alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013971783/jelajah-taman-nasional-baluran
Jelajah Taman Nasional Baluran
Assalamualaikum wr. wb salam sejahtera bagi para pecinta wisata. Perjalanan kali ini saya menjelajahi keindahan alam hutan yaitu Taman Nasional Baluran.

Jelajah Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan yang spesifik kering di Pulau Jawa, terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo, Jawa TImur.
Perjalanan saya mulai dari kota Surabaya dengan menggunakan sepeda motor, pada tanggal 11 April 2012 setelah sholat subuh saya bersiap-siap untuk berangkat tepat pukul 06:00 WIB, dimulai dengan melewati kota Sidoarjo-Pasuruan-Probolinggo, di Probolinggo berhenti sejenak untuk mengisi bensin dan istirahat, lalu lanjut dengan melewati kecamatan Gending-Paiton-Besuki-Panarukan dan akhirnya memasuki kota Situbondo dan berhenti sejenak untuk sarapan di suatu warung makan, waktu masih menunjukkan pukul 09:30 WIB.
Setelah selesai sarapan saya kembali melanjutkan perjalanan sampai akhirnya memasuki kawasan TN Baluran, jalan raya yang membelah kawasan hutan TN Baluran sangat menyenangkan saat dilalui karena jalan berkelok2 serta pemandangan hutan di kiri dan kanan jalan. Setelah beberapa menit menyusuri jalan akhirnya saya tiba di pintu masuk TN Baluran pada pukul 11:00 WIB, saya segera memarkir motor dan membayar tiket masuk Rp 2.500 dan Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua.
Tujuan pertama saya adalah Savana Bekol, yaitu padang savana luas tempat penggembalaan satwa, berjarak 11 km dari pintu masuk dengan kondisi jalan aspal hancur berbatu, keadaan jalan yang buruk membuat perjalanan 11 km terasa lama karena harus memacu kendaraan dengan kecepatan rendah dan hati-hati. Namun rimbunnya hutan membuat perjalanan terasa menyenangkan, objek pertama yang saya lewati adalah Sumur Tua peninggalan Majapahit, namun saya tidak mampir dan terus melanjutkan perjalanan sampai akhirnya tiba di resort Savana Bekol pada pukul 12:00 WIB.
Di resort Savana Bekol terdapat fasilitas seperti musholla, wisma tamu, kantor jaga, kantin dan menara pandang setinggi 60 meter.
Spoiler for Resort Bekol:


Saya istirahat sejenak di musholla seusai sholat dzuhur dan langsung bergegas menjelajahi padang savana yang hijau dan luas, dengan background Gn. Baluran di belakangnya melengkapi keindahan savana, yang terlintas di pikiran saya saat itu hanya seperti sedang tidak berada di Indonesia, seperti berada dalam film-film dokumentasi satwa liar di Afrika, namun siang itu nampak jarang satwa liar yang berkumpul, hanya terlihat beberapa rusa yang sedang berteduh di bawah pohon dan sedang berkumpul untuk minum, karena siang itu cuaca cerah dan sangat panas.
Bagi yang ingin berkunjung hendaknya berpakaian lengan panjang serta menggunakan topi dan kacamata hitam.
Berikut keindahan Savana Bekol yang saya abadikan.
Spoiler for Savana Bekol:


Setelah menjelajahi padang savana dan mengambil gambar, saya menuju ke menara pandang untuk melihat pemandangan savana dari atas menara.
Spoiler for Menara Pandang:


Setelah puas melihat pemandangan dari atas menara pandang saya segera turun dan bergegas menuju pantai Bama karena waktu sudah menunjukkan pukul 14:00 WIB.
Jarak dari Bekol hanya 3 km untuk mencapai pantai Bama.
Spoiler for Jalan menuju Pantai Bama:


Setelah beberapa menit akhirnya saya tiba di Pantai Bama, disini juga terdapat beberapa fasilitas untuk pengunjung seperti kamar mandi, wisma tamu, musholla, cafetaria dan terdapat pula arena outbond.
Saya langsung memarkir kendaraan dan menuju bibir pantai, pantai ini cukup indah karena berpasir putih dan airnya biru jernih, terdapat beberapa turis asing dan beberapa turis lokal yang sedang ber snorkeling.
Di pantai ini menyediakan alat snorkeling dengan harga sewa Rp 20.000, dan menurut pengunjung yag sedang snorkeling karangnya cukup bagus namun jaraknya cukup jauh dari bibir pantai tetapi relatif aman karena keadaan lautnya yang tidak bergelombang, namun saya tidak sempat merasakan pemandangan bawah laut Pantai Bama karena alat snorkeling yang disewakan hanya sedikit dan sudah disewakan semua.
Disini terdapat cukup banyak kera yang suka mencuri makanan, diharapkan untuk waspada dengan tas dan barang bawaan karena kera-kera cukup pintar untuk membongkar tas pengunjung.
Spoiler for Pantai Bama:


