alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013673417/sekilas-perbedaan-sunni-dan-syiah
Sekilas Perbedaan Sunni dan Syiah
Sekilas Perbedaan Sunni dan Syiah

Quote:Mungkin sering kita alami ketika hendak mendaftar di suatu situs atau forum tertentu, pada saat mengisikan data religion, lalu memilih muslim lantas kita akan dihadapkan pada pilihan apakah kita termasuk muslim sunni atau muslim syiah..

Rasanya sebagian besar agan-agan sekalian sudah tau harus memilih muslim yang mana. Tapi ane pikir tidak sedikit juga agan-agan yang bingung dengan pilihan itu karena tidak tau perbedaan diantara keduanya..

Nah jadi disini ane ingin coba berbagi sedikit ilmu dengan harapan dapat menambah pengetahuan agan-agan sekalian, jadi klo suatu saat ada orang nanya kita bisa jawab..


Quote:Apa perbedaan antara Sunni dan Syiah?
Banyak orang yang menyangka bahwa perbedaan antara Sunni dengan Syiah dianggap sekedar dalam masalah perbedaan Furu’iyah (cabang-cabang agama), seperti perbedaan antara NU dengan Muhammadiyah, antara Madzhab Safi’i dengan Madzhab Maliki.

Karenanya dengan adanya ribut-ribut masalah Sunni dengan Syiah, mereka berpendapat agar perbedaan pendapat tersebut tidak perlu dibesar-besarkan. Selanjutnya mereka berharap, apabila antara NU dengan Muhammadiyah sekarang bisa diadakan pendekatan-pendekatan demi Ukhuwah Islamiyah, lalu mengapa antara Syiah dan Sunni tidak dilakukan?

Oleh karena itu, disaat Sunni bangun melawan serangan Syiah, mereka menjadi penonton dan tidak ikut berkiprah. Apa yang mereka harapkan tersebut, tidak lain dikarenakan minimnya pengetahuan mereka mengenai aqidah Syiah. Sehingga apa yang mereka sampaikan hanya terbatas pada apa yang mereka ketahui.

Semua itu dikarenakan kurangnya informasi pada mereka, akan hakikat ajaran Syiah. Disamping kebiasaan berkomentar, sebelum memahami persoalan yang sebenarnya.Sedangkan apa yang mereka kuasai, hanya bersumber dari tokoh-tokoh Syiah yang sering berkata bahwa perbedaan Sunni dengan Syiah seperti perbedaan antara Madzhab Maliki dengan Madzahab Syafi’i.

Rukun Iman syiah berbeda dengan rukun Iman sunni, rukun Islamnya juga berbeda, begitu pula kitab-kitab hadistnya juga berbeda, bahkan sesuai pengakuan sebagian besar ulama-ulama Syiah, bahwa Al-Qur'an mereka juga berbeda dengan Al-Qur'an sunni.

Apabila ada dari ulama syiah yang mengatakan bahwa Al-Qur'annya sama, maka dalam menafsirkan ayat-ayatnya sangat berbeda dan berlainan.Sehingga kerapkali ulama-ulama Ahlussunnah Waljamaah mengatakan : Bahwa Syiah adalah satu agama tersendiri
.


Quote:Melihat pentingnya persoalan tersebut, maka di bawah ini kami nukilkan sebagian dari perbedaan antara aqidah Sunni dan Syiah
Quote:Ahlussunnah : Rukun Islam sunni ada 5:
a) Syahadatain
b) As-Sholah
c) As-Shoum
d) Az-Zakah
e) Al-Haj


Syiah : Rukun Islam Syiah juga ada 5 tapi berbeda:
a) As-Sholah
b) As-Shoum
c) Az-Zakah
d) Al-Haj
e) Al wilayah

Quote:Ahlussunnah : Rukun Iman sunni ada 6:
a) Iman kepada Allah
b) Iman kepada Malaikat-malaikat Nya
c) Iman kepada Kitab-kitab Nya
d) Iman kepada Rasul Nya
e) Iman kepada Yaumil Akhir/hari kiamat
f) Iman kepada Qadar, baik-buruknya dari Allah.


Syiah : Rukun Iman Syiah ada 5:
a) At-Tauhid
b) An Nubuwwah
c) Al Imamah
d) Al Adlu
e) Al Ma’ad

Quote:Ahlussunnah : Dua kalimat syahadat

Syiah : Tiga kalimat syahadat, disamping Asyhadu an Laailaha illallah, wa asyhadu anna Muhammadan Rasulullah, masih ditambah dengan menyebut dua belas imam-imam syiah.

