alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014377866/travelistawisata-sejarah-pulau-seribu-kelor-cipir-onrust
Smile 
Wisata Sejarah Pulau Seribu (Kelor, Cipir, Onrust)
CINTA TANAH AIR
[Travelista]wisata sejarah pulau seribu (kelor, cipir, onrust)

Spoiler for Terimakasih untuk HotThreadnya:


Pesona pulau seribu sebagai destinasi wisata tidak hanya terdapat pada keindahan pulau2nya seperti di p.tidung, pramuka, pari atau bidadari tapi mungkin belum banyak yang tau akan potensi wisata lain yang lebih menarik ketimbang jalan jalan ga karuan ngabisin duit yaitu wisata sejarah yang terdapat pada gugusan pulaunya seperti kelor, cipir, onrust yang dahulu kala menjadi asal mula penjajahan bangsa Belanda di Indonesia.

Ane dapet info dari sebuah grup di FB yg SERING ngadain trip sehari ke tiga pulau bersejarah ini dengan biaya 95rb dan tanggal 15 april kemaren jadi tanggal perjalanan ke 3 pulau tersebut.

Pas hari H kita semua ketemu di meeting point dermaga muara kamal

Spoiler for Akses ke dermaga muara kamal:


Spoiler for penampakan dermaga muara kamal:


Setelah sampe di meeting poin semua peserta di data ulang sebelum berangkat, disini rombongan di bagi 2 perahu dengan total peserta sekitar 50 orang

Spoiler for suasana di perahu:


Pas pukul 08.00 pagi perahu yang membawa rombongan berangkat menuju destinasi pertama yaitu pulau kelor. Perjalanan sekitar setengah jam dari dermaga muara kamal.

P.Kelor
Spoiler for nyampe pulau kelor:


Akhirnya tiba juga di tujuan pertama yaitu pulau kelor, menurut penjelasan dari tour guidenya pulau ini dulunya adalah bekas benteng VOC yg dibangun buat melawan serangan potugis pada abad 17, disini juga terdapat kuburan kapal tujuh atau SEVEN PROVINCIENyang waktu itu itu berontak melawan belanda tapi sayang gugur ditangan belanda mirisnya di kapal itu juga ada awak kapal dari Indonesianya gan.

Dahulunya pulau ini adalah salah satu benteng pertahanan hindia belanda yang memusatkan kegiatannya di p.onrust, setidaknya ada 3 benteng mortello di gugusan pulau yaitu di onrust, kelor dan bidadari, tapi sayangnya Cuma 2 yang masih meniggalkan jejaknya gan sementara benteng yang di pulau onrust uda hilang akibat penjarahan besar2an tahun 60an

Spoiler for reruntuhan benteng mortello:



Spoiler for *FYI:


P.Cipir
Setelah abisin waktu sejam lebih di P.kelor buat dengerin penjelasan ama foto2 perjalanan dilanjutin lagi ke tujuan selanjutnya yaitu p.cipir. Perjalanan naik perahu dari kelor ke cipir lumayan deket sekitar 10 menit.

Spoiler for sampe di cipir:


p.cipir juga menyimpan peninggalan sejarah yang luar biasa seperti di onrust. Jadi dulunya pulau ini jadi tempat karantina calon jemaah haji(1911-1933) dan sekarang tinggal puing2nya aja bekas barak haji, rumah sakit, dan tempat penampungan jemaah haji yang kena penyakit menular.
Spoiler for puing-puing bangunan barak haji:


Di pulau ini juga terdapat meriam kuno berusia sekitar 3 abad buatan belgia yang dulunya berfungsi sebagai senjata pertahanan
Spoiler for penampakan meriam:


Di ujung pulau ini terdapat pondasi jembatan ponton, yang sudah ada sejak 1911 sebagai dermaga kecil pulau cipir. Setelah Indonesia merdeka dermaga ini digunakan sebagai tempat penerimaan kedatangan jemaah haji untuk di karantina

Spoiler for penampakan jembatannya:





Spoiler for *FYI:


P.Onrust
Dan perjalan masih berlanjut setelah mendengarkan sejarah di pulau cipir rombongan di ajak ke tujuan terakhir yaitu pulau onrust, pulau yang memiliki sejarah panjang dibanding dengan pulau pulau lain di nusantara.