Setelah puas menelusuri pantai dan mengambil gambar saya segera bergegas untuk pulang karena waktu sudah menunjukkan pukul 16:00 WIB, sekian penjelajahan mengenai TN Baluran. Semoga bisa menginspirasi pembaca untuk berkunjung dan menikmati keindahannya. emoticon-2 Jempol

visit IG : iqbalte
baluran oh baluran..
AFRICA VAN JAVA emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By ojanaduh
baluran oh baluran..
AFRICA VAN JAVA emoticon-Matabelo


perlu dijaga kelestariannya gan emoticon-Wink
indah sekali yah pemandangan savananya emoticon-Matabelo
gile hijau abis pemandangannya emoticon-Matabelo

cakep nih, semoga semakin banyak taman nasional yang tersebar di indonesia kayak gini emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kaskus_united
gile hijau abis pemandangannya emoticon-Matabelo

cakep nih, semoga semakin banyak taman nasional yang tersebar di indonesia kayak gini emoticon-Big Grin


sempatkan diri kesana gan, dijamin gak nyesel hehe emoticon-2 Jempol
keyennn omemoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By nekadtraveller
keyennn omemoticon-Matabelo


main kesana masbero emoticon-2 Jempol
wih komplit yah ternyata baluran gan, ane cuma numpang lewat jalan rayanya doang kalo mau mudik....kalo masuk ke taman nasionalnya ane belum pernah...
yg ane tau savana dan gunung balurannya doang gan, eh ternyata ada pantainya juga yah, tampak sekali masih perawan tuh pantainya emoticon-thumbsup
nice share gan emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By superrasyikin
wih komplit yah ternyata baluran gan, ane cuma numpang lewat jalan rayanya doang kalo mau mudik....kalo masuk ke taman nasionalnya ane belum pernah...
yg ane tau savana dan gunung balurannya doang gan, eh ternyata ada pantainya juga yah, tampak sekali masih perawan tuh pantainya emoticon-thumbsup
nice share gan emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


mudiknya kemana gan? cobalah sekali2 masuk, indah bgt pantainya juga bisa untuk snorkeling emoticon-2 Jempol
knapa ya tiap kali ada report tentang Baluran, ane jadi makin pengen ke sana emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By veil
knapa ya tiap kali ada report tentang Baluran, ane jadi makin pengen ke sana emoticon-Matabelo


berarti ada panggilan jiwa buat kesana gan, segera di realisasikan aja gampang kok aksesnya emoticon-2 Jempol emoticon-Wink
ini balte ya?wah keren bal trip nya..sendirian ini perjalananlo?next time ajak2 bal emoticon-Big Grin

btw gue Eweng emoticon-Cool
Quote:Original Posted By FabrizioMoretti
ini balte ya?wah keren bal trip nya..sendirian ini perjalananlo?next time ajak2 bal emoticon-Big Grin

btw gue Eweng emoticon-Cool


buset muncul disini lo weng, tak disangka dan tak diduga hahaha oke gampang waktu itu bbm lo gw hubungi gak aktif
baru membayangkan gimana gersangnya kalau musim kemarau.. emoticon-No Hope
Kemaren sempet diving ke pasir putih situbondo, dan berencana mau ka Baluran juga gan, tapi gak jadi emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By jajoen
baru membayangkan gimana gersangnya kalau musim kemarau.. emoticon-No Hope


Ini juga kemaren pas kesana panas bener itu gan , cuma karena peralihan abis musim ujan jadi masih pada hijau savananya

Quote:Original Posted By youlandes
Kemaren sempet diving ke pasir putih situbondo, dan berencana mau ka Baluran juga gan, tapi gak jadi emoticon-Hammer (S)


bagus gak gan bawah lautnya? kalo yang di Baluran katanya bagus, ane gak sempet coba karena udah kesorean emoticon-Cape d...
Pengen banget ke sana gan. Berapa itu biayanya gan?
bagusnya tuh pemandangan tamannya
mudah2an bisa ktm banteng disana emoticon-Big Grin