alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013663978/pakar-serangga-tomcat-dan-ulat-bulu-simpan-misteri
Pakar Serangga: Tomcat dan Ulat Bulu Simpan Misteri
JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2011 lalu, Indonesia disibukkan dengan ledakan populasi ulat bulu. Kini, pada tahun 2012, Indonesia kembali disibukkan dengan serangga Paederus atau kumbang Tomcat.

Keduanya memang sama-sama serangga. Namun, apakah ledakan populasi keduanya memiliki kesamaan sebab?

Pakar serangga dan hama dari Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM), Suputa mengatakan ledakan populasi kedua serangga tersebut bisa dilihat kaitannya.

"Secara langsung, kaitan ledakan populasi keduanya tidak ada. Tapi secara tidak langsung, ada," kata Suputa saat dihubungi Kompas.com, Kamis (22/3/2012).

Suputa menjelaskan, populasi setiap jenis serangga selalu bisa mengalami ledakan setiap periode tertentu. Periode ini berbeda pada tiap jenis serangga.

"Ulat bulu juga punya periode outbreak. Di satu tempat dengan tempat lain berbeda. Ada yang setiap 10 tahun, 100 tahun atau lebih," jelas Suputa saat dihubungi.

Outbreak atau ledakan populasi tomcat juga bervariasi di satu tempat dengan tempat lain. Di wilayah Indonesia, belum diketahui periode outbreak-nya secara pasti.

Adanya periode outbreak inilah yang menjadi kesamaan antara ledakan populasi tomcat dan ulat bulu. Di sini, dipahami bahwa ledakan ialah sesuatu yang wajar dan alamiah.

Lalu, mengapa tak terjadi tiap tahun atau sesuai dengan umur tomcat atau spesies serangga lain?

"Ini terkait dengan jejaring makanan yang kompleks, musuh alami dan ketersediaan makanan," kata Suputa.

Dinamika populasi predator dan hewan yang dimangsa pada jangka panjang selalu naik turun. Pada waktu tertentu, akan ada saat dan kondisi lingkungan yang pas yang mendukung outbreak.

"Sebenarnya ada faktor intrinsik yang menyebabkan outbreak. Ini faktor pada serangga itu sendiri. Inilah yang masih misteri," cetus Suputa.

Suputa mengatakan, hingga kini pakar serangga dunia pun belum mampu menguraikan secara pasti sebab utama outbreak suatu spesies serangga.

Di luar hal tersebut, faktor lingkungan juga menjadi perhatian. Kondisi lingkungan, peningkatan karbon dioksida di atmosfer, diduga menjadi salah satu sebab outbreak, walau masih perlu dikaji.

Masih perlu penelitian lebih seksama untuk memahami kehidupan liar kedua makhluk tersebut. Anda tertarik meneliti tomcat dan ulat bulu?
semoga segera terpecahkan misterinya..

supaya kita semua aman dan nyaman..emoticon-Smilie
sudah tidak bisa dipungkiri lagi deh gan
ini akibat kerusakan ekosistem dan rantai makanan
gimana cara memusnakan tomcat dari dunia..?
hehe
semoga cepat sembuh yg terkena penyakit tomcat
do'a nya aja gan hehe'emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By vellfire007
sudah tidak bisa dipungkiri lagi deh gan
ini akibat kerusakan ekosistem dan rantai makanan

betul banget tu gan..emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By alvine777
gimana cara memusnakan tomcat dari dunia..?
hehe

ga ad, itu kekuasaan ALLAH..emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By moncanx
semoga cepat sembuh yg terkena penyakit tomcat
do'a nya aja gan hehe'emoticon-Sorry

aaminn..emoticon-Smilie
info terbaru : tomcat sudah menyebar hampir k sluruh jawa timur n tengah..emoticon-Takut
masih sepi ternyata ni trid..emoticon-Frown
jadi gimana keadaan skrang, apakah masih ad laporan kemunculan tomcat?
aduh dopos pula..emoticon-Cape d... (S)

maaf y mod, ga sengaja..emoticon-Frown
Ledakan korban akibat tomcat n ulet bulu juga besar emoticon-Peace
Quote:Original Posted By zypp3r
Ledakan korban akibat tomcat n ulet bulu juga besar emoticon-Peace


jgn sampe terjadi lg deh..emoticon-Cape d... (S)
masih sepi ternyata ni trid..emoticon-Cape d... (S)
harus diwaspadai tuh gan tomcat
ngeri banget klo digigit tomcat mah
bukti saat rantai makanan kacau karena predatornya di buru manusia maka yg kena dampaknya adalah manusia akibat dari perbuatannya
hiii, aku paling geli sama ulet buluu..
wah tomcat mewabah lagi nih gan semoga ga nyampe daerah ane emoticon-Frown
tomcat?? sempet rame tuh di Surabaya, untung sekarang sudah enggak, katanya sih terbang mengikuti arah angin emoticon-Big Grin emoticon-Peace
ane paling males baca artikel kaya gini ... lain kali dibuat menarik gan