alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013782974/share-cara-meningkatkan-ipk-dari-2-koma-menjadi-3-koma-gan
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
Assalammu'alaikum Wr.Wb.

agan,
ini saya ada pengalaman pribadi,
mengenai tips dan trik agar dapat meningkatan nilai perkuliahan agan emoticon-Smilie

dan yang terpenting dah saya buktikan gan emoticon-Smilie

dari sebelumnya IPK cuma 2,79,
sekarang menjadi 3,22 emoticon-2 Jempol

dan Insya Allah dalam 7 semester masa studi (saya sekarang semester 10 gan, karena 3 semester kuliah di tempat lain),
saya bentar lagi selesai kuliah gan emoticon-Smilie

berikut tips dan triknya emoticon-Smilie

semoga bermanfaat emoticon-Smilie

***********


a) miliki 1 buku tulis untuk tiap satu mata kuliah

jadi dengan adanya 1 buku tulis untuk tiap satu mata kuliah,
agan tidak kebingungan,
berbeda kalau agan pakai binder,
pasti hilang-hilang itu catatan di binder emoticon-Ngakak

nah halaman pertama agan tulis untuk:


nama mata kuliah,
ruang kuliah berapa emoticon-Smilie
nama dosen (kalau ada no hp jg gan, kl ada perlu, biar enak emoticon-Smilie ),
judul buku yang akan dipakai gan,

Serta pembagian nilai UTS dan UAS,
serta silabi perkuliahan selama satu semester berjalan,
agan harus tahu emoticon-Smilie


dan yang terpenting kalau ada nama kelompok,
catat di halaman pertama, nama, nomor induk mahasiswa,
dan no HP gan emoticon-Smilie

sehingga kalau ada tugas,
agan tidak kebingungan lagi emoticon-Smilie


b) Kalau ada perkuliahan,
simak perkuliahan seperti menonton tiket bioskop hari sabtu!

nah ini yang terpenting gan,

Yang namanya kuliah kan ada yang namanya SPP ya...
tiap semester,

Saya ambil contoh aja gan,
Tiap semester semisal SPPnya Rp 3.000.000

Nah semisal dalam 1 semester juragan mengambil 18 sks,
dimana dalam 18 sks, ada 6 mata kuliah (1 Mata kuliah bobotnya 3 sks),
semisal 1 semester 1 mata kuliah 12 pertemuan (6 sebelum UTS, 6 sebelum UAS),

dan tiap semester, untuk 1 semester "jatah" bolosnya 4 (2 sebelum UTS, 2 sebelum UAS),
dan semisal ini juragan mengambil semua jatahnya (misal loh gan, ga tau kalo bener )

1 mata kuliah bolos 4 x,
jadi 6 mata kuliah = 6 x 4 = 24

Nah SPP juragan kan tadi semisal 1 semester Rp 3.000.000,
kan dalam 1 semester (kalo mengambil 18 sks), ada pertemuan di kelas sebanyak 6 x 12 = 72 pertemuan,

jadi rata-rata 1 pertemuan,
juragan sama saja dengan membayar kuliah sebanyak
Rp 3.000.000 : 72 = Rp. 41.600,

Ane bulatin Rp 40.000 aja ya gan ,

nah semisal tuh juragan mengambil jatah bolos semua,

jadi dalam 6 bulan (semester),
agan telah membuang uang sebanyak,

Rp 40.000 x 24 = Rp 960.000!

itu kalau dirata-ratain dalam 1 bulan = Rp 160.000!


Yang lebih mengagumkan lagi,
kalo juragan "bolos" 1 pertemuan (sebesar) Rp 40.000,

itu lebih mahal dibandingkan menonton di XXI yang weekend!



