alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013143739/berita-selinganpresiden-didesak-selamatkan-situs-muarajambi
Peringatan! [Berita Selingan]Presiden Didesak Selamatkan Situs Muarajambi!
Quote: Tolong ikut tandatangan Petisinya di link ini emoticon-Smilie
http://www.petitions24.com/save_muarajambi


VIVAnews - Sejumlah ahli arkeologi dan aktivis budaya mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menyelamatkan kawasan Percandian Muarajambi di Provinsi Jambi, yang terancam rusak akibat industri batubara dan sawit. Sebagai sebuah peninggalan budaya dari masa Sriwijaya, Muarajambi memiliki nilai penting yang mengungkap peran Nusantara dalam peradaban global, terutama dalam edukasi.
[Berita Selingan]Presiden Didesak Selamatkan Situs Muarajambi!
Menurut ahli arkeologi, Junus Satrio Atmodjo, kawasan percandian Muarojambi pernah menjadi pusat pendidikan agama Buddha, selain Nalanda di India. Sebagai bagian dari jalur maritime silk road, kawasan ini pun memiliki peran penting di bidang perdagangan dan diplomasi.

"Ini menjadi bukti, situs ini pernah menjadi bagian dari peradaban global. Pada masanya sudah sangat maju," kata Junus Satrio, 9 Februari 2011.

Sejumlah sisa bangunan dan struktur bangunan juga memperlihatkan kebesaran situs ini. Tersebar di sepanjang sungai Batanghari, kawasan percandian seluas 2.612 hektar ini memperlihatkan tingkat keahlian di bidang arsitektur bangunan, juga lanskap permukiman.

"Ini monumental works. Sejumlah bangunan-bangunan terlihat megah di masa itu ketika kita susuri sungai Batanghari," ucap arkeolog senior, Moendardjito.

Namun, situs yang juga dianggap sebagai universitas tertua di dunia ini kini terancam oleh industri. Setidaknya ada enam perusahaan stockpile batubara, satu perusahaan Crude Palm Oil, dan 1 perkebunan sawit mengancam kelestarian situs ini.

"Ini bahaya, karena batubara tidak bisa diresap tanah," ucap Junus. Tak hanya itu, Junus juga mengungkap salah satu tembok bangunan pernah dibuldozer, akibat kepentingan industri.

Terancamnya kawasan percandian Muarojambi dinilai sebuah ironi, sebab saat Badan PBB UNESCO meninjau kawasan ini, UNESCO menilai Muarojambi layak untuk dijadikan World Heritage.

Karena itu, menurut Mundardjito, perlu dilakukan perlindungan fisik dan perlindungan hukum terhadap situs ini. "Tidak hanya bangunan, tapi juga keseluruhan kawasan," ucapnya.

Karena itu, petisi pun dilayangkan oleh aktivis budaya kepada Presiden, mendesak penyelamatan situs ini. Apalagi, Presiden SBY pernah menjadikan Muarojambi sebagai kawasan wisata sejarah terpadu, pada 22 September 2011 silam.

Petisi menuntut SBY untuk mengukuhkan kawasan percandian Muarajambi sebagai Kawasan Cagar Budaya Nasional yang dilindungi UU Cagar Budaya no 11 tahun 2010 dan menetapkan kawasan ini sama sebagai Kawasan Strategik Nasional berdasarkan UU no 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Tak hanya itu, sejumlah perusahaan yang beroperasi di situs itu pun didesak untuk segera menghentikan aktivitasnya, karena mengancam kelestarian situs. Ini perlu dilakukan agar kawasan ini bisa masuk sebagai World Cultural Heritage oleh UNESCO.

Sejumlah aktivis budaya yang ikut menandatangani petisi ini antara lain penyanyi Trie Utami, penulis Ayu Utami, , analis Lin Che Wei, juga arsitek Marco Kusumawijaya. (eh)

