alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013610627/mahasiswa-wajib-baca-syair-untuk-seorang-petani-di-waimital
[Mahasiswa wajib baca] Andai Mahasiswa Bisa seperti Ini
SYAIR UNTUK SEORANG PETANI DARI WAIMITAL, PULAU SERAM, YANG PADA HARI INI PULANG KE ALMAMATERNYA (dari Kembalikan Indonesia Kepadaku , TAUFIQ ISMAIL) Darmaga, 22 September1979

I
Spoiler for I:

II
Spoiler for II:

III
Spoiler for III:

IV
Spoiler for IV:


Quote:============ ========= ========= ========= ========= ========= ========= ======
Catatan:

Bagian IV syair puisi ini dibacakan oleh sahabatnya, yakni Bpk Taufiq Ismail,

pada hari wisuda Institut Pertanian Bogor di kampus Darmaga, Sabtu, 22 September 1979,

sesudah Antua M. Kasim Arifin (lahir Langsa-Aceh Timur, 18 April 1938) menerima gelar Insinyur Pertanian.

Sebelumnya, Kasim yang sudah 15 tahun dikabarkan hilang (sejak melaksanakan Kuliah Kerja Nyata thn 1964

untuk memperkenalkan program Panca Usaha Tani) tapi ternyata menanam akar di Waimital – Maluku,

sehingga enggan memenuhi panggilan Rektor Prof. Dr. Ir. Andi Hakim Nasoetion.

Pada kali ketiga kedatangan utusan Rektor, yaitu sahabatnya Saleh Widodo, baru Kasim mau datang ke Bogor.

Dia terharu karena penghargaan alma maternya, tapi pada hakekatnya dia tidak memerlukan gelar akademik.

Pada hari wisuda itu Kasim yang berbelas tahun berkaus oblong dan bersandal jepit saja,

kegerahan karena mengenakan jas, dasi dan sepatu, hadiah patungan sahabat-sahabatnya.

Mahasiswa-mahasiswa IPB mengerubunginya selalu dan mengaguminya

sebagai teladan keikhlasan pengamalan ilmu pertanian di pedesaan.

Berbagai tawaran pekerjaan disampaikan padanya, tapi dia kembali lagi ke desa Waimital sesudah wisuda.

Kemudian sesudah itu dia menerima pekerjaan sebagai dosen di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, di tanah asalnya (pensiun tahun 1994)

Tawaran meninjau pertanian di Amerika Serikat ditolaknya.

Ketika ditanya kenapa kesempatan jalan-jalan ke A.S. itu tak diterimanya, sambil tertawa Kasim berkata bahwa pertama-tama jangankan bahasa Inggeris, bahasa Indonesianya saja sudah banyak lupa.

Kemudian yang penting lagi, katanya, apa manfaatnya meninjau pertanian di sana, yang berbeda sekali dengan pertanian kita di sini. Kesempatan meninjau sambil liburan tamasya ke A.S. itu tak menarik hatinya..

Bagi saya, Kasim Arifin adalah Pahlawan Pertanian Indonesia, Selamat Jalan wahai Pahlawan


tolong di rate gan emoticon-Rate 5 Star

maaf kalo emoticon-Repostrepost:
ane cuma mau berbagi lagi
Pertamax for reserved emoticon-armyemoticon-army
Quote:PERTAMAX
junker pertamax, emoticon-Busaemoticon-Busaemoticon-Busa
Andai idealisme mahasiswa seperti ini, pasti indonesia tidak lagi menangis tersedu
ane nyimak dulu gan ..
ane mahasiswa gan, bisa sih seperti yang agan bilang asal ada "duit" eeh salah maksudnya asal ada "kesadaran'

Jasa FJB Yang Pasti Bikin Agan Ngakak
Moga segera banyak mahasiswa seperti ini gan emoticon-Matabelo
ngapain gue kuliah tinggi tinggi jadi petani doang!
miskin lagi
Aaaaaa Yosshaikuzo~!
Taiga~! Faiya~! Saiba~! Faiba~! Daiba~! Baiba~! Jya~jya
Quote:Original Posted By minegishi
ngapain gue kuliah tinggi tinggi jadi petani doang!
miskin lagi
Aaaaaa Yosshaikuzo~!
Taiga~! Faiya~! Saiba~! Faiba~! Daiba~! Baiba~! Jya~jya


itu hak lw tod ah, milih nyang mana nyang lw sukaemoticon-Busaemoticon-Busa
Quote:Original Posted By nextronuniverse
Moga segera banyak mahasiswa seperti ini gan emoticon-Matabelo


amin, biar indonesia makin maju emoticon-Kiss
Quote:Original Posted By TerlahirJelek
ane mahasiswa gan, bisa sih seperti yang agan bilang asal ada "duit" eeh salah maksudnya asal ada "kesadaran'


ujung-ujungnya duit yaemoticon-Busa
Quote:Original Posted By Sudi.mampir
ane yimakz dulu gan..


silahkan gan
coba di post buat yang mahasiswa demo disana gan,
terharu ane bacanya emoticon-Matabelo
inspiratif, seandainya semua bisa kaya gitu...
Quote:Original Posted By RieVanca
inspiratif, seandainya semua bisa kaya gitu...


bener gan, seandainya nyang demo tuh baca ini dulu.
ane dukung 1000% dah. peran mahasiswa harusnya begini. emoticon-Kiss
TS, Coba mampir ke sini juga emoticon-Smilie
Sebagian Besar Mahasiswa Setelah Lulus Tak Lagi Membela Rakyat Kecil
Quote:Original Posted By whend82
TS, Coba mampir ke sini juga emoticon-Smilie
Sebagian Besar Mahasiswa Setelah Lulus Tak Lagi Membela Rakyat Kecil


udah ane simak gan, dan memang data yang berbicara.
kasih kesempatan kepada mahasiswa pertanian untuk berkarya di bidangnya
sayang kalo cuma jadi cerita saja emoticon-Big Grin
pengen di angkat lagi ni trit sebelum tenggelam emoticon-Sorry
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo andai idealisme ga habis oleh uang emoticon-Sorry emoticon-Sorry
PAGE ONE di tutup emoticon-Malu (S)