Weekend aja cuma Rp 35.000 gan emoticon-Hammer2

jadi kalau agan kuliah,
niatkan seperti agan kuliah seperti menonton Bioskop saat weekend! emoticon-Smilie

dan yang terpenting,
ambil posisi tempat duduk waktu kuliah seperti menonton bioskop,
seperti duduk di tengah-tengah sehingga bisa melihat dosen dan perkuliahan denga jelas emoticon-Smilie


serta catat poin-poin penting yang dijelaskan dosennya gan emoticon-Smilie
serta jangan ragu-ragu untuk menanyakan materi yang kurang dimengerti gan emoticon-Smilie

karena pada dasarnya dosen suka kalau diajak diskusi mengenai materi perkuliahan,
entah di dalam kelas atau di luar kelas emoticon-Smilie

karena dosen juga butuh masukan dari kita gan emoticon-Smilie

jujur,karena saya memratekkan hal tersebut,saya pernah ditawari jadi asisten dosen 2x gan! emoticon-Matabeloc) Kalau kurang jelas dan mengahadapi mata kuliah yang sulit,jangan segan-segan untuk meminta tutor dari kakak kelas yang pandai gan!agan bukan manusia pertama yang kuliah di kampus agan,dan pasti ada yang pernah mendapatkan nilai A untuk mata kuliah paling sulit! emoticon-Smiliesehingga ketika agan mau mengambil mata kuliah yang sangat-sangat terkenal sulit,agan lebih baik untuk mulai mencari kakak kelas yang pandai,dan pastikan dia juga sudah pernah mengambil mata kuliah tersebut dan minimal mendapat minim nilai AB,bisa gawat, kalau ternyata kakak kelas agan yang mau memberi tutor agan,cuma dapat Cyang ngajari C,apalagi yang diajari emoticon-Ngakaknah setelah dapat siapa tutor agan,pastikan agan juga punya buku nya emoticon-Smilied) sebelum pilih mata kuliah,pastikan dosen tersebut tidak "gila"maksud saya gila adalah,pernah saya mengambil mata kuliah statistik,hampir 90% dalam kelas tersebut mendapatkan D dan E,nah yang menarik adalah,kalau dalam kelas tersebut 90% dalam kelas tersebut mendapatkan nilai D dan E,itu yang salah bukan mahasiswanya, tetapi dosennya gan! emoticon-Marahmemang sekarang dah reformasi,tetapi ini di pendidikan kok belum ada reformasi ya emoticon-Marahmasak dosen-dosen "gila" seperti itu masih ada emoticon-Marahuntuk menghindari hal tersebut pastikan sebelum mengambil mata kuliah,agan musti melakukan riset dulusiapa aja yang biasanya mengajar mata kuliah tersebut,semisal agan mengambil kelas Statistika kelas A,dan waktu agan masuk kelas A,ternyata dosen yang mengajar adalah dosen "gila"lebih baik agan mengambil kelas Statistika kelas yang (pastikan dulu) bukan diajar oleh dosen "gila" saya yakin dalam satu mata kuliah,tidak semua dosen "gila" gan emoticon-Smiliehanya beberapa yang stress dan gila emoticon-Ngakak********Insya Allah gan,kalau agan mengikuti 4 langkah tersebut,saya jamin IPK agan yang semula 2 koma,akan menjadi 3 koma emoticon-Smiliesemoga bermanfaat ya gan emoticon-SmilieShare ke FB dan Twitter kalau menurut agan,thread ini bermanfaat ya gan emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By nukon.goblok
faktor temen sih bisa gw bilang paling ngaruh pas kuliah. gw awal2 kuliah dapet temen yg suka maen game, trs ada anak2 jg yg suka dugem. klo ganti temen gw rasa susah ye, soalnya malah ntar ga kondusif ngampus lu, tar dikira sombong ato apalah. gw sendiri ga ganti temen ato ganti tongkrongan. cuman dari smt 3 kesono gw lebih ngatur waktu aje, klo waktunya kuliah ya kuliah, klo ada tugas lgsung gw beresin hari itu jg wlopun anak2 ngajak nge game. klo ada kuliah pagi, gw ga dugem malemnya. klopun mau dugem jg gw liat2 dulu jadwal kuliah bwt besoknya ato ga pastiin klo besoknya ga ada kelas baru gw berani dugem.

gw dulu jg ga pinter2 amat pas kuliah. cuman kelebihan gw dulu gw gampang nginget materi yg gw baca berulang2. jd trik gw klo pas mau ujian tuh malemnya ato beberapa jam sbelum ujian gw ulang2 aje baca materi2 yg pasti keluar pas ujian. alhasil nilai ujian gw rata2 gede, meskipun nilai tugas & absensi gw biasa2 aje.



