alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013755275/cara-hongkong-memberantas-korupsi
Cara Hongkong Memberantas Korupsi
Quote:Cara Hongkong Memberantas Korupsi


Quote:Jika kita ngmongongin soal korupsi, sepertinya di setiap negara tak akan pernah lepas dari namanya korupsi, tentu saja hal ini sangat amat merusak untuk masyarakat negara itu sendiri. seperti hal nya Indonesia yang masih berjuang dan tampaknya perlu keberanian seorang pemimpin untuk memulai sebuah perang melawan korupsi ini.dan untuk itu ada sedikit referensi dan pembelajaran bagi kita semua bagaimana pemerintah Hongkong sukses memberantas korupsi di negara bekas koloni Inggris itu.

Jika Dibandingkan Korupsi DiIndonesia sekarang sama Hongkong Ditahun sebelum 1977, Indonesia Belum Ada Apa-Apanya..Sampai-sampai supir ambulans pun tak mau Antar pasien sekarat jika belum mendapat “uang teh” terlebih dahulu!

Saking Akutnya Korupsi di Hongkong, 99,9% anggota polisi dan Jaksa terlibat dengan Mafia dan tindak Kriminal..

Akhirnya pemerintah negara itu pada tahun 1974 melakukan langkah drastis yaitu semua polisi dan jaksa di negara pulau itu dipecat tanpa kecuali!

Pemberantasan korupsi di Hongkong puncaknya terjadi tahun 1973. Sebelumnya, usaha pemberantasan korupsi ini sudah dilakukan beberapa kali namun selalu gagal, dan sudah banyak korban pula yang berjatuhan. Nyaris tak ada polisi, jaksa dan hakim baik panjang umurnya di negara pulau itu jika berani melawan korupsi.

Benar-benar seperti cerita perang antar mafia di film-film Hongkong, saling tembak dan saling bunuh di jalanan. Bagaimana bandit-bandit di Hongkong kala itu bersekongkol dengan polisi menguasai dan berbagi "wilayah" operasinya, untuk pelacuran, penjudian dan narkotika. Bahkan merampok bank dengan senjata dan personil kepolisian juga sudah biasa terjadi. Luar biasa memang.

Saking parahnya dunia korupsi di kepolisian Hongkong, istri dipakai atasanpun tidak bisa menolak!

Usaha yang berhasil dalam soal pemberantasan korupsi di Hongkong pada awalnya digagas oleh seorang polisi baik, yang mendapat dukungan penuh dari pemerintah kolonial Inggris, yang ketika itu tentu saja pusing tujuh keliling menghadapi jaringan kerja sama antara koruptor dan mafia kuning.

Bisa berhasil diatasi, tentunya faktor yang cukup menentukan adalah Gubernur koloni Inggris di Hongkong ketika itu, Sir Murray Mac Lehose (1971-1982) termasuk seorang pemimpin Hongkong yang keras dan berani ambil tindakan tegas. Dan jelas dia tidak terlibat dalam persekongkolan mafia yang terjadi. Tak lama setelah ditunjuk sebagai Gubernur, dia mencanangkan dua tahun masa jabatannya adalah bertempur dengan korupsi ! Dan itu tidak sekedar dia pidatokan. Dia langsung bertindak !

Usahanya itu membutuhkan aparat yang bersih dan berwibawa. Dan dia dibantu oleh sejumlah polisi baik bermental baja yang rela bertarung nyawa dengan mafia pengadilan. Sejumlah "polisi gila" yang punya nyawa cadangan benar-benar melakukan perang terhadap mafia Hongkong tersebut. Semua polisi baik itu berada langsung di bawah komando sang Gubernur ! Kepala polisi pun tak bisa apa-apa dan mafia-mafia Hongkong kalang kabut.

Dari pihak pemerintah Hongkong sendiri, usaha ini ditunjang pula dengan berbagai tindakan yang sama-sama gilanya. Extra Judisial. Yang paling drastis ya itu tadi : memecat semua aparat polisi, jaksa dan hakim di seluruh Hongkong, diganti sementara dengan polisi, jaksa dan hakim dari India dan Australia. Berbarengan dengan itu Hongkong melakukan perekrutan polisi, hakim, dan jaksa baru yang diseleksi dengan sangat ketat.

Bukan hanya aparat penegak hukumnya saja. Petugas administrasi yang bekerja di semua kantor polisi, jaksa dan hakim juga dipecat. Diberhentikan. Semua dengan pesangon yang cukup. Lebih dari separoh APBN Hongkong dipakai untuk memberikan pesangon bagi mereka.

