alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013785802/share-hati-hati-pinjam-uang-di-bank-dengan-sistem-bunga-ini-gan
[SHARE] Hati-hati Pinjam Uang di Bank dengan Sistem bunga ini gan!
Assalammu'alaikum Wr.Wb.

agan,
berikut saya ada pengalaman pribadi,
semoga bisa bermanfaat emoticon-Smilie

*******

Ini Ayah saya yang mengalami gan,


jadi begini ceritanya,
awal tahun 2009 ayah (pensiunan PNS), pinjem sekitar 20 jt di BTP*,
nah tahun 2010 pinjam sekitar 40 jt di BTP*,

dengan hutang total sekitar 60 jt di BTP*,
ayah ane nyicil tiap bulan 2 jt, dan dipotong selama 10 tahun

dari tahun 2010 sampai 2020

******

tahun ini ayah ane rencana pengen menutupnya,
nah pas kemaren, tgl 21 maret,
tanya ke BTP*
Berapa kalau ditutup,

beliau kaget,
karena dengna biaya administrasi dan penalti jadi 93 juta

********


setelah bertanya-tanya dengan teman-teman di Kaskus,
katanya ini gan


Quote:Original Posted By peramalbodoh
gan, sistem kredit di bank itu sekarang ada dua, perhitungan pembayaran di awal banyakan bunganya, selanjutnya semakin kedepan baru banyakan pokoknya yg terbayar.

jadi misalkan agan mau melunasi kredit sebelum setengah dari masa bayar agan bakalan kena bunga keseluruhan+pokok yg belum terbayar.

kl mau di lunasi baiknya minimal setelah setengah dari dari masa bayar (misalkan kreditnya 8 tahun maka setelah 4 tahun baru bisa di lunasi, asumsinya setelah setengah masa bayar pokok kreditnya sudah berkurang cukup byk.

maaf kl penjelasan ane belibet, ane bkn orang perbankan, mkn ada yg lebih tau dari ane gan.
ini berdasar pengalaman ane sendiri.



jadi sekarang ada sistem bunga di Bank,
kalau mau dibayar di Depan,
malah lebih mahal emoticon-Hammer2

Bank menggunakan sistem ini,
agar kalau semisal ada nasabah mereka yang mau takeover di awal-awal malah merugi emoticon-Matabelo

semoga agan hati-hati dengan sistem bunga ini ya gan emoticon-Matabelo
saya lupa apa sistem bunga ini (kalau ada agan yang tahu, tlng dishare ya emoticon-Smilie )

kasian soalnya kalau pakai sistem bunga ini emoticon-Matabelo

semoga bermanfaat ya gan emoticon-Smilie






Thread ane yang lain gan:

Quote:Lebih Baik Mau Tahu [Kompilasi dari THREAD saya yg diview 140.000 Kali!]

Dimana Ada Kemauan Disitu Ada Jalan [Testimoni dari Mimin Gan!]

[SHARE] Cara Beli Koran 4.500, cuma membayar 2.300 gan!

[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!

[SHARE] Kampus Di Indonesia yang Jauh Lebih sulit daripada di Jerman & Austria gan!!!

[SHARE] Hati-hati Pinjam Uang di Bank dengan Sistem bunga ini gan!

[SHARE] Seorang teman (Masih Kuliah), mencoba 6 X Tes Kerja dengan Ijazah SMA!

YES DAPET PERTAMAX

nah trus solusinya gmana gan kalau butuh duit mendadak

Komentar Juragan

Quote:Original Posted By capelza
sekarang rata2 tiap bank emang pake sistem EFEKTIF gan jadi , misal agan setor 2.000.000, tar yang 1.200.000 masuk ke bunga, baru 800.000 ke pokok, begitu seterusnya, Jadi yg habis lebih dulu bunganya. Dan biasanya paling mahal untuk pelunasan ada pinalty dengan rata2 bungan 4%. Nah kalo bokap agan sampe kena 93 % coba di cek siapa tau ada keterlambatan jadi terkena akumulasi dari denda juga.
Tapi kalo bokap agan ngerasa gak pernah telat coba aja minta rekening koran angsuran, siapa tau ada yg 'main-main'
Sekian, pejwan gan emoticon-Cendol (S)




Quote:Original Posted By radeon9800


ane mau share dikit gan...

permisalan gampangnya aja...
agan pinjem duid 100 jt...bunga 10% per taun cicilan 3 taun...

jd total buat 3 taun, total bunga adalah 30jt dr harga jual...

total agan harus bayar adalah 130jt dlm 3 taun itu...

perbulan di rata2 utk 36 bulan cicilan agan adalah skitar 3.611.111 ya khan gan...

nah dari bulan pertama komposisi cicilan yg agan bayarkan antara bunga dan pokok hutang adalah seperti segitiga terbalik..

dari 3.611.111, bisa jd pd bulan pertama komposisi yg dibayarkan adalah 3jt bunganya, dan 611.111 itu pokok hutang agan...

lalu bulan kedua komposisi jd 2.950.000 utk bunga dan 661.111 utk pokok hutang...

bulan ketiga komposisi jd 2.900.000 utk bunga dan 711.111 utk pokok hutang.

