alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan
4.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013251571/manfaat-jengkol-bagi-kesehatan

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Bila Anda penggemar makanan tradisional, pasti Anda mengenal benda yang berbentuk bulat gepeng, kulit tipis kecoklatan, berbau dan banyak dikonsumsi orang. Benda tersebut adalah Jengkol. Jengkol atau Jering atau Pithecollobium Jiringa atau Pithecollobium Labatum adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara, termasuk yang digemari di Malaysia, Thailand dan Indonesia terutama di wilayah Jawa Barat yang seharinya dikonsumsi 100 ton.

Tanaman jengkol berupa pohon yang tingginya dapat mencapai 10-26 meter. Buahnya berupa polong berbentuk gepeng dan berbelit. Warna buahnya lembayung tua. Setelah tua, bentuk polong buahnya menjadi cembung dan di tempat yang mengandung biji ukurannya membesar. Tiap polong dapat berisi 5-7 biji. Bijinya berkulit ari tipis dan berwarna cokelat mengilap.

Jengkol akan membuat kehebohan saat memasaknya dan setelah diproses oleh pencernaan, yaitu menimbulkan bau yang katanya tak sedap. Penyebab bau itu sebenarnya adalah asam-asam amino yang terkandung di dalam biji jengkol. Asam amino itu didominasi oleh asam amino yang mengandung unsur Sulfur (Ketika terdegradasi atau terpecah-pecah menjadi komponen yang lebih kecil, asam amino itu akan menghasilkan berbagai komponen flavor yang sangat bau, karena pengaruh sulfur tersebut. Salah satu gas yang terbentuk dengan unsur itu adalah gas H2S yang terkenal sangat bau.

Bau yang ditimbulkan dari jengkol itu sebenarnya cukup mengganggu, terutama bagi orang lain yang tidak ikut makan. Kalau yang makan, meskipun bau, setidak-tidaknya sudah menikmati kelezatan jengkol. Tetapi bagi orang lain yang tidak ikut merasakan, tetapi cuma kebagian baunya, akan merasa sangat terganggu. Apalagi dengan air seni yang dikeluarkannya. Jika pemakan jengkol ini buang air di WC dan kurang sempurna membilasnya, maka WC akan bau tidak enak dan mengganggu ketenangan orang lain.

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Saat dicerna jengkol akan menyisakan zat yang disebut asam jengkolat (jencolid acid) yang dibuang ke ginjal. Di sinilah efek yang sering ditakuti oleh orang-orang, yaitu jengkoleun atau jengkolan. Jengkolan terjadi saat asam jengkolat yang memang sulit larut dalam air akhirnya mengendap dalam ginjal, membentuk kristal padat hingga bisa berakibat sulit membuang air seni. Jika pH darah kita netral, asam jengkolat aman-aman saja, tapi jika cenderung asam (pH kurang dari 7) asam jengkolat membentuk kristal tak larut.

Dibalik bau yang ditimbulkan jengkol, ternyata terkandung manfaat yang berguna bagi kesehatan. Menurut berbagai penelitian menunjukkan bahwa jengkol juga kaya akan karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, Vitamin C, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin, dan saponin.

Khusus untuk vitamin C terdapat kandungan 80 mg pada 100 gram biji jengkol, sedangkan angka kecukupan gizi yang dianjurkan per hari adalah 75 mg untuk wanita dewasa dan 90 mg untuk pria dewasa. Selain itu, Jengkol merupakan sumber protein yang baik, yaitu 23,3 g per 100 g bahan. Kadar proteinnya jauh melebihi tempe yang selama ini dikenal sebagai sumber protein nabati, yaitu hanya 18,3 g per 100 g. Kebutuhan protein setiap individu tentu saja berbeda-beda. Selain untuk membantu pertumbuhan dan pemeliharaan, protein juga berfungsi membangun enzim, hormon, dan imunitas tubuh. Karena itu, protein sering disebut zat pembangun.

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Untuk zat besi, Jengkol mengandung 4,7 g per 100 g. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Gejala-gejala orang yang mengalami anemia defisiensi zat besi adalah kelelahan, lemah, pucat dan kurang bergairah, sakit kepala dan mudah marah, tidak mampu berkonsentrasi, serta rentan terhadap infeksi. Penderita anemia kronis menunjukkan bentuk kuku seperti sendok dan rapuh, pecah-pecah pada sudut mulut, lidah sulit menelan.