Quote:Ahlussunnah : Percaya kepada imam-imam tidak termasuk rukun iman. Adapun jumlah imam-imam Ahlussunnah tidak terbatas. Selalu timbul imam-imam, sampai hari kiamat.

Syiah : Percaya kepada dua belas imam-imam syiah, termasuk rukun iman. Karenanya orang yang tidak beriman kepada dua belas imam syiah dianggap sesat

Quote:Ahlussunnah : Khulafaurrosyidin yang diakui (sah) adalah :
a) Abu Bakar
b) Umar
c) Utsman
d) Ali


Syiah : Ketiga Khalifah (Abu Bakar, Umar, Utsman) tidak diakui oleh Syiah. Karena dianggap telah merampas kekhalifahan Ali bin Abi Thalib

Quote:Ahlussunnah : Para sahabat adalah golongan yang mulia dan tidak boleh dicaci

Syiah : Syiah berkeyakinan, bahwa para sahabat setelah Rasulullah SAW wafat, mereka menjadi murtad dan tinggal beberapa orang saja. Alasannya karena para sahabat membai'at Sayyidina Abu Bakar sebagai Khalifah.

Quote:Ahlussunnah : Siti Aisyah istri Rasulullah sangat dihormati. Beliau adalah Ummul Mu’minin.

Syiah : Siti Aisyah difitnah dan dikafirkan.

Quote:Ahlussunnah : Kitab-kitab hadits yang dipakai sandaran dan rujukan Ahlussunnah adalah Kutubussittah :
a) Bukhari
b) Muslim
c) Abu Daud
d) Turmudzi
e) Ibnu Majah
f) An Nasa’i
(kitab-kitab tersebut beredar dimana-mana).


Syiah : Kitab-kitab Syiah ada empat :
a) Al Kaafi
b) Al Istibshor
c) Man Laa Yah Dhuruhu Al Faqih
d) Att Tahdziib
(Kitab-kitab tersebut tidak beredar).

Quote:Ahlussunnah : Surga diperuntukkan bagi orang-orang yang taat kepada Allah dan Rasul Nya. Neraka diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak taat kepada Allah dan Rasul Nya.

Syiah : Surga diperuntukkan bagi orang-orang yang cinta kepada Imam Ali, walaupun orang tersebut tidak taat kepada Rasulullah. Neraka diperuntukkan bagi orang-orang yang memusuhi Imam Ali, walaupun orang tersebut taat kepada Rasulullah.

Quote:Ahlussunnah : Mut’ah (nikah kontrak), sama dengan perbuatan zina dan hukumnya haram.

Syiah : Mut’ah sangat dianjurkan dan hukumnya halal

Quote:Ahlussunnah : Khamer/arak tidak suci.

Syiah : Khamer/arak suci.

Quote:Ahlussunnah : Air yang telah dipakai istinja’ (cebok) dianggap tidak suci.

Syiah : Air yang telah dipakai istinja’ (cebok) dianggap suci dan mensucikan.

Quote:Ahlussunnah : Diwaktu shalat meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri hukumnya sunnah.

Syiah : Diwaktu shalat meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri membatalkan shalat.

Quote:Ahlussunnah : Mengucapkan Amin diakhir surat Al-Fatihah dalam shalat adalah sunnah.

Syiah : Mengucapkan Amin diakhir surat Al-Fatihah dalam shalat dianggap tidak sah/batal shalatnya.

Quote:Ahlussunnah : Shalat jama’ diperbolehkan bagi orang yang bepergian dan bagi orang yang mempunyai udzur syar’i.

Syiah : Shalat jama’ diperbolehkan walaupun tanpa alasan apapun. Jadi seringkali kaum syiah shalat tiga kali sehari.

Quote:Ahlussunnah : Shalat Dhuha disunnahkan.

Syiah : Shalat Dhuha tidak dibenarkan.


Quote:Demikian telah dituliskan beberapa perbedaan antara aqidah Sunni dan aqidah Syiah. Harapannya semoga agan dapat memahami benar-benar perbedaan tersebut dan jadi tergerak untuk mempelajari lebih jauh lagi. Selanjutnya agan sendiri yang mengambil keputusan dan sikap.