Lantas kepada polisi, hakim dan jaksa yang dipecat dan terindikasi korupsi itu ditawarkan untuk pergi dari Hongkong, dengan jaminan tidak akan diusut, dan harta hasil korupsinya juga tidak akan dirampas oleh negara.

Tetapi kepada mereka yang memilih tetap tinggal di Hongkong akan diusut. Jelas yang berani dan punya nyali untuk tetap tinggal di Hongkong hanya yang benar-benar bersih saja. Yang merasa tangan dan kantongnya berlumuran harta hasil korupsi kabur ke luar negeri.

Mantan Polisi, hakim dan jaksa tersebut sebagian besar kabur ke Kanada, dengan membawa semua harta haramnya, tersebar di beberapa China Town di kota-kota besar. Pemerintah Kanada memilih menutup mata terhadap latar belakang mereka, asalkan mereka membawa uang yang cukup besar yang diperlukan untuk membangun Kanada.

Anehnya, para mafia tersebut di Kanada tidak berani berbuat onar, hanya menguasai lingkungan China Town saja. Sampai awal tahun 90-an, sekitar 17 tahun sejak berhasilnya pemberantasan korupsi tersebut, mulailah perilaku aparat hukum berubah. Sogok-menyogok tak ada lagi karena ketahuan sanksinya dipecat!

Hanya saja kelakuan masyarakat Hongkong yang selama puluhan tahun hidup dalam cengkeraman mafia, masih belum bisa secara total merubah kebiasan buruknya. Tipu-tipuan dalam bisnis berlangsung terus, terutama kepada para turis yang mampir ke Hongkong. Tak terhitung banyaknya orang Indonesia yang tertipu di Hongkong, mulai dari tipuan dalam hal pengobatan, ditakut-takuti agar membeli obat yang mahal-mahal, sampai tipuan barang dagangan seperti barang lama dikatakan model terbaru.

Tetapi karena polisi, jaksa dan hakimnya sudah bersih. Perilaku macam begitu tidak dibiarkan begitu saja. Dan pebisnis Hongkong yang nakal itu kena batunya. Disidik, diajukan ke pengadilan dan dijebloskan ke penjara tanpa ampun. Menyuap atau mencoba menyuap? Hukumannya langsung dilipatgandakan ! Tidak ada ampun. Tidak ada belas kasihan.

Kemudian tahun 1974 Gubernur Mac Lehose membentuk ICAC (Independent Commission Against Corruption) yaitu lembaga semacam KPK yang ada di Indonesia. Hasilnya, masyarakat Hongkong mulai teratur dengan tegaknya hukum, menjadi satu masyarakat yang hidup didalam jalur ketentuan hukum yang ada. Orang bilang sejak itulah Hongkong ekonominya maju pesat.

ICAC juga telah mendata lebih 99% Polisi terlibat kriminal dan korupsi, jika diberlakukan hukuman formal, seluruh polisi akan dipenjara, namun pemerintah hongkong memberi pemutihan hukuman, hanya polisi yang telibat kriminal diatas tanggal 1 Januari 1977 aja yang di bawa ke meja hijau.

Di Indonesia, usaha pemberantasan korupsi baru tahap permulaan, baru menyentuh kulit2nya saja yang tentu masih sangat jauh untuk sampai ke inti permasalahannya. Belajar dari pengalaman Hongkong yang baru berhasil setelah pemerintah bertindak dengan tangan besi, tampaknya kita harus menunggu sampai beberapa kali pemilu lagi, sampai kita menemukan pimpinan negara yang benar-benar bertangan besi tapi bersih dan benar-benar membela rakyat. Bukan pemimpin negara yang cengeng dan minta dikasihani !

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)

emoticon-2 JempolJALAN-JALAN KE THREAD ANE GANemoticon-2 Jempol

Quote:Daftar bank yang akan ditutup di Indonesia!

HOT>Nyata:ternyata Sri Sultan HB IX terkena tilang di Pekalongan

tanggal 01 Ramadhan pada tahun 2012 jatuh pada 20 Juli, yaitu hari Jum'at,

Sekolah Termewah&Termahal; Didunia. Kaya Disurga. [Asli]





kalo itu diterapkan di indonesia kayaknya kurang memungkinkan gan. soalnya kita lebih besar dari hongkong, jauh lebih besar.
dan dibutuhkan presiden yang benar-benar berani untuk melakukan langkah-langkah tersebut.
Mending Hukuman mati aja gan lawong di Indonesia pejabatnya teresangkut semua emoticon-Cape deeehh
Quote:Permisi Nitip Lapak
Jual Steger/Scaffolding
UEFA EURO 2012 Bertaruh di 12BET
988BET Agen Bola Untuk Prediksi Piala Eropa 2012
Scaffolding
Crane
Tangga Aluminium
[URL=" [url]http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=13426834[/url]"]Sewa Gudang[/URL]
kok sepertinya dejavu ya gan emoticon-Bingung
Ah KPK nya aja di sogok Mingkem emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By MAIA.ESTIANTY
kok sepertinya dejavu ya gan emoticon-Bingung