Remaja, wanita hamil, ibu menyusui, orang dewasa, dan vegetarian adalah yang paling berisiko untuk mengalami kekurangan zat besi. Di dalam tubuh, besi sebagian terletak dalam sel-sel darah merah sebagai heme, suatu pigmen yang mengandung inti sebuah atom besi.

Jengkol juga sangat baik bagi kesehatan tulang karena tinggi kandungan kalsium, yaitu 140 mg/ 100 g. Peran kalsium pada umumnya dapat dibagi menjadi dua, yaitu membantu pembentukan tulang dan gigi, serta mengatur proses biologis dalam tubuh.

Keperluan kalsium terbesar adalah pada saat masa pertumbuhan, tetapi pada masa dewasa konsumsi yang cukup sangat dianjurkan untuk memelihara kesehatan tulang. Konsumsi kalsium yang dianjurkan pada orang dewasa adalah 800 mg per hari.

Kandungan fosfor pada jengkol (166,7 mg/100 g) juga sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi, serta untuk penyimpanan dan pengeluaran energi. Dengan demikian, sesungguhnya banyak manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi jengkol dan ini hanya masukan saja, bukan doktrin yang mengharuskan Anda untuk percaya dan mengikuti agar mengkonsumsi jengkol, tapi hanya sekedar Anda tahu bahwa ada khasiat dibalik sayuran polong berbau ini
Thread Sudah Digembok
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 3
oo gitu,ksukaan ane tuh gan hehe emoticon-2 Jempol
Quote:


sama gan.favorit ane juga
sayang wangi nya semerbak emoticon-Cape d...







QR
ane kurang suka gan
tapi klo pete ane suka
emoticon-Ngakak (S)

Anda kurang tinggi? malu dengan tinggi badan anda, INILAH SOLUSINYA !!
[url]www.obattinggi.com[/url]

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan
Quote:


sebenarnya ane juga suka, hanya repot untuk masalah pembuangannya emoticon-Blue Guy Peace
Apa iya kalo misal sebelum dimasak biar gak bau pip*s nya jengkolnya mesti di kubur di tanah dulu?
wahahaha kesukaan ane banget gan, tapi ane langsung puasa ngomong kalo abis makan ini
jengkol baunya kagak tahan ane gans
Post ini telah di hapus oleh
Quote:


katanya sih seperti itu gan
Quote:


kalo ane abis mkn jengki, ane minum kopi. udah gitu ane makan permen yg manis asem asin itu. trus mlm or pagi langsung deh ane pembuangan.
klo pembuangan di kantor, ane siapin dah itu karbol di toilet... biar kaga semeriwiiiingemoticon-Malu (S)
Sudah sering kali melihat Penayangan begini-an emoticon-Cape d...
Mending emoticon-Traveller
Cari Thread yg Meng-Informasikan berita dan MeNambah Ilmu
wuiiiiiiiiiiiiih...suwerrrrrrrr ni makanan ajiiiiiiiiiiib...kl kt ane ni namanye kancing lepis
mantap gan tapi baunya juga mantap emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
ane lebih suka jengkol yg mentah.krenyes2 gitu klo di digigit emoticon-Blue Guy Peace
di semur gan...yaaassaalaaaaammm...mak nyusss nya...

untuk masalah bau mulut ama bau ketika kita pipis, itu kan sebenarnya hal sepele yg mudah diatasi gan...skg kan banyak permen/alat pengharum mulut, sementara untuk bekas pipis, ane sih selalu klo pipis itu dilobang WC nya gan jadi air seni kekumpul semua ga ada yg bececeran dan selanjutnya tinggal siram aja yg banyak tuh WC ampe buih nya ilang...
wess...mantap nih gan...
hahhaa...
nice share gan..
Quote:


thanks gan emoticon-Shakehand2 emoticon-Cool
gw juga senang kok makan jengkol gan emoticon-Rate 5 Star
nice info gan

ga pernah makan jengkol gan...

takut bau... masih banyak kok sumber vitamin dan gizi emoticon-Hammer2
Halaman 1 dari 3
×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di