Quote:

Twitter : @Mr_Bayu_SM


Blog






Quote:
Thread Saya yang lain di Kaskus:

Thread - Thread di Kaskus

Komentar Juragan

Quote:Original Posted By pretvivi
Nih gan pengalaman pribadi ane ningkatin IP dari 3,18 jadi 3,7 gan. Padahal tempat ane kuliah dpt nilai A susah, wahaha

1. Sebelum ambil mata kuliah cari informasi mengenai dosen2 yang kompeten ngajarnya. (Yah secara gak langsung nilai ente jg bergantung dari dosen g bs dipungkiri)
2. Cari teman2 yang pintar dan IPnya tinggi dan gabung (*bukan berarti pilih2 teman gan) tp ini dilakukan guna menciptakan lingkungan belajar yg kondusif dan ente bakal terpacu
3. Bertanya gan kalo lg kuliah, Kenapa? karena kalo ngikutin doang ngantuk, ada lagi tips kalo kuliah sering2 bikin candaan sama dosen atau mahasiswa. Nah gara2 ini ane ampe dikenal bnyk dosen gan dan yg pasti gak ngantuk.
4. Jangan terlalu serius gan mikirin ke depan , kerjakan sekarang aja
5. Jangan mikirin nilai, nilai mah belakangan yg pntg usaha
6. dan point yg plg penting curhat lah kepada-Nya dan minta tolong kepada-Nya dalam beribadah

Lewat cara itu IP naik gan padahal ane bnyk menghabiskan waktu di warnet soalnya ane emoticon-Games


Quote:Original Posted By setancepirit
emoticon-Ngakak bener banget gan...emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
tapi punya pengalaman masalah buku tuh gan..secara buku kan mahal2 walaupun buku KW tapi harganya tetep aja mahal..alhasil ane setiap matakuliah tersebut selalu gonta ganti membawa buku dengan cewe ane..sungguh perjuangan yang melelahkan ane dan perasaan ane...emoticon-Ngakak



Quote:Original Posted By darknesschild
jujur gan,
ane semester 1 IP=1,5 terrendah se angkatan

tapi ane jadi dendam emoticon-Marah
pokoknya harus bisa kumlot emoticon-I Love Indonesia

nah kemaren ane lulus kumlot gan emoticon-Ngakak

kuncinya cuma 3, niat ,usaha ama doa orang tua


Quote:Original Posted By dhygta
Agan TS kalo boleh taro pekiwan emoticon-Request

Semua yang dibilang agan TS bener,, cuman ane punya salah satu cara biar kuliah kita selesai dengan hasil maksimal , caranya :

"Inget kedua orang tua"

Kenapa orang tua ?

1. Mereka ngutang sana sini buat kuliah kita

2. Mereka tersita tenaga, perasaan, dan pikiran buat kuliah kita

3. Mereka pergi subuh pulang malam cari uang buat kuliah kita

4. Mereka menangis haru ketika melihat kita Wisuda



Quote:Original Posted By kaskus.ichsanQz


bukan.
Tipsnya apa yah. soalnya ane kalau kuliah biasa aja sih.
Kalau ane sih begini gan :
1. Sering-sering mencari informasi yang berkaitan dengan kuliah. apapun itu. (Tahu sebelum orang lain tahu)
2. Tidak harus semua hal bisa (Berkatan dengan Matakuliah) yang terpenting pahami hal-hal yang menurut kita itu penting dan bermanfaat untuk kedepannya (Syarat-Prasyarat Matakuliah per semester.).Matakuliahnya berkaitan dengan semester berikutnya itu yang diutamakan.
3. jangan mengejar nilai, Pelajarilah matakuliah-matakuliah yang ingin kita pahami.
4. apalagi yah. emoticon-Bingung