Sebenarnya yang terpenting dari keterangan-keterangan diatas adalah agar masyarakat memahami benar-benar bahwa perbedaan yang ada antara Ahlussunnah dengan Syiah itu, disamping dalam Furuu’ (cabang-cabang agama) juga dalam Ushuul (pokok/dasar agama)


(diambil dari http://albayyinat.net - dengan sedikit modifikasi dari TS)




Quote:Komen Kaskuser yang Sejalan:
Quote:Original Posted By ade.adnan
gan, ini ana nambahin, bagi yang awam pengetahuannya tentang syiah, dan bagi yang buta terhadap ajaran syiah, ini ana tampilin videonya, betapa rusaknya akidah mereka dengan merubah surah al fatiha yang didalamnya begitu banyak asmaul husna. . .

youtube-thumbnail


tolong ditaroh didepan gan. . .

Quote:Original Posted By janganwayu
sekedar tambahan gan, syiah tidak mewajibkan sholat jumat sebelum kehadiran imam mahdi (boleh memilih antara sholat jumat atau sholat dzuhur), sedangkan sunni mewajibkan.


wah nice info gan,

bisa nambahin ilmu ane nih,..


[quote=]
Coba Tebak dari Film2 Apa Adegan Ini Diambil??.......

Mau tau cara mayat bisa membusuk,...

[HOT] Coklat + Kondom Buat Valentine (PARAH ABIISS!!!)
[/quote]
Nice info gan ..
Bermanfaat buat ane nih gan emoticon-Angkat Beer





Quote:
Thread" Ane , Monggo Mampir :

# Karya Goresan Sketsa Anak Bangsa

-- UPDATED --

Lanjutan Komen Kaskuser yang Sejalan:

Quote:Original Posted By vctrwrks
kaum syiah rafidhah, mereka beranggapan bahwa Al Qur'an yang sekarang dipegang kaum muslimin telah dirubah-rubah, dan nanti akan datang imam al-mahdi yang akan mengeluarkan kembali Al Qur'an yang asli, dan ulama mereka mengatakan, sampai dikeluarkan kembalinya Al Qur'an yang menurut mereka asli, maka tidak mengapa membaca Al Qur'an yang juga dibaca oleh kaum sunni. kalau agan mencari kitab-kitab mereka, itu kan sudah disebutkan kitab-kitab hadits rujukan mereka, cuma kalau mencari yang versi terjemahannya, saya rasa susah, jangankan kitab-kitabnya, untuk melihat seseorang syiah atau bukan aja susah, karena mereka juga memiliki akidah taqqiyah, yaitu menyembunyikan ke syiah an mereka.

selain itu mereka juga diharamkan untuk beribadah haji ke mekkah, karena mereka telah dikafirkan menurut ijma ulama, sebagai gantinya mereka selalu berthawaf di kuburan-kuburan orang2 yang mereka anggap shalih, di kuburan (yang mereka anggap) al imam ali bin abi thalib raddiyallahu 'anhuma, bahkan makam khoemenei pun di jadikan tempat untuk mereka berthawaf.

dari sisi sejarah pun, akidah syiah ini tidak lepas dari peran sertanya ibnu sabba, seorang yahudi hitam, yang masuk islam untuk merusak akidah islam dari dalam.

Quote:Original Posted By woethe
Ane bantu rate btw nais inpoh gan,,,,
salah satu alasan referensi Sunni itu beredar di mana2, karena Sunni terbuka dan dasar2 agamanya valid, adapun Syi'ah banyak terdapat pertentangan, makanya sengaja dibatasi dan ga beredar di kaLangan umum..
kaLo pada mo buka,,, boleh Liat debat Antara Ulama Sunni vs Ulama Syiah selama ramadhan ada 28 episode, di sini Qta bisa mendapat banyak sekali perbedaan, tapi sayangnya pake Bahasa Arab emoticon-Big Grin

youtube-thumbnail

Quote:Original Posted By 060116197
Di Malaysia Syi’ah dilarang, 129 aktivisnya dipenjara. Padahal Islam hanya 60 persen di Malaysia, tetapi Pemerintahnya tegas dalam menangani aliran sesat. Ini merupakan tanggung jawab pemerintah untuk melindungi aqidah umat Islam

Quote:Original Posted By spammerz
Inilah contoh buruk umat Islam, sepeninggal Nabi yang belum terlalu lama meninggalkan mereka & ternyata iman para kaum muslimin saat itu runtuh hanya karena kekuasaan. Apakah begitu penting siapa yang berkuasa setelah Nabi wafat, sedangkan mungkin mereka "Khulafaur Rasyidin" tak pernah mempermasalahkan hal itu. Mereka pasti menangis sedih bila melihat sahabat mereka & kaum muslimin terpecah menjadi 2 kelompok aliran hanya karena sebuah gelar "imam" yang akan mereka yakini setelahnya. Sedangkan "imam" yang sesungguhnya yaitu Nabi Muhammad yang mengajarkan mereka untuk saling berbuat kebajikan & tak sekalipun memperlakukan salah seorang sahabatnya lebih spesial dari yang lain & akhirnya setan pun tertawa melihat adanya Sunni - Syiah.

