alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013671379/tangkubanparahu-gunung-kehidupan
Poll: Pernah ke Gn. Tangkuban Perahu belum gan?
A. Udah pernah dong :cool 60.00% (9 votes)
B. Belum pernah ane gan :mata belo 40.00% (6 votes)
Tangkubanparahu, Gunung Kehidupan
Tangkubanparahu, Gunung Kehidupan

KOMPAS.com — Tangkubanparahu, Kamis (26/1/2012) pagi, ibarat pasar. Parkiran mobil yang berada persis di tubir Kawah Ratu dipenuhi mobil. Inilah gunung api terpopuler di Jawa Barat yang dikunjungi 1,5 juta orang setiap tahun.

Udara sejuk. Kabut menyelimuti jalan setapak di sekeliling mulut Kawah Ratu. Bau belerang menguar samar. Di dasar kawah, asap mengepul.

Berjalan kaki sekitar 45 menit melewati hijaunya hutan, pengunjung bisa menikmati kolam air panas di Kawah Domas. Ratusan orang, kebanyakan pelancong dari Arab, pagi itu merendam kaki dan membaluri tubuh dengan lumpur belerang.

Tempat itu dengan mudah bisa dicapai pengunjung dengan berkendara sekitar 30 kilometer dari Kota Bandung. Limpahan pengunjung itu menghidupi tak kurang dari 1.000 pedagang, pemandu wisata, dan juru foto. ”Tahun 1980-an hanya ada belasan pedagang di sini,” kata Dadan (30), seorang pedagang.

Warga Cikole, Lembang, Bandung Barat, itu sudah 10 tahun berjualan belerang cair di sekitar Kawah Ratu. Setiap hari dia bisa menjual 3-15 botol belerang dengan pendapatan Rp 10.000-Rp 50.000. Botol-botol belerang cair itu digelar di atas lembaran kain berikut kertas bertuliskan khasiat belerang untuk menyembuhkan penyakit kulit. Ade Cahyadi (57), mertua Dadan, yang mengambil belerang itu dari Kawah Domas.

Dadan dan Ade mengaku tak takut dengan ancaman Tangkubanparahu. Seperti sejumlah pedagang lain, keduanya yakin gunung itu akan mengirim tanda sebelum meletus, sekaligus sebagai peringatan bagi pengunjung, pedagang, dan warga. ”Pengalaman 26 tahun di sini baik-baik saja,” kata Ade.

Sarmi (70), pedagang jagung bakar yang meneruskan usaha Oyoh (almarhum), bapaknya, juga merasa aman berjualan di kawasan Tangkubanparahu. ”Lumayan, sehari bisa jual 5-20 jagung, paling sedikit dapat Rp 40.000 per hari,” kata warga Cikole itu.

Dadan, Ade, dan Sarmi mengaku pernah diminta waspada dan dilarang berjualan sementara. ”Namun, selama saya jualan di sini, peringatan waspada hanya beberapa kali, bisa dihitung dengan jari,” kata Ade.

Sumber

Spoiler for tangkuban perahu:


Maaf gan kalo emoticon-Blue Repost numpang share doang
wah ane dolo pernah nonton para pencari belerang di tipi,.

bahunya banyak bekas pikulannya tuh, ampe kapalan gede,..


[quote=]
Coba Tebak dari Film2 Apa Adegan Ini Diambil??.......

Mau tau cara mayat bisa membusuk,...

[HOT] Coklat + Kondom Buat Valentine (PARAH ABIISS!!!)
[/quote]
kyanya masih kurang perhatian pemerintah ya gan? coba di promosikan ampe ke luar negeri ya..
ane blum pernah ke tangkuban prahu..., kapan2 ke sana.... emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2
ane belom pernah gan
soalna jauh dari tempat ane emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By masmomon
wah ane dolo pernah nonton para pencari belerang di tipi,.

bahunya banyak bekas pikulannya tuh, ampe kapalan gede,..





kasian ya gan demi menghidupi keluarga emoticon-Mewek

Quote:Original Posted By watempa
kyanya masih kurang perhatian pemerintah ya gan? coba di promosikan ampe ke luar negeri ya..


bener gan setuju emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By irfan9999
ane blum pernah ke tangkuban prahu..., kapan2 ke sana.... emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2


iya dong gan pemandangannya dijamin indah bnget

Quote:Original Posted By mecus
ane belom pernah gan
soalna jauh dari tempat ane emoticon-Big Grin


kapan2 liburan maen gan ke sana emoticon-Travellering
siang juragan sepi gini uy emoticon-Mewek
emoticon-Sundul
sepi amat gan emoticon-Mewek
thread ane sepi bgt emoticon-Mewek
emoticon-Sundul
Tempatnya enak tuk liburan,cuman masih perlu dikembangkan lg pelestariannya.... emoticon-Peace
ane pingin kesana gan
tp belum ada duit emoticon-Hammer (S)
:sup sepi amat nih dah lama ga buka thread
wah ane belom pernah gan ke tkp, cuma tau legendanya aja hehe emoticon-Blue Guy Cendol (L)
seberenya masih boleh di kunjungi ga sih tangkuban perahu?
duh kangen mau ke sana lagi..

sekalian gan klo yang mau april77,cheap monday,nudie
wahhh...cakep bener gan...ane pingn banget kesana tuh gan...
rencana ane mau kesini
kasih tips dan triknya kalo mau berwisata di situ dong
ane pernah ke sana lho...emoticon-Traveller
jadi pengen kesono ganemoticon-Matabelo