Terpenting dari yang penting menurut ane. Softskill itu yang mesti kita punya. walaupun mungkin terkadang nilai juga perlu karena nilai merupakan hal yang menunjukan kualitas akademis kita. tp, nilai hanya opini atau aspirasi akademik disuatu lembaga tertentu. sedangkan softskill bisa kita gunakan dimanapun kita berada.



Quote:Quote:Original Posted By ephiari
Kdg mhswa yg pinter, kalah hoki ma mhsw yg jarang masuk kuliah emoticon-Hammer2

Plus klo pas ujian, position is IMPORTANT emoticon-Ngakak


kl Proporsi nilai:

UTS = 25 %
UAS = 25 %
TUGAS = 20%
AKTIFITAS = 20 %
QUIS = 10 %

posisi sudah tidak seberapa penting lagi gan emoticon-Smilie
dan hoki itu nda selalu emoticon-Smilie

Luck is happened when preparation meets Opportunity emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By GodHades
Ane juga lagi kesel ama dosen ane . Ane lupa isi absen waktu ujian . Absen nya ada 2 lembar,nah ane cuma isi di lembar pertama aja . Alhasil nilai ane kagak keluar gan . Ane samperin tuh dosen dengan bukti paraf di KRS sebagai bukti ane ikut ujian . Eh,tuh dosen nyante aje ngomong "udah ngulang aja" . WTF emoticon-Hammer masa dosen begitu .

Oiia,yang penting di perkuliahan itu kalo mau nilai bagus cuma 1 yaitu pandai" cari muka ama dosen . Seperti rajin datang dan sering bertanya , pokoknya bertanya yang berhubungan dengan studi nya , jangan tanya" soal afika emoticon-Big Grin

[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!


Quote:Original Posted By dua2an
ane parah gan ktemu dosen gila sekali dan hasilnya TL. ane tunggu sampe 2 tahun...e tu dosen masih aja ngajar matakuliah tsb. niat nunggu ada yang ganti,ane ambil lg....dan tau hasilnya???68%mahasiswanya TL dan itu termasuk ane....emoticon-Matabelo


Quote:Original Posted By fikiawaji
kalo di kampus ane ada cara singkat naikin IPK,,

dikampus2 lain ada SP tp dikampus ane ada UM (Ujian Mandiri) dimana setiap mahasiswa di kenakan biaya Rp 40.000 aja per 1 mata kuliah,,

jadi model ujiannya, kita ngerjain pake komputer,, soal2 yang di ujikan model pilihan ganda,, banyaknya materi soal 500 pertanyaan dan harus diselesaikan dlm wktu 90 menit emoticon-Hammer2

tapi tunggu dulu gan..
ada cara rahasia turun temurun a.k.a trik biar skor IPKnya cepet naek emoticon-Cool

Solusinya yaitu CHEATemoticon-2 Jempol

dengan adanya cheat ini, kita bisa belajar lewat simulasi atau kunci jawaban yang sama pada soal UM yg sebenarnya gan..

sama kaya nyontek aja, istilahnya ada bocoran jawaban gitu..
biasanya mahasiswa yang baru kenal UM minta Cheat sama senior atau alumni emoticon-Malu

ane aja yg tadinya IPK nya 2.55 karena UM jd 3.15 gan emoticon-2 Jempol


mungkin ada kaskuser yang tau nama kampus ane, hehe.. emoticon-Blue Guy Peace


Quote:Original Posted By anprat
harus dicontoh sama ane nih tips nya , ane pgn cepet lulus gan... satu yang dapat ditangkep dr tips agan , bolos = rugi