Ternyata dari dulu umat Islam itu lemah terhadap kekuasaan. Kayak rakyat Indonesia sekarang, rebutan kursi bisa saling sikut-sikutan, bacod kayak dia yang paling benar. Yang terkena dampak ya rakyat Indonesia yang gak tau apa-apa.

Quote:Original Posted By kyomon
nambahin sumber gan ...
fatwa-para-ulama-tentang-syiah

ada rujukan kitabnya sekaligus (biar ane g dibilang asal comot sumber emoticon-Malu)

Quote:Original Posted By amatakeuyab
islam tetap islam, kalo syiah bukan islam, yang terpenting kalo belajar agama jangan dari google tapi cari tahulah ke ahlussunnah wal jama'ah

Quote:Original Posted By zakey
Mayoritas islam indonesia itu islam sunni, kl syiah diindo emang msh dikit tapi jgn remehkan gans, menurut info yg terdengar pihak iran kasih 7.000 beasiswa buat pelajar indo belajar diiiran tiap taun, ya salah satunya diajarin aqidah syiah... yg kalo ud selesai belajar siap menebar ilmunya diindo...
Oh ya setau ane juga nih, syiah & yahudi itu bekerja sama, jd kalo ada isu israel or AS mao nyerang iran itu cuman degelan belaka, ga bakal mungkin terjadi !!! sumbernya baca aja di www.voa-islam.com

Quote:Original Posted By Vierzehn
Hati2 buat juragan yang muslim. Syiah itu golongan orang yg membenci para sahabat Nabi. Padahal kita dapat hadis2 Rasulullah dari Sahabat juga kan.

Quote:Original Posted By saiuzumaki

ane kasih link video nya gan ([url]www.videosyiah.com[/url])

Quote:Original Posted By khozecx
ane jg pernah nonton video nya tentang islam syiah.. dan disitu mereka (baca:syiah) beranggapan bahwa apa yg dilakukan oleh G. Bush itu benar.. malah mereka mendoakan Bush agar masuk surga... na'uzubillahimindzalik...

Quote:Original Posted By dasuspect
ane setubuh dgn agan SYIAH emang sesat dan menyesatkan, di dunia arab syiah dianggap bukan islam gan tp agama baru... salah satu negara di timur tengah yg penganut syiah ialah IRAN (Ahmadinejad) merupakan penganut syiah. Hati2 gan jgn tertipu dgn propaganda IRAN yg mendukung kebebasan negara palestina. Itu hanya kedok mereka untuk menarik simpati dunia islam

Quote:Original Posted By ade.adnan
gan, sesuai dengan ucapan imam assyafi'i, kalau sesungguhnya syi'i itu adalah yang mencintai keluarga rasululloh, maka aku termasuk dalam mereka, tapi mereka adalah rafidhoh (yang menolak keluarga rasululloh) jadi mereka bukanlah syiah sesungguhnya,
karena mereka menolak nasihat yang disampaikan oleh Sayyidina Ali dan keturunannya untuk meyakini para sahabat adalah orang orang yang berjalan dijalan yang benar disamping rasululloh, dan para golongan rafidhoh ini menolaknya.
jadi mereka sebenarnya adalah syiah rafidhoh.

Quote:Original Posted By dedot13
beberapa minggu yang lalu saya sholat jumat di masjid di daerah sudirman jaksel, waktu itu khatib ceramah ttg aliran syiah, menurut khatib (lupa namanya) bahkan bagi aliran ekstrimis syiah menganggap bahwa malaikat Jibril telah berkhinat kpd Allah dalam menyampaikan wahyu kepada Rasullulah SAW. makannya mereka tdk pcy kepada Al-quran kita (al'sunnah waljamaah).

kalo menurut ajaran kita kan malaikat tdk diberikan akal dan nafsu makannya mereka taat kepada Allah SWT.

kita harus berhati-hati thd syiah.

Quote:Original Posted By allsize
SYIAH BUKAN ISLAM

Sekilas Perbedaan Sunni dan Syiah

Page one, gan

Quote:Original Posted By allsize
Gan, ente pernah dengar ada SYIAH masuk ke masjidil Haram terus ngebantai Ummat Islam yang ada disana????

