Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013973580/ipb-ciptakan-039beras039-mirip-beras
IPB Ciptakan 'Beras' Mirip Beras
IPB Ciptakan 'Beras' Mirip Beras


BOGOR -- Peneliti dari F-Technopark Institut Pertanian Bogor melahirkan produk pangan alternatif mirip beras. Produk tersebut diberi nama "beras analog".

"Produk mirip beras yang kita kembangkan dibuat dari tepung lokal selain beras dan terigu," kata Direktur F-Tecnopark Fakultas Teknologi Pertanian IPB, Dr Slamet Budijanto, kepada Antara di Bogor, Ahad.

Peneliti di perguruan tinggi dan badan penelitian menyebutnya dengan nama beras artifisial, beras tiruan dan lainnya. Slamet mengatakan bahwa produk pangan tersebut dirancang khusus untuk menghasilkan sifat fungsional dengan menggunakan bahan tepung lokal, seperti sorgum, sagu, dan umbi-umbian. Bahannya bisa ditambahkan dengan 'ingridient' pangan seperti serat, antioksidan dan bahan lainnya sesuai keinginan.

Di luar negeri seperti China dan Filipina, 'beras' mirip beras ini diproduksi dari beras menir menjadi beras utuh untuk kebutuhan fortifikasi vitamin atau mineral tertentu. "Di antaranya untuk fortifikasi zat besi," katanya menambahkan.

Mengenai teknologi pembuatannya, menurut Slamet, Technopark menggunakan teknologi ekstrusi menggunakan "tween screw extruder" dengan "dye" yang dirancang khusus dengan mengatur kondisi proses dan formulanya. Secara umum, teknologi ekstrusi memungkinkan untuk melakukan serangkaian proses pengolahan seperti mencampur, menggiling, memasak, mendinginkan, mengeringkan dan mencetak dalam satu rangkaian proses.

Redaktur: Didi Purwadi
Sumber: Antara

link : http://www.republika.co.id/berita/na...as-mirip-beras




Quote:Original Posted By helmy77
...Lumayan buat mencukupi kebutuhan beras...bila lahan sawah sudah sempit maka sebagai gantinya dibangun pabrik beras sintetis...


Quote:Original Posted By boredomzz
wah kalau ternukti aman dikomsumsi keren tuh gan, jadi sumber pangan alternatif.


Quote:Original Posted By Bazredd
jdi inget idenya dahlan utk ngejar konsumsi beras yg naik terus, dan lahan pertanian yg turun > sagu di irian dicetak jdi 'beras'.. kenapa sagu? tumbuh terus, karbohidrat jga.. knapa irian? cocok tumbuh, ngembangin daerah, biar kapal yg kesana balik2 gak kosong lagi/bisa bawa muatan..

masyarakat kadung gak bisa lepas ama beras.. ada idiom : gak makan, klo gak pake nasi..
klo masyarakat gak bisa lepas beras, kta tipu rame2 pake beras sintesis
Semoga bisa dipake untuk menekan ketergantungan dari beras padi

Btw, emang sorgum banyak ditanam di sini ye? Karena klo gak, ya kita bakal ketergantungan lagi ama produsennya di luar negeri
Quote:Original Posted By helmy77
Minggu, 15 April 2012, 06:56 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Peneliti dari F-Technopark Institut Pertanian Bogor melahirkan produk pangan alternatif mirip beras. Produk tersebut diberi nama "beras analog".

link : http://www.republika.co.id/berita/na...as-mirip-beras


...bukannya udah jamannya digital.....kok malah balik ke analog?....
salut buat anak IPB
wah bakalan dpt dorprize dr pak dahlan nih,,,
ada kandungan Karbohidrat nya nggak tuh ??
jangan2 cuma Beras tepung aja gan ???
...Lumayan buat mencukupi kebutuhan beras...bila lahan sawah sudah sempit maka sebagai gantinya dibangun pabrik beras sintetis...

Emitton

wah beras imitasi nih
kalo bisa lebih murah dari beras ramos atau rojo lele boleh tu gan...

titip lapak gan
Baja ringan termurah se-Kaskus
masyarakatnya gmana? Apa udh siap dgn makanan spt itu? Jgn2 msh spt dulu, belum 'makan' kalau belum makan nasi...
Indinesia memang rajanya buat barang-barang imitasi..... lanjutkan...!!!!
lebih mantap kalo namanya beras digital, nanti kalo mau makan tinggal di foto trs tempel di perut
wah kalau ternukti aman dikomsumsi keren tuh gan, jadi sumber pangan alternatif.
salut buat IPB yg terus melakukan inovasi
bera buatan wah baru tau ane gan nice info nih
Quote:Original Posted By Deny.Eno
wah bakalan dpt dorprize dr pak dahlan nih,,,

jdi inget idenya dahlan utk ngejar konsumsi beras yg naik terus, dan lahan pertanian yg turun > sagu di irian dicetak jdi 'beras'.. kenapa sagu? tumbuh terus, karbohidrat jga.. knapa irian? cocok tumbuh, ngembangin daerah, biar kapal yg kesana balik2 gak kosong lagi/bisa bawa muatan..

masyarakat kadung gak bisa lepas ama beras.. ada idiom : gak makan, klo gak pake nasi..
klo masyarakat gak bisa lepas beras, kta tipu rame2 pake beras sintesis
enak ga ya.. rasa berasnya dibandingkan pandan wangi
semoga bisa diproduksi massal buat antisipasi kurangnya stok
almamater ane neh.. hebaat...
wah
bisa jadi alternatif itu gan