Quote:Original Posted By chunchu
ipk ane dulu 2,55, krn ane 1 bulan ga kuliah gara2 masuk rumah sakit kena serangan jantung,
trus ane berjuang mati2an ampe bela belain kuliah malem dan Alhamdulillah ane lulus dgn IPK akhir 3,11 emoticon-Malu (S) .
intinya belajar dan berdoa gan dan jangan lupa minta restu dari orang tua emoticon-Cendol (S)



Quote:Original Posted By didiesalamm
ane juga dlu IPK 2 koma gan, IPK smster awal 2.45 emoticon-Frown

smester 3 tu IPK ane yang paling hancurrrr emoticon-Frown 2.08 emoticon-Frown hampir satu koma emoticon-Hammer

trus ane udah mulai mikirin tu nilai ane yang hancur, ane mulai masuk kuliah yg rajin, kerjain tugas smw nya, kalo ada yg gak ngerti ane tanya tmn2 ane yg ngerti, kalo mau ujian ane lgsng maen k tmpt tmn ane yg pinter, minta ajarin... dan setiap perkuliahan ane sllu duduk di depan, catet smw kata2 dosen, catet smw rumus2 yg dia kasih, trus simpan baik2 tu catetan.. wal hasil dengan usaha yg bgtu keras ane udah dpt IPK 3 koma gan emoticon-Big Grin, ya 3 komanya gak tinggi2 amat sih, cmn 3.08 emoticon-Ngakak

yang penting 3 koma emoticon-Ngakak, skrg ane lg ngerjain skripsi, doain y gan emoticon-Big Grin

oh iya, ada tips dr ane nih bwt agan2 smw, bwt penyemangat buat ngulang matakuliah atau yg mau ambil mata kuliah baru bisa bikin tabel di excel, dan hitung sesuai rumus hitungan IPK gan, nah trus dr sana agan masukin tu smw mata kuliah d jurusan ente beserta sks-nya masing2, nah jadi masukin tu smw nilai2 agan yg jelek dan yang bagus dsna, atau matakuliah yg akan diambil nnti, jdi kalo mau mengulang matakuliah, liat dulu dosennya, liat dulu kemampuan agan, bisa gak bikin nilai yg dr D jd A, trus coba di edit di excelnya, brp naiknya IPK agan.

jd kesimpulannya, rencanakan nilai agan sesuai kemampuan agan, hitung smw nilainya, brp IPK yg kira2 agan mw capai sesuai kemampuan agan, nah kalo udah liat nilai A trus IPKnya naik kan bisa semangat tuh bwt ngulang yg lainnya emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By PhmFalshia
tempat kul ane rata2 gila semua gan... emoticon-Bata (S)

ane aja pernah ipk 1 koma 3 smester berturut2.... alhasil ane tamat 6 tahun dengan ipk 2.7 emoticon-Hammer

tp ne bukan karna ane gak pandai cuman gak rejeki aja dapet nilai tinggi... emoticon-Malu

yaaah sekarang ane bawa tu ipk 2.7 dan ane sekarang bekerja di salah satu prusahaan kontraktor migas emoticon-Malu

PESAN :: IPK tu gak menjamin anda untuk gagal.... jadi bagi KASKUSER YANG UDAH KEBABLASAN IPK RENDAH JANGAN PATAH SEMANGAT YA....
MASIH BANYAK PERUSAHAAN YANG BAGUS TANPA MELIHAT IPK AGAN...

