus wanita. Batik ini ditawarkan dengan harga bersaing, mulai dari Rp 130 ribu sampai Rp 800 ribu.

“Tentunya sesuai dengan bahan, cara pembuatan dan kwalitasnya,” sebut Ony.

Batik tersebut tersedia dengan bahan kain yang berserat alam seperti katun , dobi ,fiskos juga sutra yang dibuat secara cap ataupun kombinasi tulis dan cap.

Bagi yang berminat, dapat berkunjung ke Butik Selaras di Jalan Basuki Rachmat.

Butik ini juga menggelar kerjasama dengan Disperindag Kabupaten Bintan , membuka kesempatan bagi mereka yang ingin belajar membatik. Tak dipungut biaya alias gratis senagaja diterapkan , dengan harapan muncul pengrajin baru di Kepri khususnya Bintan.
sumber


Batik Dugong Milik Bintan

Quote:Original Posted By haluankepri.com

BINTAN- Di Yogya ada batik Keris, di Solo ada batik Danarhadi, di Pekalongan ada batik Pekalongan, di Tanjungpinang ada batik Gonggong, dan kini di Bintan ada batik Dugong (Ikan Duyung). Ikon batik khas Bintan ini disampaikan Bupat Bintan, Ansar Ahmad pada HUT ke-4 Kelurahan Kota Baru, Teluk Sebong, Minggu (11/3).


"Di Tanjungpinang ada batik Gonggong, maka di Bintan kita adakan batik Dugong. Kita akan mengirimkan beberapa orang untuk mengkuti pelatihan membatik di Jawa," jelas Ansar.

Dipilihnya kelurahan Kota Baru, Teluk Sebong sebagai pusat pengembangan batik Dugong, karena letak geografis yang berdampingan dengan pusat pariwisata Bintan, yaitu Lagoi. Kedekatan ini diharapkan lebih memudahkan dalam pemasarannya.

Lurah Kota Baru Agus Haryono, sangat mendukung upaya pemberdayaan masyarakat dalam hal membatik. Apalagi kelurahannya sebagai proyek percontohan, sekaligus sebagai pusat pengembangan.

"Saya mendukung, apalagi ini berhubungan dengan pengembangan masyarakat dari segi ekonomi kreatif. Semoga masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik," katanya di sela-sela meriahnya perayaan HUT ke-4 Kelurahan Kota Baru.

Ketua Lembaga Pengembangan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kota Baru, Sutrisno, sangat bangga di beri kepercayaan mengembangkan batik Dugong untuk Kelurahan Kota Baru.

"Kita akan melibatkan kelompok menjahit Usaha Rakyat, Karang Taruna, Kube, sehingga pelaksanaannya bisa lebih maksimal," katanya dengan wajah berseri-seri.

Semoga pengembangan batik ini benar-benar sukses, harap Ali Bazar, Sekretaris Lurah Kota Baru.(cw62)
sumber


Kenapa bisa muncul Batik Dugong??



Batik Corak Dugong Terinpirasi Maskot Bintan, Diproduksi di Cirebon

Quote:Original Posted By batampos

Produsen Batik Lawana kembali mengenalkan motif batik terbarunya yang diberi nama Batik Dugong Bintan.

Berawal dari perbincangan antara pemilik Batik Lawana Onny Kay dengan Bupati Bintan Ansar Ahmad, terciptalah motif batik ini. Dijumpai di galerinya di Jalan Basuki Rahmat nomor 8 Tanjungpinang, Onny menceritakan bagaimana motif batik ini tercipta. ”Saya terinspirasi dengan maskot Kabupaten Bintan, dugong,” katanya, Kamis (10/5).

Dugong atau biasa dikenal dengan ikan duyung merupakan jenis hewan laut langka yang banyak dijumpai di perairan Kawal, Tanjungberakit, Bintan. Onny Kay, owner sekaligus produsen batik ini bersama dengan Efiyar M, desainer batik asal Tanjungpinang telah mendesain kreasi batik dugong Desember 2011 lalu. Pada awal April tahun ini, Onny berkesempatan memperlihatkan hasil kreasinya kepada Ansar Ahmad.

Gayungpun bersambut, sang Bupati tertarik dengan corak dan motif batik tersebut. ”Sudah dijadikan batik khas Bintan saja, kan motifnya sudah sesuai dengan ikon Bintan,” kata Onny menirukan suara Ansar.

Menurut Onny, batik Dugong ini sekarang diproduksi di Pekalongan dan Cirebon. ”Untuk menjaga ekslusivitasnya para pengerajin tidak mau menjual batik ini secara langsung kepada pembeli,” tegasnya.

Ada beberapa motif batik dugong, antara lain dugong bintan, dugong untai, dugong sepasang, dugong hias, dugong empat dan masih banyak motif lain. Warna-warna cerah, seperti merah, hijau, biru, kuning dan ungu menjadi pilihan warna yang dipilih desainer. warna tersebut menyesuaikan dengan warna yang sering dipakai masyarakat melayu.