• VIVAnews

Quote: penting nih gan, buat mendukung kelestarian situs muara jambi, ikutan tandatangan petisi di sini ya emoticon-Smilie. Bayangin aja, agama Buddha kan asalnya dari india, tapi pendeta buddha dari India sana jauh-jauh datang untuk belajar di sini (muarajambi)
sepi banget nih thread
kalo terancam tuh diancurin ama ormas berafiliasi agama baru rame ni thread
wah sayang situs ini terancam hancur oleh perusahaan tambangemoticon-Bata (S)
emoticon-Rate 5 Star:
Untuk urusan seperti ini nggak harus presiden!
Buat apa presiden ngangkat Mendikbudpar kalau urusan kaya gini harus presiden juga?!
Arkeolog sudah terjebak masa lalu sehingga tidak tahu bahwa tugas kenegaraan sudah dibagi2.
Tapi arkeolog memang hebat, bisa mencari nafkah dari masa lalu.
Padahal yang penting kan masa kini dan masa depan?
Buat apa hebat dimasa lalu tapi dimasa depan cuma jadi pecundang?
turut prihatin dengan keadaan ini, semoga bapak presiden segera menginstruksikan jajaran terkait guna menindaklanjuti laporan tersebut... emoticon-Genit emoticon-Genit

sayang berita dalam negeri, kurang 1 kata sakti lagi : nota protes
gak ada duitnya gan ngurusin ginian
Semoga bisa diperhatikan. Karena situs budaya itu sangat berharga.
Quote:Original Posted By WackyLoony
Untuk urusan seperti ini nggak harus presiden!
Buat apa presiden ngangkat Mendikbudpar kalau urusan kaya gini harus presiden juga?!
Arkeolog sudah terjebak masa lalu sehingga tidak tahu bahwa tugas kenegaraan sudah dibagi2.
Tapi arkeolog memang hebat, bisa mencari nafkah dari masa lalu.
Padahal yang penting kan masa kini dan masa depan?
Buat apa hebat dimasa lalu tapi dimasa depan cuma jadi pecundang?


justru elo yang pecundang..
kita arkeolog bekerja demi science.. kita ngga nyari duit dan ketenaran..
masa lalu juga penting kali.. manusia selalu belajar dari masa lalu untuk jadi lebih baik di masa depan..
karena itu pelajaran sejarah itu wajib di jaman sekolah dulu..
bangsa yang ngga kenal sejarah bagai kehilangan arah..

seenggaknya melindungi cagar budaya ini kan bisa nambah devisa negara dengan memancing turis dateng kayak borobudur dan prambanan.

dan melindungi cagar budaya itu kewajiban pemerintah termasuk presiden..
mereka mnta presiden perhatian karena pemda dan kementrian terkesan udah ga peduli dan membiarkan.
emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
perusahaan mau untung aja gak mikir kalo situs bersejarah jadi korbannya juga
turut prihatin!!! sampai sampai petisi pun harus dilayangkan ke presiden...
setuju kata yg diatas ane kalo sampai situs ini dirusak apalagi oleh ormas tertentu maka pemerintah akan segera turun tangan emoticon-Cape d... (S)
berat gan di negeri UUD (Ujung ujungnya duit) spt indonesiaemoticon-Berduka (S),
tp kita doain aja supaya situs dipertahankan, dilestarikan & dirawat emoticon-shakehand
parah ni perusahaan tambang emoticon-Mad:

indonesia seluas bagong gini .. cari tempat laen napa emoticon-Mad:

sayang nih pemerintah tidak memperhatikan situs2 kuno seperti bangunan2 kuno, candi2 dll padahal malah itu yang menarik para wisatawan asing
liat pemerintah malaysia, kota malaka dijadikan warisan budaya oleh mereka..

bangunan2 lama gk boleh dirobohkan tapi di renovasi kembali malah pemilik bangunan di kasih dana buat ngejaga rumah nenek2 moyang mereka itu dan malaka kemudian menjadi kota warisan budaya oleh Unesco. dan banyak sekali turis asing ke sana liburan .. bukan kah itu menambah sumber pendapatan penduduk ??

padahal ku liat2 ni di kota malaka, gk jauh beda dengan bangunan di kota Tua di Jakarta. sayang kota tua dibiarkan begitu saja. hufftt ..
haiyaaa ciilaaka wuuthuutt waaaa

Budaya Bahasa Tradisi bangsa Indonesia sudah mulai punah sejak 1300 th yl,sekarang tinggal tahap menuju penyelesaian akhir

emoticon-Takut emoticon-Turut Berduka
Quote:Original Posted By WackyLoony
Untuk urusan seperti ini nggak harus presiden!
Buat apa presiden ngangkat Mendikbudpar kalau urusan kaya gini harus presiden juga?!
Arkeolog sudah terjebak masa lalu sehingga tidak tahu bahwa tugas kenegaraan sudah dibagi2.
Tapi arkeolog memang hebat, bisa mencari nafkah dari masa lalu.
Padahal yang penting kan masa kini dan masa depan?
Buat apa hebat dimasa lalu tapi dimasa depan cuma jadi pecundang?


peradaban itu ibarat roda pedati
terus berputar en berganti

setidaknya masa lalu adalah cermin buat manusia yang berotak

soal profesi arkeolog, jangan telalu ekstrim mencemooh
profesi itu kehormatan, siapapun akan tersinggung kalo profesinya direndahkan, termasuk ente tentunya

jaman sekarang jamannya spesialisasi
so, jadilah yang paling bermanfaat di bidang ente masing2
emoticon-Kaskus Lovers
Quote:Original Posted By kanataqueen
justru elo yang pecundang..
kita arkeolog bekerja demi science.. kita ngga nyari duit dan ketenaran..
masa lalu juga penting kali.. manusia selalu belajar dari masa lalu untuk jadi lebih baik di masa depan..
karena itu pelajaran sejarah itu wajib di jaman sekolah dulu..
bangsa yang ngga kenal sejarah bagai kehilangan arah..

seenggaknya melindungi cagar budaya ini kan bisa nambah devisa negara dengan memancing turis dateng kayak borobudur dan prambanan.

dan melindungi cagar budaya itu kewajiban pemerintah termasuk presiden..
mereka mnta presiden perhatian karena pemda dan kementrian terkesan udah ga peduli dan membiarkan.


kalau urusan benda sejarah bukannya masuk urusan pendidikan dan kebudayaan? dari instansi terkait di provinsi tersebut ada tindakan? kalau tidak ada apa gunanya mereka?
masa lalu menghasilkan masa sekarang- masa sekarang menghasilkan masa depan. kalau kita tidak belajar masa lalu bagaimana mungkin kita bisa maju? sebagaimana bung karno sebutkan JAS MERAH jangan lupakan sejarah!.
jangankan situs tersebut yang dekat pemerintahan semacam situs gunung padang saja sepertinya belum ada tindakan dari dinas terkait (entah alasan lokasi yang sulit dijangkau dll,biaya)

kita pula akan menjadi bagian dari masa lalu, apakah kita mau diri kita dilupakan generasi selanjutnya?(dianggap tiada). saya rasa tidak
harus diselamatkan neh situs bersejarah jangan sampe rusak ataupun musnah...
weeew ini bukan berita selingan gan!!

TAPI memang harus diselamatkan!
Kalau urusan cagar budaya yang sifatnya jangka panjang kok ya disepelekan dan dikalahkan dengan kepentingan industri yang bersifat jangka pendek?emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By kanataqueen
justru elo yang pecundang..
kita arkeolog bekerja demi science.. kita ngga nyari duit dan ketenaran..
masa lalu juga penting kali.. manusia selalu belajar dari masa lalu untuk jadi lebih baik di masa depan..
karena itu pelajaran sejarah itu wajib di jaman sekolah dulu..
bangsa yang ngga kenal sejarah bagai kehilangan arah..

seenggaknya melindungi cagar budaya ini kan bisa nambah devisa negara dengan memancing turis dateng kayak borobudur dan prambanan.

dan melindungi cagar budaya itu kewajiban pemerintah termasuk presiden..
mereka mnta presiden perhatian karena pemda dan kementrian terkesan udah ga peduli dan membiarkan.



Wah, nggak butuh duit?
Puasa seumur hidup dong.
Emangnya arkeolog nggak terima gaji / honor / biaya penelitian / biaya penggalian dsb apapun namanya?
Quote:Original Posted By WackyLoony
Wah, nggak butuh duit?
Puasa seumur hidup dong.
Emangnya arkeolog nggak terima gaji / honor / biaya penelitian / biaya penggalian dsb apapun namanya?


bukan ga butuh duit, tapi sejak masuk jurusan arkeologi kita semua udah tau, ambil jurusan itu ga mungkin bisa kaya dan bergaji gede emoticon-Big Grin
di indonesia arkeolog itu cuma PNS, ya gajinya gaji PNS bulanan kayak biasa..
biaya penelitian apa?