Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013405246/akhirnya-sukiat-blak-blakan-tentang-esemka
Ngakak [Akhirnya] Sukiat Blak-blakan tentang Esemka
Blak-Blakan Soal Esemka, Sukiyat Diancam

KLATEN—Pengusaha bengkel mobil da­ri­ Trucuk, Klaten, Sukiyat mengaku sepanjang hari Mi­nggu (4/3), diri­nya mendapat sejum­lah ancaman da­ri­ ber­bagai pihak, terkait pernyatannya tentang mobil Esemka.
Namun dia enggan membeberkan siapa yang mengancam dirinya, tapi bila nanti terjadi sesuatu terhadap dirinya, masyarakat tahu bahwa memang ada sejumlah pihak yang ingin menyingkirkannya.
“Saya kan membeberkan masalah teknis apa adanya, seperti yang saya ketahui, tetapi rupanya ada sejumlah pihak yang tidak senang dengan apa yang saya beberkan,” ujar Sukiyat melalui telepon kepada SOLOPOS (JIBI).
Sukiyat mengaku dirinya pasrah saja menghadapi sejumlah ancaman itu. Namun dirinya merasa lega telah membeberkan masalah mobil Esemka sesuai apa adanya. “Prinsipnya saya bukan orang politik, saya orang teknik. Jadi yang saya ungkapkan masalah teknis sesuai dengan pengetahuan saya,” ujar Kiyat.
Lebih jauh terkait penjelasan Walikota Solo Joko Widodo (Jokowi), soal comot-comot komponen mobil lain, Kiat menyatakan silakan saja Jokowi membantah. “Toh ada saksinya Kepala SMK Trucuk yang tahu persis di mana membeli komponen yang comotan itu,” tuturnya.
“Saya ini hanya orang cacat yang ingin membagikan ilmu saya dalam memperbaiki body mobil, tidak ada sedikitpun keinginan saya untuk mencari ketenaran atau yang lain-lain.”
Sebelumnya, pengusaha bengkel yang belakangan namanya dicoret dari proyek Esemka ini mengatakan bahwa sebenarnya hampir semua komponen Esemka mencomot onderdil mobil produk lain.
Kepada SOLOPOS (JIBI) di kantornya, Sabtu (3/3), Sukiyat blak-blakan menyebutkan dia tidak berbohong soal mobil Esemka. “Yang betul-betul saya buat sendiri adalah sasis dan bodi mobilnya. Mobil itu hanya hasil praktik sejumlah siswa SMK Trucuk. Jadi saya juga bingung dan kaget kalau kemudian mobil Esemka ini diklaim sebagai (calon) mobil nasional,” ujarnya.
Dia mengatakan Indonesia belum mampu memproduksi sejumlah komponen mobil. “Mana bisa Indonesia memproduksi gigi transmisi, sehingga saya beli komponen buatan China di Surabaya,” ujarnya.
Permudah Izin
Menurut Sukiyat, sebetulnya proyek Esemka itu sudah macet pada tahun 2002, karena kekurangan biaya. Namun, setelah dia terjun dan memberi kesempatan kepada para siswa SMK Trucuk untuk praktek kerja, barulah proyek perakitan ini bisa berjalan kembali dan memakai nama Kiat Esemka. “Masalah muncul ketika mobil hasil rakitan ini kemudian dibawa ke Solo untuk dipamerkan di SMK 2 Solo dan kemudian diklaim sebagai (calon) mobil nasional oleh Walikota Solo Jokowi,” beber Sukiyat.
Sumber

Akhirnya terbukti juga kalau mobil Esemka itu hanya rakitan. Sukiat sudah ngomong keadaan yang sebenarnya walaupun sebelumnya dia salah satu orang yang sering mencuap-cuap kalau kandungan lokal Esemka mencapai 80%

Ayo angkat tangan, siapa yang telah tertipu??
wow keren infonya
barusan katanya wakil walikota sukiyat sudah bohong, entah mana yg benar

ngomong2 ane pertamax
tah gagal deh proyek mobnas

tapi pabrikan mobil juga kan beli komponennya

dari tempat yg beda beda
Quote:Original Posted By michaelangelo21
wow keren infonya
barusan katanya wakil walikota sukiyat bohong


sukiyat adalah aktor belakang layar dari terwujudnya Esemka
mana nih suka teriak2 maju SMK maju SMK??