Batik Dugong diproduksi dengan bahan kain yang berserat alam seperti katun, dobi, viskos dan juga sutera yang dibuat dengan metode batik cap ataupun kombinasi tulis dan cap. Kisaran harga batik ini mulai dari Rp130 ribu hingga Rp800 ribu sesuai dengan bahan dan kualitas pengerjaannya.

”Harga yang jutaan juga ada mas, itu yang bener-benar murni batik tulis,” Kata Onny. Batik ini akan diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat pada pembukaan MTQ Provinsi Kepri keempat pada tanggal 15 Mei mendatang. (M Noor Kanwa)
sumber


Sekilas Tentang Dugong (Ikan Duyung)

Spoiler for ikan duyung/dugong:


" Maaf jika informasi ini kurang disertai foto, karena sulitnya mencari referensi khususnya foto "
emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)

" Kaskuser yang baik meninggalkan jejak yang baik juga emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) "
share pic motif batik Dugongnya share lagi dong gan



Will Work for Bandwidth emoticon-afro
Pertamaxnya udah ane amankan sediri gan! Keep postingan bermutu ya! emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace

Mari berwirausaha 2012 oleh PT.ANTA UTAMA !! Hot GAN !

Bisnis Tiket Pesawat Online / Tour & Travel merupakan bisnis yang banyak diminati dan sangat MENJANJIKAN!!! emoticon-Traveller

Pesona Batik Dugong (Ikan duyung) Khas Bintan, Kepulauan Riau


travel agen terpercaya sjk Tahun 2009]Berikut sedikit ulasannya:
Prospek Bisnis online di bidang penjualan tiket pesawat masih sangat besar peluangnya, selama perusahaan penerbangan masih ada dan dunia pariwisata terus berkembang, bisnis tiket pesawat masih layak untuk dipertimbangkan, hal yang perlu diperhatikan adalah menjamurnya pusat penjualan tiket dimana – mana, sehingga daya saing semakin tinggi, perlu suatu terobosan yang inovatif agar tetap bersaing sehat. Ini lah yang menjadi pertimbangan birotiket.net.tc sehingga membuka peluang bisnis online menjadi biro tiket pesawat secara online dengan modal sedikit tetapi hasil yang sangat luar biasa.
*Persyaratan Mudah, Hanya diperlukan PC/Laptop, Printer dan Koneksi Internet, Atau bisa juga dari Warnet maupun PC di Kantor.

Dengan biaya pendaftaran yang sangat terjangkau, Anda bisa memiliki usaha travel sendiri layaknya travel agen yang sudah berpengalaman. Banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan, antara lain:

* Biaya pendaftaran yang ringan namun potensi penghasilannya sangat besar ( komisi hingga puluhan ribu rupiah).
* Tidak harus memiliki Badan Usaha seperti PT atau CV, karena dengan UU no 10 Th 2009 tentang Kepariwisataan dan Peraturan menteri yang baru bahwa Pelaku Usaha Perjalanan Wisata cukup mendaftar ke dinas terkait dan untuk status Agen Perjalanan bisa perseorangan dan bisa dimulai cukup dengan KTP pelaku Usaha, karena dianggap usaha UKM(Usaha Kecil Menengah)
* Terhindar dari Biaya Bulanan, Royalti, Deposit, Maintenance dan biaya lain yang tidak diperlukan
* System reservasi 24 Jam sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan peluang
* Bisa Cetak Tiket Sendiri langsung ditempat anda.
* Bisa digabungkan dengan usaha lain seperti Counter HP, Warnet atau apa saja yang memiliki akses atau koneksi ke Internet.

Tunggu apalagi! Segera bergabung bersama kami dan selamat menikmati keuntungan yang tidak terbatas.

Apapun latar belakang profesi anda Karyawan, Pengusaha, Ibu Rumah Tangga, Mahasiswa atau Siapa Saja! DIJAMIN Anda Tidak Ingin Melewatkan Peluang Berharga Ini…
[/spoiler]

Pesona Batik Dugong (Ikan duyung) Khas Bintan, Kepulauan Riau
Ane menawarkan kerja sambilan bagi Agan yang berprofesi sebagai karyawan, Pengusaha, ibu rumahtangga, mahasiswa, atau siapa saja!
Jika Agan Bisa Mengetik dan Akses Internet, Agan Sudah Memiliki Syarat yang Cukup Untuk Menghasilkan Uang dari Bisnis Tiket Pesawat Online.

Prospek Bisnis online di bidang penjualan tiket pesawat masih sangat besar peluangnya, selama perusahaan penerbangan masih ada dan dunia pariwisata terus berkembang, bisnis tiket pesawat masih layak untuk dipertimbangkan, hal yang perlu diperhatikan adalah menjamurnya pusat penjualan tiket dimana – mana, sehingga daya saing semakin tinggi, perlu suatu terobosan yang inovatif agar tetap bersaing sehat.

Ini lah yang menjadi pertimbangan birotiket.com sehingga membuka peluang bisnis online menjadi biro tiket pesawat secara online dengan modal sedikit tetapi hasil yang sangat luar biasa..
Dan dengan memanfaatkan Internet bisa digunakan untuk menjalankan bisnis jutaan rupiah dengan modal terjangkau,dan dapat menghasilkan jutaan rupiah per bulannya.