begitu seterusnya sampai total bunga yg 30jt itu lunas dan sisa pokok hutang agan aja yg tersisa di sisa masa cicilan agan...

klo agan lunasi di 12 bulan pertama aja...bisa jd agan rugi banyak krn cuma bayar bunga doang plus biaya administrasi...sementara hutang pokok agan masih gede nilainya...

intinya...hindari pinjaman ke bank..

karena RIBA itu HARAM hukumnya dalam syari'at islam.

dan ngutang ke bank itu gk ada bedanya ngutang ke rentenir alias lintah darat...cuma lebih elit aja namanya...emoticon-Busa emoticon-Busa emoticon-Busa emoticon-Busa

emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...

ane uda pernah liat kalkulasi hutang gitu dgn komposisi bunga dan hutang pokok seperti yg di atas...


PERTAMAX g ya emoticon-army
Nice info
Wah, lebih-lebih mencekik leher nih gan...
Kalau begitu, uang yang buat melunasi ditabung dulu saja, bunganya buat nyicil gitu ya...
bank = riba = rente = haram

why? yah kesusahan agan jadi buktinya

ane ikut prihatin gan emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By mail
ane pertamakin deh gan

nah trus solusinya gmana gan kalau butuh duit mendadak


kalau menurut ane,
dari sekarang kita musti nabung gan emoticon-Smilie

dan ntar kalau dalam setahun,
tabungan kita belikan emas emoticon-Smilie

nah ntar kalau pas kita butuh,
emasnya digadaikan emoticon-Smilie

kalau pas digadaikan,
dan kita ga kuat nebus,

baru emasnya dijual emoticon-Smilie
ane rasa trit ini sgt bermanfaat gan
buat ilmu & pembelajaran kita semua emoticon-Rate 5 Star

Spoiler for Butuh Pulsa Gan ?:
Ijin Nyimak gan,.,. emoticon-Peace
sip gan.. ntar ane kasitau orang tua ane..
lagian enak pinjem ke bank syariah



Quote:
nitip ya emoticon-Smilie :

mau cendol gratis? yuk klik ini!











null
info yang bermanfaat, hindari hutang sebisa mungkin

Spoiler for Gombal Gembel:
waduh ane kurang ngerti itung2ngannya gan
wuidih busyet ko bs jd segitu ya gan?
sekarang rata2 tiap bank emang pake sistem EFEKTIF gan jadi , misal agan setor 2.000.000, tar yang 1.200.000 masuk ke bunga, baru 800.000 ke pokok, begitu seterusnya, Jadi yg habis lebih dulu bunganya. Dan biasanya paling mahal untuk pelunasan ada pinalty dengan rata2 bungan 4%. Nah kalo bokap agan sampe kena 93 % coba di cek siapa tau ada keterlambatan jadi terkena akumulasi dari denda juga.
Tapi kalo bokap agan ngerasa gak pernah telat coba aja minta rekening koran angsuran, siapa tau ada yg 'main-main'
Sekian, pejwan gan emoticon-Cendol (S)



Koleksi Foto Masa Kecil ANNISA CHIBI (cherrybelle) :kisss
Fakta unik di balik cover album BLINK 182 :cendols
[url=http://livebeta.kaskus.co.id/thread/000000000000000013333740/7-fakta-menarik-tentang-boyband-indonesia ][FONT="Trebuchet MS][size="4"][B][color=purple] 7 Fakta Gokil tentang BoyBand Indonesia emoticon-Najis (S)[/color][/B][/size][/FONT] [/url]
[url=http://livebeta.kaskus.co.id/thread/000000000000000013333174/komik-lucu-alfika-vs-syahrini-dedy-courbuzier-amp-pocongkkkkkkkkkkk ][FONT="Trebuchet MS][size="4"][B][color=purple] Komik lucu Afika VS pocongkkkkkkkkkkk, Dedi C, dll emoticon-Ngakak (S) [/color][/B][/size][/FONT] [/url]
ane ga pernah gan pinjem duit di bank.
Quote:Original Posted By capelza
sekarang rata2 tiap bank emang pake sistem EFEKTIF gan jadi , misal agan setor 2.000.000, tar yang 1.200.000 masuk ke bunga, baru 800.000 ke pokok, begitu seterusnya, Jadi yg habis lebih dulu bunganya. Dan biasanya paling mahal untuk pelunasan ada pinalty dengan rata2 bungan 4%. Nah kalo bokap agan sampe kena 93 % coba di cek siapa tau ada keterlambatan jadi terkena akumulasi dari denda juga.
Tapi kalo bokap agan ngerasa gak pernah telat coba aja minta rekening koran angsuran, siapa tau ada yg 'main-main'
Sekian, pejwan gan emoticon-Cendol (S)




bener gan,
sistem bunga efektifnya namanya emoticon-Smilie

terima kasih emoticon-Smilie
waduh jadi gede bener kenanya gan emoticon-Hammer (S)
nice info gan


jadi emoticon-Takut (S) pinjem uang bank
kredit buat badan jadi kurus, mending usahakan jangan utang deh
Quote:Original Posted By hasanation
wuidih busyet ko bs jd segitu ya gan?


iya bunga nya menjerat leher neh emoticon-Takut