alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013600177/membaca-masa-kadaluarsa-ban-mobil
icon-hot-thread
Membaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil
Selamat Datang agan yang ganteng dan aganwati yang cantik.
Mari kita budayakan baca, tinggal kan komen.
emoticon-Rate 5 Star dan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Sangat diperlukan TS.
emoticon-Malu

Quote:
Preambule:
Ban adalah peranti yang menutupi velg suatu roda. Ban adalah bagian penting dari kendaraan darat, dan digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.
Sebagian besar ban yang ada sekarang, terutama yang digunakan untuk kendaraan bermotor, diproduksi dari karet sintetik, walaupun dapat juga digunakan dari bahan lain seperti baja.

Membaca Ukuran Ban
Dimensi atau ukuran sebuah ban dapat dinyatakan sebagai berikut:" 205 / 55 /ZR16 "
Keterangan dimensi atau ukuran ban tersebut dapat dinyatakan sebagai berikut:
205 : Lebar telapak ban (mm)
55 : aspek ratio untuk ketebalan ban (%) dari lebar telapak ban
ZR : kode limit kecepatan
16 : diameter velg ( inch )

Kode Kecepatan Ban
Membaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil

Indeks Beban Ban
Membaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil



Quote:
Mengetahui Kadaluarsa Ban.
Ban adalah suatu benda yang memiliki masa kadaluarsa, baik jika disimpan terlalu lama tanpa terpasang di mobil, atau jika terpasang di mobil yang sangat jarang digunakan.

Untuk mengetahui bulan & tahun produksi ban maka kita bisa perhatikan 4 angka yang tertera pada bagian dekat bibir velg (lihat gambar).
Quote:
Membaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil

2 angka di depan menandakan minggu, 2 angka di belakang menandakan tahun.

Misalnya saja tertulis 0910 maka berarti ban tersebut dibuat pada minggu ke 9 tahun 2010

Masa kadaluarsa ban yang disimpan di gudang adalah 6 tahun, dalam artian jika kita membeli ban yang sudah berusia lebih dari 6 tahun sejak diproduksi maka pengguna akan menghadapi resiko yang sangat besar disebabkan karet ban yang sudah sangat getas sehingga menjadi lebih mudah retak dan akhirnya pecah.

Dan untuk kemananan maksimal sebaiknya belilah ban yang benar-benar "Fresh from the Oven" dimana baru berusia beberapa bulan semenjak ban tersebut diproduksi.
Quote:
Membaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil

Juga untuk ban yang digunakan pada mobil yang amat sangat jarang dipakai, gantilah ban jika usia ban sudah 6 tahun dan untuk keamanan maksimal sebaiknya diganti lebih awal akan lebih baik, misalnya diganti di tahun ke 4.


Update
Quote:
Membaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil
Membaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil


Membaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil
Quote:TS akan terus membuat trit bermutu dengan tampolan
emoticon-Blue Guy Cendol (L) Membaca Masa Kadaluarsa Ban MobilMembaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil emoticon-Blue Guy Cendol (L) Membaca Masa Kadaluarsa Ban MobilMembaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil


Atau yang belum ISO, budayakan komen dan
Membaca Masa Kadaluarsa Ban MobilMembaca Masa Kadaluarsa Ban Mobilemoticon-Rate 5 Star Membaca Masa Kadaluarsa Ban MobilMembaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil


Sumber
ane bantu emoticon-Rate 5 Star gannn..
tapi namanya indo tunggu ban ampe botak baru ganti gan emoticon-Ngakak sayang atuuh

Membaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil
Sumber nya di mari gan:
Sumber

Sumbangan dari agan moperjest


Quote:Original Posted By moperjest
Membaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil
pada umumnya ban memiliki tanda lahir yaitu catatan, minggu dan tahun pembuatan. Pada ban ini, tertera 0911. Artinya ban di buat pada minggu ke 9 tahun 2011. artinya ban masih bisa dipergunakan hingga tahun 2016 minggu ke 9. meski ini relatif. Pasalnya tiap pabrikan memiliki umum tersendiri. Ban Pirelli memiliki usia 5 tahun, sementara ban tipe lain ada yang berusia 2,3 dan 4 tahun. Tetapi ada baiknya setiap 2 tahun sekali ban diganti, mengingat cuaca ekstrim lembab di indonesia bisa merusak ban lebih cepat dari yang diperkirakan.
Klo saran ane nih : mendingan ente beli ban pada tahun dimana ente beli yang sesuai tertera pada ban tersebut, jangan terkecoh dengan jenis yang sama merk yg sama dan masih mulus kembangnya dan tentunya harga yang berbeda, bisa jadi ini disebabkan ban sudah kadarluasa atau sudah lama tersimpan di gudang belum terjual. silahkan kalian melihat kode bulan dan tanggal yg tertera di ban untuk memastikan BAN yang kalian beli itu benar" ASLI baru