Jangan harap, orang-orang dengan nama AISYAH pulang dari Iran dengan Selamat

Quote:Original Posted By ma2ck
Ahmadinejad adalah penganut Islam Syiah. Dunia melihat dia adalah seorang pemimpin Iran yang sangat vokal terhadap Barat (Amerika dan sekutunya). Media menggambarkan sebagai pemimpin besar Islam yang sangat berani menentang tirani barat tersebut. Akan tetapi Ahmadinejad seringkali diprotes oleh warga negara Iran sendiri yang notabene penganut Sunni.
Kita sebagai muslim kudu hati2 melihat ini. Jangan2 berita mengenai Amerika dan Israel untuk menyerang Iran hanya HOAX belaka, karena ada konspirasi antara Ahmadinejad dengan Barat.
Trit agan sangat inspiratif dan memberi banyak pengetahuan kepada umat Islam tentang suatu KEBENARAN

Tarok pajewan ya ...

Quote:Original Posted By seagates
nice thread gan, ane jg mw bikin thread tentang peran syiah rafidah dalam pegolakan timur tengah..... miris byk yg gk tau....

Quote:Original Posted By blackinnet
Jakarta – Pakar Syiah Prof. DR. Mohammad Baharun mengatakan, ia tidak pesimis jika Sunni-Syiah disatukan, tapi ia ingin mengatakan, tidak mungkin Sunni-Syiah dapat dipersatukan, sampai kapanpun. Karena hingga saat ini, belum ada contoh di dunia, dimana Sunni-Syiah bisa saling kompromi dan duduk bersama. “Kita memang memimpikan ukhuwah itu, tapi kita harus berpegang teguh pada akidah di atas ukhuwah. Ukhuwah penting, tapi akidah lebih penting. Dalam hal bermuamalah, boleh saja saling bekerjasama, tapi tidak sampai menodai akidah kita," ujar Baharun dalam sebuah kajian di Masjid Darussalam, Komplek Tugu Asri, Depok, Sabtu malam (14/1).

Mengingat, sulit untuk menghapus doktrin yang sudah mendarah daging pada Syiah yang suka melaknat para sahabat Nabi dan istri-istrinya. Sunni memang tidak pernah mengatakan sahabat itu ma’sum, tapi bagi ahlu sunnah wal jamaah, Sahabat itu ‘Udul, proporsional, dan penerus kenabian,” papar Baharun. bila kaum Syiah naik haji, mereka shalat sendiri-sendiri. Bahkan mereka tidak mau berjamaah dengan Sunni. Maka, bagaimana mungkin bisa dikompromikan. Sebagai contoh, ketika Sunni-Syiah duduk berjamaah. Ketika Sunni mendengar nama sahabat Rasulullah, maka akan menyebut radhiallahuanhu (ra), sementara di sebelahnya (Syiah) malah melaknat sahabat Rasulullah Saw, seperti Abubakar, Umar dan Utsman. Jadi bagaimana mungkin mempertemukan dua keyakinan yang memiliki perbedaan tajam itu.

Strategi untuk membendung bahaya Syiah, Ustadz Baharun mengatakan, tidak cukup hanya memberi stempel sesat, tapi harus merapatkan shaf, masalah furu tak perlu dipertentangkan. Yang kita lawan adalah akidah dulu. Sangat disayangkan, NU dan Muhamadiyah yang diharapkan menegakkan akidah, malah mengatakan bahwa Syiah dan Sunni itu sama-sama berakidah Islam. “Ironisnya lagi, kini banyak ulama yang diberangkatkan ke Iran, sepulang dari Iran, ulama itu malah membela Syiah.” [Desastian/voa].
buat ts klo bisa sediain sumber yg lebih valid. misalnya link alqurannya syiah yg bisa didownload, klo bisa ada terjemahan bhs indonesianya.
mungkin yang mudah situs webnya. sukur2 bisa nemu kitab hadist yg jadi rujukan syiah.
klo sumbernya masih dari kalangan sunni, banyak orang yg ragu dan menganggap ini cuma tuduhan biasa.
Wah nice share Gan,ilmu yang bermamfaat nih Ane bantu emoticon-Rate 5 Star ya
Quote:Original Posted By doniprisma
buat ts klo bisa sediain sumber yg lebih valid. misalnya link alqurannya syiah yg bisa didownload, klo bisa ada terjemahan bhs indonesianya.
mungkin yang mudah situs webnya. sukur2 bisa nemu kitab hadist yg jadi rujukan syiah.
klo sumbernya masih dari kalangan sunni, banyak orang yg ragu dan menganggap ini cuma tuduhan biasa.