Spoiler for tiba di onrust:


Setibanya disini rombongan dipersilahkan untuk beristirahat sejenak, dan gue memanfaatkan kesempatan ini untuk sholat dan abis itu mencoba makanan di pulau ini, disini ada rumah makan punya warga setempat harganya lumayan murah lah ga jauh beda kaya di daratan itung2 support usaha lokal.

Oke sekarang cerita dari pulau onrust
Pada abad ke 17 dan 18 masehi pulau ini adalh pelabuhan VOC sekaligus tempat perbaikan kapal sebelum dipindahkan ke pelabuhan tanjung priok, sejak saat itu pulau ini dinamakan onrust karena kesibukannya. Onrust sendiri dalam bahasa belanda artinya tidak pernah istirahat.

Spoiler for gambar:


Di pulau ini juga ada museum arkeolognya loh tempat menyimpan artefak(benda2 bekas kependudukan di pulau onrust)
Spoiler for museum:


Pada jaman jepang pulau ini dijadikan penjara bagi tahanan kelas berat dan tahanan politik seperti Aidit dan Lukman yang kemudian jadi tokoh PKI, setelah Indonesia merdeka pulau ini sempat dijadikan sebagai tempat para tunawisma. Disinyalir pula pulau ini jadi tempat eksekusi pemimpin DI/TII Kartosuwiryo
Spoiler for Makam Kartosuwiryo:


Di sebelah barat pulau ini masih tersisa pemakaman Belanda. Dulunya pemakamannya luas tapi karena abrasi selama bertahun tahun jadi tinggal sedikit yang tersisa. Di situ ada makam WILLEMSE VOGEL kelahiran Edam Belanda(1738) terus ada kepala pulau Onrust Anna Andriana Duran (1772) puterinya Bastian Duran dan Maria van de Velde(1721) kelahiran Amsterdam yang meninggal di usia 28 akibat penyakit kencing tikus.
Spoiler for makam belanda:


Nah makam maria ini dulunya pernah jadi lokasi uji nyali salah satu program tv swasta, dan pada makam maria tertulis sebuh kalimat dalam bahasa belanda yang bertuliskan

Tel leven Hadde God Haar
T leven Willen Sparen
Dogh T Blijckt Jehova Heeft
Dat Door Den Doot Belet
Maria dies Is Weg
Maar Neen K Herroep Dat Woort
Als Onbedagh Gesprokeen
En T Sy Van Myn Aanstont
Op Hesterdaat Gevrokeen
Maria Leeft by Haar Heer
Gebooren Tot Amsterdam
Deen 29 Desember 1693
Gestroven Den 19 November
Anno Op Onrust 1721

Yang klo di terjemahin ke bahasa Indonesia :

Jenazah Maria Van de Velde
Dimakamkan di sini
Yang patut masih dapat hidup
Bertahun-tahun
Seandainya Tuhan berkehendak
Tetapi ternyata, Jehova (Tuhan)
Telah menghalangi dia dengan kematian
Maria telah pergi,
Maria telah tiada!
Tetapi, tidak! Saya tarik kembali kata itu.
Sebagai yang diucapkan tanpa berpikir
Dan itu dapatlah
Karena ketergesa-gesaanku,
langsung dihukum!
Sekarang baru Maria hidup.
Sekarang ia hidup dengan Tuhannya
Lahir di Amsterdam
Pada anggal 29 Desember 1693
Wafat pada tanggal 19 November
Di Pulau Onrust tahun 1721

Memang dulu sejarahnya penduduk pulau onrust rata2 mati di usia muda kurang dari 50 tahun, sebabnya dulu dulu di pulau ini terkena wabah penyakit kencing tikus, makanya pemerintah setempat dulu membangun di setiap rumah pagar anti tikus

Spoiler for pagar anti tikus:


Tikus2 itu sendiri konon bisa sampe ke pulau akibat terbawa oleh kapal2 belanda yang singgah di pulau ini.
Spoiler for *FYI:


Dan akhirnya perjalanan seru ini harus diakhiri ga terasa jam sudah menujukan pukul 15.00 setelah foto2 untuk kenang-kenagan semua rombongan diajak kembali ke dermaga muara kamal untuk pulang kerumah masing masing.

