alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013663988/teka-teki-dalam-evolusi-darwin-terpecahkan
Teka-teki dalam Evolusi Darwin Terpecahkan
OTTAWA, KOMPAS.com - Teori evolusi Darwin, terutama soal adapatasi untuk mendukung kelangsungan hidup, telah menjadi dasar pemahaman dalam ilmu biologi. Namun demikian, banyak hal dalam teori evolusi ternyata masih teka-teki.

Salah satu teka-teki berkaitan dengan mimikri, perilaku meniru spesies atau benda lain untuk mempertahankan diri dari serangan predator.

Berdasarkan teori evolusi, suatu spesies harus memiliki mimikri sebaik mungkin sehingga bisa lolos dari "takdir" menjadi makanan predator. Jika ada individu yang tak mampu melakukan mimikri dengan baik, maka mereka pasti akan menjadi mangsa.

Kenyataan di alam ternyata berbeda. Individu dengan perilaku mimikri yang buruk dan yang baik ternyata hampir sama melimpahnya. Artinya, ada yang tak tepat dalam interpretasi teori evolusi.

Tom Sherratt dari Carleton University di Ottawa, Kanada, melakukan penelitian pada lalat apung (hoverflies) untuk memecahkan teka-teki tersebut.

Lalat apung adalah serangga tak berbahaya yang meniru kenampakan lebah dan tawon agar terhindar dari burung. Selain meniru kenampakan, lalat apung juga meniru suara lebah dan tawon.

Sherratt mempelajari 81 spesies lalat apung dan membandingkan kemiripannya dengan lebah dan tawon. Observasi dilakukan lewat jajak pendapat dan di laboratorium.

Sherratt menunjukkan foto setiap spesies pada beberapa orang dan memintanya memberi nilai dari 1-10 untuk menyatakan kemiripan. Sementara, observasi pada ciri-ciri 81 spesies tersebut juga dilakukan, misalnya dengan melihat sayap, antena dan lainnya.

Berdasarkan penelitian, terungkap bahwa lalat apung yang berukuran lebih besar lebih mirip lebah dan tawon daripada yang kecil. Tampak bahwa seiring pertumbuhan lalat apung, kemampuan mimikri pun bertambah.

'Jika Anda adalah serangga yang kecil, maka burung sudah tak tertarik pada Anda. Anda pada dasarnya tidak menguntungkan sebagai makanan sehingga seleksi pada mimikri lemah," kata Sherrat.

Maka, bagi lalat apung kecil, kemampuan mimikri tak perlu terlalu bagus. Pengembangan kemampuan mimikri yang bagus tak sebanding dengan keuntungannya.

"Tapi jika Anda adalah lalat apung gemuk, maka Anda adalah makanan bagus bagi burung. Dan, dalam kasus itu, Anda akan mengalami seleksi lebih kuat untuk bisa tampak seperti lebah atau tawon sehingga meningkatkan proteksi dari predator," jelas Sherraat seperti dikutip BBC, Rabu (21/3/2012).

Hasil penelitian Sherratt dipublikasikan di jurnal Nature, Rabu kemarin.
ijn nyimak gan...

Ane denger2 jg gan teori evolusi ini hanya rekayasa dari Darwin gan... CMIW emoticon-Peace


Quote:
Jangan lupa mampir kesini gan emoticon-Peace
Obat Herbal CMP(Chlorophyll Mint Powder)&3Green;
emang banyak skali teori darwin yg kontroversial n bertentangan dgn nilai n norma agama.
wah ane mah udah dr dlu gan ga percaya sama teori evolusi darwin..
hoax.. emoticon-Ngakak
ane sampe sekarang ga percaya gan kalo manusia berasal dari primata alias monyett..
ad gmbarny kgk gan?emoticon-Hammer ane juga bingung ama teori evo darwin emoticon-Hammer
ya emang dari sananya udah gitu gan
udah diciptakan sempurna
bukan hasil evolusi atau blablabla

masa ntar dinosaurus berevolusi jadi burung
kayak pokemon gitu?

berarti monyet itu levelnya masih rendah, butuh leveling banyak biar jadi manusia
gitu yak

ini nih yang bikin agama sama science nggak sinkron
ada yang bisa kasih penjelasan buatku kagak
dari smp dah di paksa nelen mentah mentah teori darwin
tapi tetep aja kagak tau
gua yakinnya sih kerabatnya manusia za manusia
sejak kapan manusia kerabatan ma kera


gua juga manusia
ayah gua manusia
engkong gua manusia
pangeran diponegoro manusia
gajah mada juga manusia
nabi adam manusia

jadi yang kera yang mana za???
yg mbaca aja dah kalo gituemoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By dsantz
ad gmbarny kgk gan?emoticon-Hammer ane juga bingung ama teori evo darwin emoticon-Hammer

maaf ga ad gan..emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By naufalap
ya emang dari sananya udah gitu gan
udah diciptakan sempurna
bukan hasil evolusi atau blablabla

masa ntar dinosaurus berevolusi jadi burung
kayak pokemon gitu?

berarti monyet itu levelnya masih rendah, butuh leveling banyak biar jadi manusia
gitu yak

ini nih yang bikin agama sama science nggak sinkron

ane stuju ma ente gan..emoticon-Peace
Quote:Original Posted By nihad
ada yang bisa kasih penjelasan buatku kagak
dari smp dah di paksa nelen mentah mentah teori darwin
tapi tetep aja kagak tau
gua yakinnya sih kerabatnya manusia za manusia
sejak kapan manusia kerabatan ma kera


gua juga manusia
ayah gua manusia
engkong gua manusia
pangeran diponegoro manusia
gajah mada juga manusia
nabi adam manusia

jadi yang kera yang mana za???
yg mbaca aja dah kalo gituemoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)

parah lu gan..emoticon-Cape d... masa yg mbaca dibilang kera..emoticon-Big Grin
gk ada pictnya ya gan..
waaah perlu lebih bnyak penelitian kyak gini lagi,agar dapat membenarkan yg salah!!!
Quote:Original Posted By ModeratorGalau
emang banyak skali teori darwin yg kontroversial n bertentangan dgn nilai n norma agama.


benar skali gan
Quote:Original Posted By T.BlizzarD
gk ada pictnya ya gan..

maaf deh gan..emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By Tholomew22
waaah perlu lebih bnyak penelitian kyak gini lagi,agar dapat membenarkan yg salah!!!

kita tunggu aja..emoticon-Peace
bingung gan emoticon-Nohope
ga jelas dah,masih ga ngerti emoticon-Hammer
nice info ni ganemoticon-thumbsupemoticon-thumbsupemoticon-thumbsup
untung ngga keujanan monumennya emoticon-Belo
ane masi percaya kita keterunan nabi adam gan
hanya orang bodoh yang mau disamain ama kera emoticon-Busa emoticon-Busa emoticon-Busa emoticon-Busa emoticon-Busa
Quote:Original Posted By aistheru
ane masi percaya kita keterunan nabi adam gan


Quote:Original Posted By -DeviLand-
hanya orang bodoh yang mau disamain ama kera emoticon-Busa emoticon-Busa emoticon-Busa emoticon-Busa emoticon-Busa


iya gan, kita manusia bukan kera..emoticon-Cool
nice share gan ...

btw ane ngga terlalu percaya sama teori darwin ... emoticon-Malu (S)