agak susah untuk menemukan data-data terkait syiah.. masih sedikit yg beredar..
begitu juga dgn menilai langsung krn muslim syiah eksistensinya belum banyak ada disekitar kita..
namun ane pikir biarlah kita percayakan pada ulama2 kita aja.. klo bukan mereka, siapa lg yg harus kita percaya.. ulama2 dinegara kita sudah cukup bisa diandalkan kompetensi ilmunya, tentu mereka sudah mempelajari secara mendalam mengenai hal ini dan mayoritas dari mereka pun kontra dengan pemahaman syiah..

--UPDATED--

Komen Kaskuser yang agak Berseberangan :

Quote:Original Posted By playboyboy
menurut saya syiah tu jg masuk golongan islam...
coba agan2 sekalian luangkan waktu buat baca ini
beda rukun islam dan rukun iman antara sunni dan syiah
disitu terlihat bahwa baik sunni maupun syiah dalam rukun iman mempunyai isi yang sama akan tetapi perbedaan terjadi pada cara perumusannya saja...

mengenai syahadat coba baca ini gan
syahadat syiah dan sunni
disitu dijelaskan bahwa nabi saw pernah mencontohkan syahadat selain tiada tuhan selain ALLAH swt dan Muhammad adalah utusan- NYA..boleh menambahkan hal lain asalkan tidak bertentangan dengan ajaran islam itu sendiri

nb: saya tidak ada maksud apa2 disini..tetapi saya mengajak teman2 dalam memandang agama itu jgn seperti kacamata kuda saja..pelajari dl semua dalil2 masing2 pihak baru kita bsa menyimpulkannya..
oya semua islam itu sodara jd jgn ada rusuh2 lg yaemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By jakamalela76
Pertanyaan yang mendasar sebenarnya, apa alat ukurnya?
Mengapa seolah-olah Islam Syiah itu adalah Islam yang tidak benar?
Bagaimana kalau yang masuk ke Indonesia adalah Islam Syiah terlebih dahulu dan menjadi mayoritas Islam di Indonesia?
Tentulah akan ada pandangan bahwa Islam Syiah itu yang benar.
Beberapa komen sudah membuat prasangka, "jangan-jangan Syiah berkomplot dengan Yahudi....". Bukannya prasangka itu yang membuat kita jadi paranoid?
Mungkin ada yang berpikir untuk menjawab,"Ente jangan anggap remeh gan, ini masalah serius. Bagaimana kalau dugaan itu benar?"
Sekali lagi itu tetap prasangka. Saya berusaha untuk tidak berprasangka.
Bisakah kita membuat penilaian dengan alat ukur yang lebih universal untuk melengkapi alat ukur dari segi agama? Misalnya dari kaidah-kaidah metodologi riset? Saya pikir itu akan memperkaya penilaian kita.

Quote:Original Posted By satriandro
Jangan banyak bicara mengenai Syiah bila anda belum mengunjungi situs ini...
www.hakekat.com atau www.gensyiah.com

Sungguh diamnya orang yang tidak mengetahui itu lebih baik, karena dengannya dia akan lebih tersibukkan dengan mempelajari ilmu. Ilmu adalah sebelum berucap dan beramal. Mari kita sama-sama belajar.

Quote:Original Posted By MifdhalAceh
wah ente bahaya nih kalau bahas beginian, syiah dan sunni sama-sama islam, siapa bilang rukun islam mereka berubah, emang ada syiah yang ga benar juga, sama seperti sunni yang ga bener juga, jadi sebaiknya kalau mau di bahas cari yang benarnya terlebih dahulu terus diolah datanya...

Quote:Original Posted By mrtq
menurut gw postingan ini ga valid..
sangat profokatif, bias, dan tidak edukatif..

kalo Syiah sesat kyk yg ditulus pasti udah di banned kyk ahmadiyah..

gw bukan SYIAH,,
tapi menurut temen gw yg jurusan ushuludin
syiah itu sholat emg 3 waktu,
krn di al-quran ga ada peraturan jumlah sholat dlm sehari
sunni 5 kali, syiah 3 kali itu krn tafsir para imam..

mereka mengharamkan para Khalifah sebelum ali krn faktor dendam,
keluarga & pengikut Ali bin abi thalib dibantai sampai jadi lautan darah di karbala oleh pasukan Muawiyah (cmiiw), terus muawiyah bikin dinasti umayah..