YANG PENTING USAHA DAN KERJA KERAS

:::PEJWAN PLISS::: emoticon-Malu


Quote:Original Posted By BreakBreakers
saran tambahan dr ane...
klo bs kuliah dibarengin jg bengan belajar klmpok. dan jg klo bs ikut seleksi jd asdos ato aslab, moga2 keterima.
pengalaman ane nih gan, ane dlu smt 1 ip hmpir 3, trus pas smt 2 ip jd turun 1 koma, emoticon-Hammer2 nah ane inisitif tuh cari jln laen supaya ane bs ningkatin kualitas belajar dan kualitas hidup, ane ikut deh tes asdos untuk matkul fisika (praktikum) alhmdulillah ktrima gan... dan ternyata jd asdos/aslab d kampus ane tuh g mentingin IP yg penting punya niat dan nilai matkul yg akan kita ajar/asistenin g kurang dr standar.
setelah ane jalanin jd aslab selama 1 smt, mulai kerasa peningkatannya. jadwal lbh teratur, pny tmn angkatan atas jd bs nanya2 soal kuliah dll, pkonya byk deh keuntungannya.
jd ya klo bs kuliah itu jgn hanya datang, duduk dan pulang...



Quote:Original Posted By MilanNumero1
ts masih kurang 1
yaitu DOA
ane sudah melakukanya 8 tahun yang lalu
Intinya cuma satu "belajarlah dengan rajin"
nikmatilah yang namanya "belajar" tersebut dgn cara anda masing2

Komentar Juragan 2

Quote:Original Posted By aiin
ane juga mau berbagi trik supaya dapat IPK 3.
IP ane dari 2.04 (smster 3), lulus deengan IPK 3.09
“Ane bukan orang pinter, tapi ane berusaha buat maksimalin usaha untuk dapat hasil yg terbaik”

1.Dikelas duduk didepan “jgn terpengaruh untk duduk dibelakang meskipun dibelakang ada gebetan atau pacar”

2.Aktif dikelas “tanya kalo ga ngerti, cuekin aja kalau ada yg bilang cari perhatian”

3.Tugas ya dikerjain dan ga pake contek

4.Kalo diluar kelas ketemu dosen ya disenyumin, disapa, bila perlu salaman “ini ane terapin hampir kesemua dosen ane” ane bukan caper/carmuk tapi ini murni menjaga dan mempererat hubungan”

5.Kalo masih belum ngerti ma pelajaran dari dosennya, datang aja ke ruang dosen yg bersangkutandan minta diajarin ulang, bila dosen yag bersangkutan tidak bisa, jangan segan dan malu untuk bertanya dengan dosen lain.

6.Dan paling penting harus kenal dan dekat dengan semua dosen dan karyawan kampus.

7.Bisa bedain waktu belajar dan main

8.Tidak terpengaruh oleh godaan2 dari teman-teman untuk meniggalkan kelas dll.

9.Jangan pilih2 dosen, semua dosen sama aja, ga ada yg istilahnya dosen killer. Karena dosen akan memberikan nilai sesuai dengan usaha dan kemampuan kita.

10. BELAJAR YANG BENAR DAN SUNGGUH-SUNGGUH

Sebagai tambahan, semua metode itu murni apa yg udah pernah ane terapin dikampus dulu, karena poin2 diatas ane bisa lulus matkul yg seharusnya ane ga lulus.
Ane bisa ngerjain skripsi dengan lancar dalam waktu +-3 bulan murni.
Skripsi dapat A dan ane bisa dapat sampingan diwaktu semester akhir karena buatin skripsi org lain.

Ane rasa cuman itu, selebihnya ya dikembangin aja sendiri emoticon-Smilie


PEK WAN GAN





Quote:Original Posted By omegalfa
emoticon-Ngakak ternyata banyak yg nasibnya mirip ane

ane anak farmasi gan, semester 1 ipk ane cuma 2,15 maklum biasa dikandangin di rumah begitu dilepas di kota orang ga bisa terkendali main+santai2nya emoticon-Cape d... (S) waktu liat ipk ane yg segitu ane nangis gan malu sama ortu ane, apalagi waktu itu pas ibu ane nelpon, untung ibu ane ga marah2 emoticon-Angel malah nasehatin ane bilang kalo ipk yg skrg harus ane jadiin cambuk buat lebih baik lagi emoticon-army: dan terbukti gan karena kata2 ibu ane tiap semester ane berusaha lebih keras dan puji Tuhan tiap semester ipk ane naek emoticon-Big Grin yang terakhir bisa 3,5. ane sih ga terlalu berharap cumlaude, karena ane orangnya lbh menghargai proses daripada hasil, ipk itu kan sebenarnya cm hasil gan, dan hasil itu bisa dipengaruhi oleh banyak hal emoticon-Malu