Spoiler for foto-foto:




Total biaya
Quote:Original Posted By yogiindielovers

ane ngluarin pengeluaran totalnya cuma 150rb itu juga masih ada sisa gan...
itungannya ongkos paket trip 95rb + transport PP dari rumah ane di bekasi ke muara kamal 25rb + makan siang di warung makan pulau onrust 11rb totalnya jadi 131rb gan



Tips ringan tapi bermanfaat
Quote:
Berikut adalah masukan dari diri ane pribadi buat agan yang tertarik datang ke pulau2 ini :

1. Ga usah khawatir gan karena ga punya sunblock soalnya di pulau2 ini banyak pohon2 gede gan jadi cahaya matahari ga langsung masuk terutama yang di cipir ama onrust, kecuali yang di kelor emang rada gersang gan pake topi atau lengan panjang aja juga uda cukup.

2. Ada tempat penyewaan life jacket atau pelampung untuk keselamatan saat diperjalanan yang menggunakan kapal nelayan biaya sewanya 15rb seharian, jadi ga usah khawatir klo terjadi apa2 di perjalanan ke pulau.

3. Buat yang ga bawa bekel dari rumah ga usah takut soalnya di pulau cipir ama onrust ada warung makannya juga, lumayan murah gan. SUPPORT USAHA LOKALemoticon-I Love Indonesia (S)

4. Ini yang paling penting gan, jaga sikap selama di pulau gan apalagi di onrust soalnya di situ banyak makam ama pohon2 gede jangan ngomong sembarangan sama jangan buang sampah sembarangan juga gan.emoticon-Blue Guy Peace





Kesimpulan yang ane dapet dari perjalanan sehari ke tiga pulau tadi adalah

1.\tPesona kepualan seribu tidak hanya terdapat pada keindahan pantainya saja tapi juga bisa dilihat dari banyaknya nilai sejarah yag bisa diambil dari gugusan pulaunya seperti di ketiga pulau tadi. Tapi sayang masalah klasik seperti kebersihan masing pulau masih jadi keprihatinan bayak sampah dimanan mana ditambah air lautnya juga kotor problem itu masih jadi hambatan.

2.\tIni ada hubungannya ama sosial media, ane dapet info trip menarik kaya tadi gara2 liat grup di FB dan kebetulan grup itu emang sering ngadain trip ketempat tempat seru salah satunya ke ketiga pulau tadi, jadi menurut ane penggunaan sosial media sekarang jauh lebih bermafaat digunain untuk hal2 yang positif ketimbang Cuma update status galau.

3.\tSaran ane sih klo belajar sejarah jangan langsung ditelen mentah-mentah maksudnya harus dicerna mana yang emang itu positif atau negatif karena takutnya nanti bisa kedoktrin, klo ane sih belajar sejarah buat nambah wawasan ane gan.

Penutup
Wisata sejarah saat in memang kurang diminati masyarakat kita karena banyaknya tempat-tempat wisata yang jauh lebih modern. Wisata modern memiliki daya tarik yang jauh lebih besar ketimbang wisata sejarah yang mungkin dibenak mereka hanya menampilkan seputar sejarah tempat itu, tapi pernyataan tersebut adalah hasil dari pemikiran statis. Wisata sejarah adalah kebutuhan untuk masyarakat dalam mengenal identitas bangsanya dan jalan pintas mencari tahu kebenaran pristiwa sejarah yang saat ini banyak dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


emoticon-I Love Indonesia (S)Terimakasih gan uda mampir dan berkomentar hebat di ke thread ane maaf klo ada pertanyaan yg blm ane jawab...emoticon-I Love Indonesia (S)



Spoiler for komentar:


HAPPY TRAVELING....


emoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller
wah penuh dengan sejarah yah pulaunya
Cinta tanah air, tapi benderanya dekil dan robek gitu emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By suryo buronan
Cinta tanah air, tapi benderanya dekil dan robek gitu emoticon-Berduka (S)


mungkin untuk mengingatkan sejarah gan emoticon-Peace
Kalau dipasang yang baru, kesannya kurang kena suasananya emoticon-Peace
[Travelista]wisata sejarah pulau seribu (kelor, cipir, onrust)

liat potonya jadi ironis yaa...



emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By StarSixy
wah penuh dengan sejarah yah pulaunya



Iya gan, Uda berkunjung ke pulaunya belum gan?
Quote:Original Posted By PriNx
mungkin untuk mengingatkan sejarah gan emoticon-Peace
Kalau dipasang yang baru, kesannya kurang kena suasananya emoticon-Peace


Jadi gini gan maksudnya, seburuk apapun kondisi negara ini, sudah sewajibnya sebagai anak bangsa harus tetap mencintai negara Indonesia tercinta...


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Thumbs up 

ane setujuh tu,mencintai tanah air,dan sejarah2 indonesia itu penting kita pelajari,pa lagi jlan2 sambil berpariwisata...emoticon-Add Friend (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

http://www.tekanini.com/sangpetualang8
Quote:Original Posted By pacho46
ane setujuh tu,mencintai tanah air,dan sejarah2 indonesia itu penting kita pelajari,pa lagi jlan2 sambil berpariwisata...emoticon-Add Friend (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

http://www.tekanini.com/sangpetualang8



Yoi ane setuju gan, Jangan sekali kali melupakan sejarah.....


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By yogiindielovers
Iya gan, Uda berkunjung ke pulaunya belum gan?


Quote:Original Posted By yogiindielovers
Jadi gini gan maksudnya, seburuk apapun kondisi negara ini, sudah sewajibnya sebagai anak bangsa harus tetap mencintai negara Indonesia tercinta...


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


iya lah gan,

lusuh nya kain bendera di halaman rumah kita bukan satu alasan untuk kita tinggalkan ~ Iwan Fals
Wah, menarik buat dikunjungi gan, hehe. emoticon-Traveller

originally posted by ??[Travelista]wisata sejarah pulau seribu (kelor, cipir, onrust)
ijin nyimak dulu yach gan
manteb gan

CINTA TANAH AIR

ada benderanya
woww,keren nih,,ane yg orang jakarta aja belom pernah kemari emoticon-Matabelo









[Travelista]wisata sejarah pulau seribu (kelor, cipir, onrust)
Quote:
Wisata sejarah saat in memang kurang diminati masyarakat kita karena banyaknya tempat-tempat wisata yang jauh lebih modern. Wisata modern memiliki daya tarik yang jauh lebih besar ketimbang wisata sejarah yang mungkin dibenak mereka hanya menampilkan seputar sejarah tempat itu, tapi pernyataan tersebut adalah hasil dari pemikiran statis. Wisata sejarah adalah kebutuhan untuk masyarakat dalam mengenal identitas bangsanya dan jalan pintas mencari tahu kebenaran pristiwa sejarah yang saat ini banyak dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


wah sayang banget ...

padahal selain wisata disini kita bisa belajar sejarah ...









emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By yogiindielovers


Jadi gini gan maksudnya, seburuk apapun kondisi negara ini, sudah sewajibnya sebagai anak bangsa harus tetap mencintai negara Indonesia tercinta...


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


setujuh sama agan satu ini....


cinta tanah air juga sebagian dari iman.....


emoticon-Malu (S)
wow keren gan bisa jadi tujuan gw nanti
wow, baru tau ane pulau seribu juga merupakan heritage site.
sebelumnya ane cuman tau klo pulau ini salah satu surganya para pemancing/anglers.
Nice trip gan, ane jadi kepingin. lumayan klo dari jakarta gak mahal2 bgt biaya nya.
Quote:Original Posted By yandhi_gila'
[Travelista]wisata sejarah pulau seribu (kelor, cipir, onrust)

liat potonya jadi ironis yaa...



emoticon-Big Grin


emoticon-Matabelo


wah, bendera nya emoticon-Malu

















pejwan abis emoticon-Belo emoticon-televisi: