alexa-tracking

11 Cara Cerdas dan Taktiks Menjawab Pertanyaan Wawancara

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013188165/11-cara-cerdas-dan-taktiks-menjawab-pertanyaan-wawancara
Cool 
11 Cara Cerdas dan Taktiks Menjawab Pertanyaan Wawancara
Thanks for visit this Thread emoticon-Kiss (S)


11 Cara Cerdas dan Taktiks Menjawab Pertanyaan Wawancara


Meski Anda merasa pintar dan birilian, jangan keburu yakin bahwa semua pintu perusahaan akan terbuka secara otomatis untuk Anda. Sebab kenyataannya, banyak orang yang secara intelek pintar, tetapi seringkali gagal dalam wawancara. Alasannya? Tidak cerdas dan taktis dalam menjawab pertanyaan saat wawancara.

Karena itu bagi para pelamar kerja, terutama para pemula, perlu mempersiapkan diri menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan dihadapai. Apa saja yang ditanyakan, dan jawaban apa yang harus disampaikan? Berikut ini kami berikan beberapa pertanyaan yang kerap muncul dalam wawancara disertai jawaban-jawaban yang dianjurkan, plus pertanyaan yang perlu Anda ajukan.

1. Ceritakan tentang diri Anda. Ini pertanyaan yang memiliki peluang emas untuk bercerita apa saja menyangkut prestasi Anda. Tetapi kalau tidak siap, justru bisa jadi jebakan mematikan. Sampaikan saja biografi singkat. Hanya saja Anda harus tahu mulai dari mana dan berakhir di mana. Fokuskan jawaban pada hal-hal yang berhubungan dengan bidang usaha perusahaan tersebut. Misalnya, Anda melamar sebagai asisten humas, maka ajukan perngalaman yang menyangkut bidang ini. Sebutkan prestasi yang pernah diraih dalam bidang terkait. Jangan terpancing untuk memberik jawaban tentang riwayat pendidikan dari TK sampai kuliah.

2. Mengapa Anda ingin pindah kerja? Kalau Anda punya alasan yang baik dan sangat positif, jangan ragu untuk menyampaikannya. Pastikan jawaban yang diberikan telah dipikir habis-habisan. Hindari jawaban, “Saya kurang cocok dengan atasan saya,” atau “Atasan saya tidak kreatif, dan tidak pernah menerima ide anak buahnya.” Berikan jawaban tidak langsung, dengan menjelaskan mengapa Anda ingin bergabung dengan perusahaan baru ini, seperti, “Saya tertantang untuk mencoba mendalami bisnis...” Jawaban seperti ini memberi dampak positif dan disenangi si penanya.

3. Apa yang Anda ketahui tentang kami? Pelajari habis-habisan segala sesuatu tentang perusahaan yang Anda tuju. Jawaban yang diberikan sepenuhnya tergantung dari apa yang Anda ketahui. Jadi kalau sampai Anda menjawab tidak tahu, atau malah ngawur, jangan harap bisa melaju ke tahap berikutnya. Cari info sebanyak-banyaknya tentang perusahaan itu lewat internet, perpustakaan, brosur perusahaan/company profile, atau mengobrol dengan orang yang kenal bisnis itu.
4. Apa pengalaman Anda dalam bidang ini? Ini kesempatang lagi untuk memenangkan wawancara. Berdasarkan info dari kepustakaan, cobalah hubungan yang pas antara pengalaman Anda dengan perusahaan yang bersangkutan. Agar jawaban tidak melebar dan tak berujung, mintalah si penanya untuk lebih spesifik dengan pertanyaannya. Dengan begitu Anda bisa memberikan jawaban yang tepat dan diperlukan.

5. Apa yang paling Anda sukai dan tidak sukai dari pekerjaan sekarang? Sebisa mungkin hindari sisi negatif. Memang tidak mudah karena manusia pada dasarnya suka mengeluh, terutama bila diberi kesempatan. Cara aman, jawablah keduanya dengan mengatakan, “Saya sangat menyukai pekerjaan saya.” Lalu lanjutkan dengan menyebutkan keahlian, kualifikasi yang menunjang posisi Anda. Kemudian tutup pembicaraan dengan, “Sekarang saya siap memulai hal baru dan kesempatan mendapat tanggung jawab baru.”.

6. Berapa jam waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan satu proyek? Hati-hati dengan pertanyaan ini karena bisa menjebak. Sebisa ungkin hindari menyebut angka atau jumlah jam kerja. Katakan saja, “Saya selalu berusaha bekerja efisien dan seoptimal mungkin. Selama ini semua berjalan dengan baik. Tetapi dalam bekerja tentu ada hal yang mendadak dan harus diselesaikan segera. Dalam hal ini saya siap bekerja ekstra/lembur.” Biasanya memang jawaban seperti ini yang diinginkan penanya. Tetapi kalau mereka tetap memaksa Anda menyebutkan jumlah jam kerja untuk setiap proyek, katakan saja, “Itu semua tergantung dari bobot setiap proyek, dan prioritas pekerjaan.”

7. Berapa Gaji Anda sekarang dan berapa yang diharapkan? Langkah pertama adalah memisahkan pertanyaan pertama dari yang kedua. Sebutkan gaji Anda berikut tanggung jawab pekerjaan. Sedangkan untuk pertanyaan kedua, hindari menyebutkan angka yang terlalu tinggi, karena bisa dinilai berlebihan. tetapi jangan juga terlalu rendah karena bisa dianggap tidak cukup kompeten untuk pekerjaan itu. Sebutkan saja rentang, misalnya, “Sekitar 4.500.000 – 7.000.000” Jangan lupa menghitung komposisi pengeluaran dari jumlah gajih tersebut.