Quote:Original Posted By thevock
share dikit gan biar kata masih 1 tahun kuliah emoticon-Embarrassment

semester 1 ane ipnya 2,85 (sumpah ini seangkatan bego banget) emoticon-Ngakak (S) ip segitu karena ospek dan kegiatan maba nguras stamina banget, sampe rumah langsung tidur (malah pernah pulang jam 4 pagi, jam 8 kuliah lagi emoticon-Hammer)

nah di semester 2 ane mulai ngikutin cara belajar temen ane yang ip semester 1 dia 3,49. karena ane tukang tidur (di rumah males belajar, kecuali ada tugas atau ujian), ane rajin belajar sama ngerjain tugas di kampus doang. matkul apapun walaupun dosennya gila atau killer, ane tetep merhatiin apa yang disampaikan dosen. dan dengan ajaib, dosen gila atau killer justru simpatik sama perubahan ane di kelas, dapet muka dah di mata dosen emoticon-Malu
karena di kampus otak udah digejlok buat fokus, di rumah tinggal istirahat atau main game deh (pacaran weekend doang emoticon-Hammer). oh iya, jangan lupain sosial juga karena kita bakal butuh semua jenis temen/senior di kampus. mulai dari tukang nyari dosen baik atau mentor yang sering kasih saran juga. bersosialisasi kita dapet pas belajar bareng bisa, pas di kantin bisa, pas ngegame atau futsalan juga bisa emoticon-Big Grin
akhirnya dengan usaha di atas, ip ane jadi 3,48 di semester 2 emoticon-Big Grin alhamdulillah, ipk jadi meluncur juga. dosen aja sampe ada yang nanya ke ane "lo makan apaan bisa hampir kumlaut?" emoticon-Hammer

yang terakhir tentu saja berdoa gan, jangan lupa juga kalo mau berangkat kuliah pamit sama ortu. buat yang kuliah di luar daerah, sebelum balik ke kosan pamit dan minta restu dulu emoticon-Smilie

nb: ane cuma punya buku 1 (binder), tapi sekatnya persis kayak TS. ada matkul, ruangan, dosen





Quote:Original Posted By rainbowlight
ane gan semester 1 ipk cuma 2,57, semester 2 dan seterusnya ga pernah dibawah 3 walopun naik turun juga emoticon-Big Grin

Caranya ane mau share gan : dibawa santai aja, semakin stress kuliah semakin jelek nilai kita, pas mau ujian belajar sekuatnya aja jangan terlalu dipaksain, percaya aja sama yan udah dipelajari, kasih badan kita istirahat dan relaks sebelum ujian emoticon-Big Grin




Quote:Original Posted By mang.oboy
emoticon-Ngakak mantap gan.. agan dari 2,79....

ane lebih parah gan....IP ane 0.9 tp alhamduliah lulusbisa tembuh 3,1 emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak parah banget dah waktu itu.... jaman jahiliah...

Spoiler for tipsnya:


Quote:Original Posted By bisma123
pengalaman ane nih gan, kemaren ane semester 4 IP jatoh banget 1,50 akhirnya ane bener2 kuliahnya niat, dan membaca buku , jangan lupa berdoa, akhirnya IP ane sekarang 2,75 emoticon-Big Grin
yah walaupun nggak 3,00 , setidaknya naik dan saya bangga itu hasil usaha saya sendiri emoticon-Big Grin