TULISAN2 kyk gini nih yg bikin islam pecah dan gampang perang sodara!
imho; perbedaan2 tafsir bikin islam jd indah..
mana yang bener mana yg salah cuman ALLAH yang tau..

gw tunggu yang orang SYIAH beneran buat COUNTER nih thread yang terlalu MENGHASUT!

taro pekiwan gan!

Quote:Original Posted By x46
gan, ane pernah baca para imam mazhab itu saling berguru. Hambali berguru ke Syafi'i, Syafi'i berguru ke Maliki, Maliki berguru ke Hanafi. yang ane pengen tanya, guru Imam Hanafi itu Imam Ja'far. setau ane, Imam Ja'far itu Imamnya orang-orang Syiah. gimana pendapat agan2 nih? kalo pake logika instan ane, pengkafiran terhadap Syiah (termasuk didalemnya Imam Ja'far) artinya bunuh diri gan...

Quote:Original Posted By cadelpeople
aslmkm. ane ragu ama isi trit TS. soalnya kaga ada sumber yang jelas. agan pernah nonton the arrivals ga? disana ada penjelasan mengenai suni dan syiah. keduanya itu ternyata tidak ada perbedaan yang besar antara keduanya. keduanya dibuat menjadi "berbeda" oleh "yang berkepentingan" untuk memecah belah umat islam. TS bisa tau apa dan siapa "yang berkepentingan" di serial The Arrivals yang membahas mengenai islam. TS nulis Rukun Islamnya syiah yang beda di Al wilayah tolong jelasin apa itu?
Nb: TS nulis kalo ada sumber dari albayyinat.net, setelah ane liat ternyata itu situs anti Syiah jadi tidak relevan untuk dijadikan sumber.
trims. was....

Quote:Original Posted By TheGoldenArmy
gan kaya nya penjelasan ente tentang syiah masih banyak yg salah deh
jd sebelum copas liat dlu sumber nya gan
ane orang syiah gan soalnya

upupupup upupupup upupupup
tapi sama' islam
ane mau tanya gan ..
katanya Ahmadinejad itu muslim syiah ..
bener ga gan ?? emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By hp3315
tapi sama' islam


tapi rukun islam dan rukun imannya ada yg beda gan.. emoticon-Cool
Quote:Original Posted By b.a.b.i
ane mau tanya gan ..
katanya Ahmadinejad itu muslim syiah ..
bener ga gan ?? emoticon-Bingung


bener gan.. ahmadinejad berasal dari muslim syiah.. emoticon-army
Quote:Original Posted By Teh Melati


ahmadinejad berasal dari kaum syiah gan.. emoticon-army


Sekilas Perbedaan Sunni dan Syiah


terima kasih gan infonya emoticon-Malu
Quote:Original Posted By Teh Melati


sebenernya agak susah untuk menilai langsung krn muslim syiah eksistensinya belum banyak ada disekitar kita.. begitu juga dgn data2 terkait syiah.. masih sedikit yg beredar..
namun ane pikir biarlah kita percayakan pada ulama2 kita aja.. klo bukan mereka, siapa lg yg harus kita percaya.. ulama2 dinegara kita sudah cukup bisa diandalkan kompetensi ilmunya, tentu mereka sudah mempelajari secara mendalam mengenai hal ini dan mayoritas dari mereka pun kontra dengan pemahaman syiah..



Sekilas Perbedaan Sunni dan Syiah


ane percaya aja sama ulama2. cuma kepercayaan itu harus berdasarkan ilmu. ilmu yang diperoleh dari fakta dan bukti2 otentik. selama ini ane cari disitus resminya ga kelihatan penyimpangan yg mendasar.
btw, syiah di indonesia itu dah cukup banyak kok, sekitar 2,5jt pengikut.
keren gan...ane jadi sedikit tau sekarang bgmn perbedaannya emoticon-2 Jempol

kunjungi lapak ane ya agan2 smua emoticon-Big Grin ...dijamin emoticon-Recommended Seller

?????? Sepatu Kw Murah Macbeth,Converse,FredPerry,VANS,Quickslvr,RipCurl 85.000-110.000 ??????
Quote:Original Posted By doniprisma


ane percaya aja sama ulama2. cuma kepercayaan itu harus berdasarkan ilmu. ilmu yang diperoleh dari fakta dan bukti2 otentik. selama ini ane cari disitus resminya ga kelihatan penyimpangan yg mendasar.
btw, syiah di indonesia itu dah cukup banyak kok, sekitar 2,5jt pengikut.


