Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013884775/dangdut-berpotensi-jadi-warisan-budaya-dunia
Dangdut Berpotensi Jadi Warisan Budaya Dunia
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan musik asli Indonesia, dangdut, berpotensi diajukan ke Organisasi Pendidikan dan Kebudayaan Dunia (UNESCO) sebagai calon budaya warisan dunia. "Musik dangdut itu potensinya besar," kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti.

Wiendu mengatakan musik dangdut adalah kebudayaan yang unik. Musik dangdut punya ciri khas yang tak dimiliki oleh musik jenis lain di mana pun. Sampai saat ini penggodokan pengajuan musik dangdut masih dalam tahap pembicaraan komunitas pegiat musik dangdut. Namun Wiendu tak ragu jika penggodokan tersebut akan segera rampung. "Dan akan kita daftarkan, kan setiap bulan Maret UNESCO membuka pendaftaran budaya warisan dunia," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, empat kebudayaan asli Indonesia siap diajukan sebagai warisan budaya dunia. Empat budaya tersebut adalah kerajinan noken dari Papua, tenun Sumba, Taman Mini Indonesia Indah, dan empat tarian sakral dari Bali.

Dia menyebut saat ini seluruh dokumen yang diperlukan sudah selesai dan tinggal dikirimkan ke UNESCO. Wiendu mengatakan sidang dengan agenda penetapan sebagai warisan budaya dunia akan dilangsungkan November mendatang di Grenada, Kolombia. “Tahun lalu sidang dilakukan di Indonesia dan hasilnya Tari Saman dari Aceh jadi warisan budaya dunia,” katanya.

Hingga saat ini, dia menerangkan, sudah ada 13 kebudayaan asli Indonesia yang ditetapkan menjadi warisan budaya dunia, di antaranya keris dan batik.

SUMBER

wuiiiiih...
keren juga nih dangdut jadi warisan budaya dunia...
mantap gan beritana

klo perlu bikin kementrian yang khusus kerjanya menyelamatkan segala sesuatu menyangkut khazanah kebudayaan indonesia dan nusantara

biar gak banyak di caplok,,,
asal saja dibarengi dengan usaha untuk tidak mem porno kan dangdut
Quote:Original Posted By Rewondo
asal saja dibarengi dengan usaha untuk tidak mem porno kan dangdut


uwuopo iki...
mepornokan dangdut?!
maksudnya gaaaan....?
Quote:Original Posted By niapra
uwuopo iki...
mepornokan dangdut?!
maksudnya gaaaan....?


halah koe koyo ora eruh ae. ( opo etok2-e gak eruh ? )
goleki ae nde yutup, uakeh pidio para dangduters daerah seng porno2
rasa2ne malah wes mesum njurus gak bermoral, pamer (.)(.) lan (l) dll nde ngarepe cah cilik
Ane penggemar dangdut.........dukuuuuuung!! Asyik musiknya.....asyik goyangnya!
Spoiler for Dangdut:
Quote:Original Posted By edansuro


halah koe koyo ora eruh ae. ( opo etok2-e gak eruh ? )
goleki ae nde yutup, uakeh pidio para dangduters daerah seng porno2
rasa2ne malah wes mesum njurus gak bermoral, pamer (.)(.) lan (l) dll nde ngarepe cah cilik


kikikikiki..... lucu tenan, ,,,,
kan termasuk pendidikan sex, jarene.

tapi ndangdut emang asoy coy.... susah lhoh nyanyiin ndangdut, cengkoknya itu lho....
megol 2 suaranya....

musik rakyat jelata.... sekelas regee...
musik yang dekat dgn rakyat indonesia

Dangdut Berpotensi Jadi Warisan Budaya DuniaDangdut Berpotensi Jadi Warisan Budaya Dunia
Quote:Original Posted By gooair
musik yang dekat dgn rakyat indonesia

Dangdut Berpotensi Jadi Warisan Budaya DuniaDangdut Berpotensi Jadi Warisan Budaya Dunia



agaaan... lucu bener sih itu imagenya
jadi pengen ikutan goyang iwak peyek deeeh
musik yg mrakyat......
msti cpet tuh, byar g kduluan sma malingshit
Quote:Original Posted By edansuro


halah koe koyo ora eruh ae. ( opo etok2-e gak eruh ? )
goleki ae nde yutup, uakeh pidio para dangduters daerah seng porno2
rasa2ne malah wes mesum njurus gak bermoral, pamer (.)(.) lan (l) dll nde ngarepe cah cilik


ooo ngono tho gan...
pancen mesti dilindungi ben ora ono pihak sing arep bikin aneh2 dangdut
wih mau di patenkan juga neh
semoga bisa ya gan,,
baru potensi ya gan belum pasti donk


tapi bukannya dangdut sekedar hiburan?

dan sekedar aliran musik?

kenapa harus ke unesco?

yang kayak gini yah gan :



ini memalukan atau membanggakan
music india aja gak pengen didaptarin.
gak mungkin bisa, entar pornoaksi lagi

Quote:Original Posted By spongesbob
yang kayak gini yah gan :

ini memalukan atau membanggakan

tergantung yang nonton, kl kebanyakan orang2 kismin yang nonton,

seandainya pelarangan diperketat makin mahal deh hiburan buat kalangan bawah
Quote:Original Posted By spongesbob
yang kayak gini yah gan :



ini memalukan atau membanggakan


Ada juga lah yang mendingan...



klo g salah dlu pernah ada tret yg isinya bang rhoma mau mendaftarkan dangdut di unesco
iwak peyek sego tiwul
sampe tuek artis dangdut anunya mentulll