alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013735764/mayat-berjalan-di-mamasa
Mayat berjalan di mamasa
Mayat Berjalan di Mamasa


Mayat berjalan, tidak hanya menjadi cerita dari Mamasa. Rupanya di Toraja pun ada cerita-cerita yang sama. Berikut ini cerita seorang blogger, pengalamannya menyaksikan mayat berjalan.

Mayat berjalan di mamasa

Cerita mayat berjalan sudah ada sejak dahulu kala. ratusan tahun yang lalu konon terjadi perang saudara di Tana toraja yakni orang Toraja Barat berperang melawan orang Toraja Timur. dalam peperangan tersebut orang Toraja Barat kalah telak karena sebagian besar dari mereka tewas, tetapi pada saat akan pulang ke kampung mereka seluruh mayat orang Toraja Barat berjalan, sedangkan orang Toraja Timur walaupun hanya sedikit yang tewas tetapi mereka menggotong mayat saudara mereka yang mati, karena kejadian tersebut maka peperangan tersebut dianggap seri. pada keturunan selanjutnya orang-orang Toraja sering menguburkan mayatnya dengan cara mayat tersebut berjalan sendiri ke liang kuburnya.. i-dus
Fenomena “Mayat berjalan” itu saya sendiri pernah menyaksikannya secara langsung. kejadian tersebut terjadi sekitar tahun 1992 (saya baru kelas 3 SD). pada saat itu di desa saya ada seorang bernama Pongbarrak yang ibunya meninggal. seperti adat orang Toraja sang mayat tidak langsung dikuburkan tetapi masih harus melalui prosesi adat penguburan (rambu solo’). saat itu setelah dimandikan mayat sang ibu diletakkan di tempat tidur dalam sebuah kamar khusus sebelum dimasukkan kedalam peti jenasah. pada malam ketiga seluruh keluarga berkumpul untuk membicarakan bagaimana prosesi pemakaman yang akan dilaksanakan nanti. saat itu saya duduk di teras rumah maklum anak-anak jadi suka mondar mandir. namun setelah rapat selesai (sekitar jam 10 malam), tiba-tiba ada kegaduhan dalam rumah dimana beberapa ibu-ibu berteriak -teriak. karena penasaran saya berusaha melongok ke dalam rumah dan astaga sang mayat berjalan keluar dari dalam kamar, kontan saja saya dan teman2 saya berteriak histeris dan berlari menuruni tangga. saya berlari dan mendapatkan ayah saya sambil histeris ketakutan. setelah itu saya langsung dibawa pulang kerumah oleh ayah dan saya tidak tahu apa yang terjadi selanjutnya. Keesokan harinya kejadian tersebut rupanya cukup heboh diperbincangkan oleh warga dan informasi yang saya dengar bahwa Pongbarrak yang melakukan hal tersebut. konon dia iseng aja untuk membuat lelucon pada malam itu.
Pada zaman sekarang sudah sangat jarang orang Toraja yang mempraktekkan hal tersebut walaupun masih banyak generasi yang memiliki ilmu seperti itu. akan tetapi mereka masih sering mempraktekkannya pada binatang seperti ayam atau kerbau yang diadu dalam keadaan leher terputus. Binatang seperti kerbau yang sudah dipotong kepalanya dan dikuliti habispun, masih bisa dibuat berdiri dan berlari kencang, mengamuk kesana sini.





SUMBER
sereeem amat


jerawat bersih dalam 3-7 hari gan !

Mayat berjalan di mamasa
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=13528795
serem amir emoticon-Takut
Quote:Original Posted By telkomtelek
sereeem amat


jerawat bersih dalam 3-7 hari gan !

Mayat berjalan di mamasa
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=13528795

potonya beda kayaknya gan ? emoticon-Hammer
liat pic ny , muka ny udh ancur bgt tuh



NITIP LAPAK GAN
Quote:[CENTER]DETIK DETIK WAFATNYA RASULULLAH
CARA MENGHAFAL AL QURAN [MUSLIM MASUK][/CENTER]
waduh gan , sereem bgt dah , kbyang klo zombie bner bner ada emoticon-Takut
ngomong2 stiap ane buka thread tuh muka yg diatas ada mulu sih emoticon-Bingung gajebo bgt
waw ente orang Toraja gan?
ane juga emoticon-Big Grin
bangga deh ada yg buat threat ini

Sangmane!
emoticon-Takut

Masa bisa jalan sih mayatnya gan emoticon-Takut (S)
serem amat ane bacanya gan
ngeri bener bacaannya gan emoticon-Ngacir
ane pernah ngeliat demonya orang ditusuk lehernya beneran , darah mengucur deras....terus orang itu dipertontonkan keliling lapangan ,kayak zombie gitu jalannya.....hebat emang ilmu hitam nenekmoyang kita....emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut
yang boneng gan ......emoticon-Ngaciremoticon-Ngacir
wedew gan ngeri dah kalo ada di daerah ane

emoticon-Takut (S)
serem amat gan..
pake ilmu hitam itu ya...
ngeri gan kaya di film-film tapi yang ini bukan karna virus ya? emoticon-Takut emoticon-Takut
serem amir gan emoticon-Takut (S) di utub ada videonya gk ya
tonganraka to sangmane?!
pic si mayatnya serem amir gan emoticon-Takut
wah beneran ini gan..emoticon-Takut