yg jelas ane blm punya ilmu selevel ulama2 kita gan.. jadi sementara ini diwajibkan untuk hanya percaya.. blm tau dan blm mempelajari lebih jauh mengenai fakta dan bukti otentik yg dah mereka temukan (meski ane yakin pasti dah banyak temuan mereka)..
coba dong gan paparkan disini perbedaan sunni dan syiah itu sebenrnya apa aja.. trus yg dah ane tulis diawal td letak kekeliruan perbedaannya dimana aja.. emoticon-army

2,5 berbanding 260 juta masih tergolong sedikit kok gan.. emoticon-army
Quote:Original Posted By Teh Melati


yg jelas ane blm punya ilmu selevel ulama2 kita gan.. jadi sementara ini diwajibkan untuk hanya percaya.. blm tau dan blm mempelajari lebih jauh mengenai fakta dan bukti otentik yg dah mereka temukan..
coba dong gan paparkan disini perbedaan sunni dan syiah itu sebenrnya apa aja.. trus yg dah ane tulis diawal td letak kekeliruan perbedaannya dimana aja.. emoticon-army

2,5 berbanding 260 juta masih tergolong sedikit kok gan.. emoticon-army


Masalah paparan agan ane ga bisa menilai, ane ga punya ilmunya. Dalam hal ini ane cuma lagi cari barbuk.
Ane ngerasa aneh, jaman udah serba digital, tapi mereka ga punya al Quran, dan kitab2 yg bisa di download.

Jangan anggap remeh dengan jumlah yg terlihat kecil, buat ane 2,5jt dah kebanyakan.
Quote:Original Posted By doniprisma


Masalah paparan agan ane ga bisa menilai, ane ga punya ilmunya. Dalam hal ini ane cuma lagi cari barbuk.
Ane ngerasa aneh, jaman udah serba digital, tapi mereka ga punya al Quran, dan kitab2 yg bisa di download.

Jangan anggap remeh dengan jumlah yg terlihat kecil, buat ane 2,5jt dah kebanyakan.


tadi katanya gak menemukan penyimpangan yg mendasar.. jadi tulisan diatas byk yg salah dong gan.. memang baiknya kita mencari ilmu semampu kita dulu.. jangan memaksakan sehingga akhirnya mengkritisi pendapat ulama kita.. terima aja mentah2 pendapat mayoritas ulama selagi kita tahu bahwa kompetensi ilmu mereka tidak diragukan lagi..

al-qurannya mungkin sama gan, hanya penafsirannya yg berbeda.. kitab-kitab rasanya memang jarang yg tersedia untuk didownload..

ane gak nganggep remeh gan.. tadi kan merespon klo saat ini masih sulit menemui kaum syiah disekitar kita.. di kampung ane aja blm tedenger ada org syiah.. padahal ane penasaran juga..
Quote:Original Posted By Teh Melati


tadi katanya gak menemukan penyimpangan yg mendasar.. jadi tulisan diatas byk yg salah dong gan.. memang baiknya kita mencari ilmu semampu kita dulu.. jangan memaksakan sehingga akhirnya mengkritisi pendapat ulama kita.. terima aja mentah2 pendapat mayoritas ulama selagi kita tahu bahwa kompetensi ilmu mereka tidak diragukan lagi..

al-qurannya mungkin sama gan, hanya penafsirannya yg berbeda.. kitab-kitab rasanya memang jarang yg tersedia untuk didownload..

ane gak nganggep remeh gan.. tadi kan merespon klo saat ini masih sulit menemui kaum syiah disekitar kita.. di kampung ane aja blm tedenger ada org syiah.. padahal ane penasaran juga..


yg ane tulis "selama ini ane cari disitus resminya ga kelihatan penyimpangan yg mendasar." Misalnya Al Quran syiah dan sunni sama, ga ada perbedaan. <---- ini menurut situsnya mereka, bukan pendapat ane. ane ga percaya, makanya ane cari2 qurannya syiah. tapi ga nemu.

ane jg ga mengkritisi ulama2, cuma sekedar penasaran doang.

klo pengalaman ane, biasanya orang syiah ga pernah ngaku syiah. mereka berbaur. ane pernah kerja sama dgn orang, yang ga taunya dia syiah. sholatnya jg biasa. Selama berdialog ttg islam jg ga pernah aneh2. mut'ah dia mengharamkan.
×