Quote:Original Posted By PutraPerak
kalo itu diterapkan di indonesia kayaknya kurang memungkinkan gan. soalnya kita lebih besar dari hongkong, jauh lebih besar.
dan dibutuhkan presiden yang benar-benar berani untuk melakukan langkah-langkah tersebut.


bisa gan. asal presidennya berani gan

Quote:Original Posted By linafitriani
Mending Hukuman mati aja gan lawong di Indonesia pejabatnya teresangkut semua emoticon-Cape deeehh

bener gan..andai pemerintah kita berani gtu ya gan???


Quote:Original Posted By Si.Kusut
Ah KPK nya aja di sogok Mingkem emoticon-Big Grin


bener gan..kaya didaerah ane gan

wah panjang amat gan... tapi dari juudulnya indonesia kayaknya perlu bgt buat ngikutib tuh cara...
disini serba sogok si gan,, hahah
Wah...
Indonesia harus ngikutin tuh...
waah emoticon-Matabelo seandainya itu diterapkan di Indonesia ya gan.. pasti kemiskinan di sini juga bakalan berkurang..paling ga pemerintahannya jadi lebih memperhatikan rakyat kecil emoticon-Matabelo
enak amat abis ngerampok duit negara aka duit rakyat disuruh cabut

ga pake dihukum lagi emoticon-Cape d...
Kalo kaya gitu diterapkan di Indonesia, besok pagi pas ente bangun tidur ente bakal kaget banget,gan. Napa? Lha,jalanan jadi kosong. Semua kantor pemerintahan tutup,mulai dari kelurahan sampe Kantor Presiden & DPR. Itu berlaku merata di seluruh tanah air,bukan di Jakarta aja. Usut punya usut, ternyata semua isi-nya pindah di usir ke Kanada. Wkkwkwkwkwkwkk
Patut dijadiin Contoh Nih.......
patut ditiru ni gan
tapi mafia nya jangan, sekarang uda gak ada kali ya
Quote:Original Posted By topanlesmana
Kalo kaya gitu diterapkan di Indonesia, besok pagi pas ente bangun tidur ente bakal kaget banget,gan. Napa? Lha,jalanan jadi kosong. Semua kantor pemerintahan tutup,mulai dari kelurahan sampe Kantor Presiden & DPR. Itu berlaku merata di seluruh tanah air,bukan di Jakarta aja. Usut punya usut, ternyata semua isi-nya pindah di usir ke Kanada. Wkkwkwkwkwkwkk


gokil ente gan.....emoticon-Ngakak (S)

hukum mati saja..."

saya mau lah jadi pencabut nyawa nya koruptor.....mumpung lagi nganggur......emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir ke tkp dulu ahh mu nyari koruptor....mau gua cabut kumisnya dulu......"emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By PutraPerak
kalo itu diterapkan di indonesia kayaknya kurang memungkinkan gan. soalnya kita lebih besar dari hongkong, jauh lebih besar.
dan dibutuhkan presiden yang benar-benar berani untuk melakukan langkah-langkah tersebut.


di mulai dari jakarta dulu gan semua pergerakan nya dong...makanya kita yg muda2 kudu gerilya berbagai cara utk memepet koruptor...masa semut kalah ma buaya?
gajah aja tewas tuh
ane bantu sundul dech gan emoticon-Sundul:
Quote:Original Posted By topanlesmana
Kalo kaya gitu diterapkan di Indonesia, besok pagi pas ente bangun tidur ente bakal kaget banget,gan. Napa? Lha,jalanan jadi kosong. Semua kantor pemerintahan tutup,mulai dari kelurahan sampe Kantor Presiden & DPR. Itu berlaku merata di seluruh tanah air,bukan di Jakarta aja. Usut punya usut, ternyata semua isi-nya pindah di usir ke Kanada. Wkkwkwkwkwkwkk


trus kalo udah kosong napa emang?bagus malahan ga usah bikin perang revolusi....langsung aja tempatin tuh jabatan dari tokoh2 yg memang punya nama baik