apa bedanya dengan merakit mobil tamiya???
Quote:Original Posted By White.Dove
tah gagal deh proyek mobnas

tapi pabrikan mobil juga kan beli komponennya

dari tempat yg beda beda


bayangkan, yang diproduksi hanya bodi dan sasis. berarti yang lainnya comot dari pabrikan produk lain yang sudah beredar. pantas gak lolos uji emisi karena mungkin komponen2 yang dipasang melalui proses pemaksaan

concrete;

wah,bakal ada ribut2 nih. bisa lebih heboh dari awal kemunculan.
trus abis itu NGUAP deh MobNas ...
Quote:Original Posted By JhonGelo
mana nih suka teriak2 maju SMK maju SMK??

apa bedanya dengan merakit mobil tamiya???



anggap saja Esemka tamiya raksasa dan perakitannya lebih rumit
media indonesia yg super latah..klo ada sesuatu entah bom,kasus korupsi dibesar2kan..sm seperti mobil esemka..mobil sampah yg dibeli pake uang negara sebagai mobil dinas..mana ada jokowi beli pake uang pribadi atau sbg mobil pribadi
Quote:Original Posted By sisin
wah,bakal ada ribut2 nih. bisa lebih heboh dari awal kemunculan.
trus abis itu NGUAP deh MobNas ...


makanya dukung yang pasti2 aja gan
Loh kalo ane yang jarang nonton tipi ini kok malah baru tahu kalo segala macam onderdil mobil ESEMKA ini di buat di Indonesia.......

Setahu pengertian ane yang kemaren2, ESEMKA emang produk rakitan anak SMK....

Tapi good job buat ESEMKA dan para punggawanya atas tekad2nya memajukan dunia Teknik Indonesia .. .. .. .
Terguncyaaaaaang

Jokowi, keluarkan kemampuan diplomasi anda, please reply Sukiat's statement..
Bakalan seru nih...
dari ESEMKA kita bisa bangun industri otomotif walau tidak didukung pemeirntah dan melawan raksasa Jepang. belajar dari Korea dan India.
Quote:Original Posted By warrent buffet
media indonesia yg super latah..klo ada sesuatu entah bom,kasus korupsi dibesar2kan..sm seperti mobil esemka..mobil sampah yg dibeli pake uang negara sebagai mobil dinas..mana ada jokowi beli pake uang pribadi atau sbg mobil pribadi


padahal telah melakukan prosesi jamasan segala, tapi tetap tidak bisa menjadikan Esemka menjadi mobnas
ah udah jadi rahasia umum kok
yg namanya kebohongan pasti terungkap
dahlan iskan khan dah pernah bilang "...jangan terburu-buru"

gue bangga kalau kita dah bisa bikin Mobnas, tapi gak gini caranya....dijadikan ajang pencitraan politik

mbok ya jujur...kalau memang masih banyak komponen yang nyomot sana-sini...ya bilang aja, gak usah sok gengsi....malu-maluin aja
wong buat pratek disekolahan biar bs bongkar pasang, eh...malah maen klem2an :

ane sih yakin bangsa ini mampu bikin mobil,
cuma dukungan (materiil) yg g mampu
Quote:Original Posted By cavaliers
dari ESEMKA kita bisa bangun industri otomotif walau tidak didukung pemeirntah dan melawan raksasa Jepang. belajar dari Korea dan India.


pemerintah pastinya mendukung gan

ya gak Vbot?
Btw, dua bulan lalu sblm heboh tamiya ini, ane kagum ama sosok Jokowi.

But now, apa bedanya ama Bemo?? Pencitraan abeesss
sebenernya karya anak SMK perlu diapresiasi untuk kemampuan perakitan mobilnya..,,kalo suatu "kepentingan politik" sudah masuk dalam karya anak SMK ini..jadinya ambisi berlebihan dengan orientasi "mobil nasional",,..,,,bukan gak mungkin Indonesia punya mobil nasional tapi bukan dengan keputusan yang terburu-buru..
×