KEUNTUNGAN APA SAJA YANG AGAN ANDA DAPATKAN ?

1. Proses reservasi / booking bisa dilakukan darimana saja dan kapan saja di seluruh wilayah Indonesia.
2. Data yang transparan langsung dari airline.
3. Proses reservasi langsung dilakukan dari sistem airline.
4. Anda bisa mencetak sendiri tiket anda dan penumpang anda bisa langsung terbang.
5. Pembayaran melalui transfer bank sehingga bisa lebih cepat dan akurat.
6. Anda bisa menjual kembali tiket tersebut kepada orang lain dengan harga pasar.

Penasaran ? KLIK DISINI

NO Tipu-tipu, Bergabung ddan buktikan sendiri.
Birotiket Online Powered By :PT. ANTA UTAMA
Akta Notaris No. : 17, Tanggal : 15 Januari 2009
SK Kehakiman No. : AHU-1475.AH.01.01 Tahun 2009
Ijin Usaha Pariwisata No. : 556/11/419.45/2009
SIUP No. : 503.5/033/419.38/2009
TDP No. : 13.11.1.63.00368
NPWP No. : 02.666.101.7-622.000
Sertifikat ASITA No. : 0343/XII/DPP/2009



Salam Sukses,


Pesona Batik Dugong (Ikan duyung) Khas Bintan, Kepulauan Riau


PT.ANTA UTAMA bisnis travel agent
sewa Bis

Pesona Batik Dugong (Ikan duyung) Khas Bintan, Kepulauan Riau

emoticon-Cek PM (S) emoticon-Cek PM (S) emoticon-Kiss emoticon-MaluMenerima Karyawan dan Karyawati

Pesona Batik Dugong (Ikan duyung) Khas Bintan, Kepulauan Riau

PENGUMUMAN BUAT AGAN2 YANG SUKA JALAN2 SEKALIGUS BISNIS!

Ane menawarkan bisnis tiket pesawat online gan! emoticon-Blue Guy Peace
dengan agan-agan sekalian terdaftar disana, agan bisa memiliki akses khusus untuk pemesanan tiket pesawat-pesawat yang lumayan terkenal di Indonesia.

Kayak GARUDA INDONESIA, LION AIR, AIR ASIA, SRIWIJAYA AIR, BATAVIA AIR, dan lain-lain.

Pesona Batik Dugong (Ikan duyung) Khas Bintan, Kepulauan Riau

emoticon-Cek PM (S) emoticon-Cek PM (S) emoticon-Kiss emoticon-Malu hanya di jaringan saya anda akan mendapatkan sharing info
dengan sistem tercepat beda dengan yg lain !!
Klik Disini Untuk Pendaftaran!

Link nya bisa diliat di mari gan:Biro Tiket Online




Selamat Berlibur, Selamat Berbisnis!


hanya di jaringan saya anda akan mendapatkan sharing info
dengan sistem tercepat beda dengan yg lain !!

Link nya bisa diliat di mari gan:Biro Tiket Online

coment dari kaskuser lain > Quote:Original Posted By devilHen86
bisnis kyk gini layak utk di jalankan, brhubung indonesia trhampar jauh antar lautan, utk itu penggunaan teknology sgt diperlukan, brapa kali ane udah coba print brdasarkan tiket utk menggunakan tiket di bandara... pembelian tiket dari internet emang kerena bs ontime gt jd nya...emoticon-Peace
wah batik dugong bagus juga ya emoticon-Belo
baru tahu ane ada jenis batik ini emoticon-2 Jempol
makasih udah share informasinya emoticon-Angkat Beer
tiap batik indonesia beda"
masing" punya ciri khas emoticon-Big Grin
ternyata hewan yang kaya gitu bisa di jadiin motif batik yah...

nitip lapak gan..
Quote:Malu dengan tinggi Badan anda? Ingin punya tubuh Tinggi? Belilah Paket peninggi Badan super!!

[url]www.peninggi.com[/url]

Pesona Batik Dugong (Ikan duyung) Khas Bintan, Kepulauan Riau

nice share gan emoticon-I Love Indonesia
ditambahin dong gan gambar motif batik dugongnya emoticon-Smilie
sekalian bantu emoticon-Sundul Gan (S) ya
indah batiknya.. emoticon-thumbsup: emoticon-thumbsup:
wah mantep nih batik riau, kalo ada jenis yg lain dishare donk gan emoticon-Smilie
wah mantep nih batik riau, kalo ada jenis yg lain dishare donk gan emoticon-Smilie
cantik batiknya
semoga gak ada negara yg ngaku ngaku lagi
Nice trit deh.... kasih emoticon-Rate 5 Star dah...
bagus juga motifnya
Kayanya dah ada trit seperti ini deh gan emoticon-Malu (S)
waaah makin kreatif aja nih anak bangsa emoticon-I Love Indonesia
motif baru ya,,

ada yg jual di FJB??
trs kalo gtu, kita boleh ga pake batik yang berlainan daerah emoticon-Bingung (S)