TS nya taro atas dong komeng ane jika berkenan emoticon-Big Grin CMIIW emoticon-Peace



Sumbangan agan Toluena

Quote:Original Posted By Toluena
pengen nambahin gan mgkin berguna

jika lebar telapak ban semakin kecil dan aspek ratio semakin besar, maka HANDLING MOBIL AKAN SUSAH TETAPI BANTINGAN MOBIL TIDAK TERASA
contoh: 185/70 >> biasanya mobil angkot/mobil ekonomis/mobil keluaran pabrik

jika lebar telapak ban semakin lebar dan aspek ratio semakin kecil, maka HANDLNG MOBIL LEBIH NYAMAN TETAPI BANTINGAN MOBIL SANGAT TERASA
contoh: 205/50 >> biasanya mobil spek tinggi, mewah/ buat keren2an (emng jadi keliatan keren sih) emoticon-Hammer (S)
PERTAMAX KAH
Quote:Membaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil

Quote:
Spoiler for komeng:
Quote:Original Posted By Mumun
ane bantu emoticon-Rate 5 Star gannn..
tapi namanya indo tunggu ban ampe botak baru ganti gan emoticon-Ngakak sayang atuuh

Membaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil

Bener Atuh Gan emoticon-Ngakak (S)emoticon-thumbsup
pocongk ga punya mobil gan emoticon-Turut Berduka



Spoiler for jgn di buka BB++:


original posted by .........pocongkkkk
Membaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil
wlew nais inpoh gan! btw ane pertamax ga ya ? hehehe
ane br tau ban ada kadaluarsanya juga emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By Mumun
ane bantu emoticon-Rate 5 Star gannn..
tapi namanya indo tunggu ban ampe botak baru ganti gan emoticon-Ngakak sayang atuuh

Membaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil


Betul gan.
Gak cuma botak, malah sampe di Vulkanisir segala.
emoticon-Hammer2

Quote:
Vulkanisir
Membaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil
Waw, ternyata Ban ada masa pensiunnya juga...
Info bagus nih gan buat yang punya kendaraan beroda (kecuali Andong) emoticon-Hammer2
emoticon-2 Jempol
Wah info yang bagus nih gan
Semoga para pengendara banyak yang liat trit ini
ane gak punya mobil gan...
nice info aja deh... emoticon-Big Grin
wah beenr kata ts temen ane kadang
jual ban yang kadang mo kadaluarsa dengan harga miring dipinggir jalan
Quote:Original Posted By Mumun
ane bantu emoticon-Rate 5 Star gannn..
tapi namanya indo tunggu ban ampe botak baru ganti gan emoticon-Ngakak sayang atuuh

Membaca Masa Kadaluarsa Ban Mobil


bukan botak gan, tunggu kawatnya keluar dulu emoticon-Cool
emoticon-2 Jempol
NICE INFO dah gan
Quote:Original Posted By white_ghost
emoticon-2 Jempol
NICE INFO dah gan


emoticon-Sorry
Kasi TS emoticon-Cendol (S) dong gan, haus nih udah malem.
emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By Toxz271O


bukan botak gan, tunggu kawatnya keluar dulu emoticon-Cool


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Tepat sekali gan.
Kebanyakan kita nunggu sampe ban nya keluar kawat dulu.
emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By Bassist.Funk
wah beenr kata ts temen ane kadang
jual ban yang kadang mo kadaluarsa dengan harga miring dipinggir jalan


Hmmmm...
Bener ya ternyata gan?
Berarti kita harus lebih waspada ya gan.
Quote:Original Posted By .110
emoticon-2 Jempol
Wah info yang bagus nih gan
Semoga para pengendara banyak yang liat trit ini


Thanks gan.
Ntar bantuin disundul ya gan biar up terus.
Quote:Original Posted By Kaskuser030
Waw, ternyata Ban ada masa pensiunnya juga...
Info bagus nih gan buat yang punya kendaraan beroda (kecuali Andong) emoticon-Hammer2


Andong kan pake ban juga gan roda nya.
Tapi ban nya ban mati ya kayak nya.
emoticon-Hammer2
woww makasih udah dikasihtau gan, ternyata ban juga ada masa kadaluarsanya yaa
×