yang point D tuh gan,
di kampus ane ada tuh dosen kaya gitu, buset dah dari 30 an anak di kelas yang lulus cuma 7 gan emoticon-Hammer (S)
yang lainnya dapet D sama E, ane dapat E emoticon-Frown kebayang tuh gan turun terus, ikut ujian dan hasilnya dapet E emoticon-Hammer (S)
yang ane bingung tuh dia kenapa kok gitu sama mahasiswanya?? apakah dia dulu waktu kuliah di gitukan sama dosennya juga?? jadi balas dendam gitu emoticon-Bingung (S)
tarok page one gan emoticon-2 Jempol
niat banget emoticon-Big Grin
Ane bukan anak kuliahan gan masih SMA (SMK tepatnya) emoticon-Big Grin
Tapi di SMK pun ada juga "Dosen Gila" lebih tepatnya guru. Guru kepala program ane gila emoticon-Hammer (S)
ane ngambil jurusan programmer tiap masuk belajar nya dari fotokopian terus hadeeeh emoticon-Cape d... (S) tapi nilainya pada bagus terus gan hahaha emoticon-Ngakak (S)
untung taun depan diganti emoticon-Ngakak (S)
lumayan nih buat jadi pelajaran kalo udah kuliah nanti emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Heroes
niat banget emoticon-Big Grin


ya harus gan,

kan tiap pertemuan kuliah setara nonton bioskop waktu weekend biayanya emoticon-Hammer2

kecuali agan kuliah mau sedekah ke kampus emoticon-Ngakak
emoticon-2 Jempol

Moga ane inget kalo ntar ane udah kuliah gan emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By youRae2
Ane bukan anak kuliahan gan masih SMA (SMK tepatnya) emoticon-Big Grin
Tapi di SMK pun ada juga "Dosen Gila" lebih tepatnya guru. Guru kepala program ane gila emoticon-Hammer (S)
ane ngambil jurusan programmer tiap masuk belajar nya dari fotokopian terus hadeeeh emoticon-Cape d... (S) tapi nilainya pada bagus terus gan hahaha emoticon-Ngakak (S)
untung taun depan diganti emoticon-Ngakak (S)



hahahaha...
kalau diganti, belum tentu dapat nilai bagus terus dong gan emoticon-Ngakak
Waduh ane masih sma gan emoticon-Malu
Quote:Original Posted By .110
emoticon-2 Jempol

Moga ane inget kalo ntar ane udah kuliah gan emoticon-Malu (S)


oke gan emoticon-Smilie

semoga mendapatkan kampus yang terbaik emoticon-Smilie

kl thread2 ane jadi dibukukan dan ada penerbit yang mau,
ntar agan isa beli versi bukunya gan emoticon-Smilie

Ngakak 

IP ane dr 3.22 mrosot gan jadi tinggal 2.7
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By tatalu
IP ane dr 3.22 mrosot gan jadi tinggal 2.7
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)


hahahahaha...kenapa gan?
kok isa terjun gitu?

itu IP apa IPK gan?

kl IPK, wah kacau gan emoticon-Ngakak
setuju gan
ane akan terapin lah, biar ipk ane naik.. emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)
lumayan buat ane nanti kuliah nih emoticon-Hammer2
gan mantap yah tips nya insya Allah ane coba semoga berhasil, do'ain gan emoticon-Smilie
kebetulan ane suka ke XXI, ane suka kata2 agan emoticon-thumbsup


Quote:jadi kalau agan kuliah,
niatkan seperti agan kuliah seperti menonton Bioskop saat weekend!

dan yang terpenting,
ambil posisi tempat duduk waktu kuliah seperti menonton bioskop,
seperti duduk di tengah-tengah sehingga bisa melihat dosen dan perkuliahan denga jelas
wew ane tahun ini baru masuk kuliah, semoga bermanfaat deh
Quote:Original Posted By dechimedes
lumayan nih buat jadi pelajaran kalo udah kuliah nanti [SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!

cie masih SMA dechi









null
Quote:Original Posted By ajidiansyah
gan mantap yah tips nya insya Allah ane coba semoga berhasil, do'ain gan emoticon-Smilie
kebetulan ane suka ke XXI, ane suka kata2 agan emoticon-thumbsup




sama2 gan..
semoga bisa menaikkan IPK agan! emoticon-Smilie