alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013656135/kriuk---kriuk-belalang-goreng-salah-satu-makanan-khas-gunung-kidul
Thumbs up 
Kriuk - Kriuk Belalang Goreng, Salah Satu Makanan Khas Gunung Kidul
Kriuk - Kriuk Belalang Goreng, Salah Satu Makanan Khas Gunung Kidul

JIKA TIDAK BERKENAN, MOHON JANGAN DI
Spoiler for bata:

KALAU BERKENAN DAN UDAH ISO SILAKAN DI
Spoiler for cendol:


LANGSUNG AJA GAN

Quote:Keanekaragaman Indonesia tercermin dalam berbagai hal salah satunya dalam segi makanan. Jika berkesempatan pergi ke luar negeri, maka kita akan merasakan betapa kayanya jenis makanan yang ada di Indonesia dibandingkan dengan negara lain. Betapa makanan yang ada di Nusantara itu beraneka rasa, warna, rupa bahkan makna. Kondisi dan hasil alam Indonesia yang bervariasi tampaknya memberikan pengaruh pada keragaman makanan yang ada ini.

Salah satu makanan Nusantara yang cukup unik yakni belalang goreng atau walang goreng dalam Bahasa Jawa. Ini adalah salah satu makanan khas yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, DIY selain gaplek, thiwul dan gatot.

Belalang memang banyak dijual di wilayah Gunung Kidul. Kalau kita berkunjung ke sana, kita bisa temukan para pedagang mangkal di beberapa tempat untuk menjajakan binatang yang suka meloncat-loncat ini. Sebut saja di daerah Paliyan dekat Saptosari, sewaktu kita akan berkunjung ke Pantai Ngrenehan atau Pantai Baron. Persis di depan tempat yang sering dipakai untuk latihan tentara, di sana bisa kita temukan para penjual belalang ini. Tempat lainnya adalah di wilayah Semanu. Biasanya mereka berjualan dengan cara menggantungkan rentengan belalang yang masih hidup, ditusuk dalam satu potongan bambu atau tali rafia pada kayu atau pada sepeda onthelnya.

Setelah digoreng, belalang memang terlihat menggelikan seperti kecoa. Tapi janganlah menilai dari luarnya saja. Cobalah cicipi satu, Anda akan menggambil untuk kedua kalinya. Setelah yang kedua dan ketiga kalinya pasti ketagihan sampai tak terasa belalang goreng ini habis. Rasanya seperti menggigit cangkang kepiting goreng, crispy, kriuk-kriuk begitulah.

Jangan tanya soal rasanya, hmmm guriiiih. Hanya sayang, bagi yang punya alergi dapat menyebabkan badan langsung bentol-bentol dan gatal setelah makan belalang ini.

Cara membuat belalang goreng ini sangatlah gampang. Belalang di siram dengan air panas mendidih. Setelah semuanya mati, belalang dibersihkan dari bulu-bulu yang melekat dan satu per sayapnya kadang juga beserta kepalanya. Setelah itu dicuci kembali sampai bersih dan digoreng dalam minyak panas setelah sebelumnya direndam kembali dalam air yang telah dicampur garam serta bumbu instan atau racikan sendiri.

Belalang yang dimakan ini biasanya jenis belalang kayu yaitu belalang yang suka menempel di pohon jati yang banyak tumbuh di Gunung Kidul. Banyak ditemukan pada saat musim kemarau. Menangkapnya bisa hanya dengan tangan kosong, pakai lem tikus yang dibalurkan pada batang bambu, atau dengan jaring yang juga dipasang pada ujung bambu yang berukuran cukup panjang. Di musim hujan pun belalang masih bisa ditangkap. Biasanya dilakukan pada malam hari dengan membawa senter.

Belalang ini punya kandungan protein yang tinggi. Bahkan, lebih tinggi dari makanan penghasil protein lain seperti udang, telur ayam, daging ayam bahkan daging sapi. Cocok untuk dijadikan alternatif memenuhi kebutuhan protein yang murah meriah.

Belalang biasanya dijual rentengan dalam keadaan masih hidup. Harganya bervariasi tergantung berapa ekor jumlahnya dalam satu renteng. Untuk yang 100 ekor satu renteng dijual seharga Rp. 30.000,-. Untuk yang 150 ekor harganya Rp. 45.000,-. Juga, kita bisa membeli jumlah yang lebih kecil yaitu 50 ekor seharga Rp. 15.000,-. Cukup terjangkau bila dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya.

Kalau malas memasak, cukup bilang saja kepada si penjual belalang, biasanya dia akan membawa kita ke rumah warga yang berada di sekitar situ. Mereka akan memasaknya untuk kita. Mau dimakan di situ atau kita bawa pulang, terserah. Dengan membayar ongkos masak sekitar sekitar Rp. 15.000,- ditambah harga lain untuk teman makannya kita sudah bisa memupus rasa penasaran untuk makan belalang ini.