8. Masalah terberat apa yang pernah Anda hadapi? Hati-hati dengan pertanyaan favorit ini. Jangan sebutkan persoalan yang begitu sulitnya sampai Anda gagal mengatasinya. Sebutkan sebuah masalah yang berakhir dengan happy ending. Hindari problem yang sempat muncul dengan supervisor, rekan, atau atasan. Masalah yang diungkap sebaiknya berasal dari pihak luar dan Anda bisa menyelesaikan dengan baik.

9. Apa yang Anda harapkan dari pekerjaan ini? Mungkin saja pekerjaan ini akan menjadi harapan Anda untuk naik gaji, gengsi, atau kepuasan batin lainnya. Tetapi simpan semua alasan ini dalam hati. Sebagai gantinya katakan Anda ingin meningkatkan kontribusi pada perusahaan, menambah efisiensi kerja, dan memberi kepuasan bagi diri sendiri maupun perusahaan. Sebutkan pula bahwa di perusahaan ini Anda melihat peluang untuk lebih dapat menjalankan ilmu yang Anda pelajari sebelumnya.

10. Mengapa saya harus menerima Anda? Jangan jawab. “Karena saya perlu pekerjaan!” atau “Saya baru di-PHK!”. Sebenarnya si penanya ingin tahu kesimpulan tentang keahlian Anda. Jadi beri jawaban singkat namun padat tentang pekerjaan dan kemampuan Anda. Sebutkan satu per satu kemahiran serta kualifikasi Anda, lalu cocokkan dengan kebutuhan perusahaan tersebut.

11. Apakah Anda punya pertanyaan? Pada akhir wawancara biasanya penanya memberi kesempatan kepada Anda untuk bertanya. Jangan sia-siakan kesempatan ini. Kalau tak punya ide, coba contek beberapa pertanyaan berikut:
• Apakah ada yang ingin Anda tanyakan dari resume/CV saya?
• Adakah yang ingin Anda ketahui tentang kualifikasi saya?
• Dapatkah Anda jelaskan tentang pekerjaan ini?
• Hasil seperti apa yang Anda harapkan dari saya?
• Menurut Anda, pengalaman apa yang paling pas untuk posisi ini?
• Bagaimana situasi kerja di sini?


Itulah sekilas beberapa variasi pertanyaan yang kerap diajukan pewawancara dalam wawancara kerja. Pewawancara tidak butuh jawaban yang berbunga-bunga, berapi-api, apalagi munafik. Anda hanya perlu menjawab jujur, namun menimbulkan kesan cerdas, taktis, dan optimis sehingga bisa memberi kesan baik kepada pewawancara. Selamat berjuang!

Spoiler for Sumber Artikel:


Agan - Aganwati bisa menambahkan daftar pertanyaan dan jawabannya. Sesuai dengan pengalaman nya.. Nanti ane quote di sini emoticon-Cendol (S)
[Pertamax diamankan]

klo ane paling susah klo ditanya masalah gaji gan emoticon-Blue Guy Smile (S)
mantap gan,,,
terima kasih atas trik2nya..
Quote:

Memang susah gan,, harus nyari info dulu ke temen2 yang kerja di situ

Quote:


Sama-sama gan
kira2 bisa buat sidang TA g ya ?emoticon-Blue Guy Peace
wah.. thanks banget gan..
ane jadi ngerti nie... jadi gitu yah.. wawancara kerja
secara ane belum pernah kerja gan jadi belum pernah ngalamin emoticon-Embarrassment
ijin copas gan buat referensi ane emoticon-Big Grin
Wah artikel yg menarik gan.... bisa jadi senjata utama kalau interview ni... palagi buat minta kenaikan gaji... emoticon-Ngakak


ane bantu emoticon-Rate 5 Star
wiihh.. info nya mantapp gan, ane mo coba praktekin ah klo lg sesi interview emoticon-Big Grin
nice gan emoticon-2 Jempol, ane bantu emoticon-Rate 5 Star, moga jd HT yak emoticon-Angkat Beer
boleh juga nih tips n triksnya emoticon-Rate 5 Star
klo udah ditanya "apa kelebihan dan kekurangan kamu?"

ane masih suka bingung gan jawabnya emoticon-Big Grin
ntar ane cobain gan
wew dari artikel langsung niat si agan
bukmark dulu gan.. emoticon-Big Grin
Quote:

TA tuh Tugas Akhir apa Tugas Awal ya, hehe.
Bisa aja gan..

Quote:

Silahkan copas, dengan mencantumkan sumbernya ya gan.. Copas yang baik selalu berakhir dengan baik emoticon-Big Grin
Meskipun belum kerja, harus tetep latihan gan..

Quote:

Interview memang harus disiapkan habis-habisan, agar tujuan kita tercapai.
Thanks gan buat rate nya,,

Quote:

Sebelum interview beneran, bisa berlatih dengan teman terlebih dahulu

Quote:

Mantap banget...

Quote:

Bisa dijawab dengan "Kekurangan ku adalah tidak mempunyai kelebihan" Jokes dikit gan..

Quote:

Sekarang aja gan, mumpung gak ada orang, he

Quote:

Segala sesuatu harus diawali dengan niat, dan diakhiri dengan salam. Ini mah shalat dong.

Quote:

Monggo gan.. emoticon-Big Grin
thread yang super gan...
bermanfaat banget nih thread...
ane bantu emoticon-Rate 5 Star
Quote:


Super hot ya gan.. He :d

Thanks alot buat ratenya.. emoticon-Big Grin
ijin bookmarks gan buat baca2

nice info emoticon-Angkat Beer
Quote:


Thanks gan,, semoga bermanfaat emoticon-Big Grin
semoga bermanfaat buat yang lagi nyari kerja
thread bagus nih gan emoticon-Embarrassment
thanks info nya emoticon-shakehand