Untungnya sekarang juga sudah banyak orang berjualan belalang goreng yang sudah dikemas dalam plastik atau toples. Dari penjual belalang rentengan yang ada di Paliyan atau Semanu kita bisa menuju ke Wonosari tepanya di jalan K.H. Agus Salim. Di sana banyak yang menjual belalang kemasan. Harganya murah mulai dari Rp.5000,- hingga puluhan ribu untuk satu kemasannya. Di situ juga sudah banyak rumah makan yang menyediakan lauk belalang. Selain dengan nasi putih, kita bisa memakannya dengan thiwul (pengganti nasi khas Gunung Kidul berbahan dasar singkong) atau nasi merah. Kita juga tak perlu khawatir karena belalang ini dihalalkan kok.

Penasaran? Tunggu apa lagi, ayo segera meluncur dan penuhi kebutuhan protein tubuh Anda dengan memakan belalang khas Gunung Kidul!

Sumber


Spoiler for Belalang yang dimaksud:


Spoiler for Proses perentengan:


Spoiler for Dijual rentengan (masih mentah):


Spoiler for Belalang setelah di goreng:


Spoiler for Belalang setelah di goreng:


Spoiler for Belalang setelah di goreng:


Spoiler for Belalang goreng siap jual:



bagi yang ngejunk dan kagak ninggalin jejak...

Spoiler for mbahmu:
sepi amat yak....

emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
belalang goreng yak emoticon-Genit




rasa apa ya gan, ane blom pernah coba sih emoticon-Malu
merinding gan liat belalangnya.... emoticon-Takut
waduh rasanya kayak apa yah jadi penasaran tapi serem....!!
ane sering banget tu gan beli di wonosari.. emoticon-Blue Guy Peace
ane dulu malah sering bikin sendiri..cari belalang di sawah...
emang gurih bangettt..enakk banget gan...
gan ... yang jual dimana ya gan ?? nyari ni ane ./... kebetulan ada yang bikin trit begini ... ane d jogja gan ... lumayan jauh c k gunung kidul , tp gapapa lah ...

yang jual mateng gan .. yang udah jadi snack gitu ... buat oleh2 ... sukur2 agan tau harganya ... emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By uet
ane sering banget tu gan beli di wonosari.. emoticon-Blue Guy Peace
ane dulu malah sering bikin sendiri..cari belalang di sawah...
emang gurih bangettt..enakk banget gan...


tau warung yang jual dimana gan ?
Quote:Original Posted By ohayou1989
gan ... yang jual dimana ya gan ?? nyari ni ane ./... kebetulan ada yang bikin trit begini ... ane d jogja gan ... lumayan jauh c k gunung kidul , tp gapapa lah ...

yang jual mateng gan .. yang udah jadi snack gitu ... buat oleh2 ... sukur2 agan tau harganya ... emoticon-Smilie





Kalau jadi snak kelihatannya enak.
Quote:Original Posted By ohayou1989


tau warung yang jual dimana gan ?


Quote:Untungnya sekarang juga sudah banyak orang berjualan belalang goreng yang sudah dikemas dalam plastik atau toples. Dari penjual belalang rentengan yang ada di Paliyan atau Semanu kita bisa menuju ke Wonosari tepatnya di jalan K.H. Agus Salim.
Rasanya Gurih gan apalagi sekarang udah ada macam rasa emoticon-Big Grin
kliatannya enak..
tapi tetep aja ga kuat makannya..
istilahnya.. "ora kolu"
wkwk emoticon-Malu (S)
sepertinya enak, jadi pengen nyobain emoticon-Big Grin
keliatannya enak gan, tapi bikin gatel di tenggorokan gak ya?

Jual Bahan Baku Accesoris 1
Jual Bahan Baku Accesoris 2
Makanan ekstrem nih gan emoticon-Takut (S)
Quote:Original Posted By adutmamazndut
keliatannya enak gan, tapi bikin gatel di tenggorokan gak ya?

Jual Bahan Baku Accesoris 1
Jual Bahan Baku Accesoris 2


Nggak bikin gatel tenggorokan kok gan,,
Tapi kalau agan punya alergi,,,biasanya akan gatel2 di kulit,,hehehe,,
Quote:Original Posted By asen.
Makanan ekstrem nih gan emoticon-Takut (S)


Iya gan,,cukup ekstrim tapi banyak proteinnya,,melebihi protein di udang gan...
Tapi paling nggak lumayan buat bertahan hidup di hutan kalau kita kehabisan bekal..hehehe
emoticon-Hammer (S)

rasanya kayak gimana ya
sering dibahas di tv, tapi ane blum pernah nyoba...